cara mengatasi pipa paralon tersumbat
cara mengatasi pipa paralon tersumbat

Cara Mengatasi Pipa Paralon Tersumbat pada Kamar Mandi

Diposting pada

Cara Mengatasi Pipa Paralon Tersumbat – Pipa paralon atau yang lebih diketahui dengan sebutan pipa pvc adalah jenis pipa air yang banyak dipakai sebagai material utama pada instalasi air pada bangunan. Kelebihan yang dimiliki oleh paralon menjadikan bahan bagunan ini banyak dipakai, sebab lebih tahan lama dan harga yang terjangkau.

Akan tetapi, pipa pvc juga memiliki permasalahan yang sering terjadi, khususnya pipa paralon air mampet. Karena hal itu, harus Anda pahami langkah-langkah cara membersihkan paralon mampet dan obat untuk paralon mampet yang harus Anda pakai.

Sumbatan pada pipa bisa mengakibatkan air menggenang di lantai kamar mandi maupun tempat lainnya, jika dibiarkan terlalu lama pasti akan muncul permasalahan baru yang dapat mengganggu aktifitas Anda di rumah.

Dalam artikel ini ilmubanguan.com akan membagikan cara mengatasi pipa paralon tersumbat dan penyebab pipa paralon tersumbat dengan cara yang sederhana sehingga Anda dengan mudah memahaminya.

Penyebab Pipa Paralon Tersumbat

mengatasi paralon tersumbat
mengatasi paralon tersumbat

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan saluran air pada pipa mengalami sumbatan. Untuk memperbaikinya Anda mungkin akan kesulitan dalam mencari sumber sumbatan, karena pipa yang tertanam pada lantai atau dinding akan sulit terlihat. Cara mengatasi pipa paralon tersumbat harus dicari penyebabnya terlebih dahulu agar Anda tau langkah apa yang akan diambil.

Beberapa penyebab yang paling sering terjadi sumbatan pada pipa adalah sampah sisa makanan dan kotoran lain yang dapat menggumpal, sehingga menutup jalur air pada pipa. Berikut ini adalah beberapa penyebab pipa paralon air mampet yang sering terjadi dan cara mengatasi pipa paralon tersumbat.

1. Sampah Makanan

Penyebab saluran pipa air mampet yang sering terjadi adalah karena sisa sampah makanan yang dibuang, tanpa dipisahkan terlebih dahulu antara yang berbentuk padat dengan cair. Sampah ini berasal dari tersisa makanan saat mencuci piring pada wastafel.

Jika terdapat sisa makanan pada saat Anda mencuci piring sebaiknya Anda membuang terlebih dahulu sisa nasi atau sampeh lainnya sebelum Anda mencuci piring, agar sampah tidak terbawa kedalam pipa pembuangan.

2. Pengendapan Sabun

Bukan hanya sampah sisa makanan saja yang bisa mengakibatkan sumbatan pada pipa, pengendapan sabun bekas limbah rumah tangga juga dapat menjadi penyebab pipa paralon mampet. Jika pengendapan sabun terjadi dalam waktu yang lama, serta mengendap sampai menempel dan menggumpal pada dinding pipa paralon, maka semakin lama akan menutup aliran air pada pipa.

Cara mengatasi pipa paralon tersumbat yang disebabkan karena pengendapan sabun tidaklah terlalu susah. Biasanya cara mengatasi paralon mampet karena pengendapan sabun pada umumnya akan terlihat warna putih dan hanya pelru menyiramkan obat untuk paralon mampet berupa cairan soda yang dapat mengikis gumpalan sabun.

3. Pengendapan Lumpur

Pemicu sumbatan lainnya pada pipa adalah pengendapan lumpur serta kotoran yang dibawa oleh air tanah, jika Anda menggunakan sumur bor. Sumber air yang kurang baik akan membawa sisa lumpur maupun partikel halus lainnya yang akan mengalirkannya pada pipa saat Anda menggunakannya. Lumpur yang terbawa dari dalam tanah ini akan menggumpal pada tukungan maupun persimpangan pipa pada instalasi air di rumah Anda.

Bila Anda tidak memasang saringan air pada mesin penyedot, maka lumpur yang bertumpuk akan menggumpal dan melapisi dinding pipa, sehingga lama kelamaan akan menimbulkan sumbatan pada jalur pipa air.

Cara Mengatasi Pipa Paralon Tersumbat

solusi paralon mampet
solusi paralon mampet

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan sumbatan pada pipa paralon, jika Anda mengalami permasalahan ini maka berikut adalah solusi paralon mampet dan cara mengatasinya dengan cara yang mudah.

1. Gunakan Tali Pengait

Cara mengatasi pipa paralon tersumbat dengan cara menggunakan tali pengait. Langkah menggunakannya sangat mudah, Anda hanya perlu membuat gulungan plastik dengan ukuran yang sama dengan diameter pipa. Jangan lupa untuk memastikan gulungan tersebut dapat masuk dengan bebas ke dalam paralon.

Lalu kaitkan gulungan plastik tersebut pada tali sampai gulungan dapat mencapai bagian ujung paralon paralon. Kemudian, isi rongga paralon dengan air serta diamkan beberapa menit.

Jika Anda merasa gulungan plastik sudah capai ujung paralon, tarik plastik hingga keluar dari paralon pipa. Dengan begitu, dikit demi sedikit kotoran yang melekat pada dinding pipa akan terangkat keluar.

2. Gunakan Soda Api

Cara lainnya yang bisa Anda pakai dengan menggunakan larutan soda api. Bahan soda api memiliki sifat korosif yang dapat meleburkan gumpalan padat untuk mengikis kotoran yang menutupi pipa paralon. Banyak atau sedikitnya penggunaan bahan ini tergantung dari seberapa tebal gumpalan yang terjadi.

Cara menggunakan soda api adalah dengan mempersiapkan air panas yang dapat memicu reaksi soda api bertambah lebih reaktif. Selanjutnya, sebelum menuangkan larutan soda api ke dalam pipa, Anda perlu menggunakan sarung tangan karet dan masker untuk menjaga agar tidak terkena kulit dan terhirup.

Karena sifar soda api ini benar-benar keras dan reaktif terhadap udara. Selanjutnya tuangkan soda api ke dalam pipa yang mampet dengan beberapa tahah, yang perlu diperhatikan adalah sesudah menyiraman dengan soda api, diamkan pipa selama 5 sampai 6 jam agar gumpalan dapat rontok dengan sempurna.

3. Gunakan Pasir Kasar

Cara mengatasi pipa paralon tersumbat selanjutnya adalah dengan memakai pasir kasar. Langkah penggunaannya lumayan gampang, aliri rongga paralon dengan air kran, serta tuangkan pasir kasar sekitar 2 litar hingga 4 liter ke dalamnya pipa secara berlahan.

Baca Juga : Cara Pemasangan Dak Keraton yang Benar dalam 5 Langkah

Selanjutnya masukan selang compressor dengan tekanan angin tinggi, tutup outlet lubang pipa pada ujungnya. Kemudian buka kembali outlet lubang paralon hingga gumpalan terbuang bersamaan dengan pasir kasar yang dimasukan tadi.

4. Gunakan Cuka / Soda

Baking soda atau cuka adalah jenis bahan makan yang dikenal baik sebagai pengembang pada masakn, tetapi bahan ini juga dapat digunakan sebagai pembersih kotoran karena memiliki sifat asam. Jika bahan baking soda dicampur dengan cuka, maka akan bereaksi dengan aktif dalam untuk membersihkan gumpalan yang melekat dirongga dinding pipa.

Cara mengatasi pipa paralon tersumbat dengan bahan alami ini sama mudahnya seperti menggunakan pasir kasar. Langkah awal yang harus dipersiapkan adalah air yang mendidih, lalu tuangkan baking soda dan cuka sambil aduk sampai tercampur. Masukan larutan tersebut ke dalam pipa, kemudian tutup dengan kain basah dan biarkan beberapa menit hingga larutan tersebut bereaksi.

Langkah terakhir buka berlahan-lahan kain penutup tersebut, jika terdengar suara seperti buih dalam pipa. Anda dapat menyiram pipa dengan air panas kembali. Sebab bahan ini memiliki sifat korosif yang akan bereaksi jika tercampur dengan air panas.

5. Gunakan Bahan Kimia

Cara mengatasi pipa paralon tersumbat selanjutnya adalah dengan memakai cairan bahan kimia. Pada toko-toko kimia banyak Anda temukan jenis cairan ini, tetapi harganya terkadang cukup mahal. Untuk memperoleh hasil yang optimal tidak ada salahnya jika mencoba memakai bahan ini.

Karakter bahan kimia ini tidak korosif hingga jika berlebihan memakainnya tidak akan sampai merusak sambungan pipa yang dapat menyebabkan kebocoran pada pipa.

6. Gunakan Cuka Lemon

Cuka lemon dipercaya memiliki senyawa asam yang mampu menguraikan kerak maupun kotoran padat, dalam penerapan membersihkan pipa paralon yang tersumbat memerlukan cara yang mudah. Campur cuka lemon serta tambah baking soda sekitar 1 sendok makan ke dalamnya larutan.

Larutan bahan ini akan bekerja dengan efisien untuk hilangkan partikel minyak yang membuat pipa mampet. Cuka lemon juga memiliki peranan penting dalam bersihkan tepian wastafel, keramik kamar mandi dan material lainnya yang terbuat dari stainless.

7. Gunakan Garam

Cara mengatasi pipa paralon tersumbat terakhir adalah dengan menggunakan garam. Garam sendiri diketahui memiliki sifat dapat melunturkan minyak dan kerak yang menempel pada benda-benda padat yang sulit dihilangkan. Langkah memakai garam untuk menghilangkan sumbatan pada pipa ialah dengan melarutkan garam serta sedikit campuran baking soda, lalu perlahan-lahan siram dengan air panas sebanyak 2 liter kedalam pipa yang tersumbat.

Demikian cara mengatasi pipa paralon tersumbat dengan menggunakan bahan-bahan sederhana yang dapat Anda temukan dirumah, semoga pembahasan ini dapat menjadi referensi bagi Anda alam mengatasi pipa mampet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *