harga mesin genset
harga mesin genset

Harga Mesin Genset Electric Generator dan Portable Terbaik

Diposting pada

Harga Mesin GensetElectric Generator merupakan mesin yang dapat dimanfaatkan sebagai alternatif saat supply daya listrik yang dialirkan PLN mengalami masalah atau terputus karena suatu kondisi. Anda bisa membeli dan menggunakannya untuk keperluan rumah tangga dan industri.

Harga mesin genset ini terbilang bervariasi tergantung pada merek, jenis bahan bakar, serta besaran kapasitas daya yang dihasilkannya. Daya yang dihasilkan oleh jenis mesin genset mini mungkin hanya cukup untuk menghidupkan beberapa perangkat elektronic saja, namun jika Anda menggunakan mesin genset besar maka akan lebih besar juga daya yang dapat dihasilkan.

Besaran daya yang dihasilkan mulai dari 450 watt, 600 watt, 1200 watt, 3000 watt, 3500 watt, 5000 watt hingga 12.000 watt. Berikut adalah ulasan lengkap terkait mesin genset mulai dari jenis hingga harga mesin genset yang dapat Anda beli pada toko mesin genset terdekat.

Mesin Genset / Generator

mesin genset honda
mesin genset honda

Generator set merupakan jenis mesin yang dapat menghasilkan tegangan listrik melalui proses konversi dari tenaga mekanik menjadi elektrik. Seiring berjalannya waktu, mesin genset kini semakin banyak digunakan secara luas untuk kebutuhan pribadi maupun industri berskala besar.

Mesin genset menjadi alternatif pengganti yang banyak dipilih untuk menggantikan energi listrik suply dari PLN pada saat terjadi pemadaman listrik terjadi. Dalam perkembangan mesin generator modern, banyak inovasi teknologi baru terkait mesin genset guna meningkatkan efisiensinya untuk memenuhi kebutuhan listrik.

Penggunaan diesel generator pembangkit listrik ini juga banyak digunakan pada daerah perkebunan dan perkampungan yang masih belum terjangkau pasokan listrik dari PLN.

Jenis Mesin Genset

Mesin genset yang saat ini banyak digunakan memiliki beberapa jenis generator yang umum dipakai dan dapat Anda miliki dengan mudah karena sudah banyak dijual di toko mesin genset terdekat. Harga mesin genset tersebut juga akan berbeda, tergantung dari jenis dan kapasitas daya yang dihasilkan.

Berikut adalah jenis-jenis mesin genset terbaik berdasarkan sumber tenaga yang digunakan dan kapasitas daya listrik yang dapat dihasilkannya.

Mesin Genset Solar / Diesel Generator

Jenis genset yang pertama adalah generator yang menggunakan bahan bakar solar atau biasa disebut dengan diesel generator. Daya listrik yang dihasilkan oleh generator solar ini tergolong tinggi dan banyak digunakan untuk penghasil daya listrik skala industri, pabrik hingga pembangkit listrik.

Daya yang dapat dihasilkan tergantung dari besar dan kapasitas daya yang berkisar mencapai 100.000 watt/100 kva. Pada umumnya, genset berbahan bakar solar tersebut dipakai karena cukup praktis dan multi fungsi, selain itu daya tahan dan perawatannya yang mudah menjadi faktor utama yang cukup dipertimbangkan.

Mesin Genset Matahari / Solar Panels

Genset berbahan bakar matahari merupakan jenis alternatif baru yang saat ini sedang banyak dikembangkan khususnya pada negara-negara maju yang berfokus pada tenaga terbarukan pengganti minyak bumi. Selain itu inovasi genset yang satu ini dikembangkan dengan tujuan mengurangi polusi akibat emisi pembakaran gas bahan bakar fosil.

Harga mesin genset dengan bahan bakar matahari relatif lebih murah, karena dikhususkan untuk pemenuhan listrik rumah tangga saja dan dapat dikembangkan untuk pemakaian skala besar. Daya listrik yang dihasilkan dapat digunakan untuk menghidupkan alat elektronik dengan daya besar, seperti pemanas air dan pendingin ruangan.

Mesin Genset Turbin

Power generator atau genset turbin merupakan mesin berskala besar untuk bisa menghasilkan tenaga listrik pada pembangkit listrik tenaga air maupun udara. Genset turbin mampu menghasilkan tenaga listrik hingga 2.000.000 watt yang cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik hingga seluruh kota.

Ada beberapa kategori turbin yang digunakan sebagai sumber power genset, mulai dari air, angin, hingga uap. Genset turbin ini umumnya dijadikan sebagai pilihan untuk menerangi daerah yang belum terjangkau listrik PLN dengan skala yang besar, atau bahkan menjadi cadangan pasokan listrik.

Mesin Genset Bensin / Electric Generator

Gasoline generators atau juga dikenal elektrik generator merupakan jenis genset yang paling banyak digunakan, karena bahan bakar yang digunakan memiliki ketersediaan yang sangat banyak dan mudah untuk didapatkan. Mesin genset ini menggunakan bahan bakar bensin untuk mengubah tenaga mekanis menjadi elektrik.

Ada 2 jenis genset berbahan bakar bensin yang bisa dijadikan sebagai pilihan alternatif kebutuhan mesin genset terbaik, yaitu menggunakan jenis mesin 2 tak dan 4 tak. Mesin genset 2 tak hanya mampu menghasilkan tenaga listrik di bawah 1000 watt saja, sementara type mesin genset bahan bakar bensin 4 tak bisa menghasilkan daya listrik yang lebih tinggi dari itu.

Mesin Genset Gas / Portable Generator

Jenis mesin genset portable generator ini menggunakan bahan bakar gas yang nantinya akan diolah menjadi bentuk LPJ maupun CNG. Generator yang mengubah gas menjadi CNG biasanya digunakan dalam jumlah yang cukup efektif, sehingga menjadi tenaga alternatif penghasil daya listrik pengganti minyak bumi.

Namun untuk beberapa negara berkembang penggunaan sumber daya ini masih sangat terbatas dan mengakibatkan harga mesin genset bertenaga gas ini sangat mahal. Karena teknologi dan kesediaan fasilitas pendukung yang dimiliki belum memungkinkan untuk dapat diterapkan.

Kelebihan Mesin Genset

mesin genset firman
mesin genset firman

Variasi harga mesin genset tentu akan sebanding dengan kualitas dari mesin penghasil tenaga listrik tersebut. Banyak kelebihan yang bisa didapatkan dari menggunakan mesin genset tersebut sebagai pembangkit listrik alternatif saat terjadi pemadaman listrik. Berikut adalah beberapa keunggulan mesin genset tersebut.

Sparepart Mudah di Cari

Kelebihan pertama dari mesin genset adalah sparepart mesin mudah dicari dan didapatkan pada toko mesin genset terdekat. Part mesin ini tentu saja membutuhkan penggantian komponen secara berkala, ketika dianggap sudah layak untuk diganti agar kinerja nya tetap maksimal, dalam hal ini sparepart mesin genset bisa dicari di toko listrik maupun toko mesin.

Merk part mesin genset yang banyak dijual adalah honda, yanmar, yamaha, firman, tiger dan multi pro. Merek mesin genset ini merupakan produk yang banyak beredar di pasaran dan banyak digunakan untuk kebutuhan pemakaian skala kecil.

Dapat Digunakan Kapan pun

Mesin genset bisa dihidupkan dan dimatikan kapan saja sesuka Anda jika membutuhkannya, asalkan bahan bakar di dalamnya terpenuhi maka mesin dapat hidup terus selama berjam-jam. Penggunaan mesin genset tidak mempunyai batasan waktu dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Genset tersebut, setelah dinyalakan bisa digunakan untuk menghasilkan listrik baik untuk rumah tangga maupun industri. Namun Anda juga dapat menggunakan tenaga listrik yang dihasilkan untuk jenis pekerjaan pengelasan, menghidupkan mesin-mesin industri bertenaga listrik dan lain sebagainya.

Perawatan Relatif Mudah

Perawatan mesin genset relatif mudah dilakukan untuk menjaga kinerja nya tetap dalam keadaan yang baik dalam menghasilkan daya listrik yang cukup. Perawatan mesin yang dilakukan secara berkala dapat memperpanjang masa pakai mesin, namun memang dalam jangka waktu tertentu biasanya akan ada beberapa bagian part yang harus segera di ganti.

Baca Juga : Harga Bor Listrik Tangan Makita, Krisbow dan Bosch Terbaik

Perawatan wajib yang harus Anda lakukan adalah mengecek oli dan menggantinya secara rutin, selain itu penggantian tembaga generator yang bergesekan untuk menghasilkan daya agar tetap dalam keadaan baik. Karena kerusakan yang paling sering terjadi pada bagian mesin dan gulungan tembaga penghasil daya listrik.

Harga Mesin Genset

Kapasitas daya yang dihasilkan juga akan mempengaruhi harga mesin genset yang akan dipilih untuk kebutuhan Anda. Di samping itu, merek mesin genset terbaik juga cukup berpengaruh dalam menentukan harga mesin genset tersebut, karena jenis komponennya tentu akan berbeda.

Berikut daftar harga mesin genset berdasarkan merek dan kapasitas daya listrik yang dapat dihasilkan dalam pemakaiannya.

Mesin Genset Honda

Merek genset keluaran honda mempunyai beberapa pilihan variasi harga dan model mesin genset terbaik produknya, mesin yang memiliki harga cukup tinggi dijual dengan harga Rp. 54.559.000 untuk type EU 70is dengan daya 7.0 kVA Portable. Ada pula mesin genset honda yang ditawarkan dengan harga cukup murah, yaitu Rp. 5.350.000 untuk type Oshima OG 3500 LX berdaya 2.000 watt.

Berikut daftar harga lainnya mesin genset merek Honda.

GENERATOR HONDA DAYA HARGA
Genset Honda EZ 3000 CX 2500 2500 Watt Rp. 6.300.000
Genset Honda Oshima OH 3500 2000 Watt Rp. 4.800.000
Genset Honda EZ 6500 CXS 6500 watt Rp. 12.500.000
Genset Honda EU22I Generator Portable 3000 Watt Rp. 17.500.000
Genset Honda Excell SF 7000 dxs 5000 Watt Rp. 13.500.000
Genset Honda Oshima OG 8500 SC 6500 Watt Rp. 15.500.000
Genset Honda Excell SF7000DXE 5500 Watt Rp. 10.500.000
Genset Honda Excell SF7000DXS 5000 Watt Rp. 9.700.000
Genset Honda EG 1000 850 Watt Rp. 5.650.000
Genset Honda Inverter SHX 2000 2000 Watt Rp. 9.750.000
Genset Honda Oshima OH5500CE 2800 Watt Rp. 5.850.000

Mesin Genset Yamaha

Harga mesin genset keluaran produk Yamaha terbilang lebih murah jika dibandingkan dengan merek lainnya yang banyak dijual dipasaran. Mesin genset Yamaha ET-1 dengan daya 680 watt dibandrol dengan harga Rp. 2.720.000, sementara itu untuk harga mesin genset Yamaha max Pro 1200 Rubicon ditawarkan dengan harga Rp. 875.000.

Baca Juga : Harga Mesin Las Listrik, Argon, Laser 450/900 Watt Terbaik

Berikut daftar harga lainnya mesin genset merek Yamaha.

GENERATOR YAMAHA DAYA HARGA
Genset Yamaha ET-1 600 Watt Rp. 2.950.000
Genset Yamaha Type 4 Tak 1000 Watt Rp. 1.450.000
Genset Yamaha EF 2000 IS 6000 Watt Rp. 17.500.000
Genset Yamaha EF 1000 FW 3000 Watt Rp. 6.000.000
Genset Yamaha EF 2600 FW 2200 Watt Rp. 8.000.000
Genset Yamaha EF7200E 6500 WAtt Rp. 16.000.000
Genset Yamaha EF7300ER 5000 Watt Rp. 17.500.000
Genset Yamaha ET1 ET950 500 Watt Rp. 2.680.000
Genset Yamaha EF 2650 FW 3500 Watt Rp. 7.500.000
Genset Yamaha HDG 3880 3500 Watt Rp. 10.900.000
Genset Yamaha SG4000X 2200 Watt Rp. 3.700.000
Genset Yamaha EF 2600 2600 Wat Rp. 7.100.000
Genset Yamaha EF 1000 FW 800 Watt Rp. 5.650.000
Genset Yamaha EF 2500 IS 2000 Watt Rp. 18.600.000

Mesin Genset Firman

Mesin genset produksi Firman memiliki 2 type mesin yang masing-masing menghasilkan daya 1 kVA, yaitu FPG1500L dan FPG1599 DCV. Mesin genset FPG1500L ditawarkan dengan harga mesin genset Firman Rp. 2.650.000, sementara itu harga yang ditawarkan untuk FPG1599 DCV per unitnya adalah Rp. 2.735.000.

Berikut daftar harga lainnya mesin genset merek Firman.

GENERATOR FIRMAN DAYA HARGA
Genset Firman FPG 10999 E5 8000 Watt Rp. 10.800.000
Genset Firman FPG 10456 E2 3500 Watt Rp. 5.100.000
Genset Firman ECO1990 1200 Watt Rp. 2.500.000
Genset Firman Asoline FPG 9999 EC 7000 Watt Rp. 9.750.000
Genset Firman FPG 4999E5 3500 Watt Rp. 5.200.000
Genset Firman ECO1995 + AVR ECO 1500 Watt Rp. 2.700.000
Genset Firman FPG 1599 DCV 1000 Watt Rp. 2.500.000
Genset Firman ECO3990E ECO 3990E 2500 Watt Rp. 2.700.000
Genset Firman FPG 3800 E2 2500 Watt Rp. 5.700.000
Genset Firman FDG 7800 SE2 5000 Wat Rp. 13.500.000
Genset Firman FPG 1500 EC II 1000 Watt Rp. 1.800.000
Genset Firman FPG 1599 DCV 1000 Watt Rp. 2.500.000
Genset Firman FPG 2800L 2000 Watt Rp. 3.800.000
Genset Firman FPG 11888 HDV 8000 Watt Rp. 12.850.000

Mesin Genset Tiger

Mesin genset Tiger memproduksi generator dengan daya listrik mulai dari 1 kVA hingga 2,5 kVA dalam setiap produk yang ditawarkannya. Selain itu mesin keluaran Tiger juga memiliki banyak variasi model dan pilihan harga yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan Anda.

Berikut daftar harga lainnya mesin genset merek Tiger.

GENERATOR TIGER DAYA HARGA
Genset Tiger TGR 5000 3000 Watt Rp. 2.600.000
Genset Tiger TGR 8800 5500 Watt Rp. 5.200.000
Genset Tiger TGR 3000 1000 Watt Rp. 1.500.000
Genset Tiger TIPE 2800 1000 Watt Rp. 1.400.000
Genset Tiger TGR 4880E 2800 Watt Rp. 2.600.000
Genset Tiger TGR 8800E 5000 Watt Rp. 6.500.000
Genset Tiger TGR 8800 E 5000 Watt Rp. 5.500.000
Genset Tiger TGR 8900 ET 6000 Watt Rp. 5.850.000
Genset Tiger TGR 8900 ER 6000 Watt Rp. 6.550.000

Mesin Genset Yanmar

Untuk merk mesin genset Yanmar juga memiliki banyak pilihan produk mesin genset yang diproduksi oleh Yanmar. Harga mesin genset  yang ditawarkan juga memiliki banyak pilihan harga dan type mesin, mulai dari jenis genset silent, mesin genset mini, hingga yang berukuran besar.

Berikut daftar harga lainnya mesin genset merek Yanmar.

GENERATOR YANMAR DAYA HARGA
Genset Yanmar 35 KVA 35 KVA Rp. 95.000.000
Genset Yanmar 30 KVA 30 KVA Rp. 75.000.000
Genset Yanmar 20 KVA 20 KVA Rp. 62.000.000
Genset Yanmar Silent 42.5 KVA 42.5 KVA Rp. 100.000.000
Genset Yanmar 5 KVA 5 KVA Rp. 42.000.000
Genset Yanmar TYG 35 30000 Watt Rp. 68.000.000
Genset Yanmar Silent 8 KVA 8 KVA Rp. 87.500.000
Genset Yanmar YDG 5001 SE 4400 Watt Rp. 44.500.000
Genset Yanmar YDG 5341 SE 4200 Watt Rp. 41.500.000

Mesin Genset Multipro

Harga mesin genset merk multipro dengan type GN-950 MP portable yang mampu menghasilkan daya listrik 850 watt dijual dengan harga Rp. 1.075.000. Sementara untuk type lainnya, yaitu multipro Gg-1600/25Sw, ditawarkan dengan harga Rp. 2.000.000 yang mampu menghasilkan daya 1000 watt.

Baca Juga : Harga Gerinda Tangan Bosch, Maktec, Makita Kualitas Terbaik

Berikut daftar harga lainnya mesin genset merek Multipro.

GENERATOR MULTIPRO DAYA HARGA
Genset Multipro GG-1000 / 2 SW 1000 Watt Rp. 1.180.000
Genset Multipro GG-1600 / 4 SW 1000 Watt Rp. 1.800.000
Genset Multipro GG 2900 / 4 SW 2000 Watt Rp. 2.800.000
Genset Multipro Pro Quip 7500 Watt Rp. 6.780.000
Genset Multipro GG 3900 /4 SW 2500 Watt Rp. 4.075.000
Genset Multipro SDG7900YX 8000 Watt Rp. 13.000.000
Genset Multipro GN2000MP 1500 Watt Rp. 2.500.000
Genset Multipro GG3900 2500 Watt Rp. 4.000.000
Genset Multipro GG 6900/4 SW 7000 Watt Rp. 7.500.000
Genset Multipro GG 8900 / 4 SW 7500 Watt Rp. 8.500.000

Demikian pembahasan tentang harga mesin genset terbaik yang dapat ilmubangunan.com berikan, semoga pembahasan ini bermanfaat dan memberikan referensi yang akurat bagi Anda yang sedang mencari mesin genset dengan merek dan kualitas terbaik.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *