Harga Rompi Safety Proyek dan Fungsi Rompi Safety Terbaru

Harga Rompi Safety – Dikenal dengan nama lain rompi keselamatan atau rompi safety adalah salah satu jenis APD / alat pelindung diri selain body harnes.

Biasanya rompi safety ini dikenakan oleh orang-orang yang bekerja di area dengan risiko kecelakaan yang tinggi seperti lokasi konstruksi dan jalan raya.

Harga rompi safety juga bervariasi tergantung material dan penggunaannya.

Karena fungsi rompi adalah untuk melindungi keselamatan pemakainya, maka warna yang digunakan biasanya adalah warna cerah yang mudah dilihat.

Hal ini sesuai dengan standar Worker Visibility Rule di mana rompi APD harus memberikan konspikuitas atau mencolok dan mudah terlihat selama digunakan baik pada siang hari maupun malam hari.

Untuk dapat memilikinya, Anda bisa membeli alat pelindung diri ini di toko safety tools terdekat.

Harga rompi safety kerja juga bervariasi dengan jenis dan kualitas yang beragam. Sebelum memilih rompi proyek yang Anda butuhkan, mari simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Fungsi Rompi Safety

Secara umum, rompi keselamatan ini berguna untuk menghindari kecelakaan dan mengurangi risiko kecelakaan kerja.

Bagi para pekerja yang bertugas di malam hari, rompi ini akan memudahkan pekerja untuk dilihat oleh pekerja lain, sehingga dapat mengurangi resiko kecelakaan kerja akibat kelalaian pekerja itu sendiri.

Sebelum mencari tahu tentang harga rompi keselamatan kerja, ketahui terlebih dahulu fungsi rompi berdasarkan jenisnya.

Dengan begitu Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakannya dalam aktivitas keseharian kerja Anda di lapangan. Apa saja keuntungan mengenakan rompi proyek keren untuk pekerjaan Anda?

1. Terlihat dalam Gelap

Dibuat dengan menggunakan material dan warna yang sangat mencolok, pekerja yang mengenakan rompi pelindung diri ini bisa dengan mudah dilihat.

Terutama oleh mereka yang bekerja lain yang sedang menggunakan alat berat, kendaraan proyek dan perlengkapan proyek lainnya. Dengan begitu, risiko kecelakaan bisa di hindari dengan baik.

Penggunaan rompi safety ini juga menjadi standar kerja K3 pada semua proyek pembangunan baik gedung, jembatan, maupun jalan raya.

Selain itu untuk jenis pekerjaan dengan resiko tinggi seperti pertambangan, pabrik dan pengeboran.

2. Pekerja Lebih Waspada

Warna-warna yang dipilih untuk rompi safety biasanya adalah warna cerah seperti kuning, oranye dan hijau. Pemilihan warna ini bukan tanpa alasan melainkan agar bisa dilihat meski dari jarak jauh.

Ketika pekerja menggunakan rompi ini, diharapkan para pengendara atau pekerja lain yang ada di sekitar bisa mengidentifikasi pengguna rompi sehingga menghindari kecelakaan.

Warna-warna mencolok akan sangat mudah di kenali dari pada jenis rompi dengan warna gelap, selain itu pada rompi juga di pasangkan juga spot light pada bagian punggung dan depan.

Agar rompi dapat bercahaya jika terkena sorotan lampu pada area yang gelap atau pun malam hari.

3. Merasa Aman dan Nyaman

Karena dibuat untuk tujuan keamanan, banyak pemakai rompi yang merasa kurang nyaman saat mengenakannya.

Padahal setelah mengenakannya dalam waktu lama, kebiasaan ini akan membuat pemakainya merasa lebih nyaman dan aman.

Sebagian besar pekerja justru merasa ada yang kurang jika tidak menggunakan rompi pengaman ini.

Karena rompi safety secara tidak langsung menjadi kebutuhan yang perlu dibiasakan dalam setiap bidang industri pekerjaan yang memiliki resiko kerja tinggi demi menjaga keselamatan pekerja.

4. Memberikan Perlindungan

Penggunaan rompi safety lain yang tidak kalah menguntungkan adalah kemampuannya melindungi dari air hujan dan angin.

Walaupun tidak semua jenis rompi bisa memberikan perlindungan semacam ini, namun ini adalah pertimbangan yang tidak boleh dilupakan ketika memutuskan untuk membeli rompi pengaman.

Rompi jenis ini biasa digunakan oleh polisi yang mengatur jalan raya, mereka mengenakannya dalam kondisi hujan pada malam haru maupun siang hari.

Dengan menggunakan rompi ini akan lebih terlihat dari kejauhan oleh pengendara kendaraan bermotor walaupun dari jarak yang cukup jauh.

5. Harga Terjangkau

Jangan sampai budget menjadi alasan Anda tidak menggunakan perlengkapan keamanan untuk pekerja proyek yang sedang Anda kerjakan.

Pasalnya harga rompi dan warna helm proyek sangat terjangkau dan sama sekali bukan alasan bagi sebuah perusahaan yang mengutamakan keselamatan karyawan nya untuk tidak memilikinya.

Rompi proyek paling standar yang bisa ditemukan di toko rompi proyek terdekat berkisar antara Rp. 30.000 sampai Rp. 60.000 per pasang nya.

Harga rompi proyek murah lainnya yang berbahan jaring bahkan ada yang kurang dari Rp. 20.000. Sedangkan untuk rompi safety krisbow di jual pada toko online terpercaya berkisar antara Rp. 150.000 sampai Rp. 300.000 per pasang nya.

Jenis Rompi Safety

Setiap rompi pelindung didesain dengan bentuk yang berbeda-beda tergantung penggunaannya. Namun secara umum ada tiga bagian utama dari rompi ini.

Pertama adalah background bahan atau material rompi latar belakang, material retroreflektif dan bahan kain kombinasi performa.

Warna yang menyala pada rompi biasanya adalah warna latar belakang atau warna utamanya. Selanjutnya adalah material retroreflektif berbentuk pita yang bisa memantulkan cahaya.

Sedangkan material terakhir berasal dari perpaduan dari bahan pertama dan kedua.

Berdasarkan penggunaannya di lapangan, ada 5 jenis rompi keselamatan. Mulai dari Performa Kelas 1, Kelas 2, Kelas 3, Kelas E dan rompi safety publik.

1. Performa Kelas 1

Rompi ini memiliki tingkat visibilitas yang paling rendah dan biasanya dipakai untuk aktivitas rendah risiko pada siang hari.

Agar memenuhi syarat rompi safety proyek, Anda bisa memilih rompi safety jaring dengan warna line menyala, oranye menyala atau merah menyala.

2. Performa Kelas 2

Dibanding kelas 1, rompi safety ini memiliki tingkat visibilitas yang lebih tinggi.

Harga rompi safety orange dengan paduan warna kuning biasanya akan lebih tinggi dari pada performa kelas 1, dipakai oleh petugas lalu lintas dan pekerja lain yang melakukan aktivitas di siang hari.

Khusus untuk petugas lalu lintas, yang memakai rompi kelas dua hanya bertugas di jalan raya dengan kendaraan berkecepatan rendah.

3. Performa Kelas 3

Para pekerja yang bertugas di malam hari dengan lingkungan berisiko tinggi umumnya menggunakan rompi keamanan performa kelas 3.

Petugas kepolisian yang bekerja di sekitar kawasan dengan arus lalu lintas tanpa penghalang dan memiliki kepadatan tinggi biasanya menggunakan rompi ini.

4. Keselamatan Publik

Rompi keselamatan publik dirancang untuk bisa terlihat di kondisi yang berbahaya, tanpa atau dengan cahaya baik malam maupun siang hari.

Rompi-rompi ini juga dibedakan berdasarkan warna untuk masing-masing penggunaan dalam setiap aktifitas kegiatan pekerjaan lapangan yang memiliki resiko tinggi.

Rompi safety merah dikenakan oleh petugas pemadam kebakaran.

Sementara warna biru dipakai oleh penegak hukum petugas medis darurat yang bertugas di jalan raya juga menggunakan rompi safety sejenis dengan warna hijau.

Harga Rompi Safety Proyek

harga rompi safety
harga rompi safety

Jika informasi terkait harga rompi safety orange dan rompi pengamanan lainnya masih kurang detail dan jelas, Anda dapat menyimak daftar harga rompi safety berikut ini.

Dengan memeriksa harga rompi safety dan spesifikasi nya, akan lebih mudah menemukan jenis rompi yang sesuai dengan kebutuhan.

JENIS ROMPI SAFETYHARGA 
Rompi Safety JaringRp. 15.000
Rompi Safety ParasutRp. 30.000
Rompi Safety Krisbow With Two Reflection Day NightRp. 44.000
Rompi Safety Krisbow OrangeRp. 44.000
Rompi Safety Krisbow LimeRp. 44.000
Rompi Proyek GosaveRp. 53.000
Rompi Safety Krisbow Mesh PVCRp. 56.476
Rompi Safety Krisbow Mesh PVCRp. 56.476
Rompy Safety DrillRp. 59.900
Rompi Safety KrisbowRp. 71.280
Rompi Safety Krisbow MerahRp. 312.290
Rompi Safety Krisbow KuningRp. 312.290
Rompi Safety Krisbow For YouthRp. 488.070
Rompi Safety KrisbowRp. 488.070
Rompi Safety KrisbowRp. 488.070

Demikianlah informasi seputar rompi pengaman dan harga rompi safety untuk pekerja lapangan yang bertugas malam atau pun siang hari.

Temukan jual rompi proyek dan beragam produk rompi APD harga murah di toko safety tools terdekat yang ada di kota Anda.

Tinggalkan komentar