harga kaca
harga kaca

Harga Kaca Per Meter Bening Semua Ukuran Lembaran Terbaru

Harga Kaca Per Meter – Kaca merupakan salah satu material yang banyak digunakan dalam industri konstruksi bangunan. Memiliki berbentuk padat, kaca sebenarnya adalah zat cair yang suhunya sangat rendah karena susunan molekul mirip air. Kohesi antar molekul membuatnya menjadi stabil. Karena sifatnya yang cepat dingin, kaca menjadi material yang bening atau transparan.

Kaca bening per meter yang banyak digunakan dalam pembuatan jendela ruangan karena sifatnya yang tembus pandang sehingga cahaya matahari dan panasnya bisa melewatinya. Semakin banyaknya kebutuhan akan material kaca membuat berbagai jenis dan ukuran kaca diproduksi.

Ada juga jenis kaca bening yang semi tembus pandang dan ada juga yang tidak transparan sama sekali semua itu dapat Anda sesuaikan dengan penggunaan pada dekorasi bangunan dan kebutuhan penggunaannya. Karena setiap jenis kaca memiliki harga kaca per meter yang beragam pula.

Jenis Kaca Lembaran

kaca bening 5 mm
kaca bening 5 mm

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai harga kaca per meter, ada baiknya Anda mengetahui jenis-jenis kaca terlebih dahulu. Informasi ini sangat penting karena penggunaan masing-masing kaca berbeda-beda. Dengan mengetahui jenis kaca yang dibutuhkan, Anda akan lebih mudah mencari tahu tentang harga kaca per meter persegi. Simak selengkapnya dalam ulasan berikut!

1. Kaca Transparan

Kaca bening atau float glass ini merupakan jenis kaca yang paling banyak dipakai baik untuk kebutuhan di dalam maupun di luar ruangan. Float glass ini punya permukaan rata, bersih dan tidak memiliki warna.  Selain untuk bangunan, Anda juga akan menemukan aplikasi kaca bening pada perabotan rumah tangga.

Jika Anda ingin menggunakan kaca bening pada bangunan atau desain dekorasi rumah Anda, ada baiknya Anda menggunakan jenis kaca ini. Selain harga kaca per meter yang cukup relatif terjangkau, material kaca juga cukup aman untuk kesehatan, jangan lupa pula mencari tahu tentang jasa pasang kaca per meter. Mengetahui tarif pemasangan akan memudahkan Anda membuat perencanaan keuangan.

2. Kaca Riben

Dikenal juga dengan nama lain tinted glass, kaca ini merupakan versi float glass yang memiliki warna gelap dan hanya dapat dilihat tembus pandangan dari satu sisi saja. Penambahan logam pewarna pada kaca membuat sifat tembus pandangnya menjadi berkurang. Kaca riben sangat cocok untuk aplikasi luar ruangan bagi Anda yang memerlukan privasi.

Harga kaca per meter untuk jendela jenis riben biasanya paling cukup bervariasi tergantung dari ketebalan dan tingkat kegelapan nya. Jenis kaca riben banyak dicari khususnya untuk pembuatan dinding kaca gedung dan sekat kamar mandi, begitu juga kaca riben untuk jendela dan curtain wall.

3. Kaca Tempered

Sekilas kaca tempered atau tempered glass sangat mirip dengan kaca transparan biasa yang Anda kenal. Hanya saja dari segi durabilitas, tempered glass sangat unggul dan memiliki ketahanan yang baik terhadap benturan. Daya tahannya bahkan bisa sampai 3-5 kali lipat daripada kaca biasa.

Hal ini didapatkan dari proses produksinya yang cukup panjang dengan tahap pemanasan pada suhu yang sangat tinggi dan dalam waktu cepat mengalami pendinginan dengan tiba-tiba. Selain kuat, tempered glass lebih aman karena ketika pecah tidak membentuk serpihan yang runcing.

Potongan dari tempered glass yang pecah akan terlihat bulat dan tumpul saat dipegang seperti butiran jagung. Harga kaca per meter untuk janis tempered glass juga bervariasi tergantung tingkat ketebalan dan ukuran yang akan di gunakan pada bangunan Anda. Untuk pemakaian jenis kaca ini biasanya di jual berdasarkan ukuran pemesanan dan tidak di jual bebas pada toko kaca.

4. Kaca Reflektif

Memiliki kemampuan memantulkan cahaya yang tinggi dan mengurangi sifat transparan, kaca reflektif disebut juga dengan kaca cermin atau one way mirrored glass. Sifat memantulkan dari kaca ini karena memiliki lapisan pemantul cahaya oksida logam pada bagian sesi belakang kaca yang memungkinkannya hanya dapat dilihat dari satu sisi.

Kaca ini sangat cocok digunakan untuk bagian luar ruangan atau partisi antar ruang jika Anda membutuhkan area privat untuk Anda. Selain itu Anda juga bisa menggunakannya pada cermin kamar mandi dan ruang kamar tidur, jika berencana untuk membelinya Anda dapat mendatangi di toko jual kaca cermin meteran terdekat.

5. Kaca Patri

Kaca patri dibuat dengan menyatukan beberapa warna kaca dengan menggunakan kuningan atau timah yang dicampur dengan bahan dasar kaca yaitu bubuk silikat. Proses menyatukan satu bagian kaca dengan bagian kaca lainnya inilah yang disebut dengan patrian. Dari sinilah nama kaca patri berasal dan menjadi penyebutan nama jenis kaca yang dikenal luas.

Baca Juga : Harga Polycarbonate Twinlite Bening dan Solite Per Lembar

Penggunaan kaca patri atau stained glass sudah cukup populer sejak zaman renaissance pada jaman dahulu. Dulu orang-orang memanfaatkannya untuk dekorasi bangunan-bangunan tempat ibadah seperti gereja dan tempat bersejarah lainnya yang menginginkan kesan luas dan terang pada dalam bangunan.

Kelebihan Kaca Lembaran

Selain menjadi pilihan material penting pada bangunan, sifat kaca yang bisa meneruskan cahaya menjadi sangat banyak digunakan untuk berbagai keperluan dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan kaca untuk bangunan memiliki berbagai keuntungan dari segi interior maupun eksterior, Apa saja?

1. Pencahayaan Ruangan

Dibandingkan dengan jendela kayu, jendela kaca memungkinkan Anda memperoleh pencahayaan yang maksimal di siang hari tanpa Anda harus membuka jendela. Selain lebih hemat energi, penggunaan kaca juga memungkinkan penghuninya menikmati pemandangan di luar bangunan dengan lebih leluasa.

Penggunaan kaca juga kini telah diaplikasikan  pada penutup atap berbahan kaca, tujuannya adalah untuk mendapatkan kesan luas pada bangunan dan pencahayaan yang maksimal pada dalam bangunan. Namun harga kaca per meter untuk jenis ini masih relatif mahal karena pemakaiannya yang masih terbatas.

2. Perawatan Mudah

Kaca memang termasuk material bangunan yang mudah kotor dan berjamun, apa lagi berada pada luar ruangan yang selalu terkena hujan dan panas. Namun untuk membersihkan nya juga tidak sulit, Anda hanya memerlukan pembersih kaca biasa dan membersihkan nya setiap satu atau dua minggu sekali agar permukaan kaca tetap bagus.

Cara membersihkan kaca jendela cukup mudah, Anda hanya membutuhkan larutan pembersih kaca dan lap mikrofiber yang dapat Anda beli pada toko kain atau toko bangunan yang dekat dengan rumah Anda.

3. Memberikan Kesan Luas

Jika Anda memiliki rumah dengan ukuran kecil, menyisipkan partisi tembok dengan kaca bisa menjadi solusi untuk membuat ruangan terlihat luas. Beberapa rumah bergaya modern bahkan mengganti sebagian dinding mereka dengan kaca transparan agar ruangan terasa lebih spacey.

Penggunaan kaca transparan pada bangunan khususnya pada bagian pintu dan jendela yang berukuran besar dapat memunculkan kesan luas dan hangat pada ruangan dalam rumah Anda. Konsep seperti ini sudah banyak di gunakan oleh arsitektural bangunan mewah yang ada di perkotaan.

4. Kedap Suara dan Air

Kaca bisa menjadi pilihan pengganti dinding tembok jika Anda ingin membuat ruangan yang kedap suara. Tidak hanya memiliki kemampuan menahan suara di dalam, kaca juga memiliki kesan kedap air yang baik. Penggunaan kaca sebagai dinding sekat dapat dipakai sebagai pembatas ruang pada kantor dan ruang introgasi kepolisian.

Namun dalam aspek yang lebih umum, kaca banyak dipakai sebagai dinding pada bangunan gedung berlantai tinggi. Karena dengan demikian setiap ruangan pada gedung tersebut akan tetap terang dan menghemat energi, namun harga kaca per meter untuk dinding gedung cukup mahal karena terbuat dari material khusus.

5. Bangunan Konsep Modern

Kaca merupakan material yang paling banyak digunakan di dalam hunian dengan konsep bangunan modern dan mewah. Menggunakan jendela kaca yang lebar atau mengganti daun pintu dengan kaca bisa menjadi cara yang efektif untuk memberikan kesan modern di rumah Anda.

Selain itu pemakaian pada pembatas kaca maupun kanopi kaca menjadi pilihan yang cukup banyak diambil untuk memunculkan kesan mewah dan elegan pada bangunan rumah Anda. Namun harga kaca per meter yang digunakan sebagai dekorasi eksterior pada bangunan juga akan relatif mahal, karena harus terbuat dari bahan yang tidak mudah pecah seperti jenis kaca tempered glass.

Daftar Harga Kaca

harga kaca per meter
harga kaca per meter

Selain harga kaca per meter, ada juga kaca yang dijual dalam bentuk lembaran dengan ukuran standar maupun custem. Ukuran kaca lembaran bervariasi baik dari segi ketebalan, lebar maupun panjang kaca tersebut. Untuk mengetahui lebih jauh tentang perbandingan harga kaca tempered, harga kaca besar, kaca tempered 5 mm hingga 12 mm per meter dan jenis kaca lainnya. Silakan simak daftar harga kaca pada tabel berikut ini!

1. Kaca Bening Per Meter

UKURAN KACASATUANHARGA
Kaca Bening Tebal 2 mmM2Rp. 55.000
Kaca Bening Tebal 3 mmM2Rp. 65.000
Kaca Bening Tebal 5 mmM2Rp. 62.500
Kaca Bening Tebal 8 mmM2Rp. 125.000
Kaca Bening Tebal 10 mmM2Rp. 220.000

2. Kaca Riben Per Meter

UKURAN KACASATUANHARGA
Kaca Riben Tebal 3 mmM2Rp. 72.500
Kaca Riben Tebal 5 mmM2Rp. 75.000
Kaca Riben Tebal 8 mmM2Rp. 135.000
Kaca Riben Tebal 10 mmM2Rp. 230.000

3. Kaca Tempered Glass Per Meter

UKURAN KACASATUANHARGA
Kaca Tempered Glass 5 mmM2Rp. 210.000
Kaca Tempered Glass 6 mmM2Rp. 261.000
Kaca Tempered Glass 8 mmM2Rp. 385.500
Kaca Tempered Glass 10 mmM2Rp. 411.000
Kaca Tempered Glass 12 mmM2Rp. 461.000
Kaca Tempered Glass 15 mmM2Rp. 1.971.000
Kaca Tempered Glass 19 mmM2Rp. 2.471.000

4. Kaca Cermin Sandblast Per Meter

UKURAN KACASATUANHARGA
Kaca Patri 3 mmM2Rp. 2.000.000
Kaca Patri (Airbrush) 3 mmM2Rp. 2.500.000
Kaca Patri (Kuningan) 3 mmM2Rp. 2.700.000
Kaca Inlay 5 mmM2Rp. 2.500.000
Kaca Inlay 8 mmM2Rp. 2.500.000
Kaca Grafir (3D) 5 mmM2Rp. 1.500.000
Kaca Grafir (3D) 8 mmM2Rp. 1.500.000
Kaca Grafir Airbrush (Sandblas) 3 mmM2Rp. 1.700.000
Kaca Grafir Airbrush (Sandblas) 5 mmM2Rp. 1.700.000
Kaca Grafir Airbrush (Sandblas) 8 mmM2Rp. 1.700.000
Kaca Grafir Airbrush (Sandblas Cermin) 3 mmM2Rp. 1.700.000
Kaca Grafir Airbrush (Sandblas Cermin) 5 mmM2Rp. 1.700.000

Anda bisa menemukan harga kaca per meter terbaik dengan melihat tabel kaca sesuai tabel di atas. Sebagai informasi, harga kaca per meter, kanopi kaca per meter dan jenis kaca – kaca lain mungkin berbeda di setiap daerah. Tabel di atas hanya merupakan gambaran dan tidak bisa dijadikan patokan baku untuk menentukan harga kaca per meter pada setiap wilayah.

Tips Memilih Kaca

Selain pertimbangan mengenai harga kaca per meter, proses pemilihan material kaca untuk bangunan maupun perabotan di rumah bisa jadi membingungkan. Kaca yang digunakan untuk pemasangan di luar bangunan tentu akan berbeda jenis maupun tingkat ketebalan kaca dengan kaca yang diaplikasikan pada dalam rumah.

Baca Juga : Harga Genteng Metal Pasir Multiroof Per Lembar Terbaik

Untuk mengetahui dengan baik jenis kaca yang dibutuhkan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan pemborong atau tukang bangunan yang Anda percayakan. Mereka akan memberikan rekomendasi kaca terbaik yang sesuai dengan budget dan kebutuhan desain bangunan rumah Anda.

Demikianlah informasi lengkap tentang kelebihan kaca, jenis kaca dan harga kaca per meter. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari referensi mengenai kaca sebagai material bangunan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *