model pagar minimalis
model pagar minimalis

Model Pagar Minimalis Modern Mewah Gerbang Rumah Terbaru

Model Pagar Minimalis – Pagar merupakan bagian yang sangat penting bagi sebuah rumah. Tidak hanya berfungsi untuk menambah nilai estetika, keberadaan pagar akan meningkatkan keamanan di dalam rumah. Ada banyak sekali jenis dan model pagar minimalis yang bisa Anda pilih. Mulai dari pintu gerbang klasik, pagar rumah sederhana sampai desain pagar minimalis.

Gerbang pagar minimalis menjadi favorit banyak orang. Selain bisa diaplikasikan ke berbagai jenis bangunan dengan berbagai gaya desain, bahan yang digunakan untuk membuat pagar tempa minimalis juga beraneka ragam. Anda bisa membuat pagar rumah minimalis dari besi, baja, stainless hingga dari kayu.

Contoh Pagar Rumah Minimalis

Sedang mencari ide untuk membuat pagar rumah namun belum menemukan konsep? Pintu gerbang minimalis mungkin adalah gaya yang Anda cari. Ada beberapa contoh dan desain yang bisa Anda jadikan referensi. Simak ulasannya berikut ini!

1. Model Pagar Besi Minimalis Mewah

model pagar besi minimalis mewah
model pagar besi minimalis mewah

Banyak orang yang menggunakan pagar dari besi karena daya tahannya yang tinggi. Namun untuk desain yang mewah, pagar besi identik dengan mode ukiran. Namun bukan berarti Anda tidak bisa membuatnya tampil lebih sederhana. Ada berbagai cara membuat pagar besi minimalis di rumah Anda agar terlihat lebih mewah.

Salah satu cara yang bisa Anda coba adalah dengan memadukan material besi dengan material lain seperti kayu atau batu. Salah satu contoh desain bisa Anda lihat di atas.

2. Pagar Laser Cutting Minimalis

model pagar laser cutting minimalis
model pagar laser cutting minimalis

Jenis pagar minimalis selanjutnya adalah model laser cutting. Pagar jenis ini dibuat dengan menggunakan material besi juga. Hanya saja diberi tambahan berupa ornamen dari plat besi atau stainless yang sudah diukir sesuai dengan selera pemiliknya. Teknik ukir inilah yang disebut dengan cutting.

Kebanyakan pagar laser cutting dibuat dengan warna hitam. Tapi kalau Anda ingin menggunakan nuansa putih atau warna lain yang Anda sukai, Anda tinggal mengubah warna cat saja. Kebanyakan orang memilih menggunakan warna putih atau cokelat yang cenderung netral untuk gaya minimalis.

3. Pagar Minimalis Kayu

model pagar minimalis kayu
model pagar minimalis kayu

Macam model pagar minimalis selanjutnya yang bisa diterapkan ke rumah Anda adalah pagar kayu. Pagar rumah kayu minimalis memang lebih identik dengan rumah zaman dulu atau rumah di pedesaan. Tapi itu tak lantas membuat material kayu jadi ketinggalan zaman. Kalau Anda bisa memilih gaya yang sesuai serta bahan kayu yang berkualitas, pagar kayu Anda pasti akan semakin menarik.

Desain pagar kayu sendiri sangat beragam. Mulai dari desain biasa yang paling klasik seperti contoh di atas sampai pagar kayu yang dipadukan dengan material besi. Apapun gaya rumah Anda, pagar kayu tidak akan pernah kehilangan pesona. Gunakan warna asli kayunya untuk mendapatkan kesan hangat, ya!

4. Pagar Minimalis Gabion Wall

model pagar minimalis gabion wall
model pagar minimalis gabion wall

Model pagar rumah minimalis yang bisa dijadikan inspirasi selanjutnya adalah model gabion wall ini. Gabion wall dalam bahasa Indonesia dikenal dengan sebutan bronjong. Bronjong sebenarnya berguna untuk memperkuat dan melindungi tebing atau menjaga tepi sungai. Namun belakangan banyak desainer yang menjadikan konsep ini untuk membuat pagar.

Karena modelnya terlihat sangat simple, Anda sebaiknya memadukan pagar jenis bronjong ini dengan material lain seperti besi atau kayu. Contohnya dapat dilihat pada gambar di atas.

5. Pagar Gerbang Minimalis Bambu

model pagar minimalis bambu
model pagar minimalis bambu

Salah satu material pagar yang sudah cukup lama digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah bambu. Selain bisa menggantikan kayu, material bambu lebih ringan dan harganya juga lebih terjangkau. Jika di poles, bambu bisa memberikan tampilan etnik sekaligus mewah dan modern. Salah satunya bisa Anda lihat pada contoh desain di atas.

Baca Juga : Desain Taman dalam Rumah Minimalis Ruang Tamu Modern

Pagar bambu di atas menggunakan bingkai atau frame utama berbahan besi. Sementara untuk mengisi bagian tengah frame, batangan bambu yang sudah di poles disusun rapi secara vertikal. Selain menggunakan frame besi, Anda juga bisa memanfaatkan material kayu untuk kesan alami yang lebih kental. Kalau modal Anda terbatas, pagar bambu tanpa frame juga bisa tampil sama menariknya.

6. Pagar Minimalis Kaca Buram

model pagar minimalis kaca buram
model pagar minimalis kaca buram

Pagar minimalis terbaru atau model pagar minimalis modern yang banyak digunakan di kawasan perkotaan adalah pagar kaca buram. Untuk menggunakan material kaca, Anda sebaiknya memadukan dengan bahan lain. Terutama jika kaca yang memiliki daya tahan yang kurang baik. Memadukan dengan besi atau kayu bisa jadi opsi yang menarik.

Baca Juga : Model Atap Rumah Minimalis Bentuk Rumah Tampak Depan

Karena mudah pecah dan dipecahkan, banyak orang menggunakan pagar kaca buram untuk lantai kedua atau balkon. Jika ingin menggunakan kaca sebagai material pagar utama, Anda sebaiknya memilih jenis kaca yang benar-benar kuat.

7. Pagar Putih Modern Horizontal

model pagar putih modern horizontal
model pagar putih modern horizontal

Untuk memberikan kesan modern pada hunian, Anda bisa melakukannya dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan memilih desain pagar yang sesuai. Salah satu contoh pagar minimalis dengan gaya modern yang kental bisa Anda lihat pada contoh desain di atas. Menggunakan bilah-bilah kayu yang disusun horizontal, desain tampak simple namun terlihat mewah.

8. Pagar Besi Horizontal

model pagar besi horizontal
model pagar besi horizontal

Gaya minimalis lekat dengan garis-garis yang bersih, warna-warna basic dan desain yang tidak ribet. Semua ini bisa Anda temukan pada pagar besi dengan garis-garis horizontal di atas. Atur ketinggian pagar sesuai dengan kebutuhan Anda agar privasi seluruh anggota keluarga terlindungi dengan baik.

9. Pagar Minimalis Rustic

model pagar minimalis rustic
model pagar minimalis rustic

Ketika halaman belakang menjadi tempat untuk melakukan beragam aktivitas, pagar adalah dinding sekunder yang penting bagi rumah dengan konsep rumah tropis. Meskipun dari luar pagar tidak terlihat istimewa, namun dari dalam interior tetap harus cantik dan fungsional. Ini penting agar semua anggota keluarga maupun tamu yang datang bisa betah duduk berlama-lama.

Salah satu inspirasi desain pagar kayu minimalis yang sangat layak untuk diaplikasikan adalah model pagar minimalis bergaya rustic ini. Selain simple, material kayu dengan finishing membuatnya terlihat mewah sekaligus hangat.

Pagar Minimalis untuk Rumah

Selain memilih model, ada berbagai hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih jenis pagar minimalis untuk rumah. Setiap rumah memerlukan jenis pagar yang berbeda-beda, tergantung daerah di mana Anda tinggal. Kesalahan memilih jenis dan material pagar akan membuat proteksi terhadap rumah menjadi tidak maksimal.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih model pagar minimalis untuk hunian Anda. Apa saja?

1. Jenis Material Pagar

Pada ulasan sebelumnya, kita sudah membahas beberapa jenis material yang biasa digunakan untuk membuat pagar minimalis seperti kayu, besi, bambu hingga batu. Masing-masing jenis material ini harus disesuaikan dengan kondisi lingkungan tempat tinggal Anda agar tetap aman dan tidak mudah rusak.

Baca Juga : Desain Kolam Ikan Minimalis untuk Halaman Belakang Rumah

Untuk daerah dengan kelembaban tinggi misalnya, penggunaan pagar kayu tidak dianjurkan. Ini karena pagar kayu mudah lapuk dan rusak.

2. Pemilih Warna

Untuk menciptakan kesan minimalis, Anda dianjurkan untuk menggunakan warna-warna dasar seperti hitam, putih, abu-abu, warna pastel dan warna kayu. Tampilan yang polos tak hanya akan memberikan kesan simple, tapi juga elegan.

3. Kombinasi Dekorasi Lampu

Pagar akan terlihat lebih menarik jika Anda menyertakan beberapa dekorasi. Untuk menampilkan setiap bagian dari detail pagar, Anda bisa memanfaatkan cahaya lampu sorot. Keberadaan lampu tidak hanya akan jadi sumber penerangan di bagian luar rumah tapi juga membuat tampilan pagar rumah mewah jadi lebih eksklusif.

Demikianlah ulasan tentang model pagar minimalis, contoh desain dan tips memilih jenis pagar untuk rumah Anda. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *