lampu downlight terbaru
lampu downlight terbaru

Jenis Lampu Downlight Led Minimalis untuk Plafon Ruangan Terbaru

Jenis Lampu Downlight – Salah satu cara untuk membuat tampilan plafon dan ruangan rumah menjadi lebih menarik dan indah adalah dengan menggunakan lampu LED plafon pada setiap sudut ruangan rumah Anda. Ada banyak jenis lampu plafon yang tersedia di pasaran, mulai dari model minimalis hingga model antik dengan berbagai pilihan harga dan jenis lampu downlight.

Lampu downlight belakangan ini menjadi pilihan sebagai pencahayaan yang makin diminati oleh pemilik bangunan. Hal ini di karena kan kemampuan pencahayaan yang dapat memunculkan kesan lebih luas pada ruangan Anda. Pemasangan downlight LED yang tersembunyi di balik plafon juga bisa mengurangi penggunaan terlalu banyak lampu downlight di langit-langit rumah Anda.

Meskipun populer belakangan ini, penggunaan lampu downlight ternyata sudah dilakukan sejak tahun 1930-an. Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi, jenis LED downlight juga semakin beragam. Berbagai produsen berusaha menciptakan model lampu downlight terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain pada plafon, lampu jenis ini juga bisa dijadikan penerangan berbagai bagian langit-langit dan objek-objek yang ada di dalam rumah. Kolam ikan, hiasan dinding berupa foto atau lukisan akan terlihat semakin menarik dengan lighting dari lampu downlight dengan penataan yang tepat.

Jenis Lampu Downlight

model lampu downlight
model lampu downlight

Perlu Anda ketahui bahwa model lampu tanam di plafon ini juga terdiri dari beberapa jenis pilihan lampu. Macam-macam lampu ini dibedakan berdasarkan fungsi dan tipe pencahayaan lampu. Secara umum, terdapat 4 jenis lampu downlight yang dapat Anda temukan di pasaran antara lain adalah:

1. Lampu Downlight Inbow

Model lampu pertama ini adalah yang paling terkenal dan paling banyak digunakan baik di dalam ruangan rumah maupun tempat-tempat umum seperti mall dan ruangan tertutup lainnya. Lampu downlight inbow biasanya khusus diaplikasikan pada plafon langit-langit ruangan, jenis lampu ini terbagi lagi menjadi 2 jenis yakni LED dan non LED, kalau Anda ingin yang lebih hemat, Anda bisa memilih jenis LED.

2. Lampu Downlight Outbow

Kalau jenis lampu downlight inbow biasanya akan digunakan pada langit-langit atap pada bagian luar ruangan, jenis outbow dipasang di bagian teras rumah, atap kanopi, carport dan area terbuka lainnya. Anda bisa memasang langsung menggunakan menggantung atau rangka. Lampu jenis ini banyak dipakai untuk sumber pencahayaan di kafe agar lebih artistik serta di rumah dan lokasi outdoor lainnya.

3. Lampu Downlight Spot

Lampu jenis yang ketiga ini secara khusus dirancang untuk dapat memberikan pancaran cahaya dengan objek tertentu yang Anda kehendaki. Anda bisa menggunakannya untuk memberikan efek highlight pada bagian-bagian penting pada rumah Anda seperti hiasan dinding, pajangan hingga akuarium. Lampu jenis ini juga banyak digunakan sebagai sumber pencahayaan saat pameran atau di galeri seni.

4. Lampu Downligh Slim

Seperti namanya, lampu ini dirancang dengan model yang slim alias tipis, namun dapat memberikan efek pancaran cahaya yang lebih luas. Adapun cara pemasangan lampu downlight ini sama dengan lampu jenis inbow lainnya, yakni diletakkan pada plafon ruangan. Lampu downlight slim hanya memiliki satu jenis saja yakni LED Light.

Baca Juga : Desain Atap Kanopi Kaca Tempered Glass Minimalis Terbaru

Kelebihan lampu jenis ini adalah penggunaan dayanya yang cukup hemat, sehingga tarif listrik yang harus Anda bayar tiap bulan akan semakin efisien. Namun jika terjadi kerusakan pada lampu, Anda tidak bisa mengganti bagian bola saja melainkan harus menggantinya dengan set jenis lampu downlight yang baru.

Keunggulan Lampu Downlight

keunggulan lampu downlight
keunggulan lampu downlight

Selain memberikan kesan luas dan modern pada ruangan Anda, model plafon lampu downlight juga memiliki beragam kelebihan. Kelebihan-kelebihan ini dapat dijadikan pertimbangan sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan lampu downlight pada ruangan rumah Anda. Simak beberapa keunggulan model lampu tanam plafon berikut ini!

1. Pencahayaan Lebih Fokus

Secara umum, lampu ini bisa dipakai untuk menerangi ruangan menyeluruh. Untuk menghasilkan penerangan yang merata, Anda sebaiknya memasang beberapa buah lampu sekaligus dengan posisi mengelilingi plafon atau berbaris lurus. Untuk menerangi satu objek secara khusus, Anda bisa mengarahkan langsung cahaya pada benda yang diinginkan agar lebih fokus.

2. Beragam Model dan Merek

Meski jenis lampu ini sudah ada sejak lama, tapi bukan berarti Anda tidak bisa menemukan jenis lampu downlight terbaru. Merek-merek lampu populer seperti Phillips juga menyediakan pilihan lampu downlight dengan berbagai tipe yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Selain Philips downlight, Anda tentu masih bisa menemukan merek lain dengan harga yang lebih murah atau lebih mahal.

3. Cahaya Lebih Natural

Model lampu downlight minimalis yang paling cocok diterapkan untuk memberikan tampilan cahaya alami adalah lampu downlight LED. Sinar yang tidak berlebihan membuat ruangan minimalis modern terlihat lebih elegan dan hangat. Cahaya yang dihasilkan juga cocok dipakai untuk latar belakang foto maupun bingkai dekorasi dinding ruangan pada rumah Anda.

4. Terang dan Stabil

Efek dari intensitas cahaya lampu tanam ruang tamu tidak hanya akan membuat ruangan jadi terasa lebih terang, namun plafon juga akan tampak lebih luas dan indah. Jika dipasang pada titik tengah yang benar, pencahayaan akan menyebar dengan merata sehingga semua sudut ruangan akan terlihat sama terangnya dengan ruangan utama.

Lampu Downlight Terbaru

jenis lampu downlight
jenis lampu downlight

Ada banyak sekali produsen lampu dengan pilihan merk dan jenis lampu downlight terbaik, perangkat elektronik atau produsen peralatan rumah tangga yang memproduksi lampu downlight. Jika Anda sedang bingung memilih model dan merek atau rekomendasi lampu downlight terbaik berikut ini bisa dijadikan referensi.

1. LED Cool Daylight

Cahaya cool daylight cenderung menghasilkan pantulan cahaya berwarna putih kebiruan pada ruangan rumah Anda. Kalau Anda menginginkan nuansa semacam ini, lampu cool daylight dari Krisbow ini bisa jadi pilihan terbaik untuk Anda gunakan. Lampu ini juga hanya membutuhkan daya sebesar 15 watt saja, sehingga cukup efisien untuk penggunaan lampu dalam jumlah yang cukup banyak.

2. LED Warm White

Berbeda dengan cool daylight, lampu warm white cenderung menghasilkan pantulan cahaya yang berwarna putih kekuningan. Selain model bulat, lampu produksi Krisbow ini juga tersedia dalam bentuk lainnya seperti persegi, flat, setengah lingkaran dan petak. Semua jenis lampu downlight LED warm white juga hanya membutuhkan energi daya listrik sebesar 12 watt saja.

Baca Juga : Model Pagar Minimalis Modern Mewah Gerbang Rumah Terbaru

3. Downlight Switch Color

Krisbow memang tidak pernah berhenti berinovasi menciptakan produk-produk baru dengan kualitas terbaik. Salah satu produk downlight switch color ini memiliki fitur yang terbilang unik, yakni bisa diganti-ganti pancaran warnanya dengan mudah. Jadi kalau Anda tidak bisa memilih antara cool daylight, warm white atau natural white, Anda bisa membeli lampu Krisbow jenis ini.

4. Donwlight Minimalis

Jika ruangan Anda didesain dengan gaya minimalis dengan memilih lampu downlight konsep simpel minimalis adalah hal yang penting. Ada banyak sekali pilihan merek lampu downlight bergaya minimalis yang bisa Anda beli baik secara online atau langsung ke toko perlengkapan elektronik terdekat yang ada di kota Anda.

5. Downlight Cahaya 100 Derajat

Kalau Anda ingin ruangan diterangi dengan lebar sudut 100 derajat, Anda bisa memilih jenis lampu downlight yang dilengkapi dengan fitur housing lampu yang menghasilkan sudut tertentu. Beberapa merek lampu yang memproduksi model lampu jenis ini adalah Philips, Hannoch, Pioline dan merk terbaik lainnya.

Baca Juga : Jenis Atap Rumah Minimalis Terbaik dan Kelebihan Harganya

Selain memiliki banyak kelebihan, lampu downlight juga memiliki harga yang cukup terjangkau. Untuk merek Phillips ukuran 22 watt dapat Anda beli seharga Rp. 230.000. Sedangkan untuk yang 12 watt, Anda bisa membelinya dengan harga Rp. 76.000 saja. Semakin kecil watt lampunya, maka akan semakin terjangkau harganya.

Demikianlah ulasan tentang jenis lampu downlight untuk plafon downlight ruangan minimalis interior dan eksterior pada rumah Anda. Semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat dan memberikan referensi terbaik untuk menambah wawasan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *