kanopi kaca tempered
kanopi kaca tempered

Desain Atap Kanopi Kaca Tempered Glass Minimalis Terbaru

Kanopi Kaca Tempered – Dalam dunia konstruksi, kanopi merupakan atap yang dibuat di atas sebuah struktur yang dipasang pada rangka untuk memberikan naungan dari panas matahari langsung. Baik itu dari cahaya panas matahari, hujan dan lain sebagainya. Kanopi memiliki berbagai pilihan material. Ada kanopi berupa tenda sementara dan ada juga kanopi yang permanen.

Di daerah tropis seperti Indonesia, sinar matahari dan hujan memiliki intensitas yang tinggi, maka sangat baik jika menggunakan jenis ruang terbuka seperti halaman belakang dan teras. Dengan adanya atap kaca tempered dan atap kaca jenis lainnya memungkinkan untuk membuat kanopi terbuka tanpa harus mengakibatkan Anda ter papar panas yang terlalu terik atau hujan yang deras.

Berikut adalah beberapa desain kanopi kaca tempered yang dapat Anda aplikasi kan pada bangunan rumah yang akan Anda bangun dan juga menjadi referensi yang dapat menjadi gambaran kanopi rumah Anda.

Kanopi Kaca Tempered 

Secara umum, ada 3 jenis kaca yang dipakai untuk pembuatan atap kanopi kaca rumah. Ada kanopi kaca tempered glass, kanopi kaca laminated dan kanopi kaca tempered laminated (kombinasi). Untuk lebih jelasnya, silakan simak penjelasannya berikut ini!

1. Kaca Tempered

Kaca tempered adalah salah satu jenis kaca yang banyak dipakai untuk penutup kanopi. Kaca tempered dibuat dengan memanaskan kaca lembaran hingga suhu mencapai 700 derajat Celsius. Setelah itu dengan menggunakan udara, kaca di dinginkan secara cepat ke suhu rendah. Proses ini membuat kaca tempered memiliki kepadatan dan daya tahan lebih tinggi dari pada kaca biasa.

Selain untuk pembuatan kanopi kaca gantung, kaca tempered juga dimanfaatkan untuk pembuatan dinding kaca, pembatas, dinding eskalator, elevator dan lain sebagainya. Salah satu ciri utama dari kaca ini adalah ketika pecah, serpihan nya akan hancur menjadi butiran sehingga tidak berisiko menimbulkan luka.

2. Kaca Laminated

Seperti namanya, kaca laminated dibuat dengan metode laminasi di mana satu atau beberapa lembar polyvinyl yang kuat, fleksibel dan transparan di padu dengan satu atau beberapa lembar kaca float. Lembaran-lembaran ini disatukan lewat proses press dan pemanasan sehingga dihasilkan kaca dengan daya tahan tinggi.

Baca Juga : Desain Kolam Ikan Minimalis untuk Halaman Belakang Rumah

Selain untuk kanopi atap kaca tempered, penggunaan kaca jenis ini paling sering terlihat pada dinding kolam renang dan bidang lain. Karena menempel dengan lembaran non kaca, ketika pecah kaca tempered tidak akan melukai orang yang ada di sekelilingnya dan cukup kuat menahan tekanan.

3. Kombinasi Glass

Kaca kombinasi glass adalah gabungan dari jenis kaca tempered dan laminated, untuk kebutuhan konstruksi kaca dengan keamanan lebih tinggi maka dapat dikombinasikan dengan penggunaan kaca tempered dan laminated sekaligus. Karena kedua kaca dibuat dengan cara berbeda, daya tahannya akan menjadi double secure.

Namun jika di nilai dari dari segi biaya pembuatan kanopi kaca tempered jelas lebih mahal dan penggunaan hanya dapat di terapkan untuk jenis konstruksi khusus saja.

Desain Kanopi Kaca Tempered

Untuk membuat kanopi kaca tempered, pada dasarnya Anda bisa memilih salah satu dari ketiga jenis kaca di atas. Anda bisa memilih kanopi kaca sandblast, kaca kanopi tempered atau pakai kaca laminated. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun untuk pemasangan di atas, sebenarnya lebih disarankan menggunakan kaca laminated karena saat pecah, pecahannya tidak akan runtuh ke bawah.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, penggunaan kanopi kaca saat ini tidak terbatas hanya pada satu fungsi saja. Anda bisa menerapkan desain serupa untuk berbagai kebutuhan. Simak contoh-contohnya berikut ini.

1. Garasi Mobil

 

kaca tempered garasi mobil
kaca tempered garasi mobil

Kanopi atap kaca tempered paling sering digunakan untuk pembuatan garasi mobil atau carport tanpa dinding. Selain terlihat lebih modern dan sleek, desain carport untuk mobil bisa menghemat tempat karena area di bawahnya bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain saat tidak dipakai menyimpan mobil.

Baca Juga : Desain Taman dalam Rumah Minimalis Ruang Tamu Modern

Desain kanopi yang paling umum digunakan bisa Anda lihat pada contoh gambar di atas. Untuk memasang kaca, digunakan kerangka. Anda bisa menggunakan kerangka dari kayu atau besi hollow yang sudah di-coating agar lebih kuat tahan lama. Harga kanopi atap kaca tempered untuk carport dengan ketebalan 10 mm berkisar Rp. 1.000.000-Rp. 1.400.000.

2. Teras Rumah

kaca tempered teras rumah
kaca tempered teras rumah

Jika Anda menginginkan tampilan rumah bergaya modern, pemasangan atap kaca tempered untuk bagian teras bisa jadi pertimbangan yang menarik. Selain memberikan kesan elegan dan simpel, bagian teras yang ditutup dengan kaca tempered atau kaca laminated akan tampak lebih terang karena disinari oleh cahaya matahari langsung.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan kaca tempered sebagai penutup teras, harga kanopi kaca tempered cukup bervariasi di pasaran. Anda bisa memilih sesuai dengan ukuran maupun ketebalan kaca yang akan Anda gunakan pada bangunan rumah.

3. Pergola

kaca tempered pergola
kaca tempered pergola

Pergola merupakan salah satu bagian rumah yang biasanya berada terpisah yang berguna sebagai tempat bersantai atau sekadar berteduh. Bagi rumah yang memiliki pekarangan luas, membangun pergola akan memberikan area yang nyaman untuk berkumpul dengan anggota keluarga maupun menyambut tamu.

Pergola biasanya dibuat tanpa atap dan hanya mengandalkan kerangka kayu saja. Namun agar lebih nyaman dan terlindungi, Anda bisa menggunakan kaca tempered atau laminated sebagai penutup nya. Salah satu contoh desain pergola, bisa Anda lihat pada gambar di atas. Sebelum membuat pergola dengan atap kaca, jangan lupa cari tahu terlebih dahulu harga kanopi kaca laminated untuk pergola Anda.

4. Atap Kolam Renang

kaca tempered atap kolam renang
kaca tempered atap kolam renang

Kalau Anda punya kolam renang outdoor, menambahkan atap yang terbuat dari kaca tempered maupun kaca laminated tentu akan membuat tampilan nya semakin menarik. Selain itu, Anda dan seluruh anggota keluarga akan lebih nyaman berenang tanpa harus khawatir dengan cuaca panas atau hujan deras.

Biaya pembuatan kanopi untuk kolam renang biasanya tidak jauh berbeda dengan pemasangan kanopi untuk teras atau carport. Harga kanopi atap kaca juga bisa dipilih sesuai dengan ketebalan dan budget yang tersedia. Untuk ketebalan 8 mm, tersedia dengan harga mulai ratusan ribu sampai jutaan rupiah.

5. Greenhouse

kaca tempered greenhouse
kaca tempered greenhouse

Anda hobi bercocok tanam? Menggunakan metode greenhouse akan jadi cara yang menarik untuk dicoba. Selain bisa lebih mudah mengendalikan hama dan gangguan dari lingkungan sekitar, menggunakan material kaca sebagai penutup akan membuat kebun Anda tampil lebih bergaya. Anda juga bisa memilih kerangka dari kayu atau besi agar desain lebih menarik.

Tidak seperti pembuatan kanopi untuk teras atau carport, membangun greenhouse membutuhkan jumlah kaca yang lebih banyak. Ini karena bukan bagian atap saja yang perlu ditutupi tapi juga bagian dindingnya. Semakin besar greenhouse yang akan dibuat, semakin besar biaya yang harus dikeluarkan.

6. Atap Kaca Dapur

kaca tempered atap kaca dapur
kaca tempered atap kaca dapur

Menggunakan kanopi kaca tempered untuk membuat atap dapur juga semakin banyak di gunakan pada rumah bergaya minimalis maupun modern. Adanya atap kaca ini akan menjadi sumber pencahayaan alami yang akan membuat Anda lebih hemat energi karena tidak perlu menyalakan lampu di siang hari.

Baca Juga : Jenis Atap Rumah Minimalis Terbaik dan Kelebihan Harganya

Untuk mengetahui harga atap kaca tempered, Anda bisa datang langsung ke toko material kaca terdekat. Bisa juga dengan mengecek harga tempered glass kanopi penyedia jasa tukang kaca, untuk mengetahui perkiraan biaya yang harus dikeluarkan. Perlu diingat bahwa harga kanopi kaca tempered yang dibeli secara langsung mungkin akan berbeda.

Demikianlah informasi seputar kanopi kaca tempered dan beberapa contoh desain atap kanopi kaca yang dapat kami sajikan. Semoga artikel ini bisa membantu Anda menentukan pilihan kanopi kaca untuk bangunan rumah yang sedang akan Anda bangun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *