harga tangga lipat
harga tangga lipat

Harga Tangga Lipat Aluminium dan Stainless Merk Terbaik

Harga Tangga Lipat – Tangga lipat aluminium atau stainless adalah dua jenis tangga yang banyak dipakai untuk berbagai kebutuhan. Sebagai alat panjat atau pijakan, ukuran tangga lipat bermacam-macam. Untuk penggunaan rumah tangga, biasanya ukuran 2 meter adalah yang paling banyak dipakai. Sedangkan untuk keperluan konstruksi, Anda memerlukan tangga yang lebih panjang.

Tangga lipat memiliki berbagai kelebihan, salah satunya adalah fungsi ganda. Tangga aluminium yang kuat bisa dipakai dalam posisi lurus dan bisa juga dibentuk jadi segitiga. Pada bagian tengah tangga, ada komponen bernama joint yang disematkan. Komponen ini membuat tangga jadi lebih kokoh dan kuat.

Selain membahas tentang harga tangga lipat, pada artikel ini ilmubangunan.com akan membagikan informasi lain terkait tangga lipat. Simak selengkapnya dalam uraian berikut!

Jenis Tangga Lipat

ukuran tangga lipat
ukuran tangga lipat

Ace Hardware tangga teleskopik dan tangga Krisbow mungkin adalah beberapa merek jenis tangga lipat yang paling populer. Tapi sebenarnya masih ada banyak lagi model-model yang bisa Anda temukan di toko tangga aluminium terdekat. Adapun model-modelnya antara lain:

1. Stretch/Tangga Lipat Ganda

Tangga semacam ini banyak dipakai untuk kebutuhan sehari-hari. Tangga ini punya pijakan di bagian tengah dan terdiri dari bermacam-macam ukuran. Anda bisa menemukan stretch dengan panjang 1,5 meter, 3 meter bahkan 6 meter.

Baca Juga : Harga Kuas Cat Tembok dan Besi dengan Ragam Ukuran

Tangga ini umumnya dibuat dengan bahan aluminium dengan lebar antara 30-35 cm dan jarak per anak tangga 25-35 cm. Agar tidak jatuh, Anda perlu meminta bantuan orang lain untuk memegang dan menyeimbangkannya.

2. Tangga Lipat Multifungsi

Disebut juga dengan scaffolding, tangga ini bisa dipakai tanpa harus disandarkan ke dinding. Anda juga bisa melipatnya dengan berbagai variasi bentuk. Tangga semacam ini bisa dipakai untuk menjangkau ketinggian 3 sampai 4 meter dalam posisi terlipat. Sementara jika dibentangkan, panjangnya bisa sampai 12 meter.

Scaffolding banyak digunakan untuk mengecat dan membersihkan jendela. Desainnya yang simpel juga tidak memakan banyak ruang penyimpanan. Harga tangga lipat model scaffolding cukup terjangkau namun sudah dapat dibongkar pasang sesuai dengan kebutuhan ketinggian penggunaan tangga dan juga dapat disusun dengan kokoh.

3. Tangga Lipat Teleskopik

Tangga lipat teleskopik atau tangga lipat teropong memiliki bentuk seperti namanya yakni mirip dua buah teropong yang bisa diatur ketinggiannya dengan cara ditarik. Ada banyak sekali tangga dengan model teropong dengan berbagai merek di pasaran, termasuk tangga lipat Krisbow dan tangga lipat Ace Hardware.

Ukuran panjang tangga lipat teleskopik juga bervariasi. Ada yang mampu menjangkau ketinggian 3 meter dan ada juga yang bisa digunakan sampai ketinggian 8 meter.

4. Tangga Lipat Pijak

Tangga lipat pijak dikenal juga dengan nama step ladder. Salah satu contoh yang banyak ditemukan di rumah dan di kantor adalah kursi tangga Ace Hardware. Karena ukurannya cenderung kecil, tangga ini tidak bisa menjangkau area yang terlalu tinggi.

Step ladder bisa ditemukan dengan berbagai jumlah pijakan mulai dari satu sampai empat anak tangga. Materialnya pun bermacam-macam. Ada yang terbuat dari plastik, stainless steel, campuran dan aluminium.

5. Tangga Lipat Hybrid

Jenis tangga ini sudah dipatenkan oleh Bcompact, perusahaan asal Amerika Serikat. Tangga ini diberi nama Hybrid Stairs and Ladder. Tidak seperti tangga lain yang kebanyakan dipakai untuk tujuan pekerjaan tertentu, tangga ini diciptakan sebagai solusi bagi rumah tingkat dengan ukuran sempit yang ingin menggunakan tangga.

Tangga lipat ini cukup efisien dan efektif digunakan pada bangunan lantai 2 bahkan lebih yang memiliki ruangan terbatas. Dengan digunakannya jenis tangga ini akan mengurangi space area penggunaan tangga yang cukup memakan ruangan, karena tangga dapat dilipat dan di julurkan.

Bentuk Tangga Lipat

tangga aluminium terbaik
tangga aluminium terbaik

Sebelum mengetahui daftar harga tangga lipat, akan lebih baik jika Anda mengetahui apa saja bentuk tangga tersebut. Tangga lipat mempunyai beberapa bentuk yang berbeda. Masing-masing bentuk memiliki kelebihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Lalu apa saja bentuk tersebut? Ini daftarnya.

1. Scaffolding

Tangga lipat dengan tipe scaffolding memiliki bentuk papan pijakan yang lebar, sehingga mudah untuk digeser. Ada beberapa produk scaffolding yang bisa diatur panjang kakinya, jadi tangga ini cocok digunakan untuk outdoor, termasuk di medan medan tidak rata.

Model tangga lipat ini juga mudah untuk disimpan, dan hemat tempat, terutama jika dilipat. Scaffolding juga bisa digunakan untuk mencuci mobil serta membersihkan jendela.

2. Step Ladder

Tangga dengan tipe step ladder ini tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 80 cm. Namun, bentuknya sangat cocok untuk digunakan pada aktivitas dalam ruangan.

Pijakan tangga ini juga stabil, jadi akan sangat cocok untuk menjangkau barang yang berada di rak-rak tinggi. Tidak hanya itu, tangga ini juga cocok untuk digunakan bantuan pijakan bagi anak-anak saat mencuci tangan di wastafel.

3. Stretch

Tipe yang ketiga adalah tangga stretch, yang mempunyai tinggi 2 meter hingga 10 meter, sehingga cocok untuk menjangkau tempat-tempat yang tinggi dan untuk digunakan di area outdoor. Sayangnya, tangga jenis ini memiliki kekurangan, yaitu masalah keseimbangan.

Tangga stretch tidak terlalu seimbang saat digunakan. Jadi, pastikan ada seseorang yang memegang bagian kakinya saat Anda menggunakan tangga tersebut.

4. Tripod

Tangga tripod mempunyai tiga jenis kaki yang bisa membuatnya tetap stabil, sekalipun pada medan yang miring. Kaki tangga ini bisa menyesuaikan medan dengan cara mengatur tinggi rendahnya posisi kaki tersebut, supaya sesuai dengan kemiringan medan.

Tangga jenis ini sangat cocok untuk digunakan memangkas pohon tinggi. Terutama untuk Anda yang memiliki hobi berkebun dan ingin memangkas dahan pohon yang cukup tinggi.

Kelebihan Tangga Lipat

Tangga lipat memiliki beberapa kelebihan, sehingga banyak digunakan sebagai alat bantu untuk menjangkau area yang tinggi dengan praktis dan mudah. Pertama adalah terbuat dari material yang sangat ringan, sehingga tidak perlu tenaga ekstra untuk membawa atau memindahkannya bahkan menyimpannya pada tempat yang sempit.

Selain itu, tangga lipat juga dapat digunakan dengan multifungsi, sebab bentuknya bisa tegak lurus atau segitiga bahkan dilipat untuk disimpan dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Kelebihan tangga lipat yang lain adalah tidak mudah berkarat, karena pada umumnya harga tangga lipat yang bagus menggunakan material aluminium.

Tangga lipat dengan jenis tertentu juga dapat digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan konstruksi, pergudangan, pabrik, perkantoran dan lain sebagainnya.

Harga Tangga Lipat Aluminium

Harga steger lipat atau tangga lipat ini bervariasi, tergantung pada model, merek dan ketinggian yang mampu dicapainya. Harga tangga aluminium 2 meter biasanya berkisar antara Rp. 400.000 sampai Rp. 1.000.000. Sementara harga tangga aluminium 3 meter berkisar dari Rp. 800.000 sampai Rp. 1.500.000.

Baca Juga : Harga Alat Pemotong Kaca Manual dengan Kualitas Terbaik

Harga tangga aluminium 4 meter dan harga tangga aluminium 5 meter juga tidak jauh berbeda. Rata-rata dibanderol di atas Rp1,5 jutaan. Soal brand, ada beberapa merk tangga lipat yang bagus. Namun yang paling dikenal adalah Bina Karya, SJ, Krisbow dan Kova. Anda bisa membandingkan langsunga harga tangga di Ace Hardware atau bisa juga dengan menyimak tabel daftar harga berikut ini!

JENIS TANGGAMERKUKURAN (M)HARGA
Tangga Lipat AluminiumSJ1.25Rp. 412.000
Tangga Lipat AluminiumTallux1.5Rp. 359.000
Tangga Lipat AluminiumBina Karya2.0Rp. 830.250
Tangga Lipat AluminiumBina Karya2.5Rp. 714.300
Tangga Lipat AluminiumSJ2.5Rp. 412.000
Tangga Lipat AluminiumQueen2.5Rp. 849.000
Tangga Lipat AluminiumSJ3.0Rp. 979.300
Tangga Lipat AluminiumAtech3.0Rp. 935.000
Tangga Lipat TeleskopikCamel3.2Rp. 845.000
Tangga Lipat Aluminium MultifungsiKrisbow3.3Rp. 1.449.000
Tangga Lipat AluminiumMollar3.4Rp. 999.900
Tangga Lipat AMollar3.4Rp. 899.000
Tangga Lipat TeleskopikKova3.8Rp. 1.031.000
Tangga Lipat TeleskopikStadex4.1Rp. 929.280
Tangga Lipat AluminiumKrisbow4.4Rp. 1.699.000
Tangga Lipat Aluminium MultifungsiAce Hardware4.4Rp. 2.999.000
Tangga Lipat TeleskopikKova4.4Rp. 1.214.000
Tangga Lipat MultifungsiDalton5.0Rp. 1.525.000
Tangga Teleskopik AH&L5.0Rp. 1.495.000
Tangga Lipat TeleskopikStadex5.2Rp. 1.451.520
Tangga Lipat Besi FixstepAce Hardware3 StepRp. 689.000

1. Tangga Compact

Tangga lipat dengan ukuran compact bisa Anda bawa kemanapun dengan mudah sekalipun ukurannya besar, karena bobotnya cukup ringan. Tangga ini bahkan mampu menahan beban hingga 80 kg.

Jenis tangga tersebut juga mempunyai anti selip pada bagian bawahnya. Harga tangga lipat model ini adalah Rp. 780.000. Ini sangat praktis serta aman untuk digunakan baik di lingkungan proyek maupun untuk penggunaan pribadi.

2. Step Chair

Tangga lipat jenis step chair ini berbentuk seperti anak tangga. Desainnya yang menarik membuat step chair bisa Anda letakkan dalam ruangan. Anda juga tidak perlu khawatir, karena tangga jenis ini memiliki keamanan pijakan yang baik. Saat dilipat, tangga ini berbentuk seperti kursi biasa, jadi tidak terlalu memakan tempat. Harga tangga lipat step chair ini sekitar Rp. 570.000.

3. Tangga Aluminium Lipat Engsel Otomatis

Tangga jenis ini memiliki engsel otomatis pada bagian atasnya, sehingga Anda hanya perlu membuka bagian kaki dan tangga akan berdiri dengan sempurna. Dalam penggunaannya, Anda akan hemat waktu karena tidak perlu bongkar pasang. Harga tangga jenis ini sekitar Rp. 550.000.

4. Scope Multi

Tangga lipat scope multi adalah jenis tangga lipat yang memiliki fitur tripel lock hinge. Jadi, Anda tidak perlu was-was saat menaiki tangga ini, dan sistem penguncian tersebut membuat Anda lebih mudah bergerak pada ketinggian. Harga tangga lipat jenis ini sekitar Rp. 1.800.000.

5. Step Ladder

Tangga jenis ini cocok digunakan untuk konstruksi, selain pijakan yang cukup lebar tangga ini juga tidak menghantarkan listrik. Harga tangga lipat step ladder berkisar dengan harga adalah Rp. 1.500.000.

6. Ladder

Tangga jenis ini adalah tangga dengan bahan aluminium yang bisa menahan beban sampai 150 kg. Harga tangga lipat ini sekitar Rp. 1.500.000.

Memilih Tangga Lipat Terbaik

harga steger lipat
harga steger lipat

Setelah mengetahui gambaran harga tangga lipat aluminium yang diproduksi oleh berbagai pabrik tangga aluminium, Anda juga harus memilih jenis tangga sesuai dengan kebutuhan. Sebelum membeli, ada beberapa poin penting yang sebaiknya menjadi perhatian. Apa saja? berikut penjelasannya secara ringkas.

1. Pastikan Keamanan Tangga

Karena digunakan di tempat yang posisinya lebih tinggi, tangga harus aman digunakan. Setiap tangga biasanya memiliki siku lipat atau shelf bracket yang berguna untuk mengunci tangga supaya tidak lepas ketika diinjak. Jangan lupa gunakan tangga sesuai dengan standar produksinya agar tidak terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan.

Pastikan pula penggunaan tangga mengikuti prosedur keamanan yang telah ditentukan, serta mematuhi K3 untuk pekerjaan pada bidang-bidang tertentu. Khususnya pekerjaan yang bersesiko tinggi, seperti terjatuh dari ketinggian, terpeleset, tangga rubuh ataupun hal – hal teknis lainnya.

2. Perhitungkan Ketinggian yang Ingin Dijangkau

Setiap jenis tangga lipat pada dasarnya sudah didesain sesuai dengan kebutuhannya masing-masing, begitu juga harga tangga lipat yang bervariasi. Jika Anda ingin membeli tangga untuk menjangkau benda-benda yang berada di lemari dalam rumah, Anda tidak memerlukan tangga yang terlalu tinggi. Sebaliknya, kalau ingin digunakan untuk keperluan luar ruangan seperti memperbaiki genteng, Anda memerlukan tangga yang lebih tinggi.

Perhitungkan tinggi bagian yang ingin Anda jangkau, setelah itu perhitungkan juga kapasitas tangga apakah dapat menjangkau ketinggian tersebut. Hal yang terpenting yang perlu Anda perhatikan adalah keamanan dan kehati-hatian saat bekerja pada ketinggian.

3. Pastikan Tangga Mudah Dibawa dan Disimpan

Beberapa merek tangga lipat dirancang dengan desain mungil yang memudahkan penyimpanan. Alih-alih membeli tangga yang terlalu berat atau terlalu besar, pilihlah tangga lipat dengan model compact sehingga bisa diselipkan dengan mudah ke celah-celah dinding.

Baca Juga : Harga Scaffolding per Set dan Scaffold Aluminium Terbaru

Harga tangga lipat yang relatif lebih mahal pada umumnya memiliki tingkat keamanan yang cukup baik dan dapat dilipat dengan rapi. Selain itu bobot tangga lipat tersebut relatif lebih ringan sehingga mudah untuk dibawa-bawa dan di gunakan pada posisi dan area yang cukup sulit untuk dijangkau.

4. Periksa Fitur Antiselip

Untuk tangga lipat yang akan digunakan di dalam ruangan, pilihlah tangga yang bagian kakinya dilengkapi dengan karet anti selip. Selain menghindari tergelincir, adanya karet pelindung pada bagian kaki akan menghindarkan lantai dari goresan. Harga tangga lipat dengan nfitur anti selip ini sedikit berbeda dengan model tangga pada umumnya.

Tapi kalau sudah terlanjur membeli dan tidak ada anti selipnya, Anda bisa menggunakan alas khusus untuk pijakan. Pastikan bahannya tidak licin dan tidak merusak lantai.

5. Memiliki Fitur Kaki Anti Selip

Anda juga sebaiknya mengecek, apakah tangga lipat tersebut memiliki karet di bagian kaki sebagai fitur anti selipnya ataukah tidak. Karet pada bagian bawah tangga ini mempunyai fungsi yang cukup penting, terutama jika Anda menggunakannya di dalam ruangan dengan landasan lantai yang cukup lincin maupun berpasir..

Dengan ini, tangga lipat tersebut tidak akan menggores lantai atau karpet ruangan Anda. Selain itu, semakin berkualitas karet yang digunakan untuk tangga lipat, maka tekanan untuk lantai bisa semakin berkurang sehingga lantai keramik Anda akan tetap aman dari resiko tergores kaki tangga.

Demikianlah informasi lengkap seputar harga tangga lipat dan tangga aluminium terbaik pilihan Anda. Temukan tangga aluminium harga terbaik secara online atau dengan berkunjung ke toko perlengkapan rumah terdekat di kota Anda.



Harga Tangga Lipat Aluminium dan Stainless Merk Terbaik




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *