Harga Scaffolding per Set dan Scaffold Aluminium Terbaru

Harga Scaffolding / Scaffold – Pada setiap proyek konstruksi bangunan besar maupun skala kecil, scaffolding merupakan salah satu peralatan yang sangat penting untuk digunakan sebagai alat bantu kerja.

Oleh karena itu, memilih scaffolding dengan kualitas terbaik adalah hal yang harus dilakukan.

Dalam per set scaffolding memiliki bagian-bagian yang berbeda, bagian tersebut dirancang untuk memudahkan penggunaan scaffolding agar dapat dilepas dan disusun kembali.

Pada bagian-bagian scaffolding terdapat scaffolding pipa galvanis, klem scafolding, roda, tangga, bracing, pin lock dan join.

Pada pembahasan berikut ini akan di jelaskan pengertian scaffolding, jenis scaffolding, bagian-bagian scaffolding dan harga scaffolding for sale yang perlu Anda ketahui.

Pengertian Scaffolding

harga scaffolding
harga scaffolding

Scaffold / scaffolding adalah merupakan salah satu peralatan bantu dalam pekerjaan pembangunan yang termasuk dalam daftar pelataran sementara atau alat kerja.

Fungsi dari pelataran sementara tersebut adalah untuk menyangga segala peralatan dan pekerja dalam suatu pekerjaan konstruksi, scaffolding memiliki beberapa penyebutan yang diantaranya adalah perancah, steger dan scaffold.

Perancah pada umumnya berbentuk modular yang berasal dari pipa maupun tabung logam yang solid.

Scaffolding tersebut biasanya akan sangat diperlukan ketika pekerjaan konstruksi yang sedang dibangun memiliki ketinggian sudah lebih dari 2 meter.

Sehingga dibutuhkan sebuah penyangga untuk mempermudah pekerjaan. Dalam menggunakan scaffolding sebagai penyangga harus benar-benar disesuaikan dengan standar keselamatan kerja yang berlaku.

Jika scaffolding tidak dipasang secara tepat, maka risiko kecelakaan kerja akan semakin meningkat.

Selain itu pilihlah jenis dan harga scaffolding yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaan pada konstruksi bangunan Anda.

Jenis Scaffolding

Perancah atau scaffolding terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan fungsi penggunaannya pada pekerjaan konstruksi bangunan.

Setiap jenis-jenis tersebut akan sangat menentukan harga scaffolding, tersebut jika Anda sewa scaffolding maupun membeli per set nya.

Berikut ini adalah jenis-jenis scaffolding yang akan diuraikan secara lebih terperinci.

1. Scaffolding Kayu Bulat

Jenis yang satu ini sering juga di sebut sebagai perancah sederhana, namun penggunaannya di anggap kurang begitu praktis karena lumayan berat jika harus di pindah-pindahkan.

Meski masih dalam satu lokasi pembangunan. Bagaimana tidak? scaffolding kayu bulat terbuat dari batang pohon yang saling diikat.

Selain itu penggunaan jenis scaffolding dengan menggunakan kayu bulat sebagai tiang penyangga, alat ini hanya mampu digunakan untuk ketinggian kurang dari 5 meter.

Sehingga hanya dapat digunakan untuk pembangunan rumah 1 sampai 2 lantai saja dengan konstruksi sederhana.

2. Scaffolding Frame

Scaffolding frame merupakan jenis perancah yang banyak digunakan pada proyek-proyek konstruksi bangunan bertingkat.

Bentuk perancah ini seperti bingkai-bingkai kotak yang disusun secara rapi dengan 4 kaki sejajar, selain itu juga perancah frame dilengkapi dengan bracing menyilang dan tangga di sisi luar maupun dalamnya.

Bracing tersebut digunakan untuk mengikat frame scaffolding sehingga cukup kokoh untuk dapat menahan beban pekerja maupun material bangunan.

Sedangkan tangga yang dipasang pada bagian luar frame digunakan untuk akses jalur pekerja menaiki perancah bangunan yang telah disediakan.

3. Scaffolding Gantung

Scaffolding gantung merupakan perancah yang memiliki titik tumpu pada bagian atas struktur bangunan.

Oleh karena itu, scaffolding ini dibuat dari atas menuju ke bawah bangunan untuk menjangkau sisi luar bangunan yang akan diperbaiki.

Support scaffolding gantung ini juga disusun secara miring, berbeda dengan scaffolding jenis lainnya.

Penggunaan scaffolding ini banyak digunakan pada bangunan-bangunan bertingkat tinggi pada kawasan perkotaan.

Jenis perancah ini sering diaplikasikan untuk pekerjaan perbaikan kaca, pembersihan kaca, pemasangan kabel maupun pekerjaan minor lainnya yang dilakukan setelah bangunan selesai.

4. Pipa Aluminium Scaffolding

Scaffolding pipa atau juga dikenal dengan scaffolding poles dibuat dari pipa aluminium solid yang disusun dengan ukuran bermacam-macam pada setiap bagiannya.

Scaffolding poles tersebut dihubungkan dengan clamp yang bentuknya dapat menjepit bagian pipa dengan kuat.

Bahan pipa yang digunakan juga tidak sembarangan, melainkan harus berbahan besi atau pun aluminium solid. Pada kota besar juga telah banyak ditemukan jasa pasang scaffolding untuk kebutuhan konstruksi bangunan.

5. Scaffolding Kuda-Kuda

Scaffolding kuda-kuda bisa dibilang cukup unik, karena dibuat dari bagian-bagian tangga lipat yang disambung menggunakan scaffolding poles maupun tiang besi.

Memasang perancah kuda-kuda semacam ini harus teliti, karena ketinggian platform scaffold harus sama tingginya agar tidak berat sebelah.

Jenis perancah seperti ini dapat Anda buat sendiri di rumah dengan menyesuaikan kebutuhan ketinggian perancah yang dibutuhkan.

Perhatikan tangga yang akan Anda gunakan haruslah dengan pertimbangan keamanan dan keselamatan kerja.

6. Scaffolding Beroda

Hampir mirip dengan scaffolding frame namun scaffolding berroda juga disusun dari bingkai-bingkai besi bulat yang cukup kuat untuk menahan beban dan terdapat roda di bagian bawahnya.

Menggunakan scaffolding ini harus sangat berhati-hati karena rodanya akan mudah menggelinding jika tidak dikunci dan itu akan sangat berbahaya.

Pemakaian jenis scaffolding ini banyak di gunakan pada gudang-gudang penyimpanan barang dan pabrik industri.

Perancah ini memang khusus dibuat bukan untuk kebutuhan konstruksi sehingga harga roda scaffolding cukup tinggi, karena bagian roda pada scaffold ini paling sering rusak.

7. Scaffolding Tumpang Sudut

Seperti namanya scaffolding tumpang sudut memanfaatkan sudut pondasi yang kemudian diberi support agar dapat dijadikan platform alat bantu kerja.

Scaffolding ini banyak sekali ditemukan pada proyek jalan tol dan terowongan, karena biasanya digunakan untuk membantu pekerjaan setelah konstruksi girder pada saat selesai pemasangan.

Harga sewa scaffolding 1 set per bulan dapat Anda temukan dengan harga scaffolding yang lebih murah, semakin lama durasi sewa Anda maka akan semakin terjangkau pula harga sewa scaffolding tersebut.

Bagian Scaffolding

bagian scaffolding
bagian scaffolding

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, scaffolding dibentuk dengan sistem modular sistem.

Oleh karena itu, scaffolding berbentuk seperti susunan dari beberapa komponen dan itu yang membuat harga scaffolding menjadi relatif cukup tinggi.

Agar lebih jelas, berikut bagian-bagian scaffolding yang perlu Anda ketahui.

1. Soleplate

Soleplate merupakan bagian scaffolding yang memiliki peran sangat besar dan menjadi bagian yang penting pada area tumpuan perancah.

Bagian ini perlu dipastikan perancah berpijak kuat pada tanah yang stabil, letak soleplate berada pada bagian bawah karena harus bersentuhan secara langsung dengan tanah.

Penggunaan soleplate bertujuan layaknya tapak yang dapat menahan tumpuan pada batang perancah dan mendistribusikan beban secara merata pada tanah.

2. Baseplate

Bagian kedua dari scaffolding adalah baseplate. Baseplate sendiri letaknya berada pada atas soleplate sejajar dengan frame tumpuhan utama.

Tugas dari bagian scaffolding ini adalah menjadi tumpuan tiang-tiang penyangga yang akan menahan beban pekerja seterusnya akan dipikul oleh baseplate.

Harga scaffolding untuk bagian baseplate ini cukup terjangkau, karena bagian ini cukup sering bermasalah khususnya jika pemakaian scaffolding dalam jangka waktu yang lama.

3. Standard

Standard merupakan bagian paling penting dan utama pada sebuah scaffolding, bagian ini bertanggung jawab atas seluruh bagian yang ada di atasnya.

Oleh karena itu, standard harus dipasang secara benar dan tepat serta material yang digunakan haruslah terbuat dari jenis logam yang kuat dan kokoh.

Standard digunakan untuk memastikan keamanan pekerja yang akan bekerja pada ketinggian pada saat menggunakan scaffolding. 

Perlu di pastikan untuk keamanan harus sering diperiksa dan di perbaharui secara rutin untuk memastikan keselamatan pekerja.

4. Ledger Transom

Ledger merupakan suatu rangka berbentuk sudut 90 derajat yang berdekatan dengan bagian transom.

Bagian ini berhubungan langsung dengan standard, panjang ledger pada umumnya lebih panjang dari transom. Sedangkan transom memiliki fungsi hampir sama dengan ledger.

Yaitu mengikat standard secara horizontal dan vertikal. Perbedaan transom dan ledger terletak pada ukuran panjangnya dan posisinya, transom cenderung lebih pendek daripada ledger.

5. Tierood

Mahalnya harga scaffolding yang Anda beli belum tentu dapat menjamin kekuatan dari perancah itu sendiri. Salah satu bagian yang bisa jadi acuan kuat tidaknya scaffolding adalah tie.

Jadi, Anda bisa melihat pada bagian ini terlebih dahulu ketika akan sewa scaffolding.

Tie merupakan bagian perancah yang letaknya pada bagian atas. Tugas dari tie adalah sebagai pengangkut struktur yang di rasa lebih kuat dan cukup kokoh dalam menahan beban.

6. Cross Brace

Cross brace merupakan bagian perancah yang diletakkan secara diagonal. Fungsi dari bagian ini adalah mengikat standard agar memiliki kekuatan lebih.

Dengan adanya cross brace, beban-beban dapat terdistribusi secara merata keseluruhan bagian harga scaffolding.

Cross brace juga berfungsi sebagai pengikat agar susunan frame scaffolding dapat tegak berdiri pada sisi bangunan yang akan dikerjakan.

Dalam penyewaan per set scaffolding terdapat 2 pasang cross brace yang masing-masing panjang cross brace sama pada setiap sisinya.

7. Working Platform

Working platform juga merupakan bagian terpenting dari scaffolding. Fungsi dari bagian ini adalah, sebagai tempat berpijak kaki pekerja saat menaiki pada bagian atas scaffolding.

Oleh karena itu, jika working platform tidak ada pekerja pasti tidak akan bisa berpijak dengan aman di atas scaffolding.

Working platform pada umumnya akan dipasang pada bagian tengah perancah, namun jika tidak memungkinkan working platform juga dapat di pasang pada bagian sisi luar scaffolding.

8. Guardrail

Guardrail merupakan komponen pada scaffolding yang letaknya di bagian paling atas. Kegunaan dari bagian ini tentunya sebagai penahan tubuh para pekerja agar tetap aman selama bekerja pada ketinggian.

Guardrail juga dapat digunakan sebagai pagar pembatas untuk para pekerja mengetahui sisi bagian luar bangunan.

Selain itu pada bagian ini pekerja juga dapat mengkaitkan body harness safety mereka untuk berjaga-jaga dari resiko yang tidak diinginkan.

Harga Scaffolding

Jika Anda berkecimpung pada dunia konstruksi, nampaknya Anda perlu mengetahui harga scaffolding per set yang mungkin Anda akan butuhkan.

Dengan begitu, besaran biaya yang harus dikeluarkan untuk harga sewa steger atau bahkan harga scaffolding baru dapat diketahui secara lebih detail.

1. Harga Scaffolding Terbaru

Scaffolding yang merupakan salah satu peralatan terpenting pada proyek konstruksi banyak di temukan pada tempat sewa scaffolding terdekat.

Harga yang ditawarkan pun juga bervariasi tergantung dari jenis dan bagian-bagian apa saja yang akan Anda gunakan dalam 1 set scaffolding.

BAGIAN SCAFFOLDINGSETHARGA
Pin Joint Scaffolding JIS/SetRp. 39.500
Baseplate/SetRp. 22.500
Lockpin Scaffolding/SetRp. 1.400
Catwalk Scaffolding/SetRp. 270.000
Jackbase/SetRp. 68.000
Girder Scaffolding Fixed/SetRp. 75.000
Roda Scaffolding/SetRp. 138.000
Plastik Cone Scaffolding/SetRp. 6.500
Tierood/SetRp. 62.000
Stair Scaffolding/SetRp. 400.000
Wing Nut/SetRp. 19.500
Clamp Swivel/SetRp 25.000
Frame Scaffolding T170 TM/SetRp. 500.000
Scaffolding Tag/SetRp. 50.000

2. Harga Sewa Scaffolding

Bagi Anda yang merasa bahwa membeli scaffolding bukan suatu kebutuhan yang mendesak dan tidak begitu sering digunakan, menyewa bisa menjadi pilihannya.

Dalam hal ini, harga tempat sewa steger terdekat apa lagi jika Anda mendapatkan harga scaffolding for sale.

SEWA SCAFFOLDINGSETHARGA
Sewa Scaffolding Jakarta Barat/SetRp. 20.000
Sewa Scaffolding Tanggerang/SetRp. 35.000
Sewa Scaffolding Jakarta Utara/SetRp. 35.000
Sewa Scaffolding Cilegon/SetRp. 35.000
Sewa Scaffolding Surabaya/SetRp. 30.000
Sewa Scaffolding Bekasi/SetRp. 45.000
Sewa Scaffolding Bandung/SetRp. 30.000

3. Harga Sewa Scaffolding Per Set

Berikut adalah daftar harga sewa scaffolding per set selama jangka waktu tertentu berdasarkan jenis dan ukuran scaffolding yang akan Anda gunakan.

SEWA SCAFFOLDINGSETHARGA
Scaffolding Ladder Uk. 190 cm/SetRp. 480.000
Scaffolding Pipa Galvanis 1,5 inch, 2.400 mm Uk. 6 meter/SetRp. 500.000
Scaffolding Ladder Galvanis Uk. 190 cm/SetRp. 620.000
Scaffolding Uk. 170 cm/SetRp. 500.000
Scaffolding Pipa Galvanis 1,5 inch, 3.200 mm Uk. 6 meter/SetRp. 620.000
Scaffolding Uk. 190 cm/SetRp. 520.000
Scaffolding Galvanis Uk. 170 cm/SetRp. 600.000
Scaffolding Galvanis Uk. 190 cm/SetRp. 620.000
Krisbow Scaffolding Aluminium Uk. 6,85 meter/SetRp. 20.000.000
Youngman Scaffolding Uk. 1 meter/SetRp. 20.000.000

Harga scaffolding memang cukup variatif, namun yang disebutkan di atas adalah harga jual scaffolding dan sewa scaffolding secara umum.

Harga ini sedikit banyak bisa dijadikan patokan jika Anda ingin mengetahui harga scaffolding yang berlaku di pasaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *