harga gerinda tangan
harga gerinda tangan

Harga Gerinda Tangan Bosch, Maktec, Makita Kualitas Terbaik

Diposting pada

Harga Gerinda Tangan – Gerinda tangan biasa digunakan dalam pekerjaan konstruksi maupun sebagai bagian dari alat perkakas tukang bangunan. Alat serbaguna ini banyak digunakan dalam banyak sekali bidang pekerjaan, sehingga cukup penting untuk dapat dimiliki sebagai perkakas dirumah, karena harga gerinda tangan juga sangat terjangkau.

Harga mesin gerinda ini cukup bervariasi, sesuai dengan spesifikasi yang dimilikinya. Namun, sebelum membahas tentang harga gerinda, ada baiknya Anda memahami apa itu mesin gerinda tangan, fungsi dan cara kerjanya juga terlebih dahulu. Penjelasan selengkapnya terkait informasi tersebut pun bisa disimak di bawah ini.

Pengertian Grinder Machine

Mesin gerinda tangan adalah merupakan salah satu jenis mesin gerinda yang dipergunakan untuk keperluan mengasah, memotong, serta menggerus benda keras maupun halus yang memiliki desain grinder angle atau pegangan tangan dengan mata gerinda yang berputar. Alat ini cukup praktis, karena tidak membutuhkan dudukkan, sehingga penggunaannya lebih fleksibel.

Anda dapat menggunakannya pada berbagai jenis benda sesuai dengan kebutuhan. Salah satu benda kerja yang dapat dibentuk, di rapihkan, atau bahkan sekadar dipersiapkan dengan menggunakan alat ini misalnya, seperti benda dengan material logam untuk penggelasan (wellding) maupun pemotongan agar dapat dibentuk sesuai dengan kebutuhan Anda.

Mesin gerinda memiliki prinsip kerja membentuk permukaan benda kerja dengan menggesekkan batu atau mata gerinda pada benda kerja, baik berupa logam, batu, kayu, kaca dan lain sebagainya. Gesekan yang timbul bertujuan untuk mengikis, menajamkan, mengasah, memoles, maupun memotong benda kerja tersebut.

Pada awalnya, mesin gerinda hanya digunakan untuk benda kerja yang terbuat dari logam keras saja, seperti besi atau stainless steel. Akan tetapi, kini mesin ini telah mengalami pengembangan sehingga dapat digunakan pada beton, kayu, genteng, keramik, kaca, batu, batu alam, dan lain sebagainya.

Fungsi Mesin Gerinda Tangan

harga gerinda tangan bosch
harga gerinda tangan bosch

Setelah memahami pengertian dari electrical grinder atau grinder machine, dapat dikatakan bahwa mesin ini memiliki banyak fungsi yang cukup fleksibel. Dengan harga gerinda tangan yang terjangkau dan dapat dengan mudah Anda temukan di pasaran, berikut adalah beberapa fungsi dari mesin gerinda listrik terbaik.

Pemotong Besi

Fungsi memotong dengan menggunakan mesin gerinda dapat dengan mudah dilakukan, khususnya untuk material berbahan dasar logam. Memotong benda kerja yang keras maupun rapuh menjadi lebih praktis dilakukan dengan menggunakan mesin gerinda tangan. Anda dapat memotong berbagai macam benda kerja yang memiliki ukuran tidak terlalu tebal.

Anda hanya tinggal menyesuaikan mata potong gerinda yang akan digunakan, pilih mata potong gerinda tangan dengan kualitas yang terbaik dan ukuran yang sesuai. Di pasaran Anda akan banyak menemukan merk mata gerinda potong untuk besi yang dapat digunakan pada semua merk mesin gerinda tangan.

Meratakan Permukaan

Permukaan benda kerja yang tidak rata atau cenderung kasar yang tidak sesuai dengan kebutuhan, alat ini dapat digunakan sebagai perata atau penghalus permukaan benda kerja. Mesin ini akan meratakan permukaan benda apapun dengan menggunakan mata gerinda dengan permukaan yang menyerupai batu asah.

Permukaan yang berkarat, berjamur dan sebagainnya dapat dibersihkan dengan menggunakan mesin gerinda ini. Ada beberapa jenis mata gerinda yang dapat digunakan sebagai penghalus permukaan benda kerja, salah satu diantaranya adalah mata gerinda kawat.

Mengasah Benda Kerja

Mesin gerinda tangan juga memiliki fungsi untuk menajamkan atau mengasah permukaan benda dengan material logam, Anda dapat mengasah benda kerja agar menjadi lebih tajam. Fungsi ini pada umumnya digunakan pada proses mengasah pisau, parang, atau benda tajam sejenisnya.

Material dengan jenis seperti besi maupun stainless steel biasanya memiliki sisi sudut tumpul yang terbentuk akibat pemotongan, pengelasan dan berbagai proses lainnya, sisi tumpul ini juga dapat Anda hilangkan dengan mesin gerinda ini.

Membentuk Pola Profil

Anda dapat membuat bentuk pola profil tertentu pada benda kerja dengan menggunakan gerinda tangan dengan mata khusus. Mesin ini akan membantu membentuk profil dari benda yang Anda akan gunakan sesuai dengan kebutuhan. Beberapa profil yang dimaksud diantaranya seperti melengkung, elips, atau siku dengan sudut yang sedikit oval.

Pada proses akhir setiap pekerjaan dengan menggunakan gerinda tangan juga dapat berperan sebagai alat finishing. Anda dapat membuat finishing perapihan dengan menghalukan atau mengkilatkannya. Fungsi alat ini yang bisa diaplikasikan pada pembuatan barang dari awal hingga akhir, walaupun harga gerinda tangan dapat dikatakan sangat terjangkau.

Panduan Penggunaan Gerinda Tangan

Meski memiliki banyak fungsi alat ini tetap merupakan perkakas kerja yang memiliki resiko dalam penggunaannya yang siap melukai jika Anda tidak menggunakannya dengan benar. Untuk itu, perhatikan panduan menggunakan gerinda tangan atau electrical grinder yang benar seseuai dengan panduan berikut ini.

Gunakan Alat Perlindungan Diri

Sebelum bekerja dengan menggunakan gerinda tangan, pastikan diri Anda terlindungi dengan baik. Pakailah APD (Personal Protective Equipment) atau perlengkapan lainnya sebagai upaya meminimalisir resiko cedera ketika terjadi kecelakaan kerja. APD yang dapat Anda gunakan meliputi penutup telinga, kacamata kerja, pelindung wajah, masker, sarung tangan.

Selain itu juga perhatikan prosedur penggunaan alat kerja dan tahapan pekerjaan, dengan mematuhi setiap langkah-langkah keamanan kerja akan memberikan hasil yang baik juga terhadap pekerjaan yangdihasilkan.

Tubuh harus dalam Keadaan Sehat

Tubuh yang sehat akan memudahkan Anda berkonsentrasi pada pekerjaan yang sedang dilakukan. Pastikan Anda sedang dalam keadaan sehat ketika bekerja menggunakan mesin gerinda tangan, karena harga gerinda tangan dan hasil yang didapat dari hasil kerja tidak sebanding dengan keselamatan Anda.

Pastikan Anda telah memahami cara penggunaan alat dan seluk-beluk alat ini, sehingga ada sudah terbiasa pada saat bekerja menggunakan mesin gerinda tangan standar maupun gerinda tangan mini.

Perhatikan Lingkungan Kerja

Pastikan Anda berada pada lingkungan kerja yang nyaman ketika menggunakan alat ini. Sirkulasi udara yang baik dan cahaya yang cukup sangat dibutuhkan dalam bekerja menggunakannya. Selain itu, untuk keselamatan bersama, pastikan tidak ada bahan yang mudah terbakar dan genangan air di sekitar Anda.

Selain itu posisikan benda kerja dan alat kerja pada kondisi yang baik dan benar, untuk mengurangi resiko kesalahan kerja yang memungkinkan akan merugikan diri Anda. Seperti menghubungkan kabel mesin gerinda ke sumber listrik dengan benar, pastikan saklar mesin dalam posisi off atau sudah on.

Posisikan Alat dengan Benar

Untuk hasil yang baik, benda kerja sebaiknya dalam posisi tidak dapat bergerak atau bergeser serta posisi pemakaian alat yang benar. Anda dapat memegang benda kerja ini dengan kuat atau agar lebih amannya, Anda dapat menjepit benda kerja menggunakan cleam besi yang sudah didudukan pada permukaan yang datar.

Baca Juga : Harga Bor Listrik Tangan Makita, Krisbow dan Bosch Terbaik

Benda kerja yang bergesekan dengan mata gerinda akan menimbulkan hentakan pada pada tangan Anda. Pastikan Anda cukup kuat untuk menahan hentakan tersebut, sehingga gerinda tangan tidak terlepas dari genggaman Anda.

Harga Gerinda Tangan

Harga gerinda tangan sangat bervariasi, sesuai dengan kualitas, merek gerinda dan type gerinda tangan yang akan Anda beli. Alat ini dapat Anda temukan di toko bangunan terdekat, toko alat pertukangan atau Anda juga dapat membelinya secara online.

Harga gerinda tangan dengan merek terkenal seperti maktec, makita, bosch, modern dan krisbow tentu akan berbeda dengan harga gerinda tekiro, ryu, hitachi karena merupakan produksi dengan kualitas yang masih tergolong produk baru. Berikut adalah daftar harga mesin gerinda yang terdapat dipasaran.

Harga Gerinda Maktec

Gerinda tangan dengan merek maktec terbilang cukup berkualitas dan banyak digunakan sebagai alat kerja pada pekerjaan skala kecil maupun besar. Selain itu gerinda maktec dijual dengan banyak variasi pilihan jenis gerinda, selain itu kelebihan lainnya adalah harga gerinda tangan maktec yang sangat terjangkau dan bobotnya yang cukup ringan sehingga nyaman untuk digenggam.

GERINDA TANGAN BERAT HARGA
Gerinda Tangan Maktec MT 90 2,0 kg Rp. 350.000
Gerinda Tangan Maktec  MT 95 2,0 kg Rp. 385.000
Gerinda Tangan Maktec MT 91A 3,0 kg Rp. 450.000
Gerinda Tangan Maktec MT 95A 3,0 kg Rp. 425.000
Gerinda Tangan Maktec MT 963 5,0 kg Rp. 785.000
Gerinda Tangan Maktec MT 902 7,5 kg Rp. 1.500.000
Gerinda Tangan Maktec MT 965 7,5 kg Rp. 1.250.000
Gerinda Tangan Maktec MT 954 3,0 kg Rp. 650.000
Gerinda Tangan Maktec MT959 5,0 kg Rp. 550.000
Gerinda Tangan Maktec MT 912 3,5 kg Rp. 750.000

Harga Gerinda Makita

Merek gerinda tangan makita atau makita hand grinder masih merupakan produk yang sama dengan maktec. Namun gerinda tangan makita didesain untuk pekerjaan yang memungkinkan alat untuk bekerja lebih ektra, seperti pekerjaan proyek maupun konstruksi bangunan.

Baca Juga : Daftar Harga Pompa Air Jenis Shimizu dan Sanyo Terbaik

Harga mesin gerinda makita cukup relatif terjangkau serta memiliki banyak variasi type dan bentuk alat yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda kerja. Berikut harga gerinda tangan makita terbaru yang dapat Anda gunakan sebagai referensi harga gerinda.

GERINDA TANGAN BERAT HARGA
Gerinda Tangan Makita 7″ GA – 7020 7,5 kg Rp. 1.850.000
Gerinda Tangan Makita 4″ GA – 4030 3,0 kg Rp. 675.000
Gerinda Tangan Makita 7″ GA – 7025 7,0 kg Rp. 1.950.000
Gerinda Tangan Makita 9553 B 3,0 kg Rp. 750.000
Gerinda Tangan Makita GA – 5020 6,0 kg Rp. 1.540.000
Gerinda Tangan Makita GA – 6020 5,0 kg Rp. 1.780.000
Gerinda Tangan Makita GA – 4034 3,0 kg Rp. 950.000

Harga Gerinda Modern

Merek gerinda modern juga merupakan salah satu alat kerja yang banyak digunakan untuk pekerjaan skala kecil oleh para pekerjaan bangunan dan konstruksi. Gerinda modern hampir sama dengan merek maktec, namun harga mesin gerinda modern sedikit lebih murah karena gerinda modern merupakan produksi china.

GERINDA TANGAN BERAT HARGA
Gerinda Tangan Modern 2300B 2,5 kg Rp. 260.000
Gerinda Tangan Modern SIM 100B 2,0 kg Rp. 240.000
Gerinda Tangan Modern M2350B 3,0 kg Rp. 275.000
Gerinda Tangan Modern M 2340V 3,0 kg Rp. 265.000
Gerinda Tangan Modern M 2310B 3,0 kg Rp. 365.000
Gerinda Tangan Modern M 2360B 2,2 kg Rp. 245.000
Gerinda Tangan Modern M 2300B 2,2 kg Rp. 245.000
Gerinda Tangan Modern MT91A 3,0 kg Rp. 450.000

Harga Gerinda Bosch

Gerinda bosch sudah cukup lama dan sangat dikenal dalam setiap pekerjaan konstruksi dan pertambangan, bosch sendiri merupakan perusahaan yang khusus memproduksi produk-produk dengan kualitas yang baik. Gerinda tangan bosch memiliki banyak variasi dan jenis yang dapat Anda gunakan sesuai kebutuhan Anda.

Berikut beberapa harga gerinda tangan bosch terbaru yang dapat Anda jadikan referensi.

GERINDA TANGAN BERAT HARGA
Gerinda Tangan Bosch GWS 060 2,2 kg Rp. 360.000
Gerinda Tangan Bosch GWS 9-100 P 4,0 kg Rp. 1.400.000
Gerinda Tangan Bosch GWS 065 4,0 kg Rp. 450.000
Gerinda Tangan Bosch GWS 900-100S 2,8 kg Rp. 950.000
Gerinda Tangan Bosch  070 NLG 2,2 kg Rp. 250.000
Gerinda Tangan Bosch GWS 9-100 S 3,5 kg Rp. 1.150.000
Gerinda Tangan Bosch GWS 2000-180 6,5 kg Rp. 1.850.000
Gerinda Tangan Bosch GWS 750-100 4,0 kg Rp. 780.000

Demikian pembahasan ilmubangunan.com tentang daftar harga gerinda tangan termurah dengan kualitas terbaik yang dapat kami sajikan semoga pembahasan ini bermanfaat dan memberikan informasi yang berkualitas untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *