mengatasi wastafel mampet
mengatasi wastafel mampet

Cara Mengatasi Saluran Air Mampet pada Wc dan Wastafel

Diposting pada

Cara Mengatasi Saluran Air Mampet – Permasalahan pada saluran air mampet karena lemak dan pasir menjadi hal yang tentunya tidak menyenangkan bagi pemilik rumah. Namun kondisi ini sering terjadi pada saluran air wastafel maupun pipa pembuangan wc kamar mandi di rumah Anda.

Jika permasalahan ini dibiarkan berlarut-larut tentu bukan hanya lagi tidak dapat digunakan, namun juga akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Selain Anda harus mencari penyebabnya sumbatan yang terjadi pada pipa, untuk kondisi perbaikan yang lebih besar bahkan Anda harus membongkar keramik lantai.

Dalam artikel ini kami akan membahas tentang cara melancarkan saluran air yang mampet dan mengatasi wastafel mampet karena lemak dan kotoran pasir yang menumpuk pada saluran pipa pembuangan.

Mengatasi Saluran Air Mampet

cara mengatasi saluran air
cara mengatasi saluran air

Penyebab utama saluran air mampet adalah dikarenakan oleh berbagai hal, salah satu penyebabnya adalah saluran air pada kamar mandi sering mampet, karena rambut yang  rontok dan menumpuk pada saluran. Selain itu juga pasir dan kotoran lainnya yang mengendap pada permukaan pipa.

Menyebabkan gumpalan kotoran semakin membesar dan menutup lubang saluran pipa pembuangan, sehingga alir yang mengalir terhalang oleh gumpalan kotoran tersebut.

Sedangkan saluran pada pipa watafel pencuci piring, biasanya sering mampet karena tersumbat sisa makanan dan lemak. Sisa makanan dan juga lemak dari piring atau peralatan memasak lainnya dapat membuat saluran pipa tersumbat. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi wastafel mampet.

Cara Mengatasi Saluran Air Mampet

Bahan-bahan sederhana yang tersedia dirumah ternyata dapat digunakan untuk mengatasi saluran air yang mampet. Anda tidak perlu membeli obat saluran air mampet dengan harga yang mahal atau mengkin menggunakan jasa service saluran air mampet.

Semua bahannya sudah tersedia dirumah Anda, sehingga akan mempermudah dalam mengatasi saluran yang mampet. Berikut cara mengatasi saluran paralon mampet yang dapat Anda lakukan sendiri.

1. Cara Mengatasi Saluran Air Mampet dengan Soda Api

Dengan menggunakan soda api atau nama kimianya adalah natrium hidroksida, yang biasanya digunakan sebagai bahan campuran pembuatan kertas, detergen dan sebagainya. Namun di lingkungan rumah tangga, soda api dikenal ampuh untuk mengatasi saluran air mampet.

Bahan kimia ini memiliki sifat korosif sehingga mampu melarutkan material yang menyumbat. Berikut cara mengatasi saluran air mampet dengan soda api.

  1. Siapkan air panas dengan takaran secukupnya.
  2. Gunakan pelindung muka dan sarung tangan untuk berjaga-jaga dari resiko tersentuh soda api.
  3. Tuangkan soda api pada saluran air yang mengalami sumbatan.
  4. Selanjutnya, tuangkan air panas ke dalam saluran air sedikit demi sedikit, agar dapat melarutkan kotoran penyumbat.
  5. Tunggu beberapa saat dan lakukan berulang sampai saluran air kembali lancar dan normal.
  6. Jika saluran sudah mulai lancar, lebih baik tidak langsung menggunakan saluran air tersebut, tunggu minimal 5-6 jam agar soda api bereaksi sempurna mengurai gumpalan kotoran.

2. Cara Mengatasi Saluran Air Mampet dengan Garam

Garam dapur yang biasa digunakan untuk penambah rasa saat memasak, ternyata juga ampuh sebagai cara mengatasi saluran air mampet. Garam yang dicampurkan dengan air panas akan mampu melarutkan sisa-sisa minyak dan lemak yang menempel pada pemukaan saluran pipa air.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda coba dirumah.

  1. Siapkan garam dapur sebanyak setengah gelas atau lebih.
  2. Kemudian tuangkan ke dalam pipa wc atau wastafel yang tersumbat
  3. Selanjutnya tuang air panas dalam keadaan mendidih ke dalam pipa tersebut.
  4. Tuangkan air secara bertahap dari kran untuk membilas bagian dalam permukaan pipa.
  5. Proses ini dapat dilakukan beberapa kali hingga saluran air tidak mampet lagi.
  6. Lakukan dengan hati-hati agar tidak terkena percikan air panas pada kulit Anda.
  7. Gunakan alat pelindung seperti sarung tangan.

3. Cara Mengatasi Saluran Air Mampet dengan Sabun Cuci

Cara mengatasi pipa mampet selanjutnya adalah dengan menggunakan sabun cuci piring yang biasa Anda gunakan di rumah. Sabun cuci piring dapat Anda campur dengan air panas sebagai pelarut sumbatan yang disebabkan yang adal dalam permukaan dalam pipa.

Cara mengatasi pipa paralon tersumbat dengan mudah Anda dapat menerapkan langkah berikut ini.

  1. Tuangkan secukupnya sabun cuci piring cair merek apapun ke dalam saluran pembuangan air wastafel.
  2. Setelahnya, tuangkan air mendidih ke dalam saluran untuk membantu mencairkan lemak atau minyak yeng menggumpal pada permukaan pipa wastafel.

Langkah tersebut dapat juga dilakukan secara rutin semingu sekali untuk mencegah penyumbatan terjadi lagi. Untuk mengatasi wastafel mampet Anda juga dapat menggunakan jasa sedot saluran air mampet atau membeli alat tembak wc mampet bila Anda ingin memperbaikinya sendiri.

4. Cara Mengatasi Saluran Air Mampet dengan Baking Soda/Cuka

Baking soda atau soda kue, merupakan salah satu zat yang bersifat basa yang mengandung alkaline, sedangkan cuka merupakan zat asam yang dapat mengurai gumpalan padat. Jika kedua zat ini dicampurkan, maka akan terjadi reaksi kimia yaitu, membentuk gelembung yang terbukti ampuh sebagai cara mengatasi pipa paralon tersumbat.

Cara mengatasi saluran air tersumbat dengan menggunakan soda dan cuka sebagai berikut.

  1. Tuangkan satu gelas bubuk baking soda ke dalam saluran pembuangan yang mampet.
  2. Selanjutnya, tuang air mendidih sebanyak 2 gelas ke dalam saluran tersebut secara bertahap.
  3. Diamkan beberapa menit, kemudian tuangkan lagi 1 gelas dengan campuran bubuk baking soda ke dalam saluran.
  4. Kemudian tambahkan satu gelas cuka ke dalam saluran sehingga menimbulkan buih putih, sebagai tanda reaksi kimia penguraian sedang berlangsung.
  5. Tunggu beberapa menit, kemudian kembali tuang air mendidih berikutnya untuk membilas sisa dari peroses penguraian oleh beking soda dan cuka.

Cara mengatasi saluran air mampet tersebut dapat dilakukan beberapa kali hingga mendapatkan hasil yang maksimal. Selain itu cara mengatasi saluran paralon mampet ini juga dapat diaplikasikan pada saluran wc dan saluran pembuangan wastafel dirumah Anda.

5. Cara Mengatasi Saluran Air Mampet dengan Jus Lemon

Bahan alami lainnya yang dapat digunakan untuk mengatasi saluran air mampet adalah dengan lemon. Buah lemon akan membantu dalam menghilangkan minyak dan lemak yang menempel pada permukaan saluran pembuangan. Selain itu, aroma dari jus lemon tentu lebih menyegarkan dan tidak berbau tajam, sehingga mampu menghilangkan bau yang kurang sedap.

  1. Buat buah lemon menjadi jus dengan takaran sekitar 200 ml.
  2. Kemudian tuangkan ke dalam saluran air sedikit demi sedikit dan diamkan selama 15 menit.
  3. Selanjutnya Anda dapat membilas dengan menyiramkan satu gelas air mendidih ke dalam saluran tersebut.
  4. Ulangi langkah di atas hingga beberapa kali, agar saluran bersih secara merata.

Baca Juga : Cara Mengatasi Pipa Paralon Tersumbat pada Kamar Mandi

Anda dapat juga mencampurkan cairan lemon dengan baking soda untuk mengatasi saluran air mampet dengan baik. Larutan hasil campuran tersebut akan semakin ampuh dalam mengatasi mampet jika langkah-langkanya benar.

6. Cara Mengatasi Saluran Air Mampet dengan Pasir Kasar

Cara mengatasi saluran air mampet karena pasir yang menumpuk pada pipa pembuangan dapat dilakukan dengan beberapa cara sederhana. Cara memperbaiki saluran pipa tersumbat karena pasir memang cukup lebih sulit dibandingkan beberapa langkah yang telah kami jelaskan diatas.

Cara mengatasi pipa mampet yang dapat Anda lakukan Adalah.

  1. Potong pipa saluran pembuangan pada bagian yang terdapat gumpalan edapan pasir yang menyumbat.
  2. Masukkan pasir kasar ke dalam saluran air tersebut untuk melarutkan pasir halus yang menggumpal dan melekat pada permukaan pipa.
  3. Kemudian, masukan selang kompresor dengan tekanan tinggi dan tutup lubang saluran dengan rapat agar pasir secara bersamaan dapat terdorong keluar.
  4. Alirkan udara bertekanan selama beberapa menit, cara ini dapat memebrsihkan lumut dan kotoran lainnya yang dapat beresiko menyumbat saluran air.

Jika ingin lebih praktis, Anda dapat juga menggunakan obat saluran air mampet pembersih berbahan kimia yang dijual dipasaran. Atau juga dapat menggunakan jasa service saluran air mampet yang ada di kota Anda.

Nah itulah 6 cara mengatasi saluran air mampet yang dapat Anda lakukan sendiri dirumah, silahkan pakai bahan-bahan sederhana yang tersedia di rumah Anda. Semoga artikel yang ilmubangunan.com sajikan dapat berguna dan memberikan informasi yang baik untuk setiap permasalahan dirumah Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *