Harga Semen 1 Sak untuk Bangunan dengan Kualitas Terbaik

Harga Semen 1 Sak – Semen mungkin bukan bahan bangunan yang asing lagi bagi Anda. Semen sendiri merupakan pengikat atau zat yang digunakan untuk konstruksi yang dapat mengeras.

Semen jarang digunakan sebagai material tunggal melainkan sebagai pengikat agregat seperti pasir dan kerikil yang disebut dengan semen cor untuk pekerjaan struktur bangunan.

Berat semen satu zak bervariasi tergantung dari ukuran kemasan yang di pasarkan oleh pabrik.

Namun yang paling umum ditemukan adalah ukuran 40 kg dan 50 kg. Perbedaan berat ini umumnya terjadi karena perbedaan kebutuhan dalam pemakaian perhitungan per kubik coran.

Selain berat semen, merek semen juga memiliki berbagai macam pilihan begitu juga dengan harga semen 1 sak. Untuk mengenal lebih jauh mengenai material semen ini beserta harga semen 1 sak.

Silakan simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Jenis Semen Terbaik

harga semen 1 sak
harga semen 1 sak

Jika Anda sedang berencana membangun rumah, atau sedang mencari informasi terkait harga semen terbaru atau harga semen 1 sak mungkin artikel ini menjadi prioritas utama.

Namun sebelumnya, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis semen yang ada di pasaran. Semen memiliki beberapa variasi dan masing-masing punya kegunaan yang berbeda.

Apa saja jenis semen tersebut, simak pembahasan berikut ini?

1. Semen Portland

Semen Portland merupakan jenis semen yang paling umum digunakan baik untuk pembangunan rumah, landasan pacu hingga jalan raya dan jembatan.

Semen ini terbagi lagi menjadi beberapa varian klasifikasi yakni Portland I, II hingga Portland V. Setiap type variasi semen Portland memiliki harga semen 1 sak yang berbeda.

Yang masing-masing varian ini memiliki kegunaan yang berbeda berdasarkan pemakaian dan kondisi lingkungan lokasi pekerjaan yang akan menggunakan seman.

2. Semen Sumur Minyak

Seperti namanya, semen sumur minyak pada umumnya di pakai dalam proses pengeboran tambang minyak maupun gas alam.

Ketika sumur minyak di bor dengan kedalaman mencapai ratusan meter, sebuah pipa besi diletakkan pada lubang kemudian lewat pipa besi semen di pompa masuk kedalam lubang pengeboran.

Setelah itu, bagian luar pipa akan terikat dengan dinding sumur untuk mencegah minyak tercampur dengan air tanah dan lumpur yang dapat mengotori kandungan minyak.

3. Semen Portland Pozzolan

Dalam proses pembangunan yang membutuhkan daya tahan tinggi terhadap sulfat serta panas sedang, Anda akan memerlukan semen Portland pozzolan.

Semen ini banyak digunakan pada pembangunan jembatan atau dermaga. Cara pembuatan campuran semen adalah dengan mencampurkan terak, pozzolan dengan tepung gypsum.

Dalam satu adonan beton, campuran tersebut dapat menetralkan kandungan sulfat sehingga kualitas beton akan tetap terjaga walau dalam kondisi korosif.

4. Semen Portland Composite

Semen ini dibuat dengan mencampurkan tepung terak dengan gypsum dan beberapa material tambahan lainnya yang bersifat senyawa non organik.

Semen ini umumnya dipakai dalam pembuatan beton pracetak atau pembuatan konstruksi beton umum yang tidak di cetak menggunakan bekisting langsung pada lokasi konstruksi.

5. Semen Masonry

Sama seperti Portland composite, semen ini juga biasanya dipakai dalam proses produksi paving block, tegel dan hollow brick.

Selain itu jenis semen ini juga sering digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan finishing yang bersifat non struktural, karena memang jenis semen Masonry tidak di peruntukan untuk bangunan struktur.

6. Semen Putih

Sesuai namanya semen ini memiliki warna putih, jika di di lihat dari tampilan fisiknya jenis semen putih tidak berbeda jauh dengan jenis semen lainnya yang membedakan hanya warna.

Karena tampilan yang tampak bersih, semen ini banyak dipakai untuk finishing termasuk melapisi permukaan teras, acian dinding, menempel sambungan antara keramik hingga kebutuhan dekorasi.

7. Semen High Alumina

Untuk membuat beton yang memiliki durabilitas tinggi terhadap korosi, api maupun panas, Anda membutuhkan jenis semen high alumina dengan spesifikasi khusus.

Semen jenis ini juga tahan terhadap asam namun tidak begitu baik jika bersentuhan dengan alkali. Jenis semen High Alumina tidak di produksi secara umum.

Alasan utama jenis semen ini tidak di produksi secara umum adalah harga semen 1 sak cukup mahal, karena semen ini di buat untuk kebutuhan khusus.

Sehingga campuran dan kandungan didalamnya tidak di peruntukan untuk bangunan umum.

8. Semen Campuran

Jenis semen ini tidak dijual bebas di toko material bangunan dan biasanya dipakai sebagai material untuk kebutuhan khusus pekerjaan konstruksi skala besar.

Salah satu contoh konstruksi yang menggunakan bahan semen campuran adalah Jembatan Suramadu, terowongan bawah laut, jembatan Barelang dan bangunan konstruksi besar lainnya.

9. Semen Anti Bakteri

Semen ini menggabungkan antara semen Portland dengan bahan anti bakteri. Beberapa proyek pembangunan membutuhkan jenis semen khusus yang tidak dapat ditumbuhi material hidup.

Misalnya saja dalam pembuatan cover dam, bendungan, dermaga, pembangkit listrik dan bangunan konstruksi lainnya yang bersinggungan langsung dengan air.

Ciri Semen Berkualitas

Sebagai salah satu bahan perekat yang sangat penting dalam pembangunan rumah maupun konstruksi lainnya, penggunaan semen harus dilakukan dengan tepat.

Secara umum, semen yang baik harus punya 4 unsur utama yakni tanah liat, pasir kuarsa/silica, batu kapur dan pasir besi.

Ketika keempat bahan ini digabungkan menggunakan formula yang sempurna, campuran semen yang dihasilkan juga akan memiliki kualitas tinggi.

Untuk memilih semen dengan kualitas terbaik, simak beberapa tips berikut ini!

1. Ada Logo SNI

Salah satu cara memilih material berkualitas adalah dengan melihat ada atau tidaknya logo SNI yang tertera pada karung kemasan semen.

SNI sendiri menjadi bukti bahwa sebuah produk sudah sesuai dengan standar keamanan, spesifikasi dan kualitas yang di syaratkan oleh pemerintah.

Semen per sak yang memiliki logo SNI sangat mudah di temukan di toko material bangunan dengan merek-merek yang terkenal seperti Semen Tiga Roda, Semen Padang, Semen Merah Putih, Semen Gresik.

2. Bukan Semen Lama

Semen yang sudah lama umumnya akan mulai mengeras dan kualitasnya saat digunakan akan menurun.

Untuk mencegah Anda membeli semen yang sudah lama, jangan lupa tekan permukaan 1 sak semen yang akan Anda beli terlebih dahulu dengan ujung jari.

Jika masih lembut dan lunak, artinya semen masih baru dan dapat dipakai. Namun jika semen mengeras dan cenderung menggumpal, maka dipastikan semen sudah lama.

Ciri lain dari semen yang sudah lama adalah harga semen 1 sak akan di jual dengan harga yang lebih murah dari pada harga pasaran yang berlaku.

3. Perhatikan Tekstur dan Warna Semen

Semen yang berkualitas bagus tidak akan menggumpal ketika karung zak di buka. Secara visual, Anda juga dapat melihat tekstur semen yang halus mirip debu.

Selain itu, hindari membeli semen yang warnanya terlalu pekat, karena itu menjadi indikasi tingginya kandungan MgO yang akan membuat semen mudah pecah saat di pakai.

4. Perhatikan Kemasan Semen

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, berat semen 1 sak ada yang 40 kg dan ada juga yang 50 kg. Selain melihat bobotnya, jangan lupa perhatikan juga kemasan semen per zak.

Setiap kemasan memiliki 2 ukuran bobot yang berbeda, maka harga semen 1 sak juga akan berbeda.

Kalau bungkus semen terbuka atau robek, kemungkinan besar kualitas semen sudah berkurang. Ini bisa berpengaruh pada hasil pengerasan semen pada bangunan.

Selain memperhatikan kemasan saat membeli, penyimpanan juga harus dilakukan dengan baik dan benar.

Penyimpanan yang salah dapat mengakibatkan kualitas semen menurun dan bangunan atau struktur yang dibuat juga akan mudah retak atau rusak.

Daftar Harga Semen 1 Sak

Harga semen 1 sak saat ini bervariasi, tergantung merek dan bobot satu per sak. Semen merek Merah Putih misalnya, ada yang di jual dalam kemasan 40 kg dan ada juga yang 50 kg.

Begitu juga dengan semen merek Tiga Roda. Untuk lebih memahami harga semen 1 sak, silakan simak tabel harga semen berikut ini!

MERK SEMENBERATHARGA
Semen Tiga Roda50 KgRp. 53.350
Semen Conch50 KgRp. 49.500
Semen Gresik50 KgRp. 51.700
Semen Holcim50 KgRp. 52.500
Semen SCG50 KgRp. 52.800
Semen Tonasa50 KgRp. 55.000
Semen Bosowa50 KgRp. 58.000
Semen Padang50 KgRp. 60.000
Semen Merah Putih50 KgRp. 52.700
Semen Tiga Roda40 KgRp. 42.300
Semen Conch40 KgRp. 40.500
Semen Gresik40 KgRp. 41.800
Semen Holcim40 KgRp. 42.500
Semen SCG40 KgRp. 43.500
Semen Tonasa40 KgRp. 45.000
Semen Bosowa40 KgRp. 48.000
Semen Padang40 KgRp. 50.000
Semen Merah Putih40 KgRp. 42.700
Semen Dynamix40 KgRp. 44.500
Semen Andalas40 KgRp. 50.000

Harga di atas kami rangkum dari berbagai distributor semen yang ada di wilayah tertentu. Harga semen 1 sak yang dipatok di setiap kota dan toko mungkin memiliki beberapa perbedaan.

Untuk memastikan harga semen 1 sak, silakan datang ke toko material terdekat di kota Anda. Semoga artikel ini bermanfaat.



Harga Semen 1 Sak untuk Bangunan dengan Kualitas Terbaik




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *