Cara Memasang Instalasi Listrik Rumah Bertingkat dengan Benar

Cara Memasang Instalasi Listrik – Seperti yang diketahui bahwa listrik sebagai sumber energi memiliki peranan penting untuk aktifitas kehidupan manusia.

Sehingga dengan memiliki pengetahuan tentang listrik menjadi penting. Salah satunya adalah cara memasang instalasi listrik saklar dan stop kontak.

Tidak hanya cara memasang rangkaian instalasi listrik rumah sederhana saja, namun juga mengetahui biaya pemasangan listrik PLN.

Namun yang ditemui di lapangan, ternyata tidak seperti itu. Bahkan banyak sekali penghuni rumah yang meremehkan cara memasang instalasi listrik yg benar.

Padahal mereka tidak tahu saja kalau sebenarnya cara memasang instalasi listrik rumah bertingkat bisa dipasang sendiri.

Cara Memasang Instalasi Listrik

cara memasang instalasi listrik
cara memasang instalasi listrik

Namun sebelum itu, maka Anda harus memastikan dulu bahwa cara pasang instalasi listrik rumah sudah benar dan memang aman.

Agar Anda tidak penasaran, berikut ini kami berikan beberapa cara memasang instalasi listrik saklar dan stop kontak.

1. Mengukur Luas dan Jumlah Ruangan

Adapun langkah pertama dalam memasang instalasi listrik rumah adalah mengetahui dulu luas rumah dan jumlah ruangan pada rumah.

Supaya listrik dapat mengalir ke seluruh ruangan yang ada dirumah secara merata, maka Anda harus memerlukan kabel yang cukup panjang.

Oleh sebab itu, agar bisa mengetahui panjangnya maka cari tahu dulu luas rumah serta jumlah ruangan pada rumah sebelum pemasangan dilakukan.

Setelah mengetahui jumlah ruangan yang akan di pasang instalasi listrik, maka Anda melanjutkan ke tahap pemasangan stop kontak dan membeli jumlah stop kontak yang diperlukan.

Meskipun demikian, biasanya jumlah stop kontak sendiri biasanya dapat dilihat dari kegunaan dan fungsi ruangan tersebut.

Jadi Anda pun harus tahu dulu instalasi listrik dan fungsinya untuk apakah ruang pada rumah yang akan di pasang instalasi listrik 3 phase.

Lalu perlu digaris bawahi bahwa pemasangan stop kontak, maka Anda harus pastikan posisi pemasangan sudah minimal 125 cm sampai 185 cm dari lantai.

Sedangkan untuk posisi pemasangan stop kontak diatas sekitar 30 cm sampai 50 cm dari langit-langit, dibedakan dengan cara memasang instalasi listrik untuk AC.

Hal ini agar bisa menghindari stop kontak dari anak-anak dan mencegah terjadinya hal tidak diinginkan.

2. Mengetahui Besaran Daya Listrik

Selanjutnya, komponen paling penting dan tidak boleh Anda lewatkan dari instalasi listrik sederhana rumah baru adalah miniature circuit breaker atau disingkat MCB.

Komponen tersebut fungsinya sebagai sistem proteksi dari arus listrik untuk mengantisipasi beban yang berlebih.

Dengan adanya MCB, maka risiko arus pendek sampai konsleting pun dapat segera Anda atasi atau mendeteksi kesalahan pada saat pemasangan instalasi listrik.

Apabila daya listrik besar, maka pasang MCB rumah pun juga harusnya lebih dari satu, maka biasanya akan di buat grouping pada instalasi.

Tujuannya adalah agar saat terjadi kerusakan minor, maka tidak akan menjalar ke instalasi yang lainnya, atau bahkan menyebabkan kerusakan pada perangkat elektronik.

3. Persiapkan Komponen Instalasi

Kemudian Anda juga perlu mempersiapkan dulu seluruh material serta komponen yang sekiranya diperlukan dalam memasang instalasi listrik rumah.

Adapun komponen yang dimaksud tersebut seperti MCB, kabel listrik, earth leakage circuit breaker (ELCB), saklar, isolasi, stop kontak, pipa, T dos, dan embodos.

4. Gunakan Kabel Instalasi dengan Tepat

Adapun cara memasang instalasi listrik rumah yang terbilang sederhana yaitu dengan mengetahui dulu kabel yang tepat.

Anda harus memastikan bahwa kabel-kabel yang digunakan sudah standar SNI. Apabila kabel telah sesuai maka kelayakan serta keamanan pun juga terjamin.

Selanjutnya adalah menentukan ukuran dari kabel listrik. Karena biasanya jumlah kabel ampere yang kurang akan beresiko terjadinya hubungan pendek arus listrik.

Tidak hanya itu, kode warna pun yang ada di kabel listrik akan menentukan besaran dari ukuran kawat konduktor.

Akan tetapi, pada instalasi listrik untuk AC (bolak balik), maka kode warna kabel tidak berhubungan dengan kapasitas ampere seperti kabel hitam.

Yang difungsikan sebagai sumber arus, hijau sebagai penahanan dan biru sebagai konduktor netral.

5. Membuat Jalur Instalasi Listrik

Tahapan memasang instalasi listrik yang perlu diperhatikan yaitu desain dari jalur instalasi listrik rumah. Apalagi jika rumah yang ingin Anda bangun bertingkat.

Maka perlu mengetahui jalur instalasi listrik rumah bertingkat akan berbeda dengan jenis rumah 1 lantai.

Kemudian juga untuk ruangan yang di aliri listrik mana saja seperti kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, dapur, kamar mandi, dan sebagainya.

Apabila semuanya sudah selesai, maka Anda pun bisa memulai membobok tembok dan memasukkan pipa ke dalamnya termasuk juga saklar dan T dus.

Anda bisa ukur ketinggian bobokan dinding sesuai kebutuhan saja. Akan tetapi, usahakanlah agar minimal 125 cm dari lantai.

6. Memasang Kabel Jalur Utama

Adapun untuk selanjutnya urutan pemasangan instalasi listrik adalah memasang kabel jalur utama. Anda bisa mengukurnya dari kotak MCB kemudian dihubungkan ke stop kontak.

Kabel utama tersebut bisa dipasang pada bagian atap atau langit-langit plafon sehingga tidak akan terlihat dan terkesan berantakan.

Lalu kabel ini akan di masukan ke pipa listrik pada tembok yang sudah di bobok untuk melindungi dari kemungkinan kabel terputus atau mungkin rusak karena benturan.

7. Menyambung Kabel, Saklar, Stop Kontak

Kemudian pemasangan instalasi listrik yaitu menyambungkan kabel utama pada stop kontak, saklar dan komponen lainnya.

Kabel dari jalur utama maka diteruskan hingga ke tembok-tembok yang sudah di bobok sebelumnya seperti saklar, lampu dan stop kontak.

Anda bisa hubungkan semua kabel sesuai dengan fungsinya, serta mulailah untuk memasangkan setiap komponennya secara benar dan jangan terburu-buru.

Akan tetapi, Anda harus pastikan dulu bahwa semua sambungan kabel serta pipa sudah tertutup dengan isolasi sehingga aman ketika listrik mulai dialirkan.

8. Lakukan Uji Coba

Adapun setelah semuanya selesai, maka tahap terakhir cara memasang instalasi listrik adalah mengaktifkan MCB yang telah terpasang.

Apabila saklar MCB sudah dalam posisi yang menyala, maka silahkan nyalakan saklar dan lampu setelah Anda melakukan pemasangan saklar lampu dengan benar.

Hal ini penting sekali sebagai penguji apakah listrik benar-benar sudah berhasil dialirkan atau tidak.

Selain itu ini juga mengetahui apakah pemasangan instalasi listrik saklar ganda dan stop kontak telah dilakukan dengan benar, sehingga tidak terdapat bagian yang konslet.

Biaya Instalasi Listrik Rumah

Setelah Anda mengetahui mengenai cara pasang instalasi listrik baru di atas, akan tetapi rasanya tidak sanggup atau kesulitan.

Tentu saja, Anda bisa menggunakan jasa instalasi listrik. Akan tetapi, tentunya Anda perlu mengeluarkan biaya yang mungkin saja tidak sedikit.

Pemasangan instalasi yang benar juga akan berpengaruh terhadap cara menghemat listrik pada konsumsi daya PLN di rumah Anda.

Berikut ini beberapa perkiraan harga pemasangan instalasi listrik yang berlaku di pasaran antara lain.

JASA INSTALASIPERKIRAAN BIAYA
Instalasi MCBRp. 235.000 per titik
Instalasi Kabel UtamaRp. 70.000 – Rp. 90.000 per meter
Instalasi Lampu IndoorRp. 100.000 per titik
Instalasi Stop KontakRp. 100.000 – Rp. 200.000 per titik
Instalasi Lampu OutdoorRp. 120.000 – Rp. 200.000 per titik

Akan tetapi harga diatas mungkin saja bisa berbeda-beda, sebab juga tergantung dari penyediaan jasa serta kelengkapan pelayanan yang akan Anda dapatkan.

Video Cara Memasang Instalasi Listrik

Berikut adalah tahapan memasang instalasi listrik rumah yang dapat menjadi panduan Anda.

Itulah langkah-langkah yang bisa Anda terapkan untuk cara memasang instalasi listrik dengan baik dan benar.

Hal-hal detail yang telah disebutkan perlu Anda perhatikan lagi agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, seperti arus listrik pendek dan sebagainya.

Apalagi jika aliran listrik di rumah Anda berjalan tidak aman hingga menyebabkan terjadinya korsleting listrik yang bisa berujung pada kebakaran.

Tentu saja, hal ini tidak diinginkan, maka dari itu Anda harus memperhatikan semua pekerjaan dengan baik dan benar.

Tinggalkan komentar