cara pemasangan water heater
cara pemasangan water heater

Cara Pemasangan Water Heater Gas dan Listrik Tanpa Bobok

Diposting pada

Cara Pemasangan Water Heater – Water heater adalah merupakan sebuah alat pemanas air yang terdapat pada kamar mandi. Cara kerja water heater dengan cara memanaskan air dengan bantuan tenaga listrik, gas maupun panas matahari. Cara pemasangan water heater juga sangat mudah dan dapat Anda praktekkan sendiri dirumah, Anda tidak perlu menggunakan jasa pasang water heater untuk menghemat biaya.

Pada umumnya, alat water heater ini digunakan pada daerah yang memiliki suhu dingin, tetapi sekarang sudah cukup banyak yang menggunakannya untuk kepentingan komersial. Nah, jika Anda ingin memasang water heater di rumah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari alat-alat yang perlu disiapkan dan jenis water heater yang akan Anda pasang.

Cara Pasang Water Heater Gas

water heater gas
water heater gas

Penggunaan water heater gas saat ini cukup banyak diminati karena lebih praktis dan hemat dalam hal biaya. Selain ukurannya yang simpel, cara pemasangan water heater pun mudah dilakukan sendiri. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dipersipakan sebelum memasang water heater pada kamar mandi Anda.

Kondisi Water Heater

Pemasangan water heater baru atau bekas, sebaiknya sebelum memasang water heater Anda dapat memastikan bahwa kondisinya dalam keadaan baik dan masih layak pakai. Mengapa demikian? karena jika Anda memasang water heater bekas perlu Anda lakukan pemeriksaan pada selang gas dan tabung pemanasan dalam alat.

Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengantisipasi kebocoran yang mungkin terjadi karena usia pemakaian alat, jika dibiarkan akan beresiko mengakibatkan kebocoran gas yang dapat merugikan dan membahayakan Anda.

Pemasangan Water Heater Gas

Memang menggunakan jasa pasang water heter sangat menguntungkan, karena Anda hanya tinggal terima beres. Tetapi, jika Anda ingin memasang sendiri untuk menghemat biaya pengeluaran, maka Anda harus menyediakan semua alat yang akan digunakan.

  1. Obeng slotted
  2. Kunci inggris
  3. Obeng kembang
  4. Bor tembok
  5. Seal tape
  6. Kran sesuai yang dibutuhkan (shower atau cabang)
  7. Selang shower sepanjang 1,5 meter yang fleksibel
  8. Hand shower
  9. Selang gas
  10. Regulator lowpressure
  11. Klem gas
  12. Nepel gas
  13. Fisher 6 mm
  14. Baut cacing

Langkah Pemasangan Water Heater Gas

Cara pemasangan water heater gas yang benar dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Pasangkan baterai yang sudah tersedia dalam box water heater.
  2. Kemudian jangan lupa untuk mengencangkan nepel gas pada pipa gas inlet.
  3. Tentukan sumber air yang akan Anda masukkan ke sumber pemanas air.
  4. Dengan memakai sekrup dan fisher berukuran 6 mm, posisikan water heater pemanas air tepat diatas sumber air.
  5. Pasangkan kran yang sesuai dengan keinginan pada pipa sumber air.
  6. Supaya tidak mudah bocor, pasangkan seal tape secara rapat dan ketat pada drat kran.
  7. Selanjutnya, pasangkan hand shower.
  8. Gunakan shower bercabang, untuk pemasang hand shower fleksibel tepat di bawahnya.
  9. Setelah penyambungkan komponenya pada water inlet, pasangkan hand shower pada outlet yang ada ditengah mesin pemanas air.
  10. Lanjutkan dengan memasang seal tape pada drat agar tidak terjadi kebocoran.
  11. Langkah berikutnya pemasangkan gas LPG pada selang nepel gas, lalu gunakan klem untuk menguncinya.
  12. Setelah semua rangkain cara diatas selesai dan semua sudah terpasang, hal yang harus Anda lakukan adalah menghidupkan water heater dengan menekan tombol on.
  13. Buka tuas yang letaknya pada bagian sisi samping kran cabang.
  14. Jika mesin pemantik panas sudah menyala ditandai apabila terdengan suara detikan mesin.
  15. Pastikan api yang ada dalam mesin pemanas berwarna merah menyala dengan sempurna.
  16. Untuk mengetahui apakah pemasangan sudah tepat, Anda dapat melihat air yang keluar dari kran apakah sudah panas atau belum.
  17. Dalam waktu 10 detik suhu airnya akan memanas.

Cara Pemasangan Water Heater Listrik

water heater listrik
water heater listrik

Cara pemasangan water heater listrik cukup berbeda dengan pemasangan water heater gas, tetapi secara umum prinsip pemasangannya sama. Alat perlengkapan untuk pemasangan water heater yang harus disiapkan juga tidak banyak. Karena sumber energinya adalah listrik berbeda dengan gas yang harus menyiapkan tabung gas LPG.

Alat Yang Harus Disiapkan

Alat perlengkapan yang harus Anda persiapkan dalam cara pemasangan water heater listrik cukup hanya beberapa jenis saja. Alat tersebut diantaranya obeng bunga (+), obeng slotted (-), kunci inggris dan seal tape. Setelah semua perlengkapan tersedia Anda bisa langsung memasanganya pada posisi yang Anda inginkan.

Baca Juga : 7 Cara Mengatasi Pipa Paralon Tersumbat pada Kamar Mandi

Langkah Memasang Water Heater Listrik

Cara pemasangan water heater listrik untuk kamar mandi bisa Anda lakukan sendiri. Berikut adalah tahapan memasang water heater listrik dengan cara yang benar.

  1. Cara pasang water heater listrik yang pertama adalah menempelkan penyangga mesin water heater pada dinding menggunakan bor.
  2. Pasangkan mesin pemanas air pada penyangga tersebut, pastikan alat terpasang dengan baik dan kokoh.
  3. Pasangkan inlet pipa saluran air warna biru, sebagai sumber air masuk ke dalam water heater yang terletak disisi kanan bagian bawah alat dan   oautlet warna merah untuk air panas yang keluar dari alat.
  4. Sambungkan kran shower pada pipa yang baru saja terpasang.
  5. Kemudian, gabungkan saluran air kran dengan inlet berwarna biru sebagai sumber air.
  6. Sambungkan outlet berwarna merah dengan kran shower yang sudah disiapkan.
  7. Gunakan sealtape untuk merapatkan drat sambungan agar tidak bocor.
  8. Nyalakan water heater hingga lampu indikator pemanasan menyala, biarkan terlebih dahulu selama 15 menit agar pemanasan air dapat berjalan dengan baik.

Cara Pemasangan Water Heater Tenaga Surya

Pemasangan water heater tenaga surya atau solar water heater harus memperhatikan posisi peletakannya. Karena energi yang dibutuhkan untuk memanaskan air adalah matahari, sehingga saat pemasangan pastikan mesin panel konektor mendapatkan cukup sinar matahari sepanjang hari.

  1. Cara pasang water heater tenaga surya yang pertama adalah letakkan panel konektor pada tempat yang terkena sinar matahari sempurna sepanjang hari.
  2. Hindarkan dari hal-hal yang dapat menghalanginya seperti bangunan tinggi, pohon ataupun halangan lainnya.
  3. Pastikan penyangga panel konektor kuat untuk menahan beban mesin pemanas air yang terisi air penuh dalam jangka waktu yang cukup lama.
  4. Tentukan kemiringan alat pemanas air, untuk mendapatkan pemanasan dari sinar matahari secara total.
  5. Sebaiknya gunakan teknisi atau orang yang ahli dalam pemasangan water heater tenaga surya agar pemanas air yang akan dihasilkan dapat bekerja secara sempurna.

Kesalahan Pemasangan Water Heater

Cara pemasangan water heater jika tidak sesuai dengan prosedur pemasangan akan mengakibatkan alat tidak berfungsi secara maksimal. Selain itu, juga dapat disebabkan kondisi-kondosi yang tidak diinginkan dan dapat membahayakan Anda. Untuk itu berikut ini adalah beberapa kondisi yang sering terjadi dalam pemasangan water heater.

Air tidak Panas

Pemasang alat dikakukan sendiri atau menggunakan teknisi masih ada kemungkinan salah prosedur. Apabila setelah instalasi selesai namun air tetap tidak panas mungkin hal-hal berikut ini yang terjadi penyebabnya.

  1. Kemungkinan pertama adalah elemen pemanas belum tersambung ke listrik.
  2. Ada kemungkinan MCB/ELCB terputus.
  3. Thermostat disetting terlalu rendah.
  4. Pamanas air rusak.

Indikator Pemanas Air tidak Berfungsi

Hal lain yang mungkin terjadi setelah pemasangan pemanas air selesai adalah indikator pemanas air tidak berfungsi dengan baik. Dengan demikian Anda dapat memperhatikan hal-hal berikut ini.

  1. Alat pemanas atau pipa air mengalami kebocoran.
  2. Terjadi persilangan antara air dingin dengan air panas.
  3. Periksa cuaca apakah mendung atau hendak hujan.
  4. Penggunaan air yang melebihi kapasitas pemanas.

Demikian cara pemasangan water heater gas, listrik maupun tenaga surya yang dapat ilmubangunan.com bagikan. Sebelum memilih untuk menggunakan water heater sebaiknya pastikan dahulu kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis water heater yang akan digunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *