ukuran kusen pintu
ukuran kusen pintu

Ukuran Kusen Pintu dan Jendela Rumah Minimalis Aluminium

Diposting pada

Ukuran Kusen Pintu dan Jendela Rumah – Tahukah Anda jika kusen pada pintu jenis kayu, aluminium dan Upvc memiliki ukuran dan jenis yang berbeda. Bukan hanya ukuran kusen pintu dan jendela saja yang memiliki ukuran yang tidak sama, tetapi juga model yang bervariasi bentuknya juga. Apa fungsi dari perbedaan ukuran tersebut dan berapakah standar ukuran kusen pintu rumah yang baik?

Untuk menemukan jawaban atas pertanyaan diatas, tentu saja perlu Anda ketahui ukuran lebar tubuh orang standar indonesia yang akan melalui pintu tersebut.

Bila mengacu pada ukuran rata-rata besar tubuh orang dewasa, maka akan dipakai ukuran standar berkisar 60 cm. Sehingga ditetapkan ukuran kusen pintu adalah sebanding dengan lebar tubuh orang dewasa rata-rata.

Dengan demikian ukuran kusen pada kamar, ruang makan, kamar tidur, ruangan keluarga, ruangan tamu, serta dapur adalah 60 cm hingga 80 cm. Tetapi ukuran kusen masih dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Dalam pembahasan ini ilmubangunan.com akan menjelaskan standar ukuran pintu dan jendela kayu, ukuran pintu aluminium dan ukuran pintu Upvc beserta tebal daun pintu dan jendela yang cocok dipakai pada bangunan rumah Anda.

Pengertian Kusen Pintu

Kusen pintu atau jendela adalah bingkai yang dapat terbuat dari balok kayu, aluminium, Upvc maupun jenis bahan lainnya. Kusen mempunyai fungsi sebagai peletakan atau bingkai untuk jendela, kaca, pintu serta tralis agar kuat menopang bobot daun pintu dan jendela serta kokoh menahan tekanan akibat beban dinding bangunan.

Ukuran kusen pintu dapat berbeda-beda tergantung pada jenis serta ukuran daun pintu dan jendela yang akan dipasangkan. Dalam penggunaan ukuran kusen diperlukan kecermatan dan pertimbangan yang matang. Mengapa demikian? Tentu saja, supaya saat kusen telah terpasang, ukuran kusen dengan pintu dapat cocok dan rapat.

Anda perlu perhatikan, dalam membuat kusen pintu kayu pada umumnya menggunakan ukuran balok kayu persegi 6 × 15 cm. Atau Anda juga dapat memakai balok kayu ukuran 6 × 12 cm untuk kusen jendela.

Tetapi saat ini ada benyak pilihan kusen selain menggunakan bahan kayu, jika Anda menggunakan ukuran kusen aluminium Anda akan menemukan balok 3 inci dan 4 inci yang di gunakan sebagai kusen pintu.

Ukuran Kusen Pintu Standar

Dalam menentukan ukuran kusen yang baik agar sesuai dengan fungsinya, maka diperlukan pengetahuan dasar yang cukup. Penggunaan jenis bahan kusen dan ukurannya pada dasarnya menyesuakan dengan besar ruangan dan fungsi dari ruangan yang akan dipasang pintu. Dalam tabel di bawah ini kami merangkum gambaran ukuran kusen pintu standar yang umum digunakan.

RUANGAN UKURAN KUSEN JENIS PINTU
Ruang Tamu / Ruang Utama 152 × 220 cm Pintu Double / Lengkung
Kamar Mandi 72 × 220 cm Pintu PVC
Kamar Tidur 92 × 220 cm Pintu Kayu
Ruang Kerja 92 × 220 cm Pintu Panel
Ruang Santai / Taman 92 × 220 cm Pintu Geser / Pintu Lipat
Gudang 92 × 220 cm Pintu Triplek / Seng
Garasi 82 × 240 cm Pintu Besi / Kayu

Ukuran ini bukanlah patokan utama jika Anda sedang mencari ukuran kusen pintu dan jendela yang sesuai dengan rumah Anda. Tetapi Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan pengghuni rumah Anda.

Kusen Pintu Kayu Daun Tunggal

Pada umunya rumah tinggal akan menggunakan pintu daun tunggal sebagai pintu utama. Tentu saja ukuran kusen pintu utama pada jenis daun pintu tunggal akan lebih besar dari pada yang digunakan pada pintu kamar dan ruang lainnya yaitu ukuran 80 cm × 210 cm. Biasanya untuk pemakaian kusen pintu daun tunggal akan menggunakan pilihan kayu dengan kualitas yang baik

Tebal pintu kayu yang digunakan berkisar antara 4 cm sampai 5 cm, ketebalan daun pintu juga harus menyesuaikan dengan lebar skoning pintu pada kusen yang dibuat, agar ketika sudah dipasang, daun pintu tidak berlebih.

Kusen Pintu Kayu Daun Double

Pintu utama dengan bahan kayu double daun saat ini banyak yang menggunakan khususnya pada rumah dengan konsep minimalis. Selain bukaan pintu akan lebih luas, secara penampilan pintu dengan double daun akan memberikan kesan megah dan ekslusif pada tampilan rumah tinggal Anda.

Baca Juga : Cara Menghitung Kebutuhan Baja Ringan untuk Atap Rumah dan Kanopi

Ukuran kusen pintu dan jendela kayu standar yang dapat Anda gunakan adalah 60 cm × 200 cm akan tetapi juga bisa menggunakan ukuran 80 cm x 220 cm, untuk jenis rumah yang memiliki tinggi ruangan lebih dari 3 meter.

Jika Anda menggunakan ukuran tinggi kusen 200 cm maka pintu utama akan terlihat kecil yang akan mengurangi kesan megah pada rumah Anda.

Kusen Pintu Aluminium

Untuk ukuran kusen pintu aluminium Anda dapat menggunakan 80 cm × 200 cm dengan tebal daun pintu aluminium 3,5 cm sampai 4 cm. Selain itu Anda juga bisa menyesuaikan dengan tebal dinding bangunan.

Jika menggunakan dinding bata merah Anda dapat menggunakan ukuran kusen aluminium 3 inch dan ukuran kusen aluminium 4 inch untuk jenis dinding habel.

Kusen aluminium juga dapat dipasangkan dengan memakai daun pintu kayu atau Upvc, akan tetapi Anda harus mempertimbangkan berat pintu yang akan digunakan. Sebab jika pemasangan baut engsel pada kusen aluminium tidak menggunakan besi penahan maka pintu akan mudah turun.

Kusen Pintu Sliding

Kusen pintu geser atau sliding sering dipakai sebagai pintu akses arah taman dalam rumah dan garasi mobil. Kesen pintu geser juga dapat digunakan untuk jenis pintu lipat.

Jenis kusen pintu ini juga sangat sering dipakai pada pintu utama bangunan ruko, karena dinilai sangat efektif bagi Anda yang menginginkan bukaan yang luas.

Kusen pintu geser juga dapat dipasangkan dengan bahan aluminium, kayu dan besi dengan memasangkan penggantung dan rel pada bagian atas bawah pintu.

Ukuran kusen pintu yang dapat Anda gunakan 230 cm × 50 cm x 6 daun. Dengan kata lain jika Anda memiliki bukaan dinding selebar 3 meter, makan Anda memerlukan 6 set daun pintu.

Kusen Pintu Upvc

Jenis kusen pintu Upvc sebenarnya masih baru dikenal dan hanya dapat ditemui pada bangunan tertentu, akan tetapi bahan Upvc cukup diminati walaupun harganya terbilang mahal bila dibandingkan dengan jenis bahan kusen lainnya.

Kusen pintu dan jendela Upvc sering dipakai pada bangunan komersil seperti hotel, apartemen, mall, perkantoran dan perumahan elite lain sebagainnya.

Harus Anda pertimbangkan jika memilih jenis bahan Upvc, selain pertimbangan harga. Anda juga perlu memperhatikan aspek-aspek lainnya, seperti pembuatan kusen hanya dapat dikerjakan dipabrik dengan ukuran yang telah ditentukan.

Sehingga jika terjadi kesalahan ukuran walau hanya dalam hitungan mili akan menyebabkan celah pada skoning pintu sehingga terlihat kurang rapi.

Jenis Kusen Kayu 

ukuran kusen pintu dan jendela kayu
ukuran kusen pintu dan jendela kayu

Tentunya Anda sudah sering melihat rumah menggunakan kusen berbahan kayu. Sangat disarankan memilih kusen yang berasal dari jenis ini karena kusen berbahan kayu yang berkualitas memiliki banyak kelebihan, yaitu tahan lama dan memiliki kesan mewah. Kayu yang banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kusen adalah kayu jati, kayu merbow dan kayu damar.

Bukan lagi menjadi rahasia, jika harga kusen pintu berbahan kayu dengan kualitas yang baik cukup mahal. Meskipun begitu, jenis kusen kayu masih menjadi pilihan utama bagi Anda yang ingin memberikan kesan mewah pada rumah.

Syarat pemilihan kusen yang baik adalah dengan memastikan jenis kayu yang digunakan dan  kadar air pada kayu tidak terlampau tinggi, hal ini bertujuan agar jika sudah dipasang kusen tidak akan menyusut dan melintir.

Jenis Kusen Alumunium

ukuran kusen pintu aluminium
ukuran kusen pintu aluminium

Kusen pintu dengan material dasar alumunium memiliki bobot yang ringan dan tidak memerlukan perawatan berkala. Keuntungan lainnya adalah tidak akan keropos, tahan air dan mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan. Memiliki bentuk profil yang beragam menjadikan jenis material ini alternatif pilihan pengganti kayu.

Ukuran kusen pintu aluminium terbagi menjadi 2, yaitu ukuran profil 3 inch dan ukuran profil 4 inch. Dalam hal penyambungan profil kusen alumunium antara satu bagian dengan bagian yang lainya, secara umum yaitu memakai spigot dan skrup. Sedangkan untuk memasangkan profil kusen alumunium pada dinding Anda dapat menggunakan skup dan fisher.

Jenis Kusen Upvc

ukuran kusen upvc
ukuran kusen upvc

Pengunakan bahan Upvc atau unplasticized poly vinyl chloride biasanya digunakan sebagai kusen pintu maupun jendela, profil Upvc juga dapat dibentuk menjadi lembaran daun pintu dengan melalui produksi pabrik.

Keunggulan yang ada pada jenis kusen ini selain tahan benturan, anti rayap, tidak memuai atau susut jika terkena panas, kedap suara,dan perawatannya yang mudah.

Kusen dengan jenis ini juga  dapat dibentuk dalam berbagai pilihan model dan jenis untuk pintu dan jendela, seperti jendela swing, jungkit, jendela fixed, bovenlitch, jendela decorative maupun sliding.

Demikian pembahasan tentang ukuran kusen pintu dan jendela yang dapat kami bagikan, semoga pembahasan ini dapat bermanfaat dan menjadi referensi bagi Anda dalam membangun rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *