harga triplek
harga triplek

Harga Triplek Terbaru Berbagai Ukuran Tebal Triplek per Lembar

Harga Triplek Terbaru – Material triplek manjadi salah satu bahan bangunan yang penting dalam pekerjaan konstruksi dan interior. Triplek juga dikenal dengan sebutan plywood, terbuat dari lembaran kayu tipis yang disusun berlapis-lapis dengan lem perekat khusus pada setiap lapisannya hingga ketebalan tertentu.

Di toko bangunan Anda dapat menemui material ini dengan berbagai jenis triplek dan harga triplek terbaru yang beragam, tergantung dari ketebalan dan kualitas triplek tersebut. Ketebalan triplek yang umum ditemui mulai dari kelas triplek tipis ketebalan 1 cm, 3 cm, 4 cm dan 5 cm.

Sedangkan untuk kelas harga triplek tebal memiliki ketebalan mulai dari 6 mm, 8 mm , 9 mm, 12 mm, 15 mm dan 18 mm. Untuk jenis triplek juga berbeda-beda, mulai dari jenis teakwood, soft wood, hard wood, multiplek dan jenis triplek lainnya dengan berbagai jenis bahan dasar kayu pembentuknya.

Pengertian Triplek

Triplek adalah jenis material bangunan berupa lembaran papan press pabrikan yang terbuat dari lapisan-lapisan serat kayu yang disusun dan diberi perekat lem dengan ketebalan tertentu. Karena menggunakan bahan dasar kayu, triplek memiliki sifat yang pleksibel sehingga dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan.

Dalam pemanfaatannya pada bidang konstruksi, triplek banyak digunakan sebagai material bangunan untuk bekisting beton struktur, penutup atap, dinding partisi, plafon dan lain sebagainnya. Namun triplek juga kini banyak dimanfaatkan sebagai material interior dan dekorasi ruangan seperti kitchen set, meja, lemari, rak dan lain sebagainya.

Pemanfaat triplek yang semakin meluas menjadikan material ini berkembang dan menyesuikan dengan fungsinya. Maka triplek juga memiliki beberapa jenis triplek yang cukup beragan yang dapat Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan pekerjaan Anda.

Fungsi Triplek pada Pembangunan

Dengan semakin luasnya penggunaan material triplek ini dalam bidang konstruksi, maka berikut adalah beberapa fungsi triplek dalam pemanfaatannya dalam konstruksi bangunan dan interior ruangan.

  • Dapat digunakan sebagai cetakan bekisting beton pada struktur bangunan.
  • Dapat digunakan sebagai material penutup atap, sekat dinding partisi, plafon dan lantai kayu.
  • Dapat digunakan sebagai meterial pintu dan jendela.
  • Dapat digunakan sebagai material prabot dan dekorasi interior ruangan.
  • Dan lain sebagainnya.

Kualitas Triplek

Triplek memiliki jenis cukup beragam yang dibedakan dari material dan fungsi dari penggunaan triplek tersebut. Berikut adalah beberapa jenis triplek berdasarkan kualitas triplek yang ada dipasaran.

Kualitas Grade A

Kualitas triplek grade A merupakan kelas kualitas terbaik dari penggunaan bahan baku kayu untuk triplek. Pada grede ini pada umumnya permukaan triplek memiliki terkstur yang rata dan permukaan yang halus.

Namun sebanding dengan harga yang ditawarkan, harga triplek kayu grade A ini cukup mahal. Bahkan diatas rata-rata harga dan ukuran triplek pada umumnya dan hanya digunakan untuk keperluan konstruksi khususnya pekerjaan bakesting beton.

Kualitas Grede B

Kualiatas triplek grade B merupakan jenis triplek dengan terkstur permukaan yang keras dan solid. Memang jika ditinjau dari kualitas, triplek grade B tidak sebaik kualitas triplek grade A, namun masih sangat layak jika digunakan sebagai material untuk dekorasi dan pembuatan prabot rumah tangga.

Kualitas Grade C

Triplek grade C merupakan kualitas dengan tingkatan ke tiga dari kualitas kayu yang digunakan sebagai bahan dasar triplek. Pada umumnya permukaan triplek pada grade ini memiliki warna lapisan kayu yang tidak seragam dan cenderung kurang rata.

Kualitas Grade D

Grade D merupakan tingkatan kualitas triplek yang paling kurang baik dari pada ke tiga grade lainnya. Kualitas triplek grade D hanya digunakan sebagai dinding partisi dan plafon dekorasi bangunan. Karena permukaan dan kualitas triplek ini tidak dapat digunakan untuk menahan beban tertentu dan sangat lemah terhadap air.

Jenis-Jenis Triplek

Material kayu yang digunakan dalam pembuatan triplek memiliki kualitas beragam yang akan mempengaruhi kualitas triplek itu sendiri. Berikut adalah beberapa kualitas triplek yang ditinjau dari kualitas kayu yang  digunakan.

Triplek MDF (Medium Density Fiberboard)

triplek MDF
triplek MDF

Janis kayu yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan triplek MFD adalah lapisan-lapisan lembaran kayu dengan terktur kayu yang memiliki serat lunak dan rapat. Setiap lembaran tersebut direkatkan menggunakan lem khusus yang dapat tahan dari kondisi lembab dan basah.

Jenis triplek MDF memiliki pori-pori yang rapat pada permukaannya yang membuat jenis triplek ini sangat cocok digunakan sebagai bekisting beton dalam pekerjaan konstruksi bangunan.

Triplek Teakblock

triplek teakblock
triplek teakblock

Jenis triplek teakblock terbuat dari lembaran kayu jati yang disusun berlapis-lapis menjadi bagian yang padu. Karena menggunakan jenis kayu jati sehingga jenis triplek teakblock ini cukup kuat dan tahan terhadap serangan rayap.

Dengan kualitas tergolong dalam kelas grade A menjadikan harga triplek ini cukup mahal, karena bahan dasar harga kayu triplek yang digunakan juga cukup mahal. Triplek teakblock pada umumnya digunakan sebagai pelapis atap, dinding partisi dan dekorasi interior lainnya.

Triplek Blockboard (Meranti)

triplek blockboard
triplek blockboard

Untuk pilihan triplek jenis blackboard menggunakan bahan baku dasar pembuatan dengan kayu meranti, triplek jenis ini memiliki tiga lapisan serat kayu yang berbeda tiap lapisnya. Lapisan terluar triplek blackboard memiliki ketebalan yang lebih tipis dari pada lapisan tengahnya.

Untuk lapisan tebal pada tengah triplek menggunakan bahan kayu akasia yang lebih padat namun cukup keras untuk menahan beban dari luar. Dengan metode pelapisan serat seperti ini akan dapat lebih menghemat harga triplek per lembarnya.

Triplek Melaminto

triplek melaminto
triplek melaminto

Triplek minamito merupakan jenis triplek yang biasa di kenal dengan istilah triplek decorative plywood. Jenis triplek ini sesungguhnya sama seperti triplek blockboard, hanya saya memiliki perbedaan lapisan melamin dan polyester yang halus serta licin pada kedua sisi permukaannya.

Fungsi melamin pada permukaan triplek milaminto adalah sebagai pelindung lapisan kayu agar lebih awet dari kelembaban dan tahan terhadap air. Selain itu permukaan yang halus akan sangat baik digunakan sebagai bekisting dan dekoresi interior pada pekerjaan konstruksi.

Triplek Particle Board

triplek particle board
triplek particle board

Salah satu pilihan jenis triplek yang memiliki harga triplek yang cukup murah adalah jenis particle board, triplek jenis ini terbuat dari hasil daur ulang  kayu bekas maupun potongan kayu yang sudah tidak terpakai lagi, yag disusun menjadi lembaran papan dengan ketebalan tertentu.

Penggunaan jenis triplek ini baik digunakan sebagai material dekorasi yang terlindung, karena kekurangan dari triplek ini sangat rentan terhadap air dan lembab. Sehingga triplek ini tidak direkomendasikan jika digunakan kamar mandi, eksterior dan atap rumah.

Multiplek

triplek multipleks
triplek multipleks

Triplek jenis multiplek ini dibuat dengan menggunakan lapisan kayu yang dipress dengan tekanan yang tinggi, sehingga terbentuk lapisan tekstur papan yang rapat dan solid. Multiplek memiliki serat kayu yang cukup baik dengan jumlah lapisan lima serat kayu yang saling besilangan.

Multiplek biasanya memiliki ketebalan yang cukup besar, ukuran ketebalan triplek 6 mm sampai 18 mm dengan harga triplek yang relatif mahal. Karena multiplek banyak digunakan dalam pekerjaan konstruksi dan cukup tahan terhadap air.

Ukuran Triplek

Ukuran standar triplek yang ada dipasaran adalah 2400 x 1120 mm, ukuran ini berlaku untuk semua jenis harga triplek. Standar ukuran ini digunakan sebagai acuan untuk mempermudah perhitungan kebutuhan material dan pemakaian triplek pada pekerjaan bangunan.

Dengan ukuran triplek yang telah terstandar maka akan sangat memudahkan bagi Anda yang akan membeli material triplek tersebut, selain itu dengan terstandarnya ukuran triplek akan menastikan kualitas dan ketebalan triplek juga terjaga dengan baik.

Kelebihan Triplek

Material triplek juga memiliki bebrapa kelebihan dan kekurangan dalam pemanfaatannya pada bidang pembangunan. Berikut adalah beberapa kelebihan dari pemakaian material triplek dalam setiap bidang pekerjaan.

  • Triplek merupakan produk hasil olahan kayu yang sangat multifungsi jika dibandingkan dengan produk sejenisnya.
  • Tahap pembuatan triplek dapat dilakukan dengan cara dipress pada suhu yang tinggi, sehingga memiliki ketahanan terhadap resiko susut maupun melintir.
  • Triplek memilki berbagai macam ukuran tebal.
  • Material triplek mudah dibentuk dan dipotong menyesuaikan dengan ukuran dan bentuk yang diinginkan.
  • Ukuran triplek sudah memiliki ukuran yang standar, sehinga Anda tidak perlu khawatir jika triplek yang akan Anda pilih akan berbeda-beda.

Kekurangan Triplek

Berikut adalah beberapa kekurangan dari triplek yang perlu Anda ketahui.

  • Triplek tidak direkomendasikan untuk penggunaan pada exterior bangunan.
  • Harga triplek yang relatif mahal, karena penggunaan kayu yang semakin langkah.
  • Triplek tidak dapat digunakan dalam waktu yang lama karena.
  • Membutuhkan lapisan finishing jika pemukaan triplek digunakan pada dekorasi interior.

Cara Memilih Triplek

Jika Anda berencana akan menggunakan triplek, maka ada baiknya jika Anda mempertimbangkan cara memilih triplek yang baik sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Periksa Kerataan Triplek
  • Periksa Sudutan Triplek
  • Periksa Grading Triplek
  • Periksa Pemukaan Triplek

Harga Triplek Multiplex Terbaru

Berikut adalah daftar harga triplek terbaru dari berbagai jenis triplek dan ukuran yang dapat Anda lihat pada tabel berikut ini.

Triplek Soft Wood Kayu Albasia

UKURAN TRIPLEKTEBALHARGA
Albasia 122 x 244 cm3 mmRp. 52.000
Albasia 122 x 244 cm4 mmRp. 82.000
Albasia 122 x 244 cm8 mmRp. 87.000
Albasia 122 x 244 cm9 mmRp. 124.000
Albasia 122 x 244 cm12 mmRp. 155.000
Albasia 122 x 244 cm15 mmRp. 176.000
Albasia 122 x 244 cm18 mmRp. 167.500

Triplek Soft Wood Kayu Sengon

UKURAN TRIPLEKTEBALHARGA
Sengon 122 x 244 cm3 mmRp. 39.000
Sengon 122 x 244 cm4 mmRp. 49.000
Sengon 122 x 244 cm8 mmRp. 80.000
Sengon 122 x 244 cm9 mmRp. 90.000
Sengon 122 x 244 cm12 mmRp. 120.000
Sengon 122 x 244 cm15 mmRp. 150.000
Sengon 122 x 244 cm18 mmRp. 167.500

Triplek Hard Wood Kayu Meranti

UKURAN TRIPLEKTEBALHARGA
Meranti 122 x 244 cm3 mmRp. 43.000
Meranti 122 x 244 cm4 mmRp. 53.000
Meranti 122 x 244 cm8 mmRp. 86.000
Meranti 122 x 244 cm9 mmRp. 93.500
Meranti 122 x 244 cm12 mmRp. 150.000
Meranti 122 x 244 cm15 mmRp. 180.000
Meranti 122 x 244 cm18 mmRp. 225.000

Triplek Hard Wood Kayu Palm

UKURAN TRIPLEKTEBALHARGA
Palm 122 x 244 cm3 mmRp. 41.000
Palm 122 x 244 cm4 mmRp. 51.000
Palm 122 x 244 cm6 mmRp. 63.500
Palm 122 x 244 cm8 mmRp. 90.000
Palm 122 x 244 cm9 mmRp. 102.500
Palm 122 x 244 cm12 mmRp. 132.500
Palm 122 x 244 cm15 mmRp. 165.000

Triplek Hard Wood Kayu Tunas

UKURAN TRIPLEKTEBALHARGA
Tunas 122 x 244 cm3 mmRp. 39.000
Tunas 122 x 244 cm4 mmRp. 48.500
Tunas 122 x 244 cm6 mmRp. 62.000
Tunas 122 x 244 cm8 mmRp. 88.500
Tunas 122 x 244 cm9 mmRp. 99.000
Tunas 122 x 244 cm12 mmRp. 130.000

Harga Triplek Particle Board

UKURAN TRIPLEKTEBALHARGA
Particle Board 122 x 244 cm9 mmRp. 75.000
Particle Board 122 x 244 cm12 mmRp. 90.000
Particle Board 122 x 244 cm15 mmRp. 105.000
Particle Board 122 x 244 cm18 mmRp. 125.000

Harga Triplek Blockboard

UKURAN TRIPLEKTEBALHARGA
Blockboard 122 x 244 cm15 mmRp. 140.000
Blockboard 122 x 244 cm18 mmRp. 160.000
Blockboard 122 x 244 cm25 mmRp. 190.000

Harga Triplek MDF

UKURAN TRIPLEKTEBALHARGA
MDF 122 x 244 cm9 mmRp. 100.000
MDF 122 x 244 cm15 mmRp. 155.000
MDF 122 x 244 cm18 mmRp. 180.000

Harga Triplek Teakwood

UKURAN TRIPLEKTEBALHARGA
Teakwood 122 x 244 cmTM 3 x 7Rp. 62.000
Teakwood 122 x 244 cmTM 4 x 8Rp. 75.000
Teakwood 122 x 244 cmSilver 4 x 8Rp. 92.000

Demikian pembahasan yang dapat kami berikan, terimakasih telah berkunjung pada situs ilmubangunan.com. Semoga artikel tentang harga triplek terbaru ini dapat memberikan manfaat dan informasi yang sedang Anda butuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *