meja dapur solid surface
meja dapur solid surface

Pengertian Solid Surface Motif Marmer Texture Starlite Terbaru

Solid Surface – Apa itu solid surface? Material solid surface adalah jenis bahan yang mirip dengan material batu marmer atau batu granit namun dari bahan resin polyester dan kandungan lainnya. Penggunaannya sangat umum dijumpai dalam pembuatan furniture. Salah satu contohnya adalah meja dapur kombinasi alumina trihidrat yang disertakan dalam kitchen set.

Pembuatan solid surface texture memang sengaja dibuat sangat mirip dengan dengan granit dan marmer. Namun material penyusun akrilik yang paling umum adalah akrilik, resin polyester dengan campuran pigmen warna. Karena memiliki ukuran pori-pori kecil top table solid surface tidak mudah kotor dan sangat mudah dibersihkan.

Material Solid Surface

solid surface adalah
solid surface adalah

Dengan tampilan yang cantik, tidak heran jika banyak orang yang memanfaatkan akrilik untuk memperindah tampilan furnitur interior ruangan. Selain kombinasi alumina trihidrat untuk meja dapur, jenis material ini juga dapat digunakan pada permukaan dinding. Tapi karena permukaannya cenderung licin, pemasangan di lantai tidak dianjurkan.

Meski mirip dan kerap dianggap sebagai pengganti material batu granit maupun marmer, nyatanya harga solid surface per meter bisa lebih mahal ketimbang granit atau marmer. Ini semua karena kelebihan yang dimiliki solid surface products. Sebagai pertimbangan sebelum memilih motif akrilik, simak terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya berikut ini!

Kelebihan Solid Surface

Resin polyester juga memiliki cukup banyak kelebihan ketimbang jenis material yang hampir sama dengannya yaitu epoxy, berikut adalah beberapa kelebihan dari penggunaan jenis material ini.

1. Durabilitas Tinggi

Dibanding yang material yang terbuat dari marmer atau batu granit, solid surface kitchen set umumnya akan lebih tahan terhadap berbagai jenis benturan. Tidak seperti batu-batu alami yang mudah retak bahkan pecah berkeping-keping, pori-pori yang rapat membuatnya tahan terhadap goresan.

Tekstur dan permukaannya yang hampir menyamai jenis material batuan alam seperti granit dan marmer, menjadikan jenis material ini juga banyak yang menganggap berasal dari batuan alam.

2. Lebih Ringan dari Marmer

Karena dibuat dengan material yang ringan seperti akrilik dan resin polyester, akrilik memiliki bobot yang lebih ringan ketimbang batu granit maupun marmer. Karena alasan inilah white solid surface lebih banyak dipilih untuk menutupi permukaan meja dapur ketimbang batu alami meski tampilan nya sama-sama mewah.

Bobot yang relatif lebih ringan akan membantu dalam pembuatan struktur meja tempat tatakan resin polyester agar tidak terlalu besar dan dapat di modifikasi sesuai kebutuhan.

3. Tersedia dalam Berbagai Pilihan

Salah satu alasan kenapa orang membuat material tiruan adalah karena bentuknya bisa dibuat semirip mungkin dengan bahan batuan alam lainnya. Seolah tidak mau kalah bersaing dengan produsen keramik, resin polyester kini dibuat dengan beragam motif dan corak. Anda tidak hanya bisa membeli yang bermotif batuan saja, tapi juga akrilik motif kayu juga tersedia.

Tidak hanya pilihan motif, ukuran solid surface dan tebal solid surface juga bermacam-macam dan bisa dipilih berdasarkan kebutuhan. Untuk pembuatan kitchen set, ukuran yang tersedia biasanya adalah 120 cm x 70 cm dengan ketebalan 2 cm. Jika meja yang ingin dilapisi punya ukuran berbeda, Anda bisa memesan ukurannya secara custom.

4. Fleksibel

Salah satu kesulitan yang kerap dihadapi saat menggunakan material batuan adalah sifatnya yang tidak elastis dan cenderung rapuh. Berbeda dengan batu, resin polyester cukup fleksibel sehingga dapat dibentuk sesuai dengan bentuk dan pola permukaan yang Anda inginkan.

Penyambungan pada sisi sudut permukaan perabot yang menggunakan jenis material resin polyester juga akan terlihat lebih rapi, karena setiap sambungan akan terlihat senyawa dan solid.

5. Tidak Mudah Kotor

Ukuran pori-pori di permukaan suatu material akan membuat kotoran mudah terjebak di dalamnya. Efeknya, permukaan akan terlihat kotor dan sulit dibersihkan. Dengan tekstur yang licin, new solid surface punya tekstur pori-pori yang sangat halus sehingga kotoran tidak akan tertahan di dalamnya.

Meskipun ada noda maupun kotoran yang menempel pada permukaan meja, Anda bisa membersihkan nya dengan mudah hanya dengan mengusap nya dengan air hangat atau pembersih kaca.

6. Mudah Perawatannya

Meski dianggap memiliki durabilitas yang sangat baik, tapi pemakaian dalam waktu lama juga bisa membuat permukaan akrilik solid menjadi rusak. Kerusakan bisa berupa goresan pada beberapa bagian permukaan maupun warna yang memudar. Tapi tidak perlu cemas sebab perawatan nya jenis material ini sangat mudah dilakukan.

Anda cukup melakukan pemolesan ulang pada setiap sisi permukaan nya untuk mendapatkan texture dan warna asli resin polyester seperti baru dibuat.

Kekurangan Solid Surface

Jenis material ini juga memiliki beberapa kekurangan yang juga perlu Anda ketahui sebagai pertimbangan sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

1. Mudah Tergores

Ini adalah salah satu kelemahan yang ada pada material buatan. Tekanan yang kuat atau goresan benda tajam sangat rentan membuat permukaan resin polyester menjadi tidak mulus lagi. Untuk penggunaan di dapur misalnya, kerusakan akibat goresan ini sering terjadi ketika Anda menggunakannya untuk memotong bahan makanan.

Baca Juga : Cat Epoxy Lantai dan Harga Epoxy dengan Merk Epoxy Terbaik

Meski bisa dipoles ulang, tidak ada salahnya melakukan pencegahan untuk pemakaian dalam waktu yang lama. Salah satunya dengan tidak langsung menjadikan permukaan counter top Anda sebagai alas meletakan benda tajam ataupun panas.

2. Permukaannya Licin

Seperti yang disebutkan sebelumnya, resin polyester memiliki tekstur permukaan yang cenderung licin. Meskipun ini yang menjadikannya tampak mewah dan elegan, tapi jika digunakan di tempat yang tidak sesuai, ini bisa berbahaya. Hindari menggunakan material ini untuk  lantai ruangan pada bangunan Anda.

Permukaan yang licin jika terkena air maka akan sangat membahayakan jika digunakan pada lantai bangunan. Karena jenis bahan ini hanya di desain untuk penggunaan finishing pada produk furnitur pada interior bangunan Anda.

3. Harga Solid Surface Tinggi

Meski Anda bisa saja menemukan akrilik solid murah di toko terdekat, pada dasarnya resin polyester ini harganya cukup mahal. Apalagi jika dibandingkan dengan batuan asli marmer atau granit. Karena harganya yang cukup mahal inilah banyak orang yang belum tertarik menggunakannya.

Namun jika dilihat dari segi kualitas yang ditawarkan, rasanya harga yang tinggi itu cukup pantas untuk hasil dan kualitas material interior yang akan dihasilkan.

Cara Memasang Solid Surface

top table solid surface
top table solid surface

Pemasangan akrilik solid baik pada permukaan meja dapur, kabinet kitchen set maupun dinding dilakukan dengan menggunakan sealant atau perekat. Sama seperti lem, sealant dioleskan pada permukaan yang akan dipasangi akrilik solid dengan merata dan terarah. Penggunaan sealent juga umum digunakan sebagai perekat kaca dan benda dengan permukaan licin lainnya.

Baca Juga : Cara Pemasangan Membran Bakar Waterproofing Anti Bocor Terbaik

Untuk pemasangan pada bidang yang luas, Anda mungkin akan memerlukan sambungan. Penyambungan dan pengerjaan yang lebih teliti diperlukan agar hasilnya rapi dan maksimal.

1. Solid Surface untuk Meja Dapur

Jika Anda ingin memasang sunray solid surface di meja dapur island ataupun countertop lain di dapur, ada beberapa langkah pemasangan yang bisa Anda ikuti yakni:

  1. Siapkan meja yang akan dilapisi. Meja island biasanya dibuat dari beton agar kokoh. Cukup lakukan finishing tanpa perlu mengecat meja.
  2. Periksa kembali permukaan meja. Jika ada bagian yang belum rata, ratakan terlebih dahulu. Kalau ada bagian yang kotor, pastikan Anda membersihkan nya sebelum mengoleskan sealant.
  3. Selanjutnya, siapkan sealant lalu aplikasikan ke permukaan meja sampai merata. Perlahan-lahan, tempel kan lembaran material kombinasi alumina trihidrat dan tekan sampai benar-benar menempel, kemudian tunggu sampai kering.

2. Solid Surface untuk Kabinet

Bagi pemilik dapur dengan gaya modern, tampilan kabinet yang mewah tentu menjadi impian tersendiri. Apalagi pada bagian countertop. Langkah-langkah memasang solid surface white atau warna lain bisa dilakukan dengan cara:

  1. Persiapkan kabinet dengan posisi yang diinginkan. Pastikan permukaannya sudah bersih dan rata.
  2. Siapkan multipleks dengan ketebalan 12 mm untuk duduk kan akrilik solid yang akan ditempel kan. Cocok kan ukurannya dengan bagian yang akan ditempeli sebagai tatakkan resin polyester.
  3. Posisikan masing-masing perlengkapan dapur termasuk lubang kompor, bak cuci piring maupun keran yang ada di atasnya. Buat lubang pada akrilik solid sesuai dengan ukuran perlengkapan tersebut. Pastikan ukurannya presisi agar hasilnya tidak berantakan.
  4. Setelah proses pembuatan lubang selesai, tempatkan solid surface di atas multipleks yang sudah diolesi sealant.

Harga solid surface untuk meja dapur maupun kabinet cukup bervariasi. Untuk solid surface harga murah, Anda bisa memilih Solid Surface Fully Polyester yang dapat Anda pesan dengan harga mulai dari Rp. 1.200.000 hingga Rp. 1.700.000 per meter. Temukan beragam pilihan lainnya di toko jual akrilik solid baik online maupun offline.

Cara Membuat Solid Surface

Cara membuat campuran resin polyester untuk menghasilkan akrilik solid yang baik memiliki beberapa campuran material dengan dengan komposisi perbandingan tertentu. Berikut adalah cara pembuatan akrilik solid yang dapat Anda lakukan sendiri dirumah.

Itulah informasi mengenai solid surface beserta dengan cara pemasangan nya yang dapat ilmu bangunan bagikan pada artikel ini. Jika Anda mengalami kesulitan memasang sendiri, jangan ragu untuk menggunakan tenaga tukang profesional agar hasilnya maksimal yang dapat Anda percayakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *