cara membuat denah rumah
cara membuat denah rumah

Cara Membuat Denah Rumah Sederhana dengan Skala

Diposting pada

Cara Membuat Denah Rumah – Jika Anda memiliki keinginan untuk mendesain denah rumah sendiri, tapi bingung bagaimana cara memulainya? Anda tidak perlu pusing memikirkannya, karena pada dasarnya setiap orang tahu dan mengerti bagaimana cara membuat denah rumah sendiri dengan cara yang sederhana, cukup mulai dari yang paling mudah dan Anda dapat lakukan.

Kemampuan Anda dalam mendesain bangunan tidak perlu harus didukung dengan latar belakang pendidikan arsitek maupun lulusan sarjana teknik. Setiap orang yang bisa menggambar, pasti bisa membuatnya. Cukup dengan cara membuat sketsa rumah sederhana yang dapat Anda selesaikan dalam beberapa tahapan agar denah rumah bisa diaplikasikan saat pembangunan rumah.

Dalam pembahasan ini ilmubangunan.com akan membagikan cara membuat denah rumah yang dapat Anda coba dengan bantuan microsoft word, autoCAD 2007, corel draw, maupun autoCAD 2010 sesuai kemampuan media yang Anda kuasai.

Cara Membuat Denah Rumah dengan Skala

Jika Anda bukan seorang yang mengerti dalam bidang desain bangunan maka cara membuat denah rumah sendiri Anda dapat memulainya dari langkah awal mengukur bidang luasan lahan yang akan dijadikan bangunan. Apabila ukurannya sudah benar, maka denah rumah yang akan Anda buat dapat diperdetail dengan menambahkan desain penataan ruang.

Berikut ini adalah cara sederhana untuk membuat denah rumah impian Anda dengan menggunakan gambar denah sketsa maupun dengan mnggunakan aplikasi desain khusus yang mungkin sudah Anda kuasai.

1. Desain Denah Rumah

Untuk mendesain rumah yang ideal, terdapat beberapa aturan dan pertimbangan yang harus diperhatikan sebagai pertimbangan Anda dalam mendesain layout rumah yaitu,

  • Ruang dalam rumah diupayakan harus multifungsi dan fleksibel, karena dimasa mendatang desain dengan penataan ruangan yang multifungsi akan sangat membantu Anda dalam menyesuaikan kebutuhan.
  • Penataan ruang yang ideal sesuai kebutuhan baik luasan maupun prabot yang ada didalamnya, sehingga ketika rumah telah berdiri Anda akan merasa nyaman untuk digunakan beraktivitas dan tinggal di dalamnya.
  • Menentukan ukuran ruangan menjadi bagian dari cara membuat dena rumah yang baik karena dengan perhitungan yang cermat dan terukur, Anda dapat mempertimbangkan ruang apa saja yang akan dibuat serta dimana peletakan perabot yang tepat.
  • Peletakan ventilasi udara dan pintu yang sesuai dengan luas ruangan, agar sirkulasi udara dalam rumah nantinya akan lancar dan tidak membuat rumah lembab serta terkesan sumpek.

2. Model Rumah dan Jumlah Lantai

cara membuat sketsa rumah
cara membuat sketsa rumah

Langkah awal dari tahap cara membuat denah rumah adalah dengan menentukan model rumah sesuai desain yang ingin dibangun. Mulai dari penentuan jumlah lantai dan jumlah ruang beserta fungsinya, apakah cukup satu lantai ataukah harus sampai dua lantai. Karena hal ini akan berpengaruh terhadap proses pembuatan denah rumah nantinya.

Untuk lantai satu, layout ruangan bisa dijadikan dalam satu denah, akan tetapi untuk yang bangunan rumah dua lantai, sebaiknya layout harus dijadikan dua dan terpisah. Tujuannya adalah agar layout tersebut dapat menentukan ruangan apa saja yang akan diletakkan pada lantai satu dan dua sesuai model rumah yang akan di bangun.

3. Referensi dan Inspirasi Desain

Begitu model rumah telah Anda putuskan, cara membuat denah rumah selanjutnya adalah mulai mengumpulkan referensi dan inspirasi tentang desain dan penataan ruangan rumah. Agar denah rumah tidak monoton, akan lebih baik jika mempunyai banyak referensi sebelum mengimajinasikan kerangka dari desain dan mengaplikasikannya dalam bentuk denah.

Cara mudah untuk mendapatkan referensi dan inspirasi adalah dengan cara mendatangi banyak pameran, jalan-jalan atau melihat majalah yang menyajikan denah dengan desain-desain rumah yang menarik. Memadukan inspirasi dari berbagai sumber akan sangat membantu dalam mendesain rumah impian Anda.

4. Fungsi Ruang pada Denah

Langkah simpel selanjutnya adalah dengan menentukan fungsi ruangan dalam denah rumah Anda. Langkah ini harus melalui beberapa tahapan dalam proses pembuatan desainnya antara lain.

  • Menentukan Jumlah Ruangan yang akan Diperlukan

Langkah pertama adalah dengan menentukan jumlah ruangan yang Anda butuhkan, misalnya menentukan berapa kamar tidur yang akan Anda bangun beserta jumlah kamar mandinya. Begitu juga untuk ruangan yang lain seperti dapar dan ruang keluarga.

Setiap rumah pasti memiliki jumlah ruangan yang berbeda, bergantung dari berapa jumlah orang yang akan menempati rumah tersebut. Semakin banyak orang, maka ruang yang dibutuhkan semakin banyak dan akan memakan area yang lebih luas.

  • Tentukan Ukuran Setiap Ruangan

Cara membuat denah rumah yang baik adalah harus didahului dengan mengetahui kebutuhan ruangan dan fungsi ruangan. Cara mudahnya adalah dengan membuat daftar tentang aktivitas apa saja yang akan dilakukan dalam rumah dan ruangan apa yang digunakan dalam melakukan aktivitas tersebut.

Untuk lebih jelas, hitung luas setiap ruangan setelah tentukan ruangan apa saja yang dibutuhkan, sesuai dengan luas area yang Anda miliki.  Misalnya saja, untuk kamar tidur berapa luas area yang dibutuhkan. Begitu juga dengan kamar mandi dan ruangan yang lain.

Hal ini juga akan berpengaruh untuk peletakan prabot dan ukuran prabot yang akan dipakai nantinya. Sehingga harus dipertimbangkan dengan baik dan matang untuk disesuaikan dengan ketersediaan lahan bangunan yang akan Anda bangun.

  • Mengatur Penempatan Ruangan

Langkah cara membuat denah rumah selanjutnya agar nyaman tidak boleh mengabaikan poin yang satu ini. Penempatan ruangan harus sesuai dengan fungsinya, artinya harus tepat dan sesuai. Contohnya saja, agar penghuni rumah nyaman penempatan kamar mandi sebaiknya tidak berada dekat dengan ruang tamu.

Tentu yang demikian membuat tidak nyaman, karena akan menggangu akses kekamar mandi jika ada tamu yang sedang berkunjung. Oleh karena itu, penempatan ruangan yang tepat sangat dibutuhkan dalam proses pembuatan denah rumah yang benar. Jangan lupa juga, tentukan mana ruang yang privat dan ruang umum untuk kenyamanan dalam beraktivitas dalam rumah.

5. Membuat Sketsa Rumah

cara bikin denah rumah
cara bikin denah rumah

Tahap selanjutnya dari cara membuat denah rumah adalah mulai membuat denah sketsa rumah dengan garis-garis yang sederhana. Untuk mempermudah dalam membuat garis Anda bisa memanfaatkan aplikasi desain rumah, sehingga dapat memudahkan dalam pembuatan denah rumah akan semakin cepat. Misalnya aplikasi yang dapat Anda gunakan Home design 3D, Dream plan dan aplikasi desain lainnya.

Saat menggambar denah dengan menggaris, yang harus diingat adalah mempertimbangkan ukuran ruang sesuai standar skala bangunan, agar ukuran lahan cukup dan dapat diaplikasikan sesuai dengan ukuran sesungguhnya di lapangan.

6. Detail Denah Rumah

Proses ini adalah langkah penting dalam cara membuat denah rumah sederhana. Detail sketsa denah rumah yang tepat akan berpengaruh pada penataan ruang yang tepat. Untuk detailnya bisa dimulai dari penempatan perabot dan dekorasi ruangan. Pada ruang tertentu pemakaian perabot apa saja yang akan digunakan dan berapa jumlahnya.

Tidak hanya itu, gambar detail ruangan juga bisa meliputi detail ukuran dan detail arsitektural lainnya, untuk membuat denah rumah menjadi lebih jelas. Semakin detail denah dasar yang Anda buat, tentu semakin bagus.

7. Uji Coba dan Denah Alternatif

Cara membuat denah rumah yang baik akan sangat wajar apabila Anda menemukan beberapa kendala dalam menggambarnya, misalnya lahan yang tidak cukup dan posisi ruang yang tidak sesuai. Dari kendala tersebut, maka sketsa denah rumah yang dibuat mungkin perlu direvisi hingga akan beberapa kali mengulang desain untuk menemukan susunan sketsa yang tepat.

Sebagai antisipasi, bisa juga dengan menyediakan alternative desain rumah yang telah ada hingga ditemukan sketsa yang sesuai dengan keinginan Anda. Bisa saja dengan mengurangi jumlah ruangan yang Anda rasa tidak terlalu penting untuk dibangun.

8. Evaluasi Denah Rumah

Setelah detail denah rumah selesai beserta dengan peletakan prabot yang akan Anda gunakan nantinya, tahap akhir dalam pembuatan gambar denah rumah adalah  melakukan evaluasi terhadap denah rumah yang telah Anda buat. Evaluasi yang dilakukan bisa berupa membandingankan dengan denah rumah lain atau imajinasikan dalam bentuk ruang nyata, sehingga ukuran serta standartnya bisa disesuaikan.

Atau Anda bisa juga menunjukan pada orang yang berpengalaman dibidang bangunan yang Anda percaya untuk dapat mengoreksi desain yang Anda buat. Mintalah masukan tentang efisiensi biaya pembangunannya dan penataan ruangan yang sesuai dengan standar kelayakan hunian.

9. Membuat Denah Rumah dengan Aplikasi

Zaman yang semakin maju dan berkembang diikuti pula dengan kemajuan teknologi aplikasi denah rumah yang tersedia. Menjadikan cara membuat denah rumah semakin mudah dan praktis, kehadiran aplikasi ini tentu sangat membantu karena hasil desainnya lebih menarik dan hidup.

Salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah Auto CAD, corel draw, microsoft word , 3D Max, sketchup maupun aplikasi lain yang bisa Anda gunakan dengan gratis dan dapat Anda kuasai.

Demikian informasi sederhana tentang cara membuat denah rumah sendiri dengan cara yang sederhana dan mudah jika Anda seorang pemula. Dengan mengikuti langkah-langkah diatas, Anda akan sangat terbantu dalam mendesain rumah impian Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *