pemasangan baja ringan yang benar
pemasangan baja ringan yang benar

Cara Pasang Baja Ringan ke Tembok dan Kanopi Atap Rumah

Diposting pada

Cara Pasang Baja Ringan – Penggunaan material baja ringan semakin populer dari tahun ke tahun. Selain karena harga atap baja ringan dan rangka atap baja ringan yang terjangkau, proses pemasangannya juga terbilang mudah. Durabilitasnya yang tinggi juga menjadi alasan lain kenapa Anda sebaiknya mempertimbangkan baja ringan untuk membangun rumah dan bangunan lainnya.

Pemasangan baja ringan yang benar memiliki beberapa teknik. Untuk atap ada 2 macam cara yang umum dipakai yakni menggunakan kuda-kuda dan tanpa kuda-kuda. Untuk memahami lebih jauh tentang teknik pemasangan baja ringan, simak ulasan berikut ini!

Alat Pasang Baja Ringan

Seperti yang kita ketahui, cara pasang baja ringan di tembok memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi. Terutama terkait dengan presisi dan kekuatan struktur yang dibangun. Selain itu, tukang profesional juga memerlukan berbagai perlengkapan agar proses pemasangan bisa berjalan lancar dan hasilnya memuaskan.

Jika Anda ingin tahu cara pasang baja ringan sendiri, Anda juga harus mengetahui alat-alat apa saja yang dibutuhkan. Selain memudahkan proses pemasangan, adanya perlengkapan ini juga bisa meminimalisir kesalahan dan kecelakaan di tempat konstruksi. Lantas, apa saja yang dibutuhkan?

Bor dan Gunting Metal

Bor merupakan benda wajib yang harus ada ketika akan melakukan pemasangan baja ringan ke tembok maupun ke kanopi atap. Fungsi bor yang utama adalah untuk memudahkan pemasangan baut dan sekrup. Jenis mata bor yang dipakai umumnya berbentuk runcing seperti tabung. Pastikan juga Anda menyiapkan kunci sok dan kontak listrik untuk menyalakan bor.

Selain bor, proses pemasangan baja ringan juga memerlukan gunting metal. Gunanya adalah untuk memotong material yang terlalu panjang atau tidak pas ukurannya. Gunting metal khusus ini mampu memotong baja ringan dengan ketebalan sampai 1,2 mm.

Perlengkapan Keamanan

Cara pasang baja ringan tidak hanya memerlukan peralatan yang mempuni tapi juga perlengkapan keamanan untuk tukang. Sebagai perlindungan tubuh, jangan lupa gunakan body harness agar tidak cedera saat terpeleset atau jatuh.

Perlengkapan keamanan selanjutnya yang sebaiknya juga dipakai adalah helm. Gunanya untuk melindungi kepala pekerja dari benturan maupun risiko benda-benda yang jatuh dari atas. Kenakan juga sarung tangan untuk meminimalisir terkena bor, suhu panas, arus listrik dan lain sebagainya. Kacamata juga akan memberikan perlindungan ekstra sehingga proses pemasangan baja ringan di tembok maupun ke atap lebih aman dan cepat.

Cara Pasang Baja Ringan ke Tembok

cara pasang atap baja ringan
cara pasang atap baja ringan

Sebelum memulai proses pemasangan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, pastikan tembok bersih dan tidak bergelombang. Jangan memasang baja ke tembok yang sudah berlubang, retak rambut apalagi rapuh karena itu sangat berisiko. Kalau ada kerusakan, usahakan untuk memperbaikinya terlebih dahulu.

Selanjutnya, pastikan atap baja ringan yang akan dipasang sudah dirangkai. Tujuannya adalah untuk memudahkan proyeksi bentuk jadi atapnya. Setelah dirancang, pastikan bentuknya sudah sesuai dengan tembok. Anda bisa meniru gambar pemasangan baja ringan atau melihat langsung bangunan lain untuk memperoleh gambaran.

Baca Juga : Cara Pasang Plafon Gypsum, Pvc, Grc dengan Rangka Hollow

Cara pasang baja ringan membutuhkan komponen bernama dynabolt atau anchor. Gunanya adalah untuk menggabungkan elemen-elemen bangunan. Proses pemasangan dynabolt bisa dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buat tanda pada permukaan tembok
  2. Buat lubang dengan bor berdasarkan ukuran dynabolt yang akan digunakan
  3. Tempelkan baja ringan ke tembok lalu pasang dynabolt ke lubang yang sudah dibuat
  4. Terakhir, putar ulir dynabolt sampai sambungannya terlihat kokoh.

Hal paling penting yang harus diperhatikan dalam pemasangan baja ringan ke tembok adalah kebersihan permukaan tembok serta kesesuaian pola yang dibuat dengan dindingnya. Kalau rangka dinding atau atap yang akan dipasang cukup panjang, berikan jarak setidaknya 50 cm antar dynabolt. Pasang dua dynabolt atau lebih jika rangkanya panjang.

Cara Memasang Atap Baja Ringan

Secara umum, ada dua model pemasangan baja ringan untuk atap. Ada yang menggunakan kuda-kuda dan tanpa kuda-kuda. Kalau dinding yang akan di pasang kan rangka memiliki cor beton, cara pemasangan rangka atap baja ringan menggunakan model tanpa kuda-kuda. Dalam pemasangan ini, baja ringan hanya berfungsi sebagai usuk/kaso dan reng.

Pemasangan atap baja ringan dengan menggunakan kuda-kuda diperlukan jika beban yang ditopang cukup berat. Ini banyak dipakai pada cara pasang baja ringan untuk kanopi. Kanopi atau atap rumah umumnya harus mampu menahan curah hujan dan angin sehingga dibutuhkan kuda-kuda.

Atap Baja Ringan tanpa Kuda-Kuda

Langkah pertama cara pasang baja ringan yang harus dilakukan adalah membuat sepatu yang berguna menyangga kanal C atau kaso. Untuk membuat sepatu, potong kanal C dengan panjang berkisar 15 cm -20 cm kemudian potong bagian sayap dengan jarak 5 cm dari kedua ujungnya. Selanjutnya tekuk dan kencangkan baut sampai bentuknya menjadi seperti huruf L.

Lubangi sepatu kemudian gunakan dynabolt untuk menguncinya. Untuk membuat lubang Anda dapat memakai baut kanal C dengan kedalaman tidak lebih dari 10 mm. Setelah selesai, ukur jarak pasang kasonya. Jarak standar yang paling banyak digunakan adalah 120 cm. Artinya, pasang sepatu nya setiap jarak 120 cm.

Baca Juga : Cara Menghitung Kebutuhan Hebel dan Harga Habel per Kubik

Untuk memasang, buat lubang di balok, tempelkan sepatu kemudian masukkan dynabolt. Setelahnya kencangkan dynabolt sampai mengembang. Selanjutnya Anda tinggal memasang kaso atau usuk lalu ratakan dengan tarikan benang. Pasang sepatu di setiap balok gantung dengan kedua ujungnya kemudian tarik benangnya.

Atap Baja Ringan dengan Kuda-Kuda

pasang baja ringan di tembok
pasang baja ringan di tembok

Cara pasang baja ringan atap miring biasanya menggunakan kuda-kuda. Ada beberapa syarat teknis yang harus diperhatikan dalam pemasangan atap ini. Pertama, memastikan kuda-kudanya stabil dan kuat lengkap dengan anchor atau dynabold di kedua tumpuan. Semua kuda-kuda juga harus tegak lurus pada ring balk. Untuk memasang nok atau rabung, pastikan ketinggian sesuai setiap kuda-kuda harus rata.

Syarat selanjutnya, perhatikan sisi miring atap. Jangan sampai ada bagian yang tidak rata, rusak dan sudah berubah bentuk. Hal ini penting agar proses pemasangan rangka, atap sampai pemasangan talang baja ringan bisa berjalan dengan baik dan hasilnya kokoh.

Baca Juga : Cara Mengecat Tembok yang Benar Dinding Lama dan Baru

Untuk memasang baja ringan dengan menggunakan kuda-kuda, Anda memerlukan contoh pemasangan baja ringan sebagai pedoman. Langkah-langkah cara pasang baja ringan dimulai dengan mengangkat rangkaian kuda-kuda yang sudah dirakit dengan hati-hati kemudian memasangnya ke atas ring balok atau wall-plate sesuai dengan gambar kerja yang sudah dibuat.

Pastikan sisi kanan dan kiri kuda-kuda tidak tertukar. Sebelah kiri tukang disebut dengan sisi kiri dan sebaliknya. Agar kuda-kuda tegak lurus dengan ring balok, gunakan benang lalu kencangkan kuda-kuda menggunakan plat L. Untuk mengencangkan plat L dengan ring balok, gunakan dynabolt. Supaya posisi kuda-kuda tidak bergeser, beri sangahan sementara.

Proses pemasangan selanjutnya adalah memasang nok kemudian bracing di atas top-chord dan di bagian bawah reng. Pasang reng sesuai dengan jenis penutup yang dipakai. Kencangkan setiap pertemuan reng dengan menggunakan sekrup. Memasang penutup atap harus dilakukan dengan lurus supaya pola yang ada tidak berubah dan berbelok-belok.

Itulah langkah-langkah cara pasang baja ringan yang dapat ilmubangunan.com bagikan sehingga Anda dapat menerapkannya untuk memasang rangka maupun atap baja ringan. Cara pasang kanopi baja ringan juga bisa menggunakan metode yang sama. Hal terpenting dalam cara pasang baja ringan adalah ketelitian dengan memastikan setiap pertemuan komponen terpasang dengan baik. Jangan lupa untuk mengecek harga rangka baja ringan untuk mengetahui perkiraan biaya pemasangan baja ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *