kolam ikan minimalis
kolam ikan minimalis

Desain Kolam Ikan Minimalis untuk Halaman Belakang Rumah

Kolam Ikan Minimalis – Selain desain eksterior bangunan, suasana di sekelilingnya juga turut berpengaruh pada keindahan rumah secara keseluruhan. Tak heran jika banyak orang yang rela mengeluarkan uang yang tak sedikit untuk membuat taman hingga kolam. Baik yang berada di depan, samping maupun belakang rumah.

Meski tidak langsung terlihat dari depan rumah, halaman belakang sebenarnya memiliki peran penting bagi penghuninya. Di halaman belakang ini pemilik rumah bisa berkreasi sesuai dengan selera. Mulai dari membuat air terjun kolam ikan minimalis hingga membuat taman dengan aneka tanaman hias.

Alasan ini jugalah yang membuat para pengembang sengaja memberikan sebidang tanah di halaman belakang rumah yang mereka jual. Tidak hanya untuk menambah bangunan baru, pemilik bisa menjadikannya taman. Kalau Anda punya area kosong di belakang rumah, tidak ada salahnya untuk membuat kolam minimalis baik untuk berenang atau kolam kecil minimalis untuk memelihara ikan.

Inspirasi Desain Kolam Minimalis

Untuk membuat model kolam minimalis, biaya yang dibutuhkan biasanya beragam. Ini jugalah yang akan menentukan desain seperti apa yang bisa Anda buat. Jika Anda memiliki alokasi dana yang mencukupi, tidak ada salahnya membuat kolam ikan minimalis dengan ukuran besar dengan memilih material terbaik.

Keterbatasan dana juga bukan alasan bagi Anda untuk mengurungkan niat untuk membuat kolam ikan mini. Ada banyak sekali inspirasi model kolam ikan minimalis yang lebih murah biaya pembuatannya. Selengkapnya, mari simak beberapa contoh desainnya berikut ini!

1. Kolam Minimalis Area Multifungsi

kolam minimalis dengan area multifungsi
kolam minimalis dengan area multifungsi

Bagi pemilik rumah dengan ukuran halaman belakang yang luas, desain kolam hias minimalis di atas boleh ditiru. Dengan ukuran yang cukup besar, sebuah jembatan akan membawa Anda ke area kosong di belakang rumah.

Anda bisa memanfaatkan area yang kosong untuk berbagai keperluan. Mulai untuk berkebun, tempat santai dengan keluarga sampai area bermain anak-anak. Keberadaan kolam tentu akan membuat suasana terasa semakin asri.

2. Kolam Ikan dengan Jembatan Kayu

memadukan kolam ikan dengan jembatan kayu
memadukan kolam ikan dengan jembatan kayu

Ingin membuat air mancur kolam ikan minimalis di belakang rumah? Desain ini adalah salah satu model yang menarik untuk ditiru. Memadukan jembatan kayu dengan gazebo mini, kolam ini akan menjadi bagian yang paling menarik dari rumah Anda.

Tambahkan berbagai macam tanaman hias baik yang berbunga maupun yang merambat. Untuk Anda yang tinggal di kawasan perkotaan dengan area hijau yang minim, desain kolam ikan ini akan memberikan Anda dan keluarga ruang hijau sendiri langsung di belakang rumah.

3. Kolam Ikan Minimalis Batu Alam

kolam ikan minimalis batu alam
kolam ikan minimalis batu alam

Sebagai tempat beristirahat dan berkumpul dengan keluarga, semua orang pasti ingin menghadirkan suasana senyaman mungkin bagi penghuni rumah mereka. Salah satunya adalah dengan membuat kolam dengan nuansa sealami mungkin. Salah satunya adalah dengan menggunakan batu-batu alam.

Desain di atas misalnya, memadukan antara kolam, tama dengan air terjun mini. Dikelilingi oleh batu-batu alami dan aneka tanaman hias, desain kolam kecil ini juga bisa diterapkan di berbagai jenis desain rumah.

4. Kolam Ikan Kecil Model Aquarium

kolam kecil dengan model akuarium
kolam kecil dengan model akuarium

Aquarium mungkin lebih identik dijadikan hiasan di dalam rumah. Tapi bukan berarti Anda tidak boleh bereksperimen membuatnya di halaman belakang. Selain lebih mudah dibuat, kolam kecil dengan model aquarium juga terlihat lebih estetik.

Anda tidak perlu bermain-main dengan desain di sekelilingnya. Silakan fokus pada pemilihan jenis ikan dan hiasan kolam minimalis di dalamnya. Kalau Anda cukup kreatif, kolam berbentuk aquarium ini bisa dibentuk menjadi miniatur bawah laut yang cantik.

5. Kolam Ikan Minimalis Sekat Kaca

memadukan kolam Ikan dengan akuarium
memadukan kolam Ikan dengan akuarium

Sulit untuk menentukan bentuk kolam ikan minimalis yang Anda suka? Bagaimana jika menggabungkan desain kolam dengan sekat kaca transparan sekaligus? Contoh kolam minimalis di atas adalah salah satu yang bisa Anda jadikan referensi.

Dengan model seperti kolam biasa, salah satu sisi dari kolam dilapisi dengan kaca transparan. Ini memungkinkan orang yang melintas bisa melihat isi kolam. Jangan lupa tambahkan berbagai tanaman dan ornamen pendukung agar kolam terlihat lebih menarik.

6. Kolam Ikan Suasana Pedesaan

kolam ikan terinspirasi dari suasana pedesaan
kolam ikan terinspirasi dari suasana pedesaan

Ingin membuat kolam ikan minimalis dengan dekorasi batu alam lainnya? Desain kolam satu ini terlihat sangat alami dengan rerumputan dan tanaman di sekitarnya. Ganti pipa Anda dengan bahan bambu agar nuansa pedesaan semakin terasa.

Kalau masih ada cukup ruang tersisa, meletakkan satu set kursi atau ayunan juga bisa Anda lakukan. Fasilitas ini akan menyempurnakan halaman belakang rumah Anda sebagai area bersantai dengan keluarga.

7. Kolam Ikan Mini Budget Terbatas

kolam ikan mini untuk butget terbatas
kolam ikan mini untuk budget terbatas

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, keterbatasan budget sama sekali bukan kendala bagi Anda yang ingin membuat kolam mini di belakang rumah. Ada banyak sekali model kolam ikan sederhana yang bisa Anda tiru. Beberapa di antaranya bahkan dibuat dengan menggunakan material daur ulang.

Baca Juga : Model Kitchen Set Minimalis Modern Bahan Aluminium dan Kayu

Desain di atas adalah salah satu model yang layak untuk Anda terapkan. Selain memanfaatkan material seadanya, ukuran kolam yang kecil bisa ditempatkan di mana saja. Cocok sekali untuk Anda yang tidak memiliki banyak area sisa di belakang rumah.

Cara Membuat Kolam Ikan

Setelah memutuskan desain kolam minimalis batu alam mana yang ingin Anda eksekusi, langkah selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah cara pembuatan nya. Proses pembuatan kolam minimalis sebenarnya berbeda-beda, tergantung desain mana yang Anda pilih. Namun secara umum, bagian-bagiannya sebenarnya sama saja.

Untuk mengetahui bagaimana teknik dan langkah-langkah pembuatan kolam ikan minimalis, simak uraian selengkapnya berikut ini!

1. Membuat Dasar Kolam

Pembuatan kolam dengan cara menggali tanah tentu melibatkan proses pembuatan lantai kolam. Pertama, perhatikan kedalaman kolam minimalis modern yang ingin Anda bangun. Pastikan tidak kurang dari satu meter agar ikan memiliki ruang gerak yang cukup.

Baca Juga : Motif Keramik Kamar Mandi Minimalis Modern dan Sederhana

Selanjutnya untuk struktur dasar, gunakan material yang kokoh dan tidak mudah bocor. Campuran material yang direkomendasikan antara semen, pasir dan kerikil adalah 1 banding 2 banding 3. Gunakan teknik cor agar bagian dasar kolam tidak mudah rusak.

2. Membuat Dinding Kolam

Dinding kolam memiliki peran yang sama pentingnya dengan area lantai. Anda perlu membuat desain kolam ikan minimalis yang kompak agar tidak terjadi kebocoran. Anda bisa menggunakan perbandingan material yang sama dengan yang digunakan untuk membuat lantai.

Untuk tampilan yang lebih cantik, berikan lapisan pada bagian dinding dengan keramik. Kalau ingin membuat kolam relief minimalis, pilih batu alam dengan tekstur berserat dengan desain berlapis-lapis. Sesuaikan dengan model yang Anda inginkan untuk mendapatkan tampilan terbaik. Batu alam untuk kolam ikan bisa Anda beli di toko material terdekat.

3. Membuat Sistem Pengairan

Agar ikan yang Anda pelihara bisa hidup dengan baik di dalam kolam, Anda juga memerlukan sistem pengairan yang baik. Sistem ini biasanya terdiri dari pompa air dan filter atau penyaring air. Pompa air berguna mengalirkan air ke kolam.

Baca Juga : Desain Taman dalam Rumah Minimalis Ruang Tamu Modern

Untuk menghadirkan berbagai macam efek pancuran, manfaatkan teknologi nozzle pada pompa. Anda bisa memilih air yang mengalir bergemericik seperti mata air. Bisa juga membuatnya menjadi pancuran kecil di tengah-tengah kolam.

4. Hiasan Kolam

Hal terakhir yang tidak boleh dilupakan adalah hiasan kolam. Hiasan inilah yang akan menentukan seberapa apik Anda menataan kolam renang Anda. Anda bisa menggunakan aneka tanaman hias, aneka batuan, air mancur hingga patung untuk mempercantik kolam di halaman belakang rumah Anda

Demikian inspirasi desain kolam ikan minimalis dan cara membuatnya yang dapat ilmu bangunan bagikan, Anda akan semakin mudah menentukan desain mana yang sesuai dengan budget dan gaya rumah Anda. Selamat berkreasi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *