cara menghitung tarif pdam
cara menghitung tarif pdam

Cara Menghitung Tarif PDAM Per Meter Kubik Air Terbaru

Cara Menghitung Tarif PDAM – Selain dengan menggali sumur sendiri atau membuat sumur bor / boreholes drilling, menggunakan jasa PDAM adalah opsi lain untuk mendapatkan sumber air bersih. PDAM sendiri merupakan perusahaan milik daerah yang bergerak di bidang distribusi air bersih. PDAM terdapat di semua provinsi dan kabupaten/kota madya di tanah air dengan tarif air PDAM yang berbeda-beda.

Salah satu masalah yang kerap dialami oleh pelanggan PDAM adalah tagihan yang mendadak naik. Ini tentu adalah hal yang menjengkelkan bagi setiap pelanggan air bersih yang tidak mengetahui penyebabnya. Karena itu, dengan mengetahui bagaimana perhitungan tarif pdam akan membantu Anda terhindar dari situasi seperti ini.

Informasi tagihan PDAM yang membengkak bisa disebabkan oleh beragam hal. Misalnya saja adanya perubahan tarif PDAM per kubik dasar yang dikenakan oleh perusahaan penyedia air bersih. Kebocoran pipa sampai kesalahan cara menghitung tarif PDAM juga bisa menjadi masalah yang merugikan bagi Anda sebagai pelanggan.

Golongan Tarif PDAM

tarif pdam per kubik
tarif pdam per kubik

Sebelum mengetahui cara menghitung tarif PDAM meter kubik air yang Anda gunakan, ada baiknya ketahui terlebih dahulu bagaimana sistem pembayarannya. Perlu diketahui bahwa PDAM menggunakan penggolongan pelanggan air bersih untuk menentukan berapa besar tarif yang dikenakan pada pengguna per kubiknya.

Golongan ini terdiri dari 1A, 1B sampai 4A dan 4B. Pembagiannya berdasarkan kelompok seperti rumah tangga, perusahaan niaga, industri dan golongan sosial. Semakin tinggi penggunaan air tiap bulanan yang Anda konsumsi, maka tarif dasar yang harus dibayarkan juga akan meningkat.

Baca Juga : Cara Menghemat Listrik PLN di Rumah dengan Rutinitas Terbaik

Selain itu, harga air PDAM per m3 juga berbeda-beda di tiap kota dan dan wilayah layanan PDAM. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk mengetahui cara menghitung tarif PDAM, sebagai gambaran, mari simak tarif PDAM Tirta Galuh, Ciamis berikut ini!

JENIS PELANGGANBLOK KONSUMSI AIR
Beban TetapBeban Tambahan
KELOMPOK 1
1 A Sosial Umum A (Krant Umum)Rp. 29.000Rp. 4.200
1 B Sosial Umum B (Lembaga Sosial)Rp. 30.000Rp. 4.500
KELOMPOK 2
II A Rumah Tangga 1 (RT 1)Rp. 34.500Rp. 4.600
II B Rumah Tangga 2 (RT 2)Rp. 42.000Rp. 6.000
II C Rumah Tangga 3 (RT 3)Rp. 50.000Rp. 6.800
II D Niaga KecilRp. 56.000Rp. 8.700
II E Instansi PemerintahRp. 56.000Rp. 8.200
KELOMPOK 3
III A Niaga Sedang/Industri KecilRp. 67.000Rp. 8.000
III B Niaga BesarRp. 80.000Rp. 12.100
II C Industri Besar/PelabuhanRp. 105.000Rp. 16.500
KELOMPOK PELANGGAN TARIF KHUSUSKESEPAKATAN PENGGUNA

Note:

  • Beban Tetap : Tarif Pemakaian Air s/d 10 m3.
  • Beban Tambahan : Tarif Pemakaian Air per m3 Lebih dari 10 m3.

Harga di atas merupakan hasil penyesuaian oleh PDAM Ciamis pada tahun 2019. Dengan mengetahui berapa tarif dasar Anda bisa menghitung biaya PDAM per bulan dengan lebih mudah. Perlu diketahui bahwa penentuan golongan tarif mana yang akan digunakan ditentukan oleh PDAM setempat.

Lalu, bagaimana cara merubah golongan tarif PDAM. Apakah itu memungkinkan untuk dilakukan? Perubahan atau pindah golongan tarif bisa dilakukan dengan membuat surat pengajuan permohonan pindah golongan tarif. Biasanya ada beberapa dokumen pelengkap yang diminta seperti fotokopi KTP, fotokopi rekening air PDAM sampai rekening listrik.

Jika pengajuan mendapatkan disposisi oleh direksi, pihak PDAM akan melakukan survei untuk menentukan skor golongan yang paling sesuai. Permintaan bisa diterima dan bisa juga ditolak. Namun jika Anda merasa keberatan tarif dan hitungan air PDAM per kubik Anda sekarang, boleh mencoba untuk mengajukan perubahan sesuai cara menghitung tarif PDAM yang telah diatur.

Cara Membaca Meteran Air

cara mengecek tagihan pdam
cara mengecek tagihan pdam

Untuk mengetahui berapa besaran biaya yang harus Anda bayar, selain tahu tarif dasar, Anda juga harus tahu cara menghitung tarif PDAM meter kubik air. Pasalnya, penggunaan yang melebihi tarif dasar harus dibayar per meter kubik nya. Informasi tentang jumlah konsumsi air ini bisa digunakan untuk mengetahui biaya yang harus dibayar.

Ada banyak jenis meteran air yang dipakai oleh perusahaan penyedia jasa air minum. Ada yang berupa meteran digital, ada juga yang mekanikal dan modbus. Tapi untuk kebutuhan penggunaan rumah tangga, jenis meteran yang dipakai adalah meteran mekanikal karena perawatan nya mudah dan harganya terjangkau.

Untuk membaca jumlah pemakaian air di meteran mekanikal sangat mudah. Anda tinggal melihat angka yang tertera pada meteran. Angka ini terdiri dari warna merah dan hitam. Warna hitam merujuk pada jumlah pemakaian air dalam meter kubik. Dan warna merah adalah alat ukur untuk menunjukkan satuan liter serta untuk menguji meteran air.

Cara Menghitung Biaya PDAM

Untuk lebih memahami bagaimana cara menghitung tarif PDAM yang harus dibayarkan, mari kita buat simulasi cara menghitung tarif PDAM. Anggaplah Anda tinggal di Ciamis dengan penggunaan air yang termasuk ke dalam kelompok Rumah Tangga 2 (RT 2). Tarif pemakaian dasar air (di bawah 10 m3) yang dikenakan adalah Rp. 42.000. Sementara itu kelebihan nilai hitung kubik air sisanya, dikalikan dengan tarif per meter kubik yang berikutnya.

Baca Juga : Cara Pasang Grounding Listrik Rumah yang Benar dan Aman

Jadi kalau misalnya jumlah air yang Anda gunakan adalah 20 m3, maka yang harus Anda bayar adalah :

Tarif PDAM = (Tarif dasar per 10 m3) + (Jumlah kelebihan penggunaan x harga kelebihan penggunaan per m3)

= Rp. 42.000 + (10 m3 x Rp. 6.000)

= Rp. 42.000 + Rp. 60.000

= Rp. 102.000.

Cara menghitung tarif PDAM meliputi biaya yang harus dibayarkan ini hanya tarif airnya saja, selain itu juga ada biaya tambahan seperti biaya administrasi dan biaya pemeliharaan instalasi distribusi. Nilainya akan berbeda-beda tergantung kebijakan masing-masing daerah layanan kerja PDAM.

Cara Cek Tagihan PDAM

Setelah mengetahui cara menghitung tarif PDAM dan berapa tarif yang harus Anda bayar, saatnya untuk membandingkan berapa tagihan Anda yang sebenarnya. Ini dilakukan untuk menghindari adanya perbedaan atau kesalahan penghitungan. Cara untuk mengecek tagihan bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Pertama, Anda bisa mengecek dengan menggunakan aplikasi pembayaran. Bisa dengan menggunakan mobile banking atau menggunakan aplikasi pembayaran dari e-commerce. Caranya, masuk ke halaman tagihan PDAM lalu pilih daerah tempat Anda berlangganan selanjutnya masukkan NPA atau nomor pelanggan dan klik bayar.

Sebelum proses pembayaran Anda setujui, akan muncul berapa besaran yang harus dilunasi. Bandingkan dengan hitungan yang Anda lakukan. Mungkin akan ada sedikit perbedaan (karena biaya admin dsb) dan itu adalah hal yang wajar.

Cara cek tagihan PDAM yang kedua bisa dilakukan langsung melalui situs perusahaan penyedia air minum terkait. Jika Anda tinggal di Ciamis, maka buka situs PDAM Tirta Galuh. Sebaliknya, jika Anda tinggal di Medan, buka situs PDAM Tirtanadi. Selanjutnya, Anda tinggal memasukkan NPA dan tunggu sampai jumlah tagihan Anda keluar.

Cara Bayar PDAM Online

Saat ini pembayaran air sudah semakin mudah dilakukan dengan cara menghitung tarif PDAM yang lebih mudah. Adanya ponsel pintar dan berbagai aplikasi pembayaran memungkinkan Anda melunasi tagihan air dari rumah. Jika Anda memilih membayar dengan cara online, proses pembayaran dapat dilakukan melalui situs e-commerce atau dengan menggunakan aplikasi pembayaran yang tersedia melalui smartphone.

Baca Juga : Cara Mengatasi Saluran Air Mampet pada Wc dan Wastafel

Langkah-langkahnya yang dilakukan pada dasarnya hampir sama dengan cara pembayaran manual. Mulai dari memasukkan wilayah tempat Anda berlangganan sampai memasukkan nomor pelanggan. Selanjutnya, ikuti instruksi pembayaran sampai selesai. Jika tidak ingin repot, Anda bisa melakukan pembayaran melalui mini market terdekat atau dengan menunggu petugas datang menagih ke rumah Anda.

Demikianlah cara hitung tagihan PDAM yang dapat ilmu bangunan bagikan, cara mengecek tagihan PDAM hingga cara menghitung tarif PDAM pada meteran air per kubik yang bisa Anda gunakan untuk memperkirakan biaya air yang harus Anda bayar. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *