sumur artesis adalah
sumur artesis adalah

Pengertian Sumur Artesis dan Cara Membuat Sumur Artesis

Pengertian Sumur Artesis – Sumur air tanah adalah merupakan sumber air utama yang digunakan banyak rumah tangga di Indonesia. Apa manfaat sumur air tanah benar-benar bisa dirasakan untuk memenuhi kebutuhan air bersih sehari-hari. Mulai dari sumber air minum, memasak, mandi, mencuci dan kebutuhan lainnya.

Setidaknya ada 5 jenis sumur yang dikenal dan sudah digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Mulai dari sumur pompa, sumur bor, sumur resapan, sumur galian dan akuifer artesis. Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai jenis sumur yang terakhir yakni sumur bor artesis atau dikenal juga dengan nama artesian well.

Kami akan memaparkan secara singkat pengertian sumur artesis, syarat yang harus dipenuhi untuk membuat akuifer artesis dan cara membuat akuifer artesis yang benar agar mendapatkan hasil air yang baik dan layak konsumsi untuk keperluan hidup sehari-hari.

Pengertian Sumur Artesis

Apa itu sumur artesis? akuifer artesis adalah air tanah yang berada di antara lapisan impermeable atau lapisan kedap air. Jika dilihat dari posisi lapisan air tanah, letaknya pada akuifer bagian bawah. Selain lapisan air freatik yang berada di bagian paling atas, mata air artesis juga kerap dimanfaatkan sebagai sumber air minum utama masyarakat perkotaan.

Selain itu, akuifer artesis adalah sumur yang kerap dimanfaatkan oleh industri baik pabrik maupun gedung-gedung besar yang memerlukan air dalam jumlah banyak untuk mendukung aktivitas hariannya. Karena harus menembus lapisan batu, tanah dan kerikil yang banyak, pembuatan sumur bor artesis memerlukan peralatan yang modern.

Karena proses pembuatan nya yang cukup rumit dan memerlukan peralatan yang canggih, biaya pembuatan akuifer artesis juga cukup mahal. Namun sebelum Anda memutuskan untuk membuat akuifer artesis dengan mengebor sumur lapisan tanah yang dalam, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu perkiraan biaya sumur artesis dan syarat yang harus dipenuhi untuk hasil air yang baik.

Syarat Sumur Artesis

syarat sumur artesis
syarat sumur artesis

Sebelum melakukan pengeboran akuifer artesis, ada banyak pertimbangan yang harus Anda pikirkan. Pertimbangan-pertimbangan ini menentukan bagaimana hasil akhir dari pembuatan sumur. Adapun syarat-syarat pengeboran artesian well yang harus diperhatikan adalah:

1. Kedalaman Sumur Artesis

Air akuifer artesis bersumber dari lapisan yang sangat dalam pada lapisan-lapisan tanah. Setiap daerah yang memiliki kontur tanah dan ketinggian dataran yang berbeda-beda. Hal ini juga menentukan seberapa dalam pengeboran yang harus dilakukan untuk sampai ke lapisan ini. Pastikan Anda berkonsultasi dengan tenaga profesional dan berpengalaman sebelum mulai melakukan pengeboran.

2. Tenaga Profesional

Proses terjadinya sumur artesis atau tahap pengeboran sumur tidaklah sama dengan sumur gali biasa yang tidak memerlukan peralatan canggih. Untuk memperoleh air sumur yang berkualitas, gunakan jasa akuifer artesis profesional yang sudah berpengalaman. Selain punya track record yang baik, mereka juga sudah dilengkapi peralatan yang lengkap untuk memudahkan proses pengeboran.

Baca Juga : Pengertian Tes Sondir dan 12 Langkah Uji Sondir pada Tanah

3. Perhatikan Lokasi

Sumur apapun pada dasarnya tidak boleh dibuat dengan posisi yang terlalu dekat dengan area dataran rendah maupun danau atau sungai. Dampak akuifer artesis yang posisinya terlalu dekat dengan kontur tanah yang rendah akan mengakibatkan kualitas air bisa tidak layak pakai atau cenderung berbau dan berwarna. Jarak yang disarankan antara sumber air bersih dengan dataran rendah adalah berkisar 100 kilometer.

4. Penggunaan Sumur

Setiap jenis sumur memiliki cara penggunaan dan masa pakai yang berbeda-beda tergantung dari debit air yang terus dipergunakan dalam satu  titik lubang sumur. Pompa air artesis juga berbeda dengan pompa sumur yang mengambil air freatik. Pastikan Anda menggunakan pompa air yang sesuai spesifikasi sumur air dalam untuk jangka waktu pemakaian dan perawatan pompa guna menjaga kualitas dan kuantitas airnya.

Cara Membuat Sumur Artesis

Untuk membuat sumur artesis, Anda harus melakukan pengeboran yang cukup dalam hingga lapisan batuan tanah. Alat bor yang digunakan adalah mesin bor akuifer artesis khusus yang mampu menjangkau kedalaman puluhan sampai ratusan meter kedalam lapisan permukaan tanah yang berbatu.

Selain memerhatikan kondisi hidrogeologi di daerah tempat sumur akan dibuat, Anda juga harus memperhatikan aturan pengeboran pemerintah setempat. Biasanya masing-masing daerah memiliki ketentuan masing-masing yang umumnya sudah dipahami dengan baik oleh penyedia jasa pengeboran sumur. Adapun langkah-langkah pembuatan sumur bor artesis adalah sebagai berikut:

Tahapan Persiapan

  1. Persiapan alat : Pada tahapan ini selain menentukan titik tempat pengeboran, Anda juga harus menyiapkan beragam peralatan. Beberapa alat yang dibutuhkan seperti drilling ring, mud pump, electric welding, centrifugal pump hingga tool set.
  2. Bak Penampung : Selanjutnya gali lubang dengan diameter 1.25 meter dan kedalaman 0.50 meter. Buat kolam penampungan air berukuran 100 cm x 100 cm dengan kedalaman 50 cm. Gunanya untuk menampung air sisa pengeboran agar tidak boros air pada saat proses pengeboran.
  3. Kolam Endapan : Di antara lubang sumur dengan kolam penampungan, buat kolam lagi yang ukurannya lebih kecil sebagai penampung endapan lumpur sekaligus untuk mengecek lapisan tanah yang telah ditembus oleh mata bor. Pada ujung pipa bor, pasang mata di satu sisi dan swivel head pada sisi lainnya. Di bagian swivel head, pasang selang penghantar yang dihubungkan ke mesin pompa.
  4. Pompa Air : Pada bagian mesin pompa, pasang kan selang dengan ujung lain yang masuk ke dalam bak penampung air. Jangan lupa beri saringan untuk mencegah batu masuk kedalam kipas pompa. Isi pompa terlebih dahulu dengan air, cek bahan bakar dan oli kemudian hidupkan mesin. Masukkan mata bor ke lubang yang sudah dibuat di bagian awal.

Baca Juga : Pengertian Coring Beton dan 8 Cara Core Drill Beton Test

Tahapan Pengerjaan

  1. Hidupkan pompa dan begitu air terhisap masuk lewat swivel headp, putar pipa bor searah jarum jam dengan memberikan sedikit tekanan ke bawah untuk mendorong mata bor masuk kedalam tanah.
  2. Tampung air dari lubang pengeboran ke kolam penampungan. Material yang kasar seperti pasir dan batu akan mengendap di kolam pertama dan Anda bisa melihat lapisan tanah yang telah di jangkau oleh mata bor dari sana bak penampungan ini.
  3. Dengan memberikan putaran dan tekanan, air akan menyembur dan pipa bor akan masuk semakin dalam. Begitu pipa bor pertama masuk seluruhnya, segera sambung dengan pipa berikutnya. Ingat saat proses penyambungan pipa, mesin pompa harus dalam keadaan mati.
  4. Ulangi langkah ini sampai Anda mencapai lapisan tanah yang diinginkan. Saat proses pengeboran berlangsung, jangan lupa untuk tetap memerhatikan lapisan tanah yang keluar untuk melihat kualitas air terbaik yang ada pada lapisan tanah tersebut.
  5. Jika sudah sampai pada lapisan yang diinginkan, segera akhiri pengeboran. Dengan menggunakan pompa artesis, sedot terus air yang mengandung lumpur keluar sampai benar-benar bersih terbilas dengan bersih.
  6. Buka swivel head lalu cabut pipa bor dan selesaikan prosesnya. Setelah selesai, pasang kan casing pada lubang hasil pengeboran pada tanah. Anda harus membuat dua buah lubang yang berhadapan namun terpisah dari bagian atas ujung pipa sampai ke bagian bawah ujung pipa.

Biaya Pembuatan Sumur Artesis

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, biaya untuk mengebor akuifer artesis cukup mahal. Ini karena penggalian dilakukan sangat dalam dan memerlukan peralatan yang cukup canggih. Selain kedalaman, kontur tanah dan lokasi juga berpengaruh pada tarif pembuatan sumur yang harus Anda sediakan. Jika kontur tanah mudah, biaya yang dikenakan mulai dari Rp. 450.000 per meter.

Baca Jaga : Turbin Ventilator Cyclone pada Atap untuk Rumah dan Pabrik Terbaru

Semakin sulit medan pengeboran sumur yang akan dikerjakan, semakin mahal juga biayanya. Di kawasan yang sulit, penyedia jasa pembuatan sumur bisa memasang harga pengeboran hingga Rp. 500.000 – Rp. 750.000 per meter nya. Karena biaya yang cukup mahal, pastikan Anda memilih jasa pengeboran yang terpercaya.

Pastikan juga mereka menyediakan garansi seandainya terjadi masalah pada sumur yang sudah dibuat. Agar lebih memudahkan Anda dalam mengatur budget yang harus Anda siapkan, mintalah rincian biaya pembuatan sumur artesis pada penyedia jasa sumur bor. Jangan lupa bandingkan beberapa penyedia jasa pengeboran sekaligus untuk mendapatkan harga terbaik.

Demikianlah informasi seputar akuifer artesis dan cara pembuatan sumur artesis yang dapat ilmubangunan.com bagikan untuk Anda. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi Anda yang berencana untuk membuat sumur bor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *