road barrier
road barrier

Pengertian Road Barrier dan Pemasangan Pembatas Jalan Raya

Pengertian Road Barrier – Tahukah Anda apa nama pembatas jalan warna orange yang sering digunakan untuk menutup atau membatasi jalan? Ya, itulah yang disebut dengan road barrier. Selain road barrier yang terbuat dari plastik berwarna orange, ada juga jenis pembatas jalan yang terbiat dari bahan baja dan beton pra cetak.

Road barrier adalah suatu jenis rambu keselamatan yang terbuat dari bahan plastik, pelat besi maupun beton pra cetak yang diproduksi dengan menggunakan material yang sudah lulus uji kelayakan, serta digunakan sebagai rambu pengaman dan alat pembatas jalan raya maupun jalan bebas hambatan.

Salah satu contoh penggunaan pembatas jalan ini bisa Anda temukan dalam bentuk guardrail jalan tol dan jalan raya. Pemasangan pagar-pagar pembatas di jalan tol ini antara lain sebagai pengaman, penampang melintang jalan terbatas, median jalan atau pemisah antara satu jalur jalan dengan jalan lainnya.

Jenis Road Barrier

alat pembatas jalan
alat pembatas jalan

Pembatas jalan yang digunakan pada jalan raya sekarang tersedia dalam berbagai jenis material dan ukuran. Tiap produk rambu pengaman perlintasan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk memahami lebih jauh tentang masing-masing jenisnya, mari simak ulasan berikut ini!

1. Pembatas Jalan Fiber

Salah satu material yang paling banyak dipakai untuk memproduksi pembatas jalan adalah fiber. Selain desain nya yang futuristik, barrier pembatas jalan ini memiliki durabilitas tinggi dan bisa bertahan terhadap kondisi suhu yang tinggi dan mudah untuk di pindah-pindahkan menyesuaikan kebutuhan.

Selain itu, pembatas jalan jenis fiber ini tersedia dalam berbagai warna yang mencolok yang dapat dengan mudah dilihat. Dengan begitu orang maupun kendaraan yang melintas masih bisa melihatnya dengan jelas meski sedang hujan atau di malam hari. Meski begitu, material fiber tidak tahan terhadap benturan.

2. Pembatas Jalan Baja

Sama seperti jenis material fiber, pembatas jalan yang terbuat dari baja cocok untuk digunakan sebagai pembatas jalan yang bersifat permanen, seperti pagar pembatas jalan dengan tepi jalan lereng jurang, maupun jalan dengan tikungan yang berbahaya. Jenis pembatas jalan ini juga sudah dilapisi hot dip galvanizing, yang membuatnya lebih kuat dan tahan digunakan dalam waktu lama.

Alat pembatas jalan untuk sebagai pagar penghalang sisi bahu jalan raya yang dianggap membahayakan menjadi wajib dan sangat penting untuk digunakan, dengan menggunakan spesifikasi barrier yang sesuai akan dapat membantu mengurangi resiko pada jalan raya.

3. Pembatas Jalan Beton

Material barrier beton memang sudah dikenal sejak lama dengan kemampuannya menahan benturan yang keras. Tidak heran jika banyak orang yang memanfaatkannya sebagai material pembatas jalan yang kokoh. Bisa dibilang, pembatas jalan dari beton adalah yang paling banyak dipakai. Anda bisa menemukannya di jalan rata, di tempat parkir hingga sebagai pagar pengamanan di area konstruksi.

Ukuran road barrier beton yang paling umum dipakai adalah tinggi 81,30 cm, lebar bawah 60 cm dan lebar bagian atas 24 cm. Bobot pembatas jalan dari beton juga bermacam-macam, tergantung pada penggunaannya. Anda bisa menemukan yang beratnya hanya belasan kilogram tapi tidak sedikit yang bobotnya mencapai ratusan kilogram.

Meski memiliki daya tahan yang baik, barrier beton dengan bobot yang terlalu berat kadang mempersulit dalam proses pemasangan pada pembatas jalan raya. Anda memerlukan bantuan alat berat untuk melakukan pemasangan secara presisi.

4. Pembatas Jalan Plastik

Pembatas jalan plastik ada yang dibuat dengan bentuk mirip dengan pembatas dari beton yang disebut road barrier marvel. Tapi ada juga yang bentuknya kerucut menyerupai topi. Nama lain pembatas jalan dengan bentuk ujung runcing ini adalah barrier penguin atau cone traffic.

Baca Juga : Harga Pagar Panel Beton Precast Tiang dan Dinding Pagar

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh barrier jalan dari plastik ini adalah harganya yang relatif murah. Anda bahkan bisa menemukan beragam merek lokal yang kualitasnya tidak kalah dengan produk impor. Selain itu, cone pembatas jalan juga sangat mudah di pindah-pindahkan sesuai dengan kebutuhan.

Cara Pemasangan Pembatas Jalan

Pada dasarnya proses pemasangan alat pembatas jalan ini sangat mudah yakni Anda cukup meletakkannya saja di tempat yang dibutuhkan. Semua jenis pembatas jalan pada dasarnya bisa dipindahkan sewaktu-waktu saat sudah dibutuhkan lagi. Namun proses pemasangan dan pemindahan nya berbeda-beda, tergantung pada jenis material yang Anda gunakan.

Untuk lebih memahami bagaimana cara pemasangan pembatas jalan, simak langkah-langkahnya berikut ini!

1. Tentukan Jenis Pembatas Jalan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan jenis pembatas yang ingin dipakai. Untuk memilih, Anda tentu harus mengetahui dengan jelas bagaimana kondisi di lokasi pemasangan. Apakah jalanan tersebut dilalui oleh kendaraan besar? Apakah volume lalu lintas nya tinggi? dan berbagai pertimbangan lain.

Untuk pembatas jalan raya atau jalan tol, material beton lebih dianjurkan karena tidak mudah bergeser atau rusak. Sementara untuk kebutuhan yang sifatnya sementara dan pemasangan pada jalan-jalan kecil, Anda bisa menggunakan barrier berbahan plastik atau fiber.

2. Lakukan Pemesanan

Setelah mengetahui jenis pembatas yang akan dipasang, lakukan pemesanan dengan spesifikasi dan jumlah sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa membeli barrier jalan di toko material terdekat atau dengan memesan di toko online. Kalau pembatas jalan yang dipesan berbahan plastik, bobotnya lebih ringan sehingga Anda bisa membawanya sendiri ke lokasi pemasangan.

Baca Juga : Warna Helm Proyek dan Artinya Menurut Jabatan Pekerjaan

Tapi jika menggunakan material beton, Anda mungkin memerlukan mobil pengangkut khusus. Pastikan proses pengiriman barang dari toko sampai ke tempat pemasangan cukup aman untuk menghindari terjadinya kerusakan pada barrier.

3. Proses Peletakan Pembatas

Setelah pembatas jalan sampai di lokasi, saatnya untuk melakukan pemasangan. Pastikan Anda menyusun barrier di tempat yang tepat dan mudah dilihat. Jangan sampai keberadaannya membuat pengendara yang lewat malah mengalami kesulitan untuk melintas. Setelah tidak dipakai, jangan lupa segera pindahkan barrier ke tempat yang aman agar tidak mengganggu.

Harga Road Barrier

spesifikasi road barrier
spesifikasi road barrier

Biasanya pembatas jalan dijual per buah atau per unit. Semakin panjang jalan yang akan dibatasi, semakin banyak jumlah pembatas yang Anda butuhkan. Karena itu, pastikan Anda mengetahui dengan baik berapa jumlah kebutuhan barrier yang akan dipasang untuk bisa mengetahui biaya yang dibutuhkan.

Harga road barrier beton memang cenderung lebih mahal dibandingkan yang berbahan plastik. Untuk jenis barrier beton ukuran 60 cm x 60 cm x 100 cm two sides dibanderol pada kisaran harga Rp. 700.000 per unit. Kalau Anda memiliki budget yang terbatas, Anda bisa membeli barrier 600 one face yang dijual hanya Rp. 500.000 per buahnya.

Baca Juga : Pengertian Coring Beton dan 8 Cara Core Drill Beton Test

Selain itu, ada juga pembatas beton yang berukuran lebih besar lagi yakni 120 cm x 80 cm x 100 cm yang biasa dipasang di jalan tol atau jalan raya. Harga per unit nya berkisar Rp. 900.000 sampai dengan Rp. 1.500.000 per unit nya.

Harga road barrier plastik sendiri terbilang murah. Di kutip dari salah satu situs e-commerce lokal, pembatas jalan merek Tanaga bisa diperoleh dengan harga mulai Rp. 700.000 per unit. Semakin besar dimensi pembatas jalan yang Anda beli harganya juga semakin mahal.

Sementara itu untuk pembatas jalan penguin harganya lebih murah yakni hanya sekitar R. 20.000 – Rp. 30.000 per buahnya. Dalam memilih barrier, pastikan Anda tidak hanya mempertimbangkan harga tapi juga kualitas dan kebutuhan dalam penggunaan dan fungsinya.

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai pengertian road barrier, cara pemasangan nya beserta kisaran harga pembatas jalan yang dapat Anda beli pada distributor yang ada pada kota Anda. Semoga informasi yang ilmu bangunan himpun ini bermanfaat sebagai referensi yang baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *