atap polycarbonate
atap polycarbonate

Harga Polycarbonate Twinlite Bening dan Solite Per Lembar

Harga Polycarbonate – Polycarbonate atau polikarbonat merupakan salah satu material yang sering digunakan dalam konstruksi atap bangunan. Salah satu contoh yang paling populer adalah atap polycarbonate transparan. Di beri nama polikarbonat karena material polimer termoplastik ini terdiri dari gugus karbonat.

Jenis plastik ini digunakan secara luas, tidak hanya dalam industri bangunan tapi juga industri kimia. Dibanding jenis plastik lain, polikarbonat lebih tahan panas dan benturan serta lebih bening dari pada jenis plastik lainnya. Tidak heran jika Anda akan menemukan beragam merek atap polycarbonate bening di toko bangunan.

Sebelum membahas merek-merek atap polycarbonate harga terbaik, ada baiknya jika membahas terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan dari atap jenis polycarbonate ini. Simak selengkapnya dalam ulasan berikut!

Kelebihan Atap Polikarbonat

harga polycarbonate bening
harga polycarbonate bening

Di antara sekian banyak material penutup atap, nama polikarbonat tentu sudah tidak asing lagi. Atap dengan lapisan transparan ini banyak dipilih sebagai pengganti selain menggunakan kaca. Kanopi solarlite dan kanopi twinlite adalah contoh aplikasi yang umum ditemukan dalam pembangunan rumah maupun bangunan lainnya.

Sama seperti jenis atap lain seperti seng dan genteng, atap polikarbonat memiliki beberapa keunggulan. Selain mencari tahu harga polycarbonate murah, kelebihan-kelebihan polikarbonat berikut ini akan memudahkan Anda dalam menentukan pilihan untuk menjadikannya sebagai penutup atap rumah Anda.

1. Durabilitas Tinggi

Atap polycarbonate merupakan material yang langsung diterpa panas dan hujan setiap harinya. Karena itu, Anda memerlukan material yang benar-benar memiliki daya tahan tinggi dan polikarbonat adalah jawabannya. Selain sulit rusak dan rapuh, material ini juga sanggup menahan tekanan yang berat.

Polikarbonat bahkan disebut 200 kali lebih kuat dari kaca dan 30 kali lebih tahan benturan ketimbang akrilik. Dengan menggunakan proses pemasangan khusus, polikarbonat bahkan bisa dipakai untuk jendela anti peluru dan tameng polisi. Tidak heran jika penggunaannya sangat luas. Tidak hanya untuk bangunan rumah tapi juga kantor, bank dan gedung pemerintahan.

2. Ramah Lingkungan

Beberapa tahun ke belakang, masalah efek rumah kaca menjadi isu yang tidak berhenti dibicarakan. Penggunaan polikarbonat sebagai pengganti material lain dianggap mampu menjadi solusi. Ini karena polikarbonat dibuat dengan menggunakan zat dan material yang tidak berbahaya dan menimbulkan penyakit.

Selain itu, atap polikarbonat yang sudah tidak dipakai lagi bisa di daur ulang kembali menjadi lembaran baru. Ini tentu akan mengurangi jumlah limbah secara drastis yang dapat mencemari lingkungan.

3. Fleksibel

Bahan atap dari polikarbonat seperti atap solartuff flat dan jenis lainnya dikenal sangat fleksibel dan mudah dibentuk sesuai dengan ukuran dan bentuk atap rumah Anda. Selain memudahkan Anda untuk berkreasi membentuk atap ini sesuai dengan keinginan, sifat fleksibel polikarbonat juga membuatnya mudah dipasang.

Kalau Anda memiliki sedikit keahlian pertukangan, Anda bahkan bisa memasangnya sendiri dengan sangat mudah dan tanpa memerlukan bantuan tukang bangunan. Namun kalau ingin hasil yang sempurna, menggunakan jasa pasang polycarbonate tentu akan jauh lebih direkomendasikan.

4. Banyak Pilihan Bentuk

Salah satu alasan yang membuat atap ini mudah dipasang adalah karena dijual dalam bentuk lembaran dalam beberapa pilihan ukuran atap standar. Ukuran atap polikarbonat yang umum tersedia di pasaran adalah 18,8 meter x 2,1 meter, meskipun dimensi nya cukup besar, tapi bobotnya tidak begitu berat.

Baca Juga : Harga Atap Fiber Per Meter Bening dan Gelombang Terbaru

Selain dijual per lembar, Anda juga bisa menemukan ukuran twinlite polycarbonate yang dijual per meter pada toko bangunan distributor produk tertentu. Silakan pilih mana yang paling sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda, selain ukuran lebar polycarbonate dan panjangnya, Anda juga bisa memilih tingkat ketebalan mulai dari 5 mm sampai 10 mm.

Kekurangan Atap Polikarbonat

harga polycarbonate solite
harga polycarbonate solite

Meskipun memiliki banyak kelebihan, atap solite, atap twinlite dan merek atap polikarbonat lainnya juga memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan ini juga harus menjadi pertimbangan Anda sebab jika hanya berpedoman kepada kelebihannya saja, Anda tidak bisa membuat langkah antisipasi.

Ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan dari atap jenis polikarbonat ini sebelum Anda memutuskan untuk membelinya. Apa saja kekurangannya itu? Mari simak poin-poinnya berikut ini!

1. Harga Polycarbonate Mahal

Meski diklaim lebih unggul dari pada kaca dan material bening sejenis, dari segi harga polycarbonate cenderung mahal. Karena alasan inilah banyak orang yang memilih alternatif material pengganti yakni dengan memakai ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene) yang lebih terjangkau namun memiliki kualitas yang lebih rendah.

Kalau Anda memiliki budget yang terbatas dan tidak memerlukan material yang tahan terhadap benturan dan kondisi cuaca yang extrime, Anda bisa memilih ABS sebagai solusinya. Namun kalau memiliki budget lebih, maka gunakan material polycarbonate yang lebih bagus dari segi kualitasnya tentu lebih baik.

2. Tidak Anti Gores

Tidak seperti beberapa jenis atap lain seperti beton, fiber atau galvalum, polycarbonate cukup mudah tergores. Kalau perawatan tidak dilakukan dengan benar, atap bisa saja penyok dan rusak. Selain itu, atap ini juga sangat sensitif terhadap zat cairan pembersih tertentu yang dapat merubah warna dan merusak material polycarbonate.

Baca Juga : Harga Genteng Metal Pasir Multiroof Per Lembar Terbaik

Untuk mencegah kerusakan karena goresan atau zat tertentu, pastikan Anda tidak menggunakan pembersih kimia yang mengandung aseton atau benzena. Penggunaan pelarut organik juga sebaiknya dihindari dalam setiap aktifitas membersihkan atap rumah dengan material polycarbonate.

Harga Polycarbonate

Selanjutnya kita akan memasuki pembahasan utama yakni harga polycarbonate per meter maupun per lembar. Daftar polycarbonate solid dan jenis lainnya berikut ini diambil dari beberapa referensi dan harga polycarbonate terbaru yang kami rangkum. Namun perlu diingat bahwa harga mungkin berbeda dengan yang tersedia di kota Anda. Simak selengkapnya dalam tabel berikut ini!

POLYCARBONATUKURANHARGA
Polycarbonat Twinlite 5 mm2.10 x 11.8 MeterRp. 2.225.000
Polycarbonat Twinlite 6 mm2.10 x 11.8 MeterRp. 2.495.000
Polycarbonat Twinlite 10 mm2.10 x 11.8 MeterRp. 3.525.000
Polycarbonat Lexan Easy Clean 6 mm2.10 x 11.8 MeterRp. 2.775.000
Polycarbonat X-Lite 4.5 mm2.10 x 11.8 MeterRp. 1.325.000
Polycarbonat Duromax 4.8 mm2.10 x 11.8 MeterRp. 1.675.000
Polycarbonat Solarlite 5 mm2.10 x 11.8 MeterRp. 1.775.000
Polycarbonat GE Carboron 5 mm2.10 x 11.8 MeterRp. 1.875.000
Polycarbonat GE Carboron 6 mm2.10 x 11.8 MeterRp. 2.200.000
Polycarbonat Polykron 5 mm2.10 x 11.8 MeterRp. 2.000.000
Polycarbonat Global 4.2 mm2.10 x 11.8 MeterRp. 1.250.000
Polycarbonat Global 4.5 mm2.10 x 11.8 MeterRp. 1.400.000
Polycarbonat De’Light 4 mm2.10 x 11.8 MeterRp. 1.075.000
Polycarbonat Sheet 0.3 mmPer LembarRp. 170.000
Polycarbonat Sheet 0.5 mmPer LembarRp. 390.000
Polycarbonat Sheet 1 mmPer LembarRp. 599.000
Polycarbonat Sheet 1.5 mmPer LembarRp. 790.000
Polycarbonat Sheet 2 mmPer LembarRp. 850.000
Polycarbonat Sheet 3 mmPer LembarRp. 1.150.000
Polycarbonat Sheet 5 mmPer LembarRp. 2.350.000
Polycarbonat Sheet 6 mmPer LembarRp. 2.750.000
Polycarbonat Sheet 8 mmPer LembarRp. 3.400.000

Harga Profil Polycarbonate

Selain harga atap polycarbonate, untuk memudahkan penghitungan biaya, Anda juga harus mempertimbangkan sambungan polycarbonate. Sambungan ini berguna untuk menyatukan satu lembar atap dengan atap lainnya. Ada beberapa jenis sambungan yang tersedia berdasarkan bentuk profil atap yakni sambungan U dan H. Untuk informasi harganya, simak tabel berikut ini!

SPESIFIKASI PROFILUKURANHARGA
Profil “H” warna hitam untuk sambungan6 MeterRp. 75.800
Profil “H” warna putih untuk sambungan6 MeterRp. 68.500
Profil “U” warna putih/silver untuk sambungan6 MeterRp. 24.500
Profil “U” warna hitam untuk sambungan6 MeterRp. 31.500
Profil Omega warna putih untuk sambungan6 MeterRp. 47.500

Harga polycarbonate twinlite per meter mungkin akan berbeda tergantung dari merk dan ukuran yang akan Anda gunakan. Jika Anda ingin mendapatkan harga terbaik ada baiknya langsung datang ke toko polycarbonate terdekat yang ada di kota Anda. Selain bisa mencari tahu tentang harga solartuff flat dan harga twinlite, Anda juga bisa memilih langsung solartuff dengan harga terbaik di sana.

Semoga artikel ini bisa membantu Anda memilih atap polikarbonat dan harga polycarbonate terbaik yang Anda butuhkan dan menjadi referensi yang akurat yang dapat membantu Anda.



Harga Polycarbonate Twinlite Bening dan Solite Per Lembar




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *