penghisap asap dapur
penghisap asap dapur

Jenis Alat Penghisap Asap Dapur yang Bagus dan Murah

Penghisap Asap Dapur – Bagi Anda yang sering melakukan aktivitas memasak di dapur, pernahkah Anda mempertimbangkan untuk menggunakan penyedot udara dapur? Meskipun kerap disepelekan, menghirup asap dapur terus menerus ternyata bisa berbahaya bagi kesehatan. Terutama bagi mereka yang masih memasak dengan menggunakan tungku.

Menurut Kirk Smith, seorang profesor dari UC Berkeley’s School of Public Health, asap di dapur modern juga sama berbahayanya. Terlebih jika Anda tinggal di kawasan perkotaan dengan tingkat kepadatan permukiman yang tinggi. Sirkulasi udara yang buruk di sekitar rumah bisa memperparah efek terhirup asap dapur. Oleh karena itu, ada baiknya pertimbangkan untuk memasang penyedot asap.

Alat penghisap asap dapur juga dikenal dengan berbagai sebutan. Ada yang menyebutnya cooker hood, blower penghisap asap sampai exhaust fan kompor. Apapun namanya, alat penyedot asap dapur ini pada dasarnya memiliki fungsi yang sama yakni menghilangkan asap dari dapur agar udara tetap bersih sehingga tidak mengganggu pernapasan orang-orang yang ada di dalamnya.

Cara Kerja Penghisap Asap Dapur

exhaust fan kompor
exhaust fan kompor

Alat penghisap asap dapur memiliki berbagai macam model. Cara kerja dari alat-alat ini pun beragam. Apabila dilihat dari cara kerjanya, cooker hood terbagi menjadi dua yakni cooker hood dengan sistem ekstraksi dan resirkulasi. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

1. Cooker Hood dengan Sistem Ekstraksi

Cooker hood jenis ini bekerja dengan cara mengisap asap kemudian melakukan penyaringan udara di dalam dapur menggunakan filter. Selanjutnya, udara yang sudah defiler akan dilepaskan ke luar ruangan. Untuk menggunakan cooker hood jenis ini, Anda memerlukan cerobong asap dapur.

Kelebihan penghisap asap dapur dengan sistem ekstraksi adalah cara kerjanya yang sangat efektif. Khususnya dalam menghilangkan asap panas, lembap dan bau dari dalam dapur. Kekurangannya adalah proses pemasangan yang membutuhkan ventilasi sehingga harganya cenderung mahal.

2. Cooker Hood dengan Sistem Resirkulasi

Seperti namanya, cooker hood ini bekerja dengan cara menghisap udara di dalam dapur lewat filter untuk dinetralisir baunya kemudian dihilangkan partikel-partikel berbahaya yang ada di dalamnya. Udara yang sudah disaring kemudian dikembalikan lagi ke dalam dapur. Cooker hood ini membutuhkan filter karbon atau re-circulating kit supaya bisa mengalirkan lagi udara bersih ke dapur.

Kelebihan pengisap asap tipe resirkulasi adalah biaya pasang nya yang cukup terjangkau. Alat penghisap asap dapur tanpa cerobong ini juga dapat diaplikasikan pada semua jenis dapur. Namun agar bisa bekerja dengan optimal, perlu dilakukan penggantian filter karbonnya secara berkala. Selain itu, tipe resirkulasi tidak bisa menghilangkan udara lembap.

Penghisap Asap Dapur Terbaik

Secara umum, semua peralatan di dapur didesain dengan dua karakteristik. Ada yang berupa integrated unit (komponennya terhubung atau terintegrasi dengan peralatan lain di dapur) dan ada juga yang sifatnya freestanding unit (komponennya dibuat sebagai bagian terpisah dari perlengkapan lain). Cooker hood sendiri termasuk ke dalam integrated unit.

Selain itu, visibilitas dari cooker hood yang akan dipasang di dapur juga beragam. Jika Anda memilih model fully integrated, bagian pengisap asap menyatu dengan dapur dan hanya akan terlihat saat sedang dipakai. Ada juga yang modelnya semi integrated di mana cooker hood hadir sebagai bagian dari interior dapur. Beberapa di antaranya justru dijadikan sebagai focal point dari desain dapur.

Untuk memudahkan Anda memilih pengisap asap dapur atau eksos dapur yang paling sesuai dengan interior dapur, ketahui terlebih dahulu style dari masing-masing cooker hood. Di pasaran, ada beberapa model yang tersedia antara lain:

1. Model Fully Integrated

Seperti yang sudah disebutkan, model ini dipasang menyatu langsung dengan kitchen set namun tersembunyi di belakang pintu kabinet atau di bagian belakang panel. Anda bisa mengeluarkannya ketika dibutuhkan dan menyimpannya lagi saat sudah selesai memasak sehingga akan area dapur Anda akan terlihat lebih luas.

Penggunaan model fully integrated ini banyak dipakai untuk jenis bangunan dengan desain dapur yang memiliki ukuran space terbatas, seperti kamar hotel, apartement, kosan elit dan bangunan komersial lainnya.

2. Model Semi Integrated

Model semi integrated dikenal juga dengan model kanopi. Alat penyedot asap diatas kompor ini dipasang langsung tanpa disembunyikan bagian corong penghisap pada bagian atas tungku kompor. Karena itu, Anda juga dapat memanfaatkannya sebagai bagian dari dekorasi dapur.

Dengan banyaknya pilihan merk dan model alat penghisap asap yang dapat Anda pilih dengan menyesuaikan bentuk dan desain dapur Anda, sehingga akan menambah kesan minimalis dan mewah pada ruangan masak Anda.

3. Model Chimney Style

Alat pengisap asap dengan model chimney style berbentuk mirip cerobong asap yang ditempel kan ke dinding bagian belakang dapur Anda. Untuk menghilangkan asap kotor pada dapur akibat dari aktifitas memasak di dapur, pada bagian penghisap asap dapur terdapat pipa elastis yang diarahkan ke luar ruangan.

Pipa tersebut bekerja dengan cara menghisap semua asap dan kotoran debu pada area dapur dan juga dapat mengurangi potensi suhu panas akibat dari api kompor yang menyala.

4. Model Island

Sekilas, cooker hood model island memiliki model yang mirip dengan chimney. Namun, pemasangan penyedot asap dapur model island membutuhkan langit-langit dapur yang cukup tinggi dan kokoh. Jika tidak, cooker hood tidak akan terpasang dengan baik karena model alat penghisap asap ini memiliki ukuran yang cukup besar.

Penggunaan alat penghisap asap model island banyak digunakan pada food industry, seperti restoran, hotel, rumah makan cepat saji dan catering makanan mewah yang memiliki aktifitas dapur tinggi dan rutin.

5. Model Conventional atau Visor

Pengisap asap dapur model ini dapat dipasang dengan cara ditancapkan langsung pada dinding luar ruangan dapur Anda. Model ini sudah sangat jarang ditemukan yang ukurannya cukup besar dengan lebar standar 60 cm. Sehingga banyak yang menganggap model alat ini sudah ketinggalan zaman dan tidak efisien lagi.

Namun pada sebagian negara khususnya amerika latin dan afrika masih banyak yang menggunakan model alat ini, hal ini tentu saja membuat produsen pembuat model conventional masih terus memproduksi model penghisap asap ini.

Cara Memilih Cooker Hood

blower penghisap asap
blower penghisap asap

Karena cooker hood atau kipas penyedot asap dapur ini sangat penting, baik dari segi fungsinya ataupun desain nya, ada baiknya Anda mempertimbangkan dengan baik sebelum membeli. Jangan sampai setelah dipesan, ukurannya ternyata tidak sesuai atau modelnya tidak cocok dengan desain dapur Anda. Hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain adalah:

1. Pilih Cooker Hood Sesuai Ukuran Dapur

Ketika melihat penghisap asap dapur harga murah atau yang desain nya bagus, jangan buru-buru tergoda membeli. Lihat lagi dimensi nya apakah sudah sesuai dengan ukuran kompor. Kalau kompor di dapur Anda memiliki ukuran lebar 90 cm, belilah cooker hood yang ukurannya sama.

Baca Juga : Cara Pasang Kloset Duduk dan Jongkok Otomatis yang Benar

Selanjutnya, ukuran juga harus dipertimbangkan saat pemasangan. Beri jarak yang cukup antara bagian atas kompor dengan unit cooker hood setidaknya 75 cm. Kalau sekiranya langit-langit Anda terlalu rendah dan model penghisap asap dapur terlalu panjang, jarak akan terlalu sempit dan menyulitkan Anda saat memasak.

2. Perhatikan Tingkat Kebisingan

Jika Anda suka memasak dalam situasi yang tenang, mempertimbangkan tingkat kebisingan penghisap asap dapur adalah hal yang penting. Untuk mengukur tingkat kebisingan, Anda bisa menggunakan alat pengukur dengan satuan desibel atau dB.

Tingkat kebisingan yang paling ideal di dapur berkisar 60 dB. Nilai ini setara dengan tingkat kebisingan dua orang yang tengah mengobrol. Ada banyak sekali pilihan cooker hood tanpa cerobong yang bagus dan tidak berisik.

3. Pilih Cooker Hood yang Dilengkapi Sensor

Bagi sebagian orang, aktivitas memasak kadang harus dilakukan bersamaan dengan aktivitas lain. Ini kerap membuat Anda abai dengan situasi di atas kompor. Jika Anda tipikal orang yang pelupa, ada baiknya mempertimbangkan untuk membeli alat yang memiliki advanced sensor control.

Adanya kontrol ini akan secara otomatis mengingatkan Anda untuk menyalakan penghisap asap dapur saat memasak. Ini tentu akan membuat aktivitas di dapur menjadi lebih aman.

4. Pilih Harga Cooker Hood Sesuai Budget

Hal terpenting lain yang tidak boleh dilupakan ketika memilih cooker hood adalah mempertimbangkan harga. Setiap model memiliki fitur dan fungsi yang beragam. Harganya pun bervariasi, kalau Anda khawatir dana yang tersedia tidak sesuai, pertimbangkan untuk memilih model dengan spesifikasi yang lebih rendah atau membeli cooker hood bekas.

Baca Juga : Cara Pemasangan Water Heater Gas dan Listrik Tanpa Bobok

Dengan mempertimbangkan kebutuhan alat cooker hood yang akan Anda gunakan dengan cermat, Anda akan juga dapat menghemat biaya pengeluaran yang dapat Anda pergunakan untuk kebutuhan lainnya.

Cara Pasang Cooker Hood

Cara pemasangan penghisap asap dapur dengan tahapan yang benar dapat Anda lihat pada video berikut ini, setiap tahapan pemasangan akan berbeda-beda tergantung dari model dan jenis merk perangkat cooker hood yang Anda beli. Namun secara umum tidak akan  jauh berbeda dengan cara yang kami contoh kan pada video berikut ini.

Itulah berbagai informasi mengenai penghisap asap dapur yang dapat ilmu bangunan bagikan pada Anda sebagai referensi terbaik. Temukan cooker hood yang hemat listrik dengan harga terbaik melalui toko perlengkapan rumah tangga terdekat di kota Anda maupun toko online terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *