Harga Tandon Air Stainless Steel 1000 sampai 5000 Liter Terbaru

Harga Tandon Air Stainless – Toren air atau tangki air merupakan wadah penampung persediaan air yang paling efektif dan efisien untuk menyimpan cadangan air bersih.

Dengan memiliki toren air kecil sendiri di rumah, Anda tidak perlu khawatir kehabisan air bersih.

Terutama jika tiba-tiba listrik atau air PDAM mati Anda masih memiliki stok air bersih yang cukup.

Jika dulu toren lebih banyak dipakai oleh gedung-gedung komersial, namun harga tandon air stainless yang semakin terjangkau membuat orang mulai mempertimbangkan untuk memasang toren sendiri di rumahnya.

Selain mencari tahu harga tandon air fiber glass dan polyethylene, harga tandon air stainless juga cukup diminati karena harganya yang terjangkau.

Ukuran tandon air stainless steel bermacam-macam mulai dari kapasitas daya tampung air 500 liter, 1000 liter, 1500 liter, 2000 liter, 5000 liter hingga yang terbesar 10000 liter.

Setiap merek biasanya menyediakan variasi daya tampung yang bermacam-macam. Cukup efisien untuk menghemat perhitungan tarif PDAM air bersih.

Ada ukuran tandon air yang bisa menampung ratusan liter dan ada juga yang bisa memuat sampai ribuan liter. Anda bisa memilih ukuran toren air sesuai dengan kebutuhan.

Fungsi Tangki Air Stainless

kapasitas tandon air stainless
kapasitas tandon air stainless

Sebagai salah satu alat kebutuhan rumah tangga yang banyak dipakai untuk kebutuhan penyimpan cadangan air bersih rumah tangga.

Material tandon air yang terbuat dari bahan stainless memang memiliki kelebihan tersendiri. Dibandingkan dengan material plastik, stainless steel bisa memiliki umur pakai 2 kali lebih lama.

Khusus pada tangki air berbahan stainless seperti toren Penguin dan merek lainnya, produsen biasanya menyertakan 2 perlindungan ganda.

Tujuannya adalah untuk mencegah bocor karena ada efek karat di bagian dasar tabung serta sambungan tangki yang rentan sekali terjadi kerusakan karena karat.

Penguin toren berbahan stainless misalnya, diproduksi menggunakan material FW 2 yang punya daya tahan yang sangat baik terhadap korosi.

Untuk memudahkan Anda menentukan pilihan harga tandon air stainless, simak kelebihan dan kekurangan toren berbahan stainless steel berikut ini!

Kelebihan Toren Stainless

Berikut adalah beberapa kelebihan dari toren air stainless selain dari harga tandon air stainless yang relatif terjangkau.

1. Tampilan Mewah

Bahan stainless steel telah lama dikenal dengan tampilan toren yang mengkilap dan terlihat mewah serta lebih steril terhadap jamur, lumut dan micro organisme lainnya.

Menggunakan tangki air dengan bahan ini akan membuat tampilan gedung Anda tetap terlihat eksklusif dan elegan.

Terdapat banyak pilihan model, bentuk dan harga tandon air stainless yang dapat Anda pilih menyesuaikan dengan kapasitas penampungan air yang Anda butuhkan dan space area tempat tangki air akan digunakan.

2. Tidak Tembus Sinar Matahari

Tidak seperti material fiber glass atau polyethylene yang bisa ditembus sinar matahari, stainless steel justru memantulkan kembali sinar matahari.

Ini akan membuat jamur maupun lumut tidak bisa tumbuh dan merusak bagian dalam maupun luar tangki serta melindungi air dari meningkatnya suhu air pada siang hari dan turun pada malam hari.

Perubahan suhu tersebut dapat berakibat pada hidupnya micro organisme dalam tangki air dan memiliki resiko membuat lapisan pada tangki akan lebih cepat rusak karena lapuk atau pun berkarat.

3. Lebih Kokoh

Material stainless steel lebih kuat dan kokoh sehingga tidak mudah berubah meskipun ada tekanan yang kuat dari air di dalam tangki yang menekan dinding tangki karena penuh.

Pada tandon air yang terbuat dari plastik biasanya jika air yang ditampung pada tangki penuh maka dinding akan sedikit berubah bentuk melebar.

Selain dapat menahan tekanan air dari dalam tabung, penggunaan material juga dapat menahan perubahan bentuk tangki jika terjadi benturan dari luar tangki itu sendiri.

Sehingga tidak heran jika harga tandon air stainless cukup mahal karena sebanding dengan kualitasnya.

4. Aman Bagi Tubuh

Material tangki yang lain seperti serat fiber sangat rentan larut di dalam air karena komponen pembentuknya dapat terurai dan larut dalam air.

Jika sampai masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan kanker dan penyakit berbahaya lainnya.

Di sisi lain, bahan stainless sudah mendapat pengakuan dari FDA atau Badan Makanan dan Obat-obatan Amerika Serikat terkait keamanannya bagi manusia.

Banyak industri yang menggunakannya sebagai tempat penyimpan cairan minuman atau makanan yang sudah ter sertifikasi seperti tangki pengolahan makanan, tangki penyimpanan cairan obat-obatan dan lain sebagainya.

Kekurangan Toren Stainless

Selain beberapa poin kelebihan dari pemakaian tangki air yang terbuat dari bahan stainless steel, berikut ini adalah kekurangan yang juga menjadi kendala dari pemakaian jenis tandon air ini.

1. Daya Tahan yang Terbatas

Meski namanya tangki air, toren air biasanya tidak hanya dipakai untuk menyimpan cadangan air. Ada juga pabrik-pabrik yang memanfaatkannya untuk menyimpan cairan dan bahan kimia.

Sayangnya untuk jenis toren air berbahan stainless, daya tahannya terhadap berbagai jenis zat kimia sangat terbatas sehingga hanya bisa dipakai untuk menyimpan zat-zat tertentu saja.

Zat dengan senyawa kandungan korosif seperti cuka, asam sitrat dan cairan lainnya yang bersifat asam atau basah tidak direkomendasikan untuk disimpan menggunakan tangki stainless.

Walaupun Anda membelinya dengan harga tandon air stainless lebih mahal.

2. Mudah Berkarat

Salah satu kekurangan toren air stainless adalah sangat mudah berkarat. Terutama pada bagian sambungan atau las pada pinggiran tangki.

Untuk penggunaan di pinggir pantai yang dekat dengan air laut, Anda disarankan untuk menggunakan penopang sebagai tempat meletakkan tangki supaya tidak kontak langsung dengan tanah.

Serta untuk menjaga permukaan tangki tidak cepat rusak Anda dapat menggunakan cat pelapis anti karat atau cairan galvanis yang dapat mencegah permukaan tangki air terkena cairan yang menyebabkan korosif.

3. Tidak untuk Menyimpan Air Tanah

Jika Anda membeli toren stainless dengan tujuan untuk menyimpan persediaan air, sebaiknya Anda memastikan air yang akan disimpan bukan air tanah.

Air tanah mengandung berbagai jenis mineral yang belum di filter dan berpotensi menimbulkan karat. Air tanah yang kurang baik membawa partikel karat yang dapat melekat pada permukaan tangki.

Selain air tanah, jenis toren air dengan menggunakan material stainless steel juga tidak disarankan untuk digunakan menampung cairan yang mengandung zat pewarna dan berbau.

4. Harga Mahal

Dibanding material toren air yang lain, harga tandon air stainless memang cenderung lebih mahal.

Selain itu, jika ada kerusakan pada bagian dinding, perawatan dan perbaikannya sangat sulit karena harus ditambal dengan cara pengelasan atau patri.

Kalau pun dapat diperbaiki dengan mudah, maka daya tahan tangki penampungan air tidak akan lama.

Dari segi harga tandon air stainless di pasaran, dibandingkan dengan material polyethylene, stainless steel dengan ketebalan yang sama relatif lebih mahal.

Merk Tangki Air Terbaik

Selain dari kapasitas daya tampung air, harga toren air stainless juga ditentukan oleh merek tangki air itu sendiri.

Ada beberapa produsen tangki air yang sudah sangat populer di Indonesia. Untuk memudahkan Anda dalam menentukan pilihan, simak rekomendasi terbaik merek tandon air berikut ini!

1. Penguin

Kebanyakan toko tempat membeli tangki air pasti akan merekomendasikan merek Penguin. Menggunakan teknologi Dual Protective Coating, toren stainless Penguin tidak mudah bocor dan berkarat.

Harga toren Penguin memang sedikit lebih mahal dibanding merek lain. Namun dengan kualitas yang sudah teruji, Anda tidak akan kecewa membelinya.

2. Tirta

Keunggulan dari merek toren satu ini adalah bobotnya yang ringan. Selain itu, material yang digunakan untuk membuat tangki nya juga sangat kuat, tidak mudah retak apalagi pecah.

Tangki merek Tirta tersedia dalam berbagai pilihan volume daya tampung mulai dari ratusan sampai ribuan liter.

3. Excel

Satu lagi merek toren air yang menyediakan opsi daya tampung yang beragam adalah Excel.

Anda juga bisa memilih untuk membeli tangki yang langsung dilengkapi dengan kaki penyangga atau meletakkannya pada bagian atap rumah.

Sehingga Anda tidak perlu repot-repot untuk membuat kaki penyangga nya lagi.

4. Profil Tank

Selain menyediakan beragam versi ukuran, Profile Tank juga dikenal akan desain toren yang aman dan mudah dipasang.

Tidak hanya itu, bagian tutup toren air juga mudah dilepas sehingga akan memudahkan Anda ingin membersihkan nya. Toren air ini tersedia dalam 2 model yakni dengan kaki dan tanpa kaki.

Harga Tandon Air Stainless

harga tandon air stainless
harga tandon air stainless

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, harga tandon air stainless berbeda-beda tergantung pada ukuran dan merek toren.

Anda mungkin akan menemukan merek A dengan harga yang lebih mahal dibanding merek B padahal daya tampung air sama.

Anda tentu tidak harus memilih harga tandon air stainless yang paling mahal, cukup sesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang Anda miliki.

Sebelum mencari toren air ke toko terdekat yang ada di kota Anda atau toko online terpercaya kesayangan Anda, ada baiknya simak daftar harga tandon air stainless berikut ini.

MERK TANDON AIRKAPASITASHARGA
Tandon Air Penguin1000 LiterRp. 3.385.000
Tandon Air Excel1000 LiterRp. 3.300.000
Tandon Air Profil Tank1000 LiterRp. 2.950.000
Tandon Air Hock1000 LiterRp. 4.450.000
Tandon Air Sakura1000 LiterRp. 2.150.000
Tandon Air Tirta1000 LiterRp. 2.150.000
Tandon Air Prince1000 LiterRp. 3.925.000
Tandon Air Covina1000 LiterRp. 2.868.000
Tandon Air Excel1100 LiterRp. 3.350.000
Tandon Air Tirta1200 LiterRp. 3.476.000
Tandon Air Profil Tank1320 LiterRp. 3.325.000
Tandon Air Penguin1500 LiterRp. 4.200.000
Tandon Air Hock1500 LiterRp. 6.100.000
Tandon Air Covina1500 LiterRp. 4.885.000
Tandon Air Profil Tank1600 LiterRp. 4.560.000
Tandon Air Prince2000 LiterRp. 7.010.300
Tandon Air Penguin2000 LiterRp. 5.450.000
Tandon Air Marine2000 LiterRp. 4.459.000
Tandon Air Prince2000 LiterRp. 7.010.300
Tandon Air Tedmond Grand2000 LiterRp. 6.895.200
Tandon Air Profil Tank2000 LiterRp. 4.650.000
Tandon Air Covina2000 LiterRp. 2.200.000
Tandon Air Profil Tank2250 LiterRp. 8.820.000
Tandon Air Excel2300 LiterRp. 7.950.000
Tandon Air Vepo2350 LiterRp. 4.599.000
Tandon Air Hock2500 LiterRp. 11.200.000
Tandon Air Profil Tank2500 LiterRp. 5.820.000
Tandon Air Marine2900 LiterRp. 7.312.500
Tandon Air Vepo3000 LiterRp. 7.659.200
Tandon Air Paus Bulat3237 LiterRp. 22.812.500
Tandon Air Vepo4000 LiterRp. 9.843.000
Tandon Air Hock5000 LiterRp. 30.000.000
Tandon Air Excel5000 LiterRp. 16.650.000
Tandon Air Paus Bulat5000 LiterRp. 12.950.000
Tandon Air Vepo5300 LiterRp. 12.403.000

Demikianlah referensi harga tandon air stainless yang dapat kami himpun untuk Anda memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda.

Untuk memperoleh tangki air stainless steel harga terbaik, silakan langsung hubungi toko bahan bangunan terdekat di kota Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *