desain taman dalam rumah
desain taman dalam rumah

Desain Taman dalam Rumah Minimalis Ruang Tamu Modern

Desain Taman dalam Rumah Minimalis – Dapat dikatakan taman didalam rumah saat ini menjadi salah satu trend yang banyak diminati pemilik rumah yang menginginkan tampilan interior rumah yang asri. Untuk menciptakan suasana yang nyaman dan menenangkan setiap penghuni rumah.

Dengan menggunakan desain rumah mewah 2 lantai dengan kolam renang dan taman menjadi konsep penghijauan dalam rumah yang alami dan cukup ideal untuk desain taman minimalis hunian masa kini. Konsep ini dapat diterapkan untuk taman dalam rumah minimalis dan taman dalam ruangan tertutup.

Dalam artikel ini ilmubangunan.com akan membahas tentang pengertian taman dalam rumah dan beberapa contoh taman dalam rumah yang mungkin dapat Anda jadikan referensi sebagai taman didalam rumah Anda.

Inner Court atau Taman dalam Rumah

Mungkin bagi sebagian orang penggunaan istilah inner court masih sangat asing terdengar, istilah inner court itu sebenarnya adalah area terbuka dalam ruangan yang biasanya berupa taman. Namun untuk sederhannya dapat dikatakan desain taman dalam rumah dengan area terbuka yang tidak terlalu luas.

Meskipun dekorasi taman minimalis dalam ruangan yang sempit, namun memiliki desain taman dan tumbuhan hidup yang cukup bervariasi. Juga biasanya bagian atasnya taman minimalis modern dalam rumah dilengkapi dengan atap transparan dengan sistem buka tutup untuk memberikan pencahayaan yang baik.

Contoh taman dalam rumah yang baik biasanya akan dikerjakan dan mendapatkan perawatan secara berkala oleh tukang taman minimalis. Karena pembuatan taman minimalis itu sendiri membutuhkan harga desain taman yang cukup mahal, sehingga membutuhkan perawatan yang teratur.

Manfaat Taman didalam Rumah

Secara umum, keberadaan model taman dalam rumah ini memang dapat dimanfaatkan sebagai area untuk menghilangkan rasa penat bagi penghuni rumah yang telah disibukan dengan rutinitas harian yang padat. Disamping itu juga dengan penataan taman vertikal minimalis dan kombinasi rumput taman minimalis yang baik.

Akan dapat memberikan kualitas sirkulasi oksigen yang sehat bagi penghuni rumah, cukup banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan jika penerapan konsep taman dalam rumah ini dilakukan dengan baik.

Berikut adalah beberapa keuntungan lain jika Anda menerapkan desain taman dalam rumah, di antaranya sebagai berikut.

  • Menciptakan sirkulasi udara yang baik pada ruangan rumah karena konsep area yang terbuka, sehingga ruangan lebih sejuk meskipun tanpa pendingin ruangan.
  • Pencahayaan alami dari matahari akan didapat lebih maksimal, sehingga selain rumah terlihat menjadi lebih terang dan menyehatkan.
  • Memberikan kesan ukuran ruangan rumah yang sempit akan terlihat lebih luas.

Tips Taman dalam Rumah

Jika Anda tertarik untuk menerapkan taman dalam rumah hunian ini, sebaiknya Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut ini dalam membuat taman minimalis yang sesuai dengan harapan Anda.

Penentuan Tata Letak

Penentuan tata letak desain taman dalam rumah sangat penting ketika masih dalam tahap desain perencanaan pada bangunan Anda. Pembangunan taman dalam rumah dapat direncanakan untuk dibangun dekat dapur, rumah sederhana, rumah 1 lantai bahkan rumah bertingkat .

Tujuannya dari perencanaan tersebut untuk memaksimalkan sirkulasi udara dan fungsi bangunan yang Anda harapkan. Selain itu khusus untuk model taman dalam rumah sempit masih cukup memungkinkan untuk dilakukan jika mempertimbangkan penataan dan perencanaan yang tepat.

Pemilihan Tanaman

Pemilihan tanaman menjadi bagian yang sangat penting dalam konsep taman dalam rumah, selain menggunakan elemen hardscape yaitu pemakaian batu coral, batu pijak dan lain sebagainya. Pembuatan taman dalam rumah kecil pun sering menggunakan jenis tanaman semak dan perdu yang tidak terlalu tinggi dan merambat.

Selain jenis tanaman tersebut, juga sering gunakan jenis tanaman yang tidak membutuhkan banyak cahaya matahari seperti anthurium, dracaena fragrans dan jenis tanaman pakis-pakisan dapat Anda pertimbangkan. Semua pilihan tanaman tersebut mempertimbangkan perawatan yang tidak terlalu sulit.

Penggunaan Atap

Atap taman dalam rumah yang banyak digunakan adalah jenis atap transparan, namun Anda juga dapat menggunakan jenis atap lain seperti kaca, fiber, maupun jenis lainnya yang dapat dimasuki cahaya matahari untuk pertumbuhan tanaman. Pemilihan rangka atap yang berkualitas juga perlu agar atap dapat dibuka dan tutup.

Seperti yang Anda ketahui desain taman dalam rumah juga harus rutin mendapatkan cahaya matahari dan siraman air hujan secara berkala untuk menjaga kesuburan tanaman. Maka diperlukan atap yang dapat terbuka dan tertutup dengan mudah untuk mempermudah perawatan tanaman.

Penggunaan Kolam

Selain jenis tanaman yang beraneka ragam, penggunaan kolam ikan atau tanpa ikan dalam konsep desain taman dalam rumah juga akan menambah nuansa asri dan sejuk. Kolam ikan dapat memberikan kesan segar dan tenang yang akan dirasakan oleh setiap penghuni rumah, untuk taman kecil dalam rumah sebaiknya tidak menggunakan kolam.

Walaupun demikian, untuk rumah dengan ukuran yang tidak terlalu luas masih dapat dimaksimalkan dengan desain rumah minimalis modern dengan rooftop tambahan sebagai pengganti ruangan taman dalam rumah.

Elemen Dekorasi

Konsep taman dalam rumah memang cukup memberikan banyak keleluasaan untuk Anda berkreasi dalam hal mendekorasi dan menata taman rumah sesuai dengan yang Anda inginkan. Elemen dekorasi yang paling sering dilakukan oleh pemilik rumah adalah dengan menambahkan lampu taman.

Contoh Taman dalam Rumah

Desain taman dalam rumah memang cukup memiliki banyak variasi dan pilihan model yang dapat Anda terapkan dalam bangunan rumah. Namun Anda juga harus mempertimbangkan ukuran ruangan dan jenis tanaman apa saja yang akan Anda gunakan pada taman dalam rumah.

Baca Juga : Model Atap Rumah Minimalis Bentuk Rumah Tampak Depan

Berikut adalah beberapa contoh taman dalam rumah yang dapat Anda jadikan referensi dalam mendesain taman dalam rumah sesuai dengan harapan Anda.

Desain Taman Kering dalam Rumah

taman kering dalam rumah
taman kering dalam rumah

Penggunaan jenis tanaman kering berupa tanaman berjenis bambu-bambuan memberikan kesan segar pada desain taman dalam rumah Anda. Jenis tanaman ini tidak memerlukan perawatan yang sulit, serta tidak membutuhkan banyak air untuk disiram secara rutin.

Dengan dipadupadan kan dengan kolam kecil dan jenis tanaman air lainnya, maka akan tercipta ruang tamu dengan konsep taman dalam rumah yang memberikan kesan sejuk dan asri pada ruangan rumah Anda. Anda juga perlu menambahahkan atap yang terbuat dari material transparan agar cahaya dapat masuk kedalam ruangan.

Desain Taman Ruang Tamu

taman dalam ruang tamu
taman dalam ruang tamu

Konsep desain taman dalam rumah juga dapat digunakan untuk penataan ruang tamu indoor dan outdoor, penataan taman yang dikombinasikan dengan dekorasi ruang tamu belakangan ini cukup diminati. Karena akan memberikan rasa santai dan nyaman khususnya dalam menyambut tamu yang berkunjung ke rumah Anda.

Anda juga dapat menambahkan dekorasi taman tebing minimalis pada sisi kanan dan kiri ruang tamu untuk menambah kesan sejuk dan asri pada ruangan tersebut.

Desain Taman Rumah Minimalis

taman dalam rumah minimalis
taman dalam rumah minimalis

Penataan taman didalam rumah haruslah membutuhkan keahlian dan pengalaman yang cukup untuk menciptakan kesan nyaman bagi penghuni rumah. Desain taman dalam rumah unik dan minimalis pada umumnya akan dipisahkan oleh pembatas kaca transparan, area taman ini terletak disamping atau belakang rumah.

Konsep membuat taman minimalis seperti ini tidak memerlukan banyak jenis tanaman, hanya menggunakan beberapa tanaman saja jika di tata dengan apik akan memberikan hasil yang baik.

Model Taman dalam Rumah

model taman dalam rumah
model taman dalam rumah

Desain taman dalam rumah ini haruslah memiliki ukuran lahan yang cukup luas dan dapat memberikan ruang terbukan yang cukup untuk dapat ditanami jenis tumbuhan berkayu keras. Walaupun hanya di tanami satu jenis tumbuhan besar dan beberapa jenis tumbuhan hias, namun tetap dapat memberikan keindahannya.

Perpaduan kolam dengan dihiasi dekorasi pencahayaan yang baik pada kolam, memberikan nuansa modern pada taman rumah Anda jika dilihat pada malam hari.

Desain Taman Rumah Unik

desain taman dalam rumah unik
desain taman dalam rumah unik

Penerapan konsep taman dalam rumah unik ini banyak digunakan pada desain rumah-rumah modern yang ada dikota-kota besar, khususnya jakarta. Namun tidak jarang juga Anda dapat menemuninya sebagai taman dekorasi pada gedung perkantoran, konsep taman unik ini memang cukup multi fungsi dan memiliki banyak peminat.

Penataannya yang simpel dan mudah, namun cukup memberikan keindahan yang begitu terasa bagi siapa saja yang melihatnya. Maka tek heran jika konsep taman unik ini banyak pakai pada kawasan perkotaan.

Desain Taman Rumah Sederhana

desain taman dalam rumah minimalis
desain taman dalam rumah minimalis

Jika Anda berancana hendak menggabungkan konsep taman didalam rumah dekat dengan dapur, maka konsep taman ini lah salah satu referensi bagi Anda. Penataan taman dengan didominasi tanaman yang menempel pada dinding yang langsung bersebelahan dengan dapur akan memberikan nuansa yang berbeda.

Konsep taman rumah minimalis dapat dikombinasikan dengan taman dalam ruang tamu dan ruang makan keluarga terbuka yang pada bagian atapnya menggunakan atap transparan, sehingga cahaya masih memungkinkan untuk masuk kedalam ruangan.

Desain Taman Rumah 1 Lantai

desain taman dalam rumah 1 lantai
desain taman dalam rumah 1 lantai

Jika Anda memiliki rumah hunian yang tidak terlalu luas dan hanya terdiri dari  lantai, maka desain taman dalam rumah masih dapat Anda terapkan pada rumah 1 lantai tersebut. Yang perlu Anda lakukan adalah mendesain dan menentukan tata letak tanaman yang akan Anda butuhkan dengan penataan yang sesuai.

Penataan taman dalam rumah minimalis lahan sempit memang tidak perlu terlalu menggunakan jenis tanaman yang beraneka ragam, namun penataan yang tepat adalah penentu hasilnya.

Desain Kolam dan Taman

desain rumah mewah 2 lantai dengan kolam renang dan taman
desain rumah mewah 2 lantai dengan kolam renang dan taman

Desain taman dalam rumah minimalis jika Anda padu padankan dengan penggunaan kolam dengan ikan maupun tanpa ikan, juga akan memberikan kesan teduh dan segar pada rumah Anda. Akan tetapi penggunaan kolam akan lebih membutuhkan perawatan ekstra, namun jika ditangani oleh tukang taman minimalis yang berpengalaman itu tidak akan menjadi masalah.

Baca Juga : Motif Keramik Kamar Mandi Minimalis Modern dan Sederhana

Penggunaan kolam pada taman dalam rumah harus mempertimbangkan penggantian air dan pembersihan air kolam secara rutin, jika Anda terlalu lama menggantinya maka permasalahan yang akan muncul dari kolam tersebut.

Banyak manfaat yang akan Anda dapat ketika menggunakan konsep taman dalam rumah ini, seperti membuat hunian bertambah sejuk, pencahayaan alami dari cahaya matahari, serta membuat rumah tampak lebih luas.

Demikian pembahasan tentang beberapa contoh desain taman dalam rumah yang dapat kami berikan dalam artikel ini, semoga pembahasan ini dapat memberikan referensi yang baik bagi Anda yang berencana membangun taman dalam rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *