dinding panel beton precast
dinding panel beton precast

Harga Pagar Panel Beton Precast Tiang dan Dinding Pagar

Diposting pada

Pagar Panel Beton – merupakan sebuah konstruksi pagar precast yeng menggunakan tiang pagar beton dan dinding panel beton precast yang disusun dengan terstruktur dan kokoh. Panel pagar beton merupakan sebuah alternatif inovasi konstruksi dalam sebuah pekerjaan bangunan semi permanen.

Penggunaan pagar panel beton pracetak memiliki peran yang cukup penting dalam penggunaannya dalam bidang industri maupun manufaktur. Panel beton sering dipakai sebagai pagar pembatas untuk kawasan pergudangan, real estate, pabrik pengolahan, jalan tol dan bangunan fasilitas umum lainnya.

Dalam pembahasan ini ilmubangunan.com akan membahas tentang harga pagar panel beton dan kelebihannya dibandingkan dengan penggunaan dinding konvensional pada konstruksi pekerjaan pembangunan.

Pemasangan Pagar Panel Beton Precast

pagar panel beton
pagar panel beton

Dalam hal pengerjaan pemasangan pagar beton panel memiliki cara yang berbeda jika dibandingkan pembuatan pagar secara manual. Berikut adalah tahapan yang dapat Anda lakukan dalam pekerjaan pemasangan pagar beton precast.

Ukur Jarak Antar Tiang Kolom

Hal awal yang perlu Anda lakukan adalah melakukan marking atau penandaan pada batas area yang akan dibangun pagar beton panel. Kemudian beri patok sementara setiap titik yang akan direncanakan sebagai titik galian pondasi tiang pagar beton.

Atur jarak antar tiang sesuai dengan lebar dinding panel beton yang ada, kemudian hubungkan patok ke patok tadi dengan benang. Sehingga terlihat batas area yang akan Anda rencanakan untuk dilakukan pembangunan pagar panel.

Penggalian Pondasi Tiang Pagar Beton

Penggalian tanah sebagai pondasi tiang pagar beton dilakukan dengan memperhitungkan tinggi pagar yang akan dibangun. Pada umumnya ketinggian pagar beton standar cukup hanya menggunakan pondasi dengan kedalaman 30 sampau 40 cm.

Namun jika Anda berencana akan membangun tinggi panel pagar yang lebih dari itu, maka perlu Anda pertimbangkan kembali kedalaman galian pondasi yang akan Anda gunakan.

Pekerjaan Pondasi Pagar

Peasangan pondasi pagar beton dilakukan dengan beberapa alternatif, salah satunya dengan mengunakan pondasi batu kali pada bagian bawah pagar atau dapat juga langsung menancapkan tiang pada galian tanah tersebut.

Untuk kondisi jenis tanah yang berbukit dan lunak Anda dapat menggunakan pondasi sloof terlebih dahulu sebagai penyanggah pagar beton agar tidak rubuh. Penggunaan pondasi sangat penting dalam sebuah konstruksi bangunan, khususnya bangunan yang memiliki bentuk memanjang maupun tinggi.

Pekerjaan Tiang Kolom Beton

Setelah pondasi selesai dilakukan, Anda dapat melakukan pekerjaan berikutnya dengan memasangkan tiang kolom beton pada posisi tegak diatas pondasi yang telah ada. Pemasangan dilakukan dapat dengan cara menual maupun bantuan alat berat.

Pemasangan tiang pagar penel beton secara menual dapat dilakukan dengan bantuan pekerja pada umumnya sebanyak 5 sampai 8 orang. Jumlah tersbut tergantung dari tingkat kesulitan pemasangan dan waktu penyelesaian pekerjaan pagar beton.

Pekerjaan Dinding Panel Beton

Setelah tiang terpasang dengan tegak sesuai jarak yang  telah ditentukan, langkah berikutnya Anda dapat memasang dindimg panel beton dengan memasangkan lembaran daun panel precast pada skoning yang ada pada tiang.

Lembaran dinding diangkat dengan menggunakan crane dan dimasukan antara kedua sisinya terkunci pada skoning tiang. Pemasangan dilakukan dengan menyusun dinding panel hingga beberapa lembar hingga mencapai tinggi yang diinginkan.

Pekerjaan Pemasangan Caping

Pemasangan caping dilakukan untuk mengunci pada bagian atas pagar panel beton dan penguat pagar beton agar tidak terlepas jika terjadi guncangan. Pemasangan caping dilakukan dengan menghubungkan tiang ke tiang kolom pagar dengan cara di cor ataupun menggunakan plat.

Pengecoran pada caping juga berfungsi sebagai tempat pemasangan kawat besi pengaman pada bagian atas pagar yang pada umumnya digunakan sebagai bangunan pagar panel pembatas wilayah.

Pekerjaan Grouting dan Cat

Setelah semua tahap pemasangan selesai dan pagar beton precast telah berdiri kokoh, maka tahap finishing terakhir adalah grouting dan pengecatan. Grouting dilakukan untuk merapihkan bagian dinding pagar panel beton yang kurang rapat dan terpasang dengan sempurna.

Kemuadian Anda dapat melakukan finishing dengan melakukan pengecatan pada pagar beton precast sesuai dengan warna yang Anda inginkan untuk memperindah tampilan pagar.

Kelebihan Pagar Beton Precast

Penggunaan panel beton pagar secara umum memang telah dikenal secara luas, khususnya pada bidang konstruksi dan industri manufaktur. Selain dari harga panel beton yang lebih murah daripada penggunaan dinding konvensional.

Pagar panel beton motif juga menjadi pilihan yang cukup menjadi alternatif dalam penggunaannya. Berikut adaalah beberapa kelebihan dalam penggunaan pagar beton precast.

  • Pemasangan Efisien dan Cepat

Penggunaan pagar precast dinilai lebih efisien dan efektif dibanding dengan penggunaan pagar konvensional. Hal ini tentu saja benar, karena menggunakan pagar beton akan lebih cepat selesai dan meminimalisir biaya lain yang timbul.

Pekerjaan pemasangannya juga Anda hanya tinggal melakukan perakitan saja, sedangkan untuk cetakan panel beton sudah dilakukan pada pabrik pagar beton precast.

  • Kualitas dan Mutu Terjaga

Kualitas dan mutu dari pemakaian pagar beton precast dapat terjaga dan terkontrol dengan baik. Karena pembuatan panel dengan menggunakan cetakan panel beton, sehingga ukuran dan bentuk akan seragam.

Selain itu pembuatan juga dilakukan di pabrik pagar panel beton, tiang dan dinding pagar beton yang dihasilkan memiliki standar dan kualitas sama satu dengan yang lainnya.

  • Ramah Terhadap Lingkungan

Penggunaan panel beton juga akan lebih ramah lingkungan, khususnya untuk pekerjaan pemasangan pada area yang bersinggungan langsung dengan alam. Hal ini dapat dilihat karena proses pemasangannya hanya tinggal merangkai kan saja.

Berbeda dengan pembuatan pagar konvensional yang harus menumpuk material dan mengolahnya diarea kerja secara langsung, tentu akan lebih membutuhkan waktu dan harga beton pagar lebih mahal.

  • Meminimalisir harga pagar beton per meter.
  • Dapat digunakan untuk segala jenis keperluan konstruksi.
  • Tahan terhadap perubahan cuaca dan usia.
  • Mudah dirawat dan diganti jigaterjadi kerusakan.
  • Dapat dibongkar dan dipasang kembali pada lokasi yang berbeda.
  • Kuat dan kokoh karena pada struktur tiang dan dinding menggunakan besi tulangan.
  • Sistem pengerjaan pagar beton yang cepat.
  • Harga panel beton dinding lebih murah dengan kualitas yang terjamin.

Bagian-Bagian Pagar Precast

pagar panel beton precast
pagar panel beton precast

Dalam pekerjaan pagar panel beton, maka Anda akan memperhitungkan bagian-bagian pagar beton yang harus ada dalam satu-kesatuan pagar beton.

Berikut adalah bagian-bagian yang harus ada dalam pembuatan pagar beton panel.

Dinding Panel Beton Precast

Dinding panel beton memiliki ukuran yang bervariasi, tergantung fungsi dan lokasi pemasangan dinding panel. Dimensi standar dinding beton memiliki ukuran panjang 2,40 meter dan ketebalan 5 cm merupakan standar yang paling sering digunakan.

Sedangkan untuk ketinggian dinding panel memiliki 2 ukuran yang berbeda yaitu 40 cm dan 45 cm. Tinggi dinding panel sesuai dengan kebutuhan tinggi dining keseluruhan yang akan di bangunan.

Tiang Pagar Beton

Sedangkan pada bagian penghubungnya menggunakan tiang pagar beton yang dibuat menggunakan campuran beton solid dan diperkuat dengan rangka besi baja. Fungsi dari tiangbeton ini sebagai penjepit dan tumpuan yang menghubungkan antara kedua sisi dinding panel beton.

Ukuran panjang dari tiang beton ini juga cukup beragam, menyesuaikan dari tinggi pagar yang akan dibangun. Selain itu panjang pendeknya tiang harus diperhitungkan sejak awal guna menghindari kesalahan dalam pemasangan.

Besi Kawat Duri Pembatas

Selain 2 komponen utama dinding dan tiang beton yeng telah dibahas diatas, kawat duri juga menjadi unsur tambahan yang biasa digunakan sebagai pengaman tambahan pada pagar panel beton yang dibangun.

Baca Juga : Jenis Pondasi Bored Pile dan Metode Pelaksanaan Bored Pile

Penggunaan kawat duri pada bagian atas pagar beton untuk memastikan tidak ada yang dapat melewati pagar beton tersebut. Pada umumnya penambahan kawat duri pada bagian atas pagar beton precast digunakan pada area pembatas pergudangan, real estate dan area bangunan komersil lainnya.

Harga Pagar Panel Beton

Jika Anda berencana menggunkan pagar beton precast untuk kawasan bangunan Anda, maka berikut ini adalah harga beton precast pagar dan upah pasang pagar beton precast yang dapat kami referensikan.

Harga Tiang Pagar Beton

PANEL BETON MUTU BETON HARGA
Tiang Beton 225 x 18 x 17 K – 225 Rp. 160.000
Tiang Beton 260 x 18 x 17 K – 225 Rp. 185.000
Tiang Beton 280 x 18 x 17 K – 225 Rp. 210.000
Tiang Beton 320 x 18 x 17 K – 225 Rp. 225.000
Tiang Beton 370 x 18 x 17 K – 225 Rp. 250.000
Tiang Beton 425 x 18 x 17 K – 225 Rp. 295.000

Harga Dinding Panel Beton Precast

PANEL BETON MUTU BETON HARGA
Dinding Panel 240 x 40 x 5 K – 225 Rp. 105.000
Dinding Panel 240 x 45 x 5 K – 225 Rp. 110.000

Harga Kawat Duri

PANEL BETON HARGA
L 4 Jalur (T. 50cm, Siku 40 x 40 x 3mm) Rp. 65.000
L 5 Jalur (T. 50cm, Siku 40 x 40 x 3mm) Rp. 75.000
Y 7 Jalur (T. 50cm, Siku 40 x 40 x 3mm) Rp. 85.000

Harga Borong Pasang Pagar Panel Beton

Harga pagar beton per meter untuk pemasangan pagar beton precast dapat Anda hitung dengan menggunakan cara berikut ini.

Panel Beton Ukuran 240 x 40 x 5

PANEL BETON UKURAN HARGA
Tinggi Pagar 1.60 Meter 17 x 18 x 225 cm Rp. 300.000
Tinggi Pagar 2.00 Meter 17 x 18 x 280 cm Rp. 375.000
Tinggi Pagar 2.40 Meter 17 x 18 x 320 cm Rp. 450.000
Tinggi Pagar 2.80 Meter 17 x 18 x 370 cm Rp. 525.000
Tinggi Pagar 3.20 Meter 17 x 18 x 425 cm Rp. 590.000

Panel Beton Ukuran 240 x 45 x 5

PANEL BETON UKURAN HARGA
Tinggi Pagar 1.80 Meter 17 x 18 x 260 cm Rp. 335.000
Tinggi Pagar 2.25 Meter 17 x 18 x 300 cm Rp. 420.000
Tinggi Pagar 2.70 Meter 17 x 18 x 370 cm Rp. 505.000
Tinggi Pagar 3.15 Meter 17 x 18 x 425 cm Rp. 590.000

Volume Panel Beton per Meter²

Jika Anda akan membangun pagar beton precast sepanjang 100 meter dengan ketinggian pagar 2.00 meter, maka volume panel dapat dihitung sebagai berikut.

  • Volume Pagar Panel Beton = Panjang x Tinggi
  • 100 meter x 2.00 meter
  • Maka hasilnya 200 meter²

Perhitungan Rab Pagar Beton Precast

Untuk pembangunan pagar dengan luas 200 meter², dengan harga pagar panel per meter Rp. 575.000,-. Maka dibutuhkan biaya pembangunan sebesar.

Baca Juga : Pengertian Coring Beton dan 8 Cara Core Drill Beton Test

  • Biaya yang dibutuhkan = Volume per meter² x Harga per meter²
  • 200 meter² x Rp. 575.000,-
  • Maka hasil yang didapatkan untuk harga borong pasang pagar beton precast adalah Rp.115.000.000,-

Menghitung Jumlah Bahan

Sesuai dengan koefisien material per m² berdasarakan analisa harga satuan pekerjaan pagar panel beton, maka dapat diketahui kebutuhan material untuk pagar seluas 200 meter² yaitu.

  • Dinding Panel Beton = 200 meter² x 0.9860 lembar = 197.20 lembar
  • Tiang Pagar Beton = 200 meter² x 5250 batang = 105 batang
  • Semen = 200 meter² x 45 Kg = 9000 Kg. Jika dikonversi kedalam satuan zak maka 9.000 kg / 50 kg = 180 Zak
  • Pasir = 200 meter² x 0.074 meter³ = 14.80 meter³
  • Batu Kali = 200 meter² x 0.146 meter³ = 29.20 meter³

Demikian pembahasan tentang harga pagar panel beton dan kelebihan yang Anda dapat dari pemakaian pagar beton precast. Semoga pembahasan ini bermanfaat bagi Anda dan dapat memberikan referensi yang benar dalam bidang konstruksi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *