harga kunci inggris
harga kunci inggris

Harga Kunci Inggris Kecil dan Besar Semua Ukuran Terbaru

Harga Kunci Inggris – Kunci inggris adalah salah satu perkakas yang banyak digunakan untuk pekerjaan tukang bangunan. Kelebihan kunci inggris dibandingkan kunci lain adalah adanya adjustable wrench yang memungkinkan diatur sesuai dengan kebutuhan. Beragam ukuran mur dan baut juga dapat dibuka hanya dengan 1 kunci saja.

Oleh karena alasan ini yang menjadikan kunci inggris kerap disebut kunci multifungsi yang yang banyak digunakan dalam berbagai pekerjaan pertukangan maupun mekanikal. Selain digunakan juga oleh para mekanik, kunci inggris atau snap n grip ini juga dipakai dalam bidang konstruksi bangunan.

Misalnya saja untuk memasang maupun membongkar rangka yang dikunci dengan menggunakan baut. Merek kunci inggris pun bermacam-macam dengan memiliki banyak ragam pilihan ukuran. Beberapa merek paling populer di pasaran antara lain adalah kunci Inggris Krisbow dan snap n grip Tekiro, namun selain dari itu masih banyak merk lainnya dengan produksi lokal.

Cara Kerja Kunci Inggris

ukuran kunci inggris
ukuran kunci inggris

Dikenal juga dengan nama lain adjustable wrench atau adjustable spanner, kunci inggris merupakan kunci yang memiliki cara penggunaan fleksibel dan dinamis. Karena dapat diatur melebar dan menyempit sesuai dengan ukuran baut yang akan di jepit, kunci ini bisa dipakai untuk membuka baut dan mur dengan berbagai ukuran yang  beragam.

Komponen dari kunci Inggris terdiri atas pengatur drat, lengan, rahang geser ulur dan rahang diam. Kalau bagian ulir pengaturan dapat diputar, bagian rahang geser akan bergerak melebar dan menyempit. Mekanik hanya tinggal menyesuaikan bukaan rahang kunci inggris sebesar baut untuk mengencangkan atau melonggarkan baut yang terpasang.

Beberapa negara di Eropa termasuk Spanyol, Belanda dan Italia kerap menyebut adjustable wrench ini sebagai English Key. Pemberian istilah ini disebabkan karena penemu kunci inggris ini adalah Richards Clyburn yang merupakan seorang insinyur dari Inggris. Orang Indonesia kemudian menerjemahkan istilah tersebut menjadi kunci inggris.

Kunci yang sekarang kita temukan di toko jual kunci inggris sebenarnya adalah versi pembaruan dari model awalnya. Orang yang melakukan penyempurnaan terhadap kunci ini adalah seorang berkebangsaan Swedia bernama Johan Petter Johansson. Sebab itulah orang-orang Denmark, Israel dan Polandia menyebut kunci ini dengan sebutan Swedish Key atau kunci Swedia.

Jenis Kunci Inggris

Kunci inggris yang dijual di pasaran saat ini memiliki berbagai jenis merek, desain dan ukuran. Dari segi bentuk, kunci inggris pada umumnya berbahan baku baja tempa dengan lapisan galvanis pada permukaannya sehingga terlihat berwarna selalu seragam. Namun tujuan lain dari pemberian lapisan galvanis adalah agar kunci inggris terhindar dari karat.

Beberapa merek kunci inggris melakukan inovasi dengan beragam pilihan harga kunci inggris terbaru. Salah satunya adalah dengan memberikan lapisan pada pegangan dengan material plastik atau karet. Tujuannya adalah agar kunci bisa digunakan untuk melakukan pekerjaan di tempat-tempat yang memiliki arus listrik.

Baca Juga : Harga Tandon Air Stainless Steel 1000 sampai 5000 Liter Terbaru

Secara umum, teknisi akan memilih kunci berdasarkan ukuran dan kualitas yang sebanding dengan harga kunci inggris terbaik. Ada yang berukuran 4 inchi, 6 inchi, 8 inchi bahkan 24 inchi. Untuk mengetahui lebih jauh tentang jenis-jenis kunci inggris, simak daftar ukuran kunci pas inchi berikut ini.

  1. Kunci ukuran 4 inchi : Kunci inggris dengan ukuran 4 inchi biasanya memiliki panjang 10 cm dari gagang sampai ke bagian kepala. Bukaan rahang maksimal dari kunci inggris ukuran ini adalah 12,7 mm.
  2. Kunci ukuran 6 inchi : Panjang kunci 6 inchi dari gagang sampai ke bagian kepalanya adalah 15 cm. Pada bukaan rahang maksimal yang dapat di buka oleh kunci ukuran ini hingga 23,8 mm.
  3. Kunci ukuran 8 inchi : Dihitung dari gagang sampai kepala, kunci inggris ukuran 8 inchi memiliki panjang sekitar 20 cm. Diameter baut yang bisa diputar oleh kunci ini maksimal adalah 28,5 mm.
  4. Kunci ukuran 10 inchi : Kunci ini memiliki panjang 10 inchi yang diukur dari gagang pegangan hingga kepala rahang kunci dengan bukaan rahang maksimal bagian penjepit adalah sebesar 33,3 mm.
  5. Kunci ukuran 12 inchi : Kunci ini memiliki panjang 12 inchi dari gagang sampai ke bagian kepala. Adapun diameter paling besar pada baut yang dapat dibuka adalah 38,1 mm.
  6. Kunci ukuran 15 inchi : Panjang kunci ukuran 15 inchi berkisar 37,5 cm yang diukur dari gagang pegangan hingga kepala rahang kunci. Sedangkan bukaan rahang maksimal pada bagian penjepit adalah 42,5 mm.
  7. Kunci ukuran 18 inchi : Kunci ini memiliki panjang fisik 18 inchi dengan bukaan maksimal bagian rahang sebesar 52,4 mm.
  8. Kunci ukuran 24 inchi : Panjang kunci inggris ukuran 24 inchi atau 60 cm. Sedangkan bukaan rahang pada bagian mulut penjepit maksimal 61,7 mm.

Selain harga kunci Inggris terbaru, Anda juga harus memperhatikan spesifikasi ukuran di atas sesuai dengan kebutuhan dan merk terbaik yang dijual pada toko perlengkapan alat bangunan. Belilah kunci dengan ukuran yang paling fleksibel dengan besar baut yang akan Anda buka agar lebih efisien.

Harga Kunci Inggris

kunci inggris serbaguna
kunci inggris serbaguna

Selain dikenal dengan nama kunci inggris, ada juga orang yang menyebut kunci ini dengan sebutan engkol inggris atau kunci monyet. Harga kunci inggris ini biasanya tergantung pada ukuran kunci dan merek yang produksi. Harga kunci inggris besar tentu akan jauh lebih mahal dibanding harga kunci inggris kecil.

Baca Juga : Harga Kuas Cat Tembok dan Besi dengan Ragam Ukuran

Selain ukuran, merek juga menentukan harga dari kunci inggris yang ingin Anda beli. harga kunci inggris Krisbow cenderung sedikit lebih mahal dibanding harga kunci inggris Tekiro. Dari segi kualitas sebenarnya kedua merek ini tidak jauh berbeda. Selain Krisbow dan Tekiro yang populer, masih ada beberapa merek lain seperti Lippro, Sata hingga Camel.

Untuk memperoleh gambaran harga kunci Krisbow dan merek lainnya, kami sudah menyiapkan daftar harga kunci inggris terbaru. Jika Anda berencana untuk membeli langsung di toko yang ada di kota Anda mungkin akan ada perbedaan harga dengan daftar yang kami berikan.

MERK KUNCI INGGRISUKURAN (INCH)HARGA
Kunci Inggris C Mart4 InchRp. 45.000
Kunci Inggris Sellery4 InchRp. 83.000
Kunci Inggris B-United4 InchRp. 313.000
Kunci Inggris Tekiro6 InchRp. 40.000
Kunci Inggris Lippro6 InchRp. 79.700
Kunci Inggris Kenmaster6 InchRp. 56.300
Kunci Inggris Hasston6 InchRp. 45.000
Kunci Inggris Krisbow6 InchRp. 86.000
Kunci Inggris Sata6 InchRp. 115.000
Kunci Inggris Krisbow8 InchRp. 90.900
Kunci Inggris Krisbow (with adjustable grip)8 InchRp. 99.900
Kunci Inggris Tekiro8 InchRp. 75.000
Kunci Inggris C Mart8 InchRp. 87.000
Kunci Inggris Camel8 InchRp. 42.000
Kunci Inggris Sata (ratcheting adjustable wrench)8 InchRp. 455.000
Kunci Inggris Sata8 InchRp. 126.000
Kunci Inggris Krisbow (with adjustable grip)10 InchRp. 165.000
Kunci Inggris Tekiro10 InchRp. 300.589
Kunci Inggris Camel10 InchRp. 41.000
Kunci Inggris Sata10 InchRp. 163.000
Kunci Inggris Krisbow12 InchRp. 212.000
Kunci Inggris Krisbow (with adjustable grip)12 InchRp. 180.000
Kunci Inggris Tekiro12 InchRp. 83.000
Kunci Inggris C Mart12 InchRp. 200.000
Kunci Inggris Camel12 InchRp. 52.000
Kunci Inggris Sata12 InchRp. 217.000
Kunci Inggris Krisbow15 InchRp. 350.000
Kunci Inggris Tekiro15 InchRp. 736.603
Kunci Inggris Krisbow (with adjustable grip)15.5 InchRp. 89.900
Kunci Inggris Krisbow18 InchRp. 455.000
Kunci Inggris Tekiro18 InchRp. 309.000
Kunci Inggris C Mart18 InchRp. 375.000
Kunci Inggris Krisbow24 InchRp. 712.000
Kunci Inggris Sata24 InchRp. 1.046.000

Cara Menggunakan Kunci Inggris

Karena sifatnya yang fleksibel, penggunaan kunci inggris perlu dilakukan dengan hati-hati dan penuh pertimbangan. Sebab kalau sampai teknik penggunaannya salah, kunci akan mudah aus dan baut juga bisa rusak. Lalu, bagaimana cara menggunakan kunci inggris yang benar, berikut adalah beberapa panduan sederhana yang dapat kami berikan.

Pertama, atur rahang penjepit baut supaya dapat terkunci dengan ukuran baut kuat mencengkeram bagian baut dengan pas. Lalu putar pengatur drat rahang hingga mencengkeram baut cukup kuat. Posisikan bagian pengatur drat pada posisi dalam gerakan memutar kunci. Tujuannya agar cengkeraman tepat sesuai ukuran baut.

Baca Juga : Harga Tangga Lipat Aluminium dan Stainless Merk Terbaik

Jika posisi drat penggeser rahang penjepit Anda putar kearah sebaliknya, maka pengatur drat akan bergerak melebar. Akibatnya, kepala baut akan mudah aus sehingga rahang penjepit tidak dapat lagi digunakan untuk mencengkeram dengan kuat. Sehingga baut tidak dapat terbuka dengan sempurna.

Agar membuka baut jadi lebih mudah, putar tangkai kunci dengan arah tarik, bukan dorong. Dengan cara ini, kunci tidak akan cepat rusak dan baut juga tidak mudah aus. Itulah informasi lengkap terkait kunci inggris yang dapat kami bagikan, temukan kunci inggris harga kunci inggris terbaik di toko perkakas bangunan terdekat.



Harga Kunci Inggris Kecil dan Besar Semua Ukuran Terbaru




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *