cat tembok terbaik
cat tembok terbaik

Merk Cat Tembok Terbaik untuk Eksterior dan Interior Rumah

Cat Tembok Terbaik – Cat merupakan salah satu bahan baku bangunan yang sangat sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari karena pasti digunakan pada setiap bangunan. Tidak hanya dapat di gunakan sebagai pemberi warna pada bangunan, cat juga digunakan untuk pelapis dinding yang cukup baik.

Sebagai bahan untuk finishing bangunan, cat dinding terbaik tidak hanya bisa memberikan keindahan saja, namun juga dapat memberikan tampilan warna-warna yang menarik dengan gradasi yang beragam. Cat juga bisa dipakai untuk memberikan lapisan dengan tingkat kilap pada kayu, beberapa merk cat tembok terbaik bahkan menyediakan warna dan tekstur tertentu.

Dalam artikel ini ilmu bangunan akan membahas tentang merk-merek cat tembok terbaik yang sudah banyak beredar di pasaran beserta harga cat tembok yang dapat Anda pilih sesuai ukuran cat dan kebutuhan yang akan Anda gunakan.

Fungsi Cat Tembok

Selain membuat tampilan bangunan yang Anda dirikan menjadi terlihat lebih menarik, cat dinding yang bagus ternyata juga memiliki fungsi yang lain. Fungsi tersebut adalah proteksi atau perlindungan lapisan dinding, cat akan menutup permukaan seperti dinding, lantai cor, besi dan kayu dari risiko gangguan luar yang mungkin merusak.

Ada beberapa fungsi cat dengan merk terbaik sebagai pelindung yang perlu Anda ketahui. Simak lebih detail dalam uraian berikut ini!

1. Melindungi dari Air

Kontak dengan air baik dalam bentuk percikan air hujan atau lembab yang disebabkan tetesan air dapat merusak permukaan kayu atau tembok pada bangunan. Rumah yang berada di daerah dengan curah hujan tinggi atau struktur bangunan yang berada di pinggir pantai memerlukan lapisan cat tembok terbaik yang bagus untuk melindungi dinding dari eksposi air.

Perlu diketahui bahwa tidak semua cat tembok bisa digunakan untuk melindungi permukaan dinding dari air maupun lembab. Anda mungkin membutuhkan cat eksterior terbaik yang tahan air atau waterproof dengan bahan dasar polyester atau resin yang dapat menahan air dan lembab.

2. Melindungi dari Jamur

Cat tembok terbuat dari bahan kimia yang umumnya dapat berjamur dan ditumbuhi organisme lain. Seperti yang kita tahu, jamur atau lumut ini kerap merusak dinding beton atau kayu pada bangunan rumah Anda. Dengan mengaplikasikan dengan kualitas merk cat tembok bagus di permukaan bangunan Anda dapat melindunginya dengan waktu yang cukup lama.

Pemilihan cat tembok terbaik dengan kandungan anti jamur juga sudah dapat Anda lakukan dengan menambahkan campuran kimia khusus sebagai bahan tambah pada saat pengecatan. Dengan menambahkan zat kimia anti jamur Anda dapat menjaga dan melindungi dinding rumah Anda dengan baik.

3. Melindungi dari Sinar Matahari

Cat tembok murah berkualitas sebaiknya tidak hanya mampu memberikan warna yang menarik pada bangunan maupun furniture, tapi juga melindunginya dari sinar matahari. Bagian-bagian rumah yang terkena sinar matahari langsung atau perabotan outdoor memerlukan perlindungan khusus agar tahan lama dan tidak mudah kusam.

Karena itu, pastikan Anda memilih merk cat tembok terbaik untuk melapisi permukaannya. Dengan begitu tampilan indah dari bangunan atau perabotan Anda akan bertahan lebih tahan lama.

Merk Cat Tembok Terbaik

Seperti halnya memilih material bangunan lainnya, memilih cat dengan merk terbaik juga harus dilakukan dengan penuh ketelitian dan pertimbangan sebelum menggunakannya. Hal ini dikarenakan setiap merk cat memiliki kualitas dan daya sebar yang berbeda-beda tergantung dari tingkat kekentalan cat tersebut.

Jika Anda yang sedang berencana akan melakukan pengecatan rumah untuk pertama kalinya atau ingin melakukan pengecatan ulang, ada beberapa pilihan merk cat tembok terbaik dan murah yang dapat Anda dipilih. Simak rekomendasi berikut ini!

1. Nippon Paint

cat tembok nippon paint
cat tembok nippon paint

Merek cat pertama dalam daftar cat tembok terbaik adalah Nippon Paint. Cat dinding dari Jepang ini di formulasi sedemikian rupa sehingga level Volatile Organic Compound atau VOC nya mendekati nol. Terkenal dengan kualitas sebagai cat spotless, Anda tidak akan sulit membersihkan jika permukaan dinding terkena noda maupun kotoran yang sulit untuk dihilangkan.

Untuk melakukan pengecatan bagian eksterior rumah, cat Nippon Paint memiliki beberapa pilihan mulai dari Nippon PU Recoatable Finish dengan pilihan glossy dan ada yang soft matte, Nippon Metallic Paint, Roof Coating dan berbagai varian lainnya. Pastikan Anda memilih jenis sesuai dengan kebutuhan cat dinding Anda.

2. No Drop

cat tembok no drop
cat tembok no drop

Cat dasar tembok yang bagus dan murah yang bisa Anda gunakan untuk melapisi bagian bangunan yang sering bocor adalah No Drop. Kemampuan melapisi dinding dan lantai tidak hanya membuat bangunan Anda bebas rembesan, namun juga memberikan lapisan cat yang elastis serta tahan terhadap cuaca yang ekstrim.

Lapisan cat No Drop dapat menyesuaikan dengan arah retakan yang mungkin terjadi pada dinding dan lantai bangunan, karena memiliki sifat elastisitas dan kuat merekat pada dinding bangunan. Selain itu merk cat tembok terbaik ini juga memiliki kekentalan yang cukup baik, sehingga Anda tidak perlu berulang-ulang untuk melapisi pada bagian-bagian tertentu.

3. Dulux

cat tembok dulux
cat tembok dulux

Dibuat dengan teknologi Chroma-Brite yang tidak mengandung merkuri menjadikan Dulux sebagai merek cat berkualitas yang aman digunakan pada bangunan Anda. Cat khusus interior ini juga tidak memiliki bau menyengat yang biasanya terdapat pada merk cat tembok terbaik lainnya, sehingga proses pengecatan akan lebih aman dan nyaman.

Merk cat Dulux juga memiliki banyak pilihan warna yang dapat Anda kombinasi dengan pilihan warna dekorasi dan furniture pada rumah Anda. Dengan mesin khusus dan teknologi painting yang cukup canggih Dulux hadir sebagai merk cat tembok terbaik yang sudah tersebar luas.

4. Jotun

cat tembok jotun
cat tembok jotun

Cat Jotun adalah salah satu merk cat tembok terbaik di Indonesia yang sudah ada cukup lama dan sudah dikenal secara luas. Diproduksi oleh perusahaan material bangunan yang berkantor pusat di Sandefjor, Norwegia. Jotun sangat disukai oleh keluarga muda yang memiliki anak kecil di rumahnya.

Ketika digunakan sebagai pelapis dinding interior, cat Jotun sangat mudah dibersihkan sehingga coretan anak-anak tidak akan membuat Anda kerepotan membersihkan dengan air atau hanya dengan mengusapkannya saja dengan kain yang lembab. Merk Jotun juga termasuk pada jajaran merk cat terbaik setara dengan merk-merk cat lainnya.

5. Avitex

cat tembok avitex
cat tembok avitex

Kalau Anda sedang mencari cat tembok putih terbaik dengan harga yang terjangkau, Avitex mungkin adalah pilihan terbaik yang bisa Anda gunakan. Selain karena harga cat murah, pilihan warna yang disediakan juga sangat banyak. Tidak hanya warna putih sebagai warna yang paling banyak digunakan, Anda juga bisa memilih lebih dari 150 warna lain dengan beragam kombinasi warna.

Kelebihan lain dari merk cat Avitex adalah mudah dibersihkan dan cukup tahan lama. Untuk cat khusus eksterior, merk Avitex dilengkapi dengan teknologi anti panas atau UV Shield. Sehingga akan mengurangi efek panas dari terik sinar matahari, sehingga tidak akan terasa sampai pada dalam ruangan rumah.

6. Aquaproof

cat tembok aquaproof
cat tembok aquaproof

Pada awal kemunculan dikenal sebagai merk cat tembok murah sebagai pelapis dinding dan atap bangunan yang bocor, seiring perkembangan teknologi Aquaproof dikenal lebih luas sebagai cat tembok terbaik, karena pilihan warna yang semakin banyak. Tersedia juga dengan ukuran kemasan yang beragam, sehingga memungkinkan Anda memilih berdasarkan kebutuhan.

Merk cat Aquaproof memiliki ukuran kemasan 1 kilogram, 4 kilogram sampai 20 kilogram. Agar hasil poles pengecatan semakin sempurna, Anda disarankan untuk melakukan pengecatan dua lapis. Pertama memberikan perlindungan anti bocor dan yang kedua untuk membuat warna cat yang sudah dipilih terlihat lebih menonjol dan semakin menarik.

7. Decolith

cat tembok decolith
cat tembok decolith

Untuk warna cat tembok terbaik memiliki kandungan yang aman digunakan salah satunya adalah Decolith. Cat dinding ini dibuat dengan bahan dasar air, tidak mengandung merkuri dan timbal yang menjadikannya lebih ramah lingkungan untuk rumah yang sehat. Ketika digunakan pada saat pengecatan memiliki daya sebar yang sangat bagus dan permukaan yang dicat tidak akan mengapur.

Teknologi pengecatan yang digunakan terbilang cukup canggih dan campuran komposisi merk cat Decolith sudah mempertimbangkan kualitas, daya tahan cat dan juga kesehatan setiap penghuni rumah yang menggunakan cat merk ini.

8. Puffin

cat tembok puffin
cat tembok puffin

Kalau Anda sedang mencari merk cat tembok terbaik produksi lokal dengan daya rekat yang super awet, cobalah untuk memilih merk Puffin. Selain memiliki pilihan warna-warna yang beragam dan memiliki tingkat sebaran yang baik, merk cat ini juga diklaim bisa mengusir serangga seperti nyamuk dan kecoa dari dalam rumah karena memiliki kandungan dan aroma khas yang tidak disukai serangga tertentu.

Baca Juga : Cara Menghitung Kebutuhan Cat Tembok dan Plafon Rumah

Untuk memenuhi semua kebutuhan Anda, cat Puffin tersedia dalam berbagai varian ukuran kemasan dan type cat. Tidak cuma untuk memberikan warna pada dinding rumah Anda, tapi juga dapat digunakan pada plafon dan permukaan akrilik dan besi. Cat Puffin mungkin bagi sebagian orang tidak terlalu dikenal karena memang penyebaran merk cat ini belum seluas merk-merk cat lainnya.

9. Sunguard

cat tembok sunguard
cat tembok sunguard

Merk cat dinding Sunguard mungkin kurang dikenal untuk kalangan umum, namun merk cat dinding ini tidak kalah bagus dan memiliki kualitas dengan kelebihan yang tidak kalah dengan merk lainnya. Keunggulan utama dari merk cat terbaik ini adalah efektif melindungi tembok luar dari lumut dan jamur, serta dapat memberikan lapisan kedap air dan perlindungan ekstra.

Cat tembok produksi Lenkote dengan merk dagang Sunguard merupakan jenis cat tembok terbaik yang sudah diproduksi dengan teknologi Nature Guard Technology yang khusus di formulasi sebagai cat eksterior terbaik. Dengan teknologi yang digunakan menjadikan dinding bangunan Anda akan terbebas dari serangan jamur dan lumut.

10. Catylac

cat tembok catylac
cat tembok catylac

Catylac adalah salah satu merk cat tembok terbaik yang sudah cukup lama dikenal oleh semua kalangan, dengan banyaknya pilihan dan variasi warna cat yang di miliki, menjadikan cat Catylac menjadi pilihan merk yang banyak digunakan. Selain itu cat Catylac juga sudah diproduksi dengan menggunakan teknologi Chroma Brite yang bebas dari merkuri sehingga aman bagi lingkungan.

Berbagai pilihan merk cat Catylac juga dapat digunakan sebagai pelapis cat dinding interior dan eksterior pada bangunan Anda. Karena sudah sangat dikenal sehingga merk cat ini menjadi salah satu merk cat terbaik yang ada di Indonesia.

11. Mowilex

cat tembok mowilex
cat tembok mowilex

Mowilex ada pada barisan merk cat terbaik lainnya, memiliki berbagai jenis varian cat yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan pengecatan bangunan. Selain digunakan sebagai cat dinding, Mowilex juga menyediakan jenis cat pelapis anti bocor yang dapat di aplikasikan pada atap genteng atap seng maupun sela-sela dinding  yang retak.

Baca Juga : Cara Mengecat Tembok yang Benar Dinding Lama dan Baru

Mowilex memiliki pilihan warna cat yang cukup beragam, membuat merk cat ini patut Anda coba. Bukan hanya untuk digunakan pada dinding luar saja, namun juga dapat digunakan untuk interior. Dapat dikatakan bahwa cat Mowilex memiliki segala yang Anda butuhkan untuk cat rumah Anda.

Harga Cat Tembok Terbaik

Berikut adalah daftar harga cat tembok terbaik yang banyak digunakan sebagai cat pelapis dinding eksterior dan interior rumah hunian maupun bangunan komersial yang paling sering digunakan secara luas. Harga cat tembok yang tercantum mungkin akan berbeda dengan harga pada toko yang ada di kota Anda.

CAT TEMBOK TERBAIKUKURANHARGA
Cat Tembok Dulux2,5 LiterRp. 117.500
Cat Tembok Dulux20 LiterRp. 850.000
Cat Tembok Dulux Pearl Go2,5 LiterRp. 181.500
Cat Tembok Dulux Pentalite Standard Colour2,5 LiterRp. 138.500
Cat Tembok Dulux Weather Shield Exterior2,5 LiterRp. 215.000
Cat Tembok Vinilex5 KgRp. 75.000
Cat Tembok Vinilex25 KgRp. 445.000
Cat Tembok Avitex5 KgRp. 73.500
Cat Tembok Mowilex1 LiterRp. 60.000
Cat Tembok Mowilex2,5 LiterRp. 130.000
Cat Tembok Mowilex20 LiterRp. 915.000
Cat Tembok Matex Glod5 KgRp. 95.000
Cat Tembok Metex Satin Glo2,5 LiterRp. 170.000
Cat Tembok Nippon Spot-Less2,5 LiterRp. 148.000
Cat Tembok Nippon Weatherbond2,5 LiterRp. 180.000
Cat Tembok Nippon Odour-Less2,5 LiterRp. 220.000
Cat Tembok Nippon 3 in 12,5 LiterRp. 195.000
Cat Tembok No Drop1 KgRp. 47.000
Cat Tembok No Drop4 KgRp. 173.000
Cat Tembok No Drop20 KgRp. 672.000
Cat Tembok No Drop Tingting4 KgRp. 176.000
Cat Tembok No Drop Tingting20 KgRp. 961.000
Cat Tembok No Drop 1002,5 LiterRp. 60.500
Cat Tembok No Drop Bitumen Black1 KgRp. 33.000
Cat Tembok No Drop Bitumen Black4 KgRp. 124.000
Cat Tembok No Drop Bitumen Black20 KgRp. 636.000
Cat Tembok No Drop 1044 KgRp. 121.000
Cat Tembok Catylac5 KgRp. 93.500
Cat Tembok Catylac25 KgRp. 456.000
Cat Tembok Jotun Majestic Optima Putih2,5 LiterRp. 186.000
Cat Tembok Jotun Majestic Optima Standar2,5 LiterRp. 186.000
Cat Tembok Jotun Majestic Optima Premium2,5 LiterRp. 236.500
Cat Tembok Jotun Pearl Silk Putih2,5 LiterRp. 150.500
Cat Tembok Jotun Pearl Silk Putih20 LiterRp. 1.106.000
Cat Tembok Jotun Pearl Silk Standar2,5 LiterRp. 150.000
Cat Tembok Jotun Pearl Silk Standar20 LiterRp. 1.086.500
Cat Tembok Jotun Pearl Silk Premium2,5 LiterRp. 119.500
Cat Tembok Jotun Matt Putih2,5 LiterRp. 150.000
Cat Tembok Jotun Matt Putih20 LiterRp. 1.086.500
Cat Tembok Jotun Matt Standar2,5 LiterRp. 150.000
Cat Tembok Jotun Matt Standar20 LiterRp. 1.085.500
Cat Tembok Jotun Matt Premium2,5 LiterRp. 219.000
Cat Tembok Jotun Glaze Special1 LiterRp. 186.500
Cat Tembok Jotun Metalic Gloden Glow1 LiterRp. 176.500
Cat Tembok Jotun Metalic Starlight1 LiterRp. 462.000
Cat Tembok Jotun Starx Matt Putih2,5 LiterRp. 106.000
Cat Tembok Jotun Starx Matt Putih20 LiterRp. 734.000
Cat Tembok Jotun Starx Matt Standar2,5 LiterRp. 106.000
Cat Tembok Jotun Starx Matt Standar20 LiterRp. 744.000
Cat Tembok Jotun Starx Premium2,5 LiterRp. 139.000
Cat Tembok Jotun Jotaplast Putih2,5 LiterRp. 60.000
Cat Tembok Jotun Jotaplast Putih20 LiterRp. 470.500
Cat Tembok Jotun Jotaplast Premium2,5 LiterRp. 60.000
Cat Tembok Jotun Jotaplast Premium20 LiterRp. 471.500
Cat Tembok Aquaproof1 KgRp. 52.000
Cat Tembok Aquaproof5 KgRp. 165.000
Cat Tembok Aquaproof20 LiterRp. 785.000
Cat Tembok Sunguard Super white2,5 LiterRp. 245.000
Cat Tembok Sunguard Super white20 LiterRp. 1.650.000
Cat Tembok Sunguard All in One2,5 LiterRp. 305.000
Cat Tembok Sunguard All in One20 LiterRp. 1.250.000

Memilih Cat Tembok Rumah

Setelah mengetahui merek-merek cat terbaik yang tersedia di pasaran, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih jenis atau warna cat tembok yang  akan Anda gunakan sebelum membelinya. Simak beberapa tips memilih cat tembok terbaik yang benar berikut ini!

  • Warna Sesuai dengan Furniture

Dalam memilih cat dinding interior, kesesuaian warna dengan furniture itu sangat penting. Apalagi setiap perabotan yang ada di masing-masing ruangan biasanya memiliki warna yang berbeda-beda. Pastikan cat yang Anda pilih terlihat serasi dengan isi ruangan yang akan Anda cat dengan warna tertentu.

  • Warna Sesuai Suasana Ruangan

Setiap warna memiliki nuansa masing-masing dan kesan yang akan dimunculkan. Warna terang atau redup misalnya, sangat cocok untuk Anda yang menginginkan suasana santai. Kalau ingin lebih bersemangat, gunakan warna-warna cerah yang dapat membangkitkan energi dan semangat setiap kali Anda berada di ruangan tersebut.

  • Efek Konsep Arsitektural

Pemilihan warna cat dapat di pengaruhi oleh desain arsitektural ruangan secara langsung. Mengecat dinding dengan warna-warna pastel dan terang bisa memberikan kesan lebih luas. Sedangkan untuk memberikan kesan hangat, pilihlah cat dengan warna cenderung gelap namun tetap memberikan kesan sesuai konsep arsitektural rumah Anda.

  • Pertimbangkan Lingkungan

Untuk memilih warna cat eksterior maupun interior, kesesuaian warna dengan lingkungan di sekitar bangunan juga perlu dipertimbangkan. Kondisi sekeliling juga bisa membantu Anda memperoleh gambaran tentang warna cat apa yang paling cocok diaplikasikan pada bangunan Anda, seperti warna yang sedang trend atau warna yang digunakan secara umum pada lingkungan rumah Anda.

  • Jenis Cat Sesuai Kebutuhan

Kalau di daerah tempat tinggal Anda memiliki kelembaban dan curah hujan tinggi, pertimbangkan untuk memilih warna untuk cat tembok terbaik yang tahan lembap dengan kandungan polyester yang dapat mencegah kebocoran pada dinding rumah. Bisa juga dengan memilih cat waterproof agar air dari luar tidak merembes ke dalam bangunan Anda.

Baca Juga : Cara Memasang Wallpaper Dinding dengan Lem yang Benar

Itulah beberapa pembahasan mengenai merk cat tembok terbaik, harga cat tembok dan rekomendasi tips dalam memilih cat tembok yang sesuai dengan keutuhan Anda. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dan dapat menjadi referensi untuk Anda yang sedang mencari merk cat tembok terbaik.



Merk Cat Tembok Terbaik untuk Eksterior dan Interior Rumah




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *