turbin ventilator
turbin ventilator

Turbin Ventilator Cyclone pada Atap untuk Rumah dan Pabrik Terbaru

Pengertian Turbin VentilatorTurbin ventilator merupakan sebuah istilah yang asing bagi orang awam yang tidak berkecimpung pada dunia konstruksi. Tapi bagi Anda yang bekerja di dunia ini, benda yang mirip kubah dengan sirip melingkar ini pasti sudah sering Anda lihat. Turbin ventilator atap rumah atau ventilator udara atap ini adalah merupakan alat yang memiliki fungsi seperti exhaust fan atau roof fan.

Roof ventilator sendiri umumnya dipasang di berbagai jenis bangunan mulai dari rumah, gudang, hingga pabrik. Tujuannya adalah untuk membantu proses sirkulasi udara di dalam bangunan sehingga dapat terjadi sirkulasi dengan baik. Ventilator fan membantu kerja ventilasi atap pabrik agar udara panas dari mesin tidak terperangkap di dalam.

Dalam pembahasan ini akan di jelaskan cara kerja cyclone turbine ventilator dan kelebihan serta kekurangannya yang dapat Anda gunakan pada atap rumah maupun pabrik.

Cara Kerja Turbin Ventilator

Ventilator atap rumah maupun ventilator atap pabrik memiliki cara kerja yang hampir sama. Tanpa menggunakan tenaga listrik, turbin akan bekerja mengisap debu, udara panas dan asap yang ada di dalam ruangan ke luar bangunan dengan memanfaatkan tenaga alamiah tekanan udara yang ada pada atap.

Turbin sendiri hanya bisa bekerja saat ada terjadi hembusan angin meskipun lemah. Ketika angin bertiup dengan kencang, sirip ventilator pada atap rumah dan pabrik akan berputar secara konsisten untuk memutar sirkulasi udara pada dalam bangunan yang akan ditarik keluar bangunan tanpa membutuhkan energi listrik.

Alat ini bekerja dengan prinsip thermosiphon di mana putaran nya hanya berdasarkan tekanan dan aliran udara dengan perbedaan suhu tinggi dari dalam ruangan. Kalau ventilasi sirkulasi udara pada ruangan baik, maka suhu udara di dalamnya akan terasa normal. Namun apabila bagian dalam bangunan terasa panas, diperlukan ventilasi angin yang cukup.

Di dalam rumah tinggal, udara panas biasanya berasal dari radiasi panas yang keluar dari plafon yang terhubung dengan atap rumah. Sedangkan pada pabrik, udara panas tidak hanya berasal dari cahaya matahari tapi juga aktivitas orang-orang dan mesin yang ada di dalamnya. Di sinilah turbin berguna untuk mengalirkan sirkulasi udara panas yang ada menjadi normal.

Ukuran Turbin Ventilator

turbin ventilator cyclone
turbin ventilator cyclone

Ukuran ventilator fan rumah dan pabrik terdiri dari berbagai jenis ukuran dan model yang berbeda. Saat ini di pasaran terdapat berbagai jenis produk mulai dari ukuran diameter 25 cm sampai 60 cm. Ukuran turbin juga berpengaruh pada besar ruangan yang akan di pasang turbin.

Biasanya penyedia jasa pasang kipas atap pabrik dan atap rumah akan memberitahu ukuran yang cocok untuk bangunan Anda. Masing-masing ventilator juga berbeda daya hisap nya. Sebagai gambaran, silakan simak daftar ukuran exhaust fan atap rumah berikut ini!

1. Ukuran 18 Inci

Ventilator dengan ukuran 18 inci ini memiliki diameter luar 45 cm, dengan ukuran dimensi 75 cm x 68 cm x 68 cm. Berat aluminium berkisar 4,50 kg dan berat stainless steel berkisar 8,50 kg. Kapasitas daya hisap alat ini adalah 42,39 m3 per menit. Memang ukuran cukup kecil jika dipasang kan pada permukaan atap yang luas.

2. Ukuran 24 Inci

Turbin ventilator untuk rumah tinggal atau pabrik yang berukuran 24 inci memiliki diameter 60 cm, memiliki ukuran dimensi 100 cm x 86 cm x 86 cm. Berat ventilator aluminium 8,50 kg dengan berat stainless steel 13,50 kg. Kapasitas daya hisap alat pada kondisi berputar maksimal pada ventilator 24 inci adalah 75,36 m3 per menit.

3. Ukuran 30 Inci

Ukuran ventilator 30 inci memiliki diameter luar 90 cm, dengan dimensi ukuran adalah 140 cm x 130 cm x 130 cm. Berat aluminium 13,50 kg dan berat stainless steel 19,50 kg. Adapun daya hisap udara yang yang dapat di serap dalam kondisi maksimal adalah 117,75 m3 per menit pada saat putaran konstan.

4. Ukuran 36 Inci

Memiliki daya hisap udara 169,56 m3 per menit, exhaust fan atap pabrik ukuran 36 inci ini memiliki ukuran diameter luar sepanjang 105 cm sementara dimensi sirip roof ventilator adalah 140 cm x 130 cm x 130 cm. Berat aluminium berkisar 19,50 kg sementara berat stainless steel 27.00 kg. Ukuran ini cukup banyak digunakan pada atap gudang dengan luasan lebih dari 200 meter persegi.

Baca Juga : Pengertian Road Barrier dan Pemasangan Pembatas Jalan Raya 

5. Ukuran 42 Inci

Kipas atap pabrik ukuran 42 inci memiliki daya hisap udara mencapai 222 m3 per menit. Memiliki ukuran diameter luar adalah 105 cm sementara dimensi ukuran sirip kipas dalam adalah 148 cm x 134 cm x 134 cm. Berat alat dengan menggunakan bahan aluminium 21.00 kg dan berat stainless steel 30.00 kg.

Kelebihan Turbin Ventilator

ventilasi atap pabrik
ventilasi atap pabrik

Saat ini pemasangan cyclone turbine ventilator lebih umum dilakukan pada gudang dan pabrik. Tapi sebenarnya penggunaan pada bangunan hunian juga akan memberikan manfaat yang besar, namun pada saat ini masih sangat jarang sekali ditemui. Ada beberapa kelebihan penggunaan turbin ventilator pada bangunan antara lain:

1. Sirkulasi Udara Ruangan

Udara pengap yang terjebak di dalam rumah maupun pabrik akan mengganggu aktivitas orang-orang yang ada di dalamnya. Selain bisa mengganggu kesehatan, berbagai peralatan dan perabotan di dalam rumah juga berisiko cepat rusak. Adanya kipas atap pabrik akan membantu Anda mengatasi masalah ini.

2. Ramah Lingkungan

Dari cara kerjanya yang mengundang udara segar masuk ke dalam bangunan, exhaust fan sangat ramah lingkungan karena tidak memerlukan tenaga listrik untuk menggerakkan nya. Beberapa material pembuatnya juga berbahan stainless steel dan aluminium yang tahan terhadap cuaca ekstrem.

3. Hemat Biaya

Tidak seperti alat-alat lainnya, ventilator udara bekerja sepenuhnya dengan menggunakan tenaga angin, tanpa listrik sedikitpun. Anda bisa menggunakannya selama 24 jam secara non stop tanpa berhenti dan tanpa harus khawatir dengan biaya listrik yang membengkak karena harus terus bekerja secara terus-menerus.

4. Tidak Bocor Saat Hujan

Ketika memutuskan untuk melakukan pemasangan alat ini, banyak yang bertanya-tanya tentang kondisi saat hujan, apakah akan bocor ke dalam ruangan? Jawabannya adalah tidak.

Baca Juga : Pengertian Solid Surface Motif Marmer Texture Starlite Terbaru

Ventilator ini sudah desain sedemikian rupa dengan model sirip yang berputar-putar dengan baik. Bagian sirip inilah yang akan mengalangi air hujan masuk ke dalam ruangan dari atas ventilator, walaupun dalam kondisi hujan deras.

5. Harga Turbin Ventilator

Harga ventilator udara sendiri sebenarnya bervariasi Anda dapat memperolehnya dari harga yang mahal hingga standar. Namun secara umum harga ventilator fan cukup sangat terjangkau. Anda bisa menemukan roof ventilator murah dengan material aluminium maupun stainless steel dengan harga mulai Rp. 900.000 hingga Rp. 1.500.000.

Kekurangan Turbin Ventilator

Selain beberapa kelebihan di atas yang terdapat pada alat ini, ada beberapa kekurangan dari kipas atap pabrik yang juga sebaiknya menjadi pertimbangan Anda sebelum melakukan instalasi.

1. Tergantung pada Tekanan Udara

Karena bekerja dengan menggunakan tenaga angin sebagai penggerak nya, Anda yang tinggal di daerah yang padat dengan hembusan angin yang kurang baik atau terhalang, penggunaan ventilator fan akan sangat kurang efektif. Karena jika hembusan angin tidak dapat mengalir dengan baik, turbin tidak akan dapat berputar.

2. Butuh Tenaga Ahli

Meski sekilas cara memasang kipas atap pabrik ini sangat mudah jika sepintas dilihat, namun sebenarnya prosesnya memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi. Karena cukup perlu mempertimbangkan fungsi dan arah angin, serta Anda harus menyiapkan tumpuan yang cukup kuat dengan ikatan skrup yang kokoh agar turbin tidak terlepas.

Baca Juga : Cara Pemasangan Membran Bakar Waterproofing Anti Bocor Terbaik

3. Kurang Efektif pada Jenis Atap Tertentu

Pemasangan turbin ventilator pada ruangan pabrik dengan suhu yang tinggi sebenarnya sudah tidak perlu lagi dipertanyakan efisiensi nya. Namun untuk pabrik yang masih menggunakan jenis atap cor beton maupun genteng tanah liat akan sangat menyulitkan untuk dilakukan pemasangan.

Dengan mempertimbangkan sinar matahari yang masuk tanpa henti, suhu di dalam pabrik akan terus terasa gerah dan tidak nyaman bagi para pekerja yang ada di dalamnya. Dengan suhu atap di bagian luar yang panas, prinsip kerja turbin untuk menyedot udara panas keluar tidak akan maksimal.

Demikianlah berbagai informasi terkait cyclone turbine ventilator yang dapat ilmu bangunan bagikan. Jika tertarik untuk memasangnya di rumah, Anda bisa aplikator turbin ventilator fan yang ada di kota Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *