rubber bumper
rubber bumper

Rubber Bumper Loading Dock Karet Pengaman Benturan Terbaik

Pengertian Rubber Bumper – Dalam berbagai macam industri yang melibatkan proses distribusi dan penyimpanan barang di dalam gudang atau warehouse, keberadaan loading dock adalah hal yang sangat penting. Dikenal juga dengan nama lain adjustable ramp, loading dock artinya adalah tempat untuk memindahkan berbagai material baik loading maupun unloading.

Salah satu jenis loading dock yang mungkin pernah Anda lihat adalah loading dock mall. Di lokasi ini banyak truk yang menaikkan dan menurunkan barang stok yang akan dijual pada industri tertentu. Agar proses loading dan unloading berlangsung dengan aman, loading dock digunakan sebagai pelindung berupa karet khusus yang disebut dengan rubber bumper.

Adanya rubber bumper loading dock berguna untuk melindungi bangunan dan fasilitas bangunan yang ada di sekitar lokasi loading dan unloading dari kerusakan karena benturan. Seperti yang kita tahu, area di mana bongkar muat barang dilakukan sering terjadi benturan yang tidak disengaja yang bisa menyebabkan kerugian. Di sinilah karet bumper dibutuhkan sebagai pelindung.

Fungsi Rubber Bumper

rubber bumper loading dock
rubber bumper loading dock

Karet bantalan loading dock ini dirancang dengan material yang cukup kuat dengan desain yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing industri. Aplikasi karet ini bisa melindungi properti bangunan maupun fasilitas pendukung yang ada dari kerusakan baik pecah atau tergores. Dengan memberikan perlindungan yang cukup baik dari resiko benturan.

Karet bumper memiliki banyak jenis dan bentuk. Selain untuk melindungi dari benturan, ada juga karet yang dirancang sebagai anti getar dan meredam suara. Harga karet bumper loading dock juga bervariasi tergantung dari fungsi dan jenis bumper yang digunakan. Untuk lebih lengkapnya, silakan simak contoh fungsi rubber bumper berikut ini!

1. Pelindung Benturan

Di area kerja dengan getaran yang tinggi disarankan untuk memasang karet pelindung yang dapat menahan benturan dan getaran. Tujuan pemasangan karet fender ini adalah untuk melindungi para pekerja yang ada disekitar nya. Perlu diketahui bahwa paparan getaran keras terus menerus pada tubuh manusia bisa membahayakan.

Baca Juga : Cara Pemasangan Membran Bakar Waterproofing Anti Bocor Terbaik

Tidak hanya mengganggu konsentrasi, getaran yang diterima setiap hari oleh pekerja akan menyebabkan gangguan dan kelainan pada peredaran darah sampai kerusakan tulang. Pemasangan rubber anti getar adalah salah satu bentuk perlindungan kerja bagi karyawan yang direkomendasikan oleh peraturan pemerintah tentang keselamatan tenaga kerja.

2. Mengurangi Kerusakan

Beberapa jenis karet fender dirancang untuk penggunaan pada bangunan pemukiman rumah tinggal yang berada pada daerah rawan resiko gempa . Biasanya karet ini dipasang pada sudut-sudut perabotan rumah yang berisiko menyebabkan cedera pada penghuninya pada saat terjadi getaran gempa, terutama anak-anak.

Penggunaan karet rubber pada negara maju yang memiliki resiko besar terhadap gempa seperti jepang sudah menggunakannya sebagai bantalan pondasi bangunan, yang dapat menahan getaran gempa secara langsung untuk mengurangi dampak kerusakan struktural yang di sebabkan oleh gempa bumi.

3. Pengaman Kendaraan

Aplikasi karet pelindung tidak hanya penting untuk melindungi pada bangunan saja, namun benda-benda yang beroperasi di berupa kendaraan atau alat berat juga dapat melindungi kendaraan itu sendiri. Pada industri otomotif misalnya, pemasangan pelindung ini bisa memperkecil resiko kerusakan kendaraan yang disebabkan oleh benturan.

Perlu diingat bahwa penggunaan karet pelindung pada kendaraan hanya bisa memberikan proteksi untuk kecelakaan ringan. Kalau kendaraan mengalami benturan keras dengan kecepatan tinggi, kerusakan mungkin tidak bisa dihindari.

4. Pembatas Pelindung

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, docking bumper memang paling sering ditemukan pada industri dengan aktivitas bongkar muat baik di gudang atau pelabuhan. Pemasangan karet biasanya dilakukan pada area kontak di mana truk pengangkut dan ujung bangunan bertemu. Dengan adanya rubber bumper , baik bangunan maupun kendaraan akan sama-sama terlindungi dari benturan.

Baca Juga : Turbin Ventilator Cyclone pada Atap untuk Rumah dan Pabrik Terbaru

Selain penggunaan di atas, karet pelindung ini juga ada yang dibuat untuk dipasang pada bagian bawah pintu. Tujuannya adalah untuk menghindari kerusakan pada lantai karena gesekan. Ada juga yang memasang karet sebagai karpet pelindung untuk menghindari goresan karena aktivitas yang sering dilakukan di atas lantai.

Jenis Rubber Bumper

Ada banyak sekali produsen karet pelindung di Indonesia. Masing-masing perusahaan menyediakan jenis yang bermacam-macam. Ada yang dibuat untuk keperluan industri dan komersil dan ada juga yang dirancang untuk penggunaan skala rumah tangga. Karet ini umumnya dibuat dengan proses vulkanisasi hingga mencapai tingkat kepadatan tertentu yang dibutuhkan.

Berdasarkan model rubber yang sering digunakan, ada beberapa model karet pelindung bangunan yang tersedia di pasaran. Berikut adalah jenis – jenisnya antara lain adalah:

  • Bumper karet D yaitu, seperti namanya karet ini memiliki bentuk seperti huruf D yang memanjang. Penggunaan paling umum dari pelindung ini adalah pada gudang atau loading dock maupun bantalan dermaga.
  • Bumper karet kotak yaitu, memiliki bentuk kotak karet pelindung ini juga umum dipakai di gudang atau tempat-tempat penyimpanan yang melibatkan proses bongkar muat barang dengan intensitas yang tinggi.
  • Bumper karet silinder yaitu, karet pelindung ini memiliki bentuk bulat dengan lubang di tengahnya. Pemakaian yang paling umum adalah di pinggiran dermaga di tempat di mana kapal bersandar, untuk menghindari benturan lambung kapan dengan dinding dermaga.
  • Corner guard yaitu, seperti namanya karet ini dirancang untuk melindungi komponen bangunan dan sebagai fasilitas pendukung keselamatan. Aplikasi yang paling umum yang mungkin akan Anda temukan adalah di tempat parkir. Dock bumper ini juga dapat  diaplikasikan pada sisi sudut tiang pada tempat parkir dengan perpaduan warna hitam dan kuning yang mencolok.
  • Selain melindungi tiang dan kendaraan dari benturan, adanya corner guard ini akan membuat pengendara lebih awas saat memarkirkan kendaraannya.

Selain jenis-jenis rubber bumper di atas, Anda masih bisa menemukan model karet pelindung lain di pasaran. Beberapa produsen bahkan menyediakan jasa pembuatan karet pengaman sesuai dengan kebutuhan masing-masing industri. Perlu diketahui bahwa bumper plates 28 mm tidak termasuk karet pelindung melainkan plat besi beban yang digunakan untuk fitness atau angkat beban.

Cara Pemasangan Karet Bumper

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum memasang karet pelindung adalah dengan memilih ukuran yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya. Berikut adalah beberapa tahapan dalam memasang rubber bumper yang benar sesuai dengan standar keamanan dan keselamatan yang berlaku.

  1. Ukur lokasi pemasangan dan perkirakan seberapa besar benturan yang mungkin terjadi di lokasi tersebut.
  2. Pada loading dock atau warehouse, ada dua cara pemasangan karet pelindung.
  3. Anda bisa memasangkannya langsung pada dinding beton.
  4. Atau bisa juga dengan cara memasangkannya ke support besi pada kolom atau struktur dinding bangunan.
  5. Pemasangan dengan menggunakan kolom atau support ini biasanya dipakai untuk pelindung karet yang berbentuk silinder.
  6. Untuk pemasangan langsung pada beton, Anda harus menggunakan dyna bolt sebagai pengait.
  7. Sedangkan untuk memasang kolom, lakukan pengeboran terlebih dahulu pada lubang besi untuk pemasangan dyna bolt-nya. Agar lebih memudahkan proses pemasangan, jangan ragu untuk menggunakan tenaga profesional.

Harga Rubber Bumper

Lalu, berapa harga rubber bumper loading dock? Bantalan karet pelindung ini dijual dengan harga yang bervariasi tergantung dari jenis dan fungsinya. Berdasarkan dari harga pasaran distributor yang terdapat di pasaran, rubber loading dock bumper dengan bentuk D yang biasa dipakai di dermaga harganya berkisar Rp. 850.000 per set.

Baca Juga : Pengertian Road Barrier dan Pemasangan Pembatas Jalan Raya

Ada juga loading dock jenis car stopper berbentuk persegi full karet yang dijual dengan harga distributor sebesar Rp. 650.000 per set. Sementara rubber corner guard yang dipasang di tempat parkir harganya lebih terjangkau yakni sekitar Rp. 350.000 per buahnya. Untuk harga karet pengaman jenis lainnya Anda dapat mengetahuinya dengan menghubungi distributor yang ada di kota Anda.

Dengan menggunakan karet pelindung akan memberikan perlindungan pada bangunan, kendaraan dan diri sendiri. Salah satu cara terbaik dengan memasang karet pengaman pelindung. Jangan lupa untuk memilih karet pelindung sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga informasi tentang pengertian rubber bumper ini bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *