harga cat tembok
harga cat tembok

Harga Cat Tembok Rumah yang Bagus Semua Merk Terbaik

Harga Cat Tembok – Bagi sebuah bangunan, tahap finishing adalah hal yang sangat penting. Baik pada bagian luar eksterior maupun bagian dalam interior. Selain untuk mendukung keindahan dan estetika bangunan, cat juga bisa memberikan perlindungan dinding dan plafon dari kerusakan akibat cuaca dan aktivitas penghuninya.

Harga cat tembok per meter bervariasi, tergantung pada merek dan jenis cat yang dipakai, serta faktor lain yang cukup menentukan harga borongan cat per meter adalah tingkat kesulitan pekerjaan pengecatan nya.

Beberapa merk cat tembok terbaik yang tersedia di pasaran antara lain adalah Dulux Catylac, Nippon Paint, Avitex hingga Jotun. Masing-masing merek cat ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Karena itu, pastikan Anda tidak memilih harga cat tembok murah sembarangan karena harga cat terbaik juga menentukan kualitas hasil pengecatan.

Jenis Cat Tembok

harga cat tembok yang bagus
harga cat tembok yang bagus

Sebelum membahas tentang harga cat tembok berbagai merk, perlu diketahui bahwa cat memiliki beragam jenis. Dari segi penggunaan dan aplikasinya, ada cat tembok yang digunakan untuk mengecat bagian luar rumah. Cat ini disebut dengan cat dinding eksterior. Karena bertugas melindungi bangunan dari cuaca, harga cat tembok exterior biasanya lebih mahal.

Jenis cat kedua berdasarkan aplikasinya adalah cat dinding interior. Tidak seperti cat bagian luar yang mengandalkan daya tahan, cat interior lebih menonjolkan keindahan. Harga cat tembok interior juga bermacam-macam dan salah satu merek yang paling terkenal dan banyak dipakai karena kualitasnya bagus adalah Nippon Paint Interior.

Selain dari segi penggunaannya, cat juga dibedakan berdasarkan material dan karakternya. Jangan sampai Anda salah memilih jenis cat karena kegunaannya akan berbeda. Simak selengkapnya dalam ulasan berikut!

1. Jenis Cat Duco

Cat duco ini sering disangka cat khusus body mobil. Padahal sebenarnya cat duco sudah dipakai sejak lama sebagai cat bangunan dan interior finishing. Memiliki karakter mirip dempul, cat duco bisa digunakan untuk meratakan atau menghaluskan berbagai permukaan termasuk kayu dan logam.

Penggunaan jenis cat ini yang paling sering dipakai adalah untuk menghaluskan dan memberikan warna yang dapat mengkilap pada perabot interior rumah. selain itu juga pada beberapa bagian eksterior bangunan juga menggunakan jenis cat ini seperti listplank, kusen pintu jendela dan pintu.

2. Cat Melamic

Jika bangunan yang Anda buat menggunakan material utama kayu, finishing dengan cat melamic paling direkomendasikan karena akan menghasilkan warna yang indah dan memunculkan motif kayu yang baik. Kandungan alkali dan resin amino di dalamnya bisa menghaluskan permukaan kayu.

Meratakan dan membuat kayu yang dicat jadi lebih awet karena juga memiliki sifat imultion. Hasil akhir dari penggunaan cat melamic akan terlihat mengkilap atau glossy.

3. Wall Sealer

Cat ini pada dasarnya berguna menjadi pelapis dasar sebelum cat utama diaplikasikan sebagai lapisan finishing. Wall sealer akan membuat lubang dan pori di permukaan dinding menjadi penuh sehingga hasil akhir pengecatan akan terlihat lebih halus. Jika Anda ingin menggunakan cat wall sealer, jangan lupa cari tahu harga cat tembok warna putih karena warna inilah yang umum dipakai.

Upayakan untuk menggunakan cat wall sealer berbahan dasar alkali dan terdapat kandungan latex, dengan warna dasar cat putih. Tujuannya agar warna finishing yang akan menjadi lapisan akhir akan terlihat lebih maksimal tanpa kesan membayang pada permukaannya.

4. Cat Epoxy

Cat epoxy ini mengandung konsentrasi resin yang tinggi sehingga dapat dimanfaatkan untuk melapisi bagian bangunan luar dan dalam. Cat ini juga memiliki karakter lengket dan memiliki elastisitas yang  baik, oleh karena itu cat epoxy juga umum digunakan pada lantai dan dak bangunan yang memiliki mobilisasi tinggi.

Keunggulan lain dari pemakaian jenis cat epoxy adalah tahan terhadap gesekan dan benturan benda keras, daya rekat yang tinggi dan elastisitas yang baik, maka tidak heran jika harga cat tembok ini lebih mahal dari pada jenis lainnya.

5. Cat Alkyd Synthetic

Cat jenis alkyd synthetic ini juga banyak diaplikasikan untuk bagian luar bangunan dan berbagai material yang digunakan pada eksterior bangunan maupun interior bangunan. Cat alkyd synthetic tidak hanya awet tapi juga bisa bertahan di bawah cuaca ekstrem dan tidak mudah rusak karena jamur. Anda juga bisa menggunakannya sebagai pelapis bahan kayu maupun besi.

Baca Juga : Harga Cat No Drop Cat Pelapis Tembok Anti Bocor Terbaru

Selain jenis-jenis cat di atas, masih ada berbagai macam cat lain seperti cat zinc chromate primer, cat emulsi styrene acrylic, cat polyurethane, cat stoving dan lain sebagainya. Anda bisa bertanya langsung ke toko cat kiloan terdekat untuk mengetahui cat seperti apa yang Anda butuhkan.

Cara Mengecat Tembok

cat tembok motif
cat tembok motif

Sebagai cara ter mudah untuk mengubah gaya ruangan atau rumah, mengecat dinding bisa memengaruhi suasana hati para penghuninya. Pemilihan warna yang sesuai juga bisa membuat nuansa di dalam rumah menjadi lebih segar.

Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk mengecat rumah baru atau mengecat ulang rumah lama Anda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar hasil pengecatan maksimal. Simak poin-poin penting berikut ini!

1. Waktu yang Tepat

Mengecat rumah memerlukan waktu yang cukup lama jika Anda tidak terbiasa melakukannya atau mungkin pekerjaan pengecatan membutuhkan alat bantu. Apalagi kalau Anda ingin memberi pelapis cat dasar pada dinding rumah atau menghilangkan sisa cat lama pada dinding bangunan rumah lama Anda. Pastikan Anda mengalokasikan waktu yang cukup agar hasilnya maksimal.

Pilih waktu yang tepat dengan kondisi cuaca saat akan melakukan pengecatan, hindari musim penghujan untuk melakukan pengecatan pada eksterior bangunan, karena intensitas panas matahari yang kurang akan memperlambat hasil pengeringan cat.

2. Pilih Cat Ruangan

Jangan buru-buru mencari harga cat tembok murah. Ketahui dulu jenis cat yang Anda butuhkan sesuai dengan desain warna ruangan. Untuk tempat-tempat yang lembab seperti kamar mandi atau dapur, gunakan cat anti lembab dan jamur. Anda bisa mencari tahu harga cat tembok anti lembab di toko terdekat atau melalui e-commerce.

Jika cat ingin diaplikasikan di bagian luar ruangan, Anda mungkin membutuhkan cat yang tahan air atau waterproofing. Tujuannya adalah agar permukaan tembok ter lindungi dari rembesan air hujan. Anda bisa menggunakan merk cat tembok Nippon Paint anti air, Jotun dan merk cat terbaik lainnya.

3. Persiapkan Pengecatan

Mengecat juga tidak bisa dilakukan sembarangan, pastikan Anda mempersiapkan permukaan dinding dengan cara membersihkan nya terlebih dahulu dari debu dan sisa-sisa cat sebelumnya. Kalau ada permukaan yang rusak, ratakan dengan cara mengerok dan menambalnya kembali. Kalau ada lubang, lapisi terlebih dahulu dengan dempul atau cat duco.

Selanjutnya, gunakan cat kiloan warna putih sebagai cat primer lapisan dasar untuk merekat kan lapisan lama dengan lapisan cat yang baru. Menggunakan warna dasar akan memudahkan proses pengecatan dan membuat warna cat yang Anda pilih lebih cerah dan keluar.

4. Pilih Warna yang Sesuai

Memilih warna kerap menjadi hal yang memusingkan bagi seluruh anggota keluarga. Setiap orang memiliki referensi nya masing-masing. Sebagai solusi, cobalah pilih warna yang paling sesuai dengan tema rumah Anda. Anda juga bisa menggunakan katalog warna cat Aquaproof interior untuk memilih mana yang paling cocok.

Baca Juga : Harga Cat Aquaproof untuk Interior dan Eksterior Warna Terbaru

Pemilihan warna cat dinding harus di pertimbangkan dengan matang, karena warna cat pada rumah Anda akan menggambarkan karakter penghuninya. Selain itu warna cat dinding yang sesuai akan memberikan rasa nyaman pada penghuninya.

5. Hitung Kebutuhan Cat

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menghitung berapa banyak cat yang dibutuhkan dan harga cat tembok perkilo nya. Pertama, ukur permukaan yang akan dicat lalu bagi dengan daya sebar cat yang akan Anda gunakan. Daya sebar cat Mowilex dengan cat merk lain tentu berbeda. Selain itu, penggunaan semprot, kuas dan roller juga akan membuat jumlah cat yang dibutuhkan berbeda.

Untuk permukaan dinding yang lebar dan rata, sangat disarankan mengecat dengan menggunakan semprotan cat atau paint spray, dengan menggunakan paint spray maka hasil pengecatan yang akan didapatkan lebih cepat selesai dan hasil yang lebih rata.

6. Menggunakan Jasa Tukang

Meskipun sebenarnya bisa dilakukan sendiri, namun menyerahkan tugas pengecatan pada tukang profesional tentu akan menjanjikan hasil yang lebih baik. Selain itu, tukang biasanya juga sudah tahu harga cat tembok murah tapi bagus, sehingga bisa memperoleh rekomendasi yang tepat. Tukang juga bisa membantu Anda memperkirakan berapa banyak cat yang dibutuhkan.

Carilah tukang cat yang berpengalaman yang Anda percaya, atau setidaknya Anda telah mengenal secara personal. Karena tukang cat yang telah Anda kenal akan lebih dapat diandalkan dari pada tukang sembarangan yang baru Anda kenal.

Daftar Harga Cat Tembok

Sebelum membeli cat, mengetahui harga harga cat tembok per liter maupun per kilogram adalah sebuah keharusan. Selain memudahkan Anda dalam memilih, Anda juga bisa memperkirakan berapa dana yang akan dihabiskan untuk mengecat dinding rumah Anda. Simak daftar harga cat tembok berikut ini untuk menemukan cat yang sesuai dengan budget Anda!

MERK CATBERATHARGA
Avitex5 KgRp. 110.200
Dulux2.5 KgRp. 120.000
Dulux WeatherShield2.5 KgRp. 133.500
Dulux Pentalite Standard Colour2.5 KgRp. 165.500
Dulux Pearl Glo2.5 LRp. 265.200
Catylac25 KgRp. 660.100
Catylac5 KgRp. 125.000
Vinilex5 KgRp. 125.000
Vinilex25 KgRp. 535.200
Metrolite1 LRp. 30.000
Metrolite3 LRp. 109.000
Metrolite16 LRp. 510.200
Mowilex1 LRp. 75.100
Mowilex2.5 LRp. 142.200
Mowilex20 LRp. 1.191.000
Matex Gold2.5 LRp. 140.100
Vinilex Fresh5 KgRp. 388.100
Satin Glo2.5 LRp. 229.200
Nippon Spot-Less2.5 LRp. 195.200
Nippon Weatherbond2.5 LRp. 220.250
Nippon Odour-Less1 LRp. 95.150
Nippon 3 in 12.5 LRp. 117.000
Jotun Majestic Optima Putih2.5 LRp. 270.250
Jotun Majestic Optima Standart3,5 LRp. 122.000
Jotun Majestic Optima Premium2.5 LRp. 251.000
Jotun  Jotashield2.5 LRp. 256.500
Jotun  Jotashield20 LRp. 1.876.000
Jotun Jotashield Flex2.5 LRp. 228.500
Jotun Pearl Silk20 LRp. 1.086.000
Jotun Jotashield Colour Extreme20 LRp. 2.032.000
Jotun Matt Putih2.5 LRp. 151.000
Jotun Matt Putih20 LRp. 1.086.000
Jotun Matt Standart2.5 LRp. 150.500
Jotun Matt20 LRp. 1.086.000
Jotun Matt Premium2.5 LRp. 220.250
Jotun Glaze Special1 LRp. 186.000
Jotun Metallic Golden Glow1 LRp. 180.100
Jotun Metallic Starlight1 LRp. 470.200
Jotun Strax Matt2.5 LRp. 106.000
Jotun Strax Matt20 LRp. 744.000
Jotun Strax Matt2.5 LRp. 105.500
Jotun Strax Matt20 LRp. 753.500
Jotun Strax Matt Premium2.5 LRp. 140.100
Jotun Jotaplast2.5 LRp. 60.200
Jotun Jotaplast20 LRp. 470.200
Jotun Jotaplast Premium2.5 LRp. 60.500
Jotun Jotaplast Premium20 LRp. 281.000
Dulux2.5 LRp. 200.000
Dulux20 LRp. 1.351.000
Catylac5 LRp. 80.100
Catylac25 LRp. 1.350.500
Metrolite3 LRp. 76.000
Metrolite16 LRp. 279.500
Decorshield Warna2.5 LRp. 220.250
Decorshield Warna20 LRp. 1.551.000
Decorshield Warna Special2.5 LRp. 225.250
Decorshield Warna Special20 LRp. 1.609.500

Demikianlah informasi mengenai cat tembok, jenis dan perkiraan harga cat tembok waterproof maupun cat lainnya yang dapat ilmu bangunan bagikan. Semoga informasi ini bisa membantu Anda memilih cat terbaik sebagai penghias dan melindungi dinding rumah Anda.



Harga Cat Tembok Rumah yang Bagus Semua Merk Terbaik




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *