cara pasang kloset
cara pasang kloset

Cara Pasang Kloset Duduk dan Jongkok Otomatis yang Benar

Cara Pasang Kloset – Kloset atau toilet adalah salah satu fasilitas sanitary yang tidak boleh hilang dari berbagai jenis fasilitas bangunan hunian pribadi maupun umum. Jika ditinjau dari segi kesehatan, kloset merupakan bagian penting dalam sistem sanitasi. Sanitasi sendiri menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) adalah usaha penyediaan sarana untuk tempat pembuangan limbah yang berasal dari manusia.

Meski saat ini belum semua rumah di Indonesia dilengkapi dengan kloset, namun persentase nya terus mengalami peningkatan. Menurut data Badan Pusat Statistik, per Oktober 2019, ada sebanyak 67,27 persen rumah di Indonesia sudah memiliki sistem sanitasi yang layak. Jumlah ini naik dibanding tahun 2017 yang hanya 67,89 persen.

Dengan penggunaan WC yang semakin banyak, tak heran jika informasi tentang cara pemasangan WC jongkok banyak dicari oleh masyarakat yang membutuhkannya. Selain WC jongkok, cara pasang toilet duduk juga perlu diketahui karena jumlah pemakainya juga semakin tinggi.

Dalam artikel ini akan membahan cara pasang kloset duduk dan jongkok yang benar serta pemahaman jenis-jenis kloset yang perlu Anda ketahui.

Jenis – Jenis Kloset

Seiring berjalannya waktu, jenis kloset dan cara pasang kloset yang dipakai di dunia terus berkembang. Hal ini berjalan seiring dengan kesadaran bahwa selain kebersihan, kloset juga harus nyaman. Di dunia sendiri ada berbagai jenis kloset yang dipakai. Mulai dari toilet jongkok, toilet duduk, toilet dengan bidet sampai smart toilet. Semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Di Indonesia, dua jenis toilet yang paling banyak digunakan adalah toilet jongkok dan toilet atau kloset duduk. Toilet jongkok lebih umum digunakan di kawasan pedesaan. Sementara masyarakat urban kebanyakan memilih kloset duduk karena dianggap lebih praktis dan efisien.

1. Kloset Jongkok

Sebagai teknologi yang sudah ada sejak lama, penggunaan toilet jongkok sudah mulai berkurang. Kalaupun ada, sekarang toilet ini sudah dilengkapi dengan teknologi yang lebih canggih mulai dari sistem penyiraman otomatis hingga kloset yang bisa terbuka dan tertutup sendiri. Cara pasang kloset jongkok otomatis ini juga sedikit berbeda dengan model tradisional.

Kelebihan kloset jongkok selain harganya yang lebih murah, posisi penggunaannya sesuai dengan mekanisme anatomi tubuh kita saat buang air. Karena kulit tidak langsung kontak dengan permukaan kloset, banyak yang menganggapnya lebih higienis dan lebih steril dari kuman. Sayangnya bagi para lansia, penggunaan toilet model jongkok ini akan menyulitkan.

2. Kloset Duduk

Kloset duduk hadir sebagai inovasi bagi mereka yang menginginkan posisi buang air yang lebih nyaman. Sama seperti kloset jongkok, teknologi kloset duduk juga berkembang sangat pesat. Tidak hanya menyediakan teknologi penyiraman otomatis, smart toilet buatan Jepang bahkan dilengkapi berbagai fitur canggih seperti penghangat air hingga penyesuaian posisi dudukan dengan pemakainya.

Kloset duduk dilengkapi dengan tangka penyiraman yang membuatnya lebih praktis pada cara pasang kloset duduk. Meski posisi duduk dianggap nyaman, namun kontak langsung dengan permukaan toilet yang digunakan banyak orang berpotensi jadi tempat penularan penyakit. Harga kloset duduk juga lebih mahal dibanding kloset jongkok.

Cara Pemasangan Kloset Jongkok

cara memasang wc jongkok
cara memasang wc jongkok

Cara memasang kloset jongkok pada dasarnya tidak berbeda jauh dengan cara pasang toilet duduk. Jika Anda hendak menggunakan keramik pada lantai kamar mandi, pemasangan nya harus dilakukan setelah kloset terpasang. Ini penting untuk menyesuaikan pola keramik dengan bentuk kloset nya supaya tidak saling tumpang tindih.

Lalu, bagaimana cara memasang WC jongkok? Untuk lebih memudahkan Anda dalam melakukan proses pemasangan, simak langkah demi langkahnya dalam uraian berikut ini!

1. Menyiapkan Septic Tank

Sebelum memasang kloset, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan septic tank. Ukuran septic tank biasanya tergantung pada berapa banyak orang yang akan menggunakan WC nantinya. Untuk ukuran rumahan standar yang paling ideal untuk bak pembuangan ini adalah 1.50 meter x 1.00 meter x 1.00 meter (dimensi tinggi dikali panjang dikali lebar).

Selain menyesuaikan ukuran septic tank, jarak bak pembuangan juga harus diperhatikan dengan resapannya. Hindari membuat septic tank dengan jarak terlalu dekat dengan sumber air. Hal ini penting demi mencegah kontaminasi bakteri dalam feses masuk ke sumber air dan beresiko mencemarinya.

2. Siapkan Pipa Pembuangan

Cara pasang kloset selanjutnya, siapkan pipa PVC dengan diameter 4 inci yang dihubungkan dari septic tank ke WC dengan sistem tanam. Cocokkan posisi pipa dengan bentuk kloset yang akan dipasang. Jarak pasang dari dinding samping minimal 45 cm dan dari dinding belakang berkisar 30-35 cm.

Perhatikan healing / kemiringan pipa dan ukuran pipa yang digunakan, kemiringan pipa tanpa banyak tekukan atau belokan akan lebih baik, karena dapat memperkecil resiko sumbatan sehigga mampet.

3. Pemasangan Kloset

Proses pemasangan dimulai dengan membuat kotak di pinggiran pipa dengan menggunakan batu bata atau batako. Kotak ini nantinya akan berfungsi sebagai dudukan kloset. Selanjutnya, buat adukkan semen. Beri semen pada setiap sambungan bata kemudian beri adukan semen di sekeliling batako sampai merata. Perkirakan ketebalan nya agar sesuai dengan kloset yang akan dipasang.

Sebelum semennya kering, letakkan kloset pelan-pelan di atas dudukan secara presisi yang sudah disiapkan. Untuk memastikan posisi kloset sudah rata, gunakan waterpass. Sebelum melakukan pemasangan keramik, pastikan dulu semen yang berada di bawah kloset sudah kering dan mengikat dengan baik dudukan kloset.

Baca Juga : Cara Mengatasi Pipa Paralon Tersumbat pada Kamar Mandi

Cara pasang WC jongkok sebenarnya tidak terlalu sulit, Anda hanya perlu memastikan bagian dudukan kloset cukup kuat. Hal ini penting demi menghindari kloset retak dan rusak setelah pemakaian dalam waktu lama.

Saat ini sudah ada teknologi kloset jongkok yang dilengkapi dengan alat penyiram otomatis. Cara pasang kloset jongkok siram otomatis ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kloset jongkok biasa. Hanya saja ada tambahan instalasi pipa untuk menyiram pada bagian belakang. Jadi Anda mungkin harus memberikan jarak lebih antara bagian belakang kloset dengan dinding.

Cara Pasang Kloset Duduk

Teknologi kloset duduk memang dianggap lebih nyaman dibanding toilet jongkok. Bagi orang yang sudah tua, menggunakan kloset duduk lebih nyaman karena posisi penggunaannya yang mudah. Selain itu, kloset duduk lebih mudah dibersihkan dan terkesan lebih higienis. Lalu, bagaimana cara pemasangan kloset duduk ini?

Meski dalam beberapa langkah cara pasang kloset akan sama, proses memasang kloset duduk memiliki pertimbangan berbeda berkaitan dengan keramik yang akan dipasang di kamar mandi. Kalau Anda berencana melapisi dinding dengan keramik, sebaiknya dilakukan sebelum kloset dipasang. Ini penting demi menghindari kesulitan pemasangan. Untuk selengkapnya, silakan simak langkah-langkah berikut!

1. Memasang Pipa Pembuangan

Cara pasang kloset duduk American Standard atau merek TOTO lain sama dengan pembuatan WC jongkok. Pertama, siapkan septic tank dan lakukan pemasangan pipa. Cara memasang kloset duduk ke pipa pembuangan dilakukan dengan mengukur ukuran dan model kloset yang dipasang. Ambil jarak yang benar-benar pas sehingga akan tepat saat dipasangkan.

Baca Juga : Cara Menghitung Tarif PDAM Per Meter Kubik Air Terbaru

Karena ada banyak merek dan model kloset duduk, tidak ada ukuran baku yang bisa digunakan untuk membuat jarak. Agar lebih aman, ukur dimensi kloset dengan menggunakan meteran dan buat batas area pemasangan di lantai. Jika Anda mengalami kesulitan, ada baiknya menggunakan jasa tukang pasang kloset profesional.

2. Memasang Kloset

Perlu diketahui bahwa selain keramik dinding kamar mandi, keramik lantai untuk kloset duduk juga harus dipasang lebih dulu. Anda hanya perlu memastikan pipa berada pada posisi yang pas dalam area pemasangan. Letakkan kloset perlahan-lahan dan pastikan posisinya sudah pas dengan area di sekelilingnya.

Jangan lupa pula untuk memastikan lubang pipa pembuangan tepat berada pada bagian bawah kloset duduk tempat keluarnya kotoran, cara pasang kloset ini tidak akan sulit jika Anda telah terbiasa dengan pekerjaan bangunan. Namun jika bangunan bukan bidang Anda, ada baiknya jika menggunakan jasa profesional untuk menghindari kebocoran.

3. Pemasangan Baut

Setelah penempatan kloset pada pipa PVC dirasa sesuai cara pasang kloset selanjutnya adalah memasang baut pengunci pada lantai. Karena melibatkan proses pengeboran, beri tanda di atas keramik dengan menggunakan penanda sebagai titik yang akan dilubangi. Setelah lubang disiapkan, pasang kan baut pisher atau dinabolt ukuran 8 – 10 mm.

Baca Juga : Cara Mengatasi Saluran Air Mampet pada Wc dan Wastafel

Proses pemasangan baut juga harus dilakukan dengan hati-hati. Hindari mengencangkan baut terlalu kiat karena berpotensi merusak lubang baut yang sudah dibuat pada lantai. Selain itu, baut yang terlalu kencang bisa membuat keramik pecah atau bahkan lubang baut pengunci kloset rusak.

Setelah semua baut terpasang, lakukan pemeriksaan ulang dari tahapan cara pasang kloset yang benar. Apakah posisi kloset sudah cukup nyaman? Apakah kloset bisa berfungsi? Pastikan juga flush berfungsi dengan baik dengan tekanan air yang tepat, karena akan berpengaruh terhadap proses air pembilasan.

Demikianlah informasi yang dapat ilmu bangunan berikan tentang cara pasang kloset duduk maupun jongkok, pemasangan WC jongkok dan toilet duduk. Jika Anda mengalami kesulitan dalam proses pemasangan, jangan ragu untuk menghubungi tenaga profesional. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *