harga alat pemotong kaca kualitas terbaik
harga alat pemotong kaca kualitas terbaik

Harga Alat Pemotong Kaca Manual dengan Kualitas Terbaik

Diposting pada

Harga Alat Pemotong Kaca – Alat pemotong kaca memang sudah sangat umum digunakan oleh para pengrajin kaca, sama halnya seperti gergaji dan palu yang sudah pasti di pakai tukang bangunan. Namun adakalanya alat potong kaca ini dibutuhkan untuk kerperluan pribadi dirumah. Karena material kaca yang Anda pesan tidak selalu sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan.

Untuk itu, Anda perlu memiliki alat pemotong kaca yang bagus sebagai perkakas pelengkap dirumah. Harga alat pemotong kaca berbeda dengan alat seperti pisau atau gergaji. Jika disentuh, alat pemotong kaca tidak tajam pisau yang dapat menyayat kulit. Namun, tetap saja dapat berbahaya ketika Anda menggunakannya jika tidak berhati-hati.

Alat Pemotong Kaca

harga alat pemotong kaca
harga alat pemotong kaca

Pada dasarnya, pemotong kaca sederhana hanya bisa digunakan dengan cara yang mudah jika mata potong yang disentuhkan pada permukaan kaca terbuat dari intan. Namun harga intan jika digunakan sebagai mata pemotong tentu harga alat pemotong kaca sangatlah mahal, sehingga tidak terjangkau untuk dimiliki secara umum.

Oleh karena sebab itu, dilakukan modifikasi dengan mengurangi kadar intan yang digunakan sebagai mata pemotong. Pada umumnya, hanya bagian ujung mata pemotong kaca saja yang dilapisi intan. Sehingga harganya jauh lebih terjangkau bagi siapapun yang membutuhkannya.

Saat ini jenis mata pemotong kaca yang banyak digunakan sebagai alat pemotong kaca adalah besi. Dengan diberikan pelumas berupa minyak tanah yang dapat mengalir ketika digunakan digoreskan pada pemukaan kaca. Ada juga yang tanpa menggunakan pelumas, tentu dengan harga yang berbeda. Pilihan bentuk dan harga alat pemotong kaca yang tersedia saat ini beragam.

Dalam artikel ini kami akan membahas tentang cara memotong kaca yang benar dan harga alat pemotong kaca yang dapat Anda temui di toko bangunan tergekat, mulai dari harga yang murah hingga harga yang mahal dengan kualitas terbaik.

Alat Pemotong Kaca Sederhana

Prinsip dasar cara memotong kaca tidak sama dengan memotong kayu atau kertas. Kayu digergaji dengan gesekan mata gergaji berkali-kali hingga putus. Sedangkan kertas bisa dipotong sesuai bentuk yang diinginkan dengan menggunakan gunting atau pisau.

Sedangkan kaca tidak bisa diperlakukan dengan cara yang sama. Kaca hanya perlu digarit dengan tepat sekali saja pada permukaannya. Justru jika proses penggaritan dilakukan berulang-ulang, hanya akan membuat serpihan kaca dan potongan berantakan. Maka cara pemotongan kaca harus dilakuakn sekali saja dengan tepat.

Alat pemotong kaca yang ditekan pada permukaan kaca membuat retakan dengan kedalaman tertentu. Sehingga membuat unsur penyusun kaca terbelah. Secara otomatis kaca terbelah menjadi dua bagian. Kedalaman yang ditimbulkan dari goresan alat pemotong kaca tergantung pada kualitas mata pemotong kacanya. Namun harga alat pemotong kaca yang baik umumnya memiliki merek yang sudah dikenal dengan harga alat pemotong yang cukup mahal.

Cara Memotong Kaca yang Benar

alat pemotong kaca
alat pemotong kaca

Sebelum Anda melakukan pemotongan kaca, sebaiknya lakukan persiapan terlebih dahulu agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Karena ketika proses pemotongan kaca, selain rawan terjadi kesalahan juga rawan menimbulkan kecelakaan. Tepian kaca yang sudah dipotong menjadi tajam dan mudah menyayat kulit atau bahkan pecahan kaca yang terjadi dapat melukai Anda.

Sementara itu dari sekian banyak daftar harga alat pemotong kaca yang tersedia, harga menentukan kualitas alat potong kaca yang terbaik. Jika kaca yang dipotong cukup tipis atau tidak terlalu tebal, mudah saja dipotong dengan alat pemotong dengan harga yang murah. Namun untuk kaca yang tebal, sebaiknya gunakan alat pemotong kaca dengan kualitas yang baik.

1. Siapkan Alas Pemotong Kaca

Sediakan meja yang datar dan alasi dengan karpet atau matras, kaca yang akan dipotong harus dapat terbentang dengan benar-benar datar agar potongan kaca terbentuk dengan baik. Permukaan yang tidak datar membuat potongan kaca rawan melenceng bahkan pecah berhamburan.

Alas meja sebagai tempat kaca diletakan harus juga kokoh dan bersifat permanen, sehingga akan memudahkan bagi Anda melakukan pemotongan kaca dengan posisi yang Anda rasa nyaman dan aman.

2. Siapkan Penggaris

Gunakan penggaris yang lurus dan kokoh, biasanya terbuat dari aluminium maupun jenis material lain yang memiliki beban yang ringan tetapi lurus dan presisi. Anda bisa juga menggunakan penggaris kayu atau besi yang baik dijual ditoko-toko kaca terdekat. Fungsi dari penggaris ini akan menahan agar alat pemotong kaca dapat menggaris dengan lurus dan sesuai dengan ukuran yang dikehendaki.

Baca Juga : Harga Kuas Cat Tembok dan Besi dengan Ragam Ukuran

3. Ukuran harus Tepat

Ukur dengan benar garis pada permukaan kaca yang akan dipotong sesuai yang dibutuhkan. Perbedaan 1 cm saja dengan ukuran aslinya akan merusak struktur pola yang dihasilkan. Misalnya memotong kaca untuk jendela, jika ada selisih 1 cm maka membutuhkan perubahan frame yang sudah disusun dengan ukuran yang telah ditentukan.

Maka hindari kesalahan pengukuran pada saat pemotongan kaca, ukur dengan akuran dan pertimbangan space yang masih diperbolehkan guna mempermudah dalam tahap pemasangan kaca.

4. Gores dengan Benar

Pastikan sekali goresan pada permukaan kaca telah membentuk garis yang tepat dengan goresan yang benar. Untuk ini bisa gunakan alat pemotong kaca yang tepat sesuai ketebalan kaca yang akan akan dipotong atau mungkin akan membentuk pola khusus pada permukaan kaca.

Goresan yang baik pada permukaan kaca adalah yang memiliki kedalaman goresan sangat halus, tetapi sudah cukup untuk dapat memotong kaca dengan permukaan yang lebar dengan sekali ketukkan.

Harga Alat Pemotong Kaca

Harga alat pemotong kaca terbaru saat ini sangat bervariasi dan bisa Anda dapatkan ditoko online maupun offline. Jika Anda mencari alat pemotong kaca untuk memotong kaca yang tipis (ketebalan kurang dari 1 cm) maka dapat membeli alat pemotong dengan harga berkisar antara Rp. 25.000 – 100.000.

Berikut adalah daftar harga alat pemotong kaca dengan berbagai merek dan kualitas yang dapat Anda pilih sebagai pertimbangan Anda dalam membeli perkakas kebutuhan dirumah.

ALAT PEMOTONG KACA SPEK HARGA
Glass Cutter Oil Cutter untuk kaca Rp 65.500
Glass Cutter Finder untuk kaca dan keramik Rp 35.800
Glass Cutter Ameritech untuk kaca dan keramik Rp 45.200
Glass Cutter Feilun untuk kaca Rp 32.500
Glass Cutter Toyo TC – 30 untuk kaca dan keramik Rp 250.000
Glass Cutter Intime untuk kaca Rp 25.500
Glass Cutter Toyo TC – 90 Japan untuk kaca dan keramik Rp 195.000
Glass Cutter Tora untuk kaca Rp 45.200
Glass Cutter Toyo Japan TC – 90 untuk kaca dan keramik Rp 175.000
Glass Cutter Blue CA – 0115 untuk kaca Rp 65.000
Glass Cutter Bison untuk kaca dan keramik Rp 15.800
Glass Cutter Super Stamvick untuk kaca dan keramik Rp 95.500
Glass Cutter High Quality untuk kaca Rp 38.500
Glass Cutter stamvick untuk kaca Rp 35.000
Glass Cutter American Tool untuk kaca dan keramik Rp 85.000
Glass Cutter Toyo Original untuk kaca dan keramik Rp 175.000
Glass Cutter Fu. Li 3-15 mm untuk kaca dan keramik Rp 125.000
Glass Cutter C – Mart A0116 untuk kaca Rp 65.000
Glass Cutter Tora High Quality untuk kaca dan keramik Rp 65.800
Glass Cutter Tan untuk kaca Rp 48.500
Glass Cutter Toyo TC 30 untuk kaca Rp 45.000
Glass Cutter Titan untuk kaca Rp 40.500
Glass Cutter Finder KL15T1217 untuk kaca Rp 45.000
Glass Cutter Kaku untuk kaca Rp 30.000
Glass Cutter Toscano untuk kaca Rp 30.000
Glass Cutter Stanvick Oil Rolling untuk kaca Rp 28.500
Glass Cutter Goto untuk kaca Rp 26.200
Glass Cutter Intime High Quality untuk kaca Rp 20.000
Glass Cutter Sharp untuk kaca Rp 25.000

1. Harga Alat Pemotong Kaca yang Bagus

Harga alat pemotong kaca yang paling murah berada pada kisaran harga 20.000 sampai 45.000 rupiah namun sudah cukup baik untukpemakaian pribadi. Umumnya untuk pemotong kaca dengan standar harga ini berbentuk kecil panjang seperti pulpen dengan gagang terbuat dari plastik keras, ujung berbentuk runcing dapat membuat garis lurus pada kaca dengan ketebalan 2 sampai 4 mm.

Merek alat pemotong kaca yang berada pada range harga pemotong kaca ini cukup beragam. Diantaranya adalah Toyo, Finder dan beberapa merek lain dengan tulisan huruf mandarin. Untuk memilih salah satu dengan kualitas alat potong yang baik, pastikan Anda bertanya pada penjual tentang kualitas produk dan pengguna yang mereka tawarkan.

2. Harga Alat Pemotong Kaca Kualitas Terbaik

Untuk kisaran harga pemotong kaca yang memiliki kualitas tahan lama saat digunakan adalah lebih dari 100.000 sampai 250.000 rupiah. Alat pemotong ini banyak tersedia di plaza bangunan atau showroom perkakas bangunan. Anda juga dapat mengunjungi dialer resmi yang menjual alat pemotong kaca dengan merek tertentu.

Alat pemotong kaca berbeda dengan alat pemotong keramik. Karena bahan yang dipotong memiliki kepadatan dan bahan yang berbeda. Sehingga alat pemotong kaca tidak dapat digunakan untuk memotong keramik. Selain itu, pemotong kaca dapat digunakan tanpa menimbullkan suara berisik. Sementara proses potong keramik menimbulkan suara bising.

Daftar harga alat pemotong kaca di atas dapat berbeda-beda pada setiap kota dan toko yang menjual, akan tetapi Anda dapat menjadikan referensi sebelum Anda memutuskan untuk membelinya. Jika suatu saat alat pemotong kaca yang sudah dibeli mengalami kerusakan pada mata pemotongnya, Anda dapat melakukan penggantian pada mata pemotongnya atau dengan menambahkan pelumas jika sudah habis.

Demikian pembahasan yang dapat ilmubangunan.com sajikan tentang harga alat potong kaca dalam artikel ini, semoga pembahasan ini menjadi referensi bagi Anda untuk dapat memilih perkakas pertukangan sesuai dengan kebutuhan Anda.



Harga Alat Pemotong Kaca Manual dengan Kualitas Terbaik




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *