cara pemasangan membran bakar
cara pemasangan membran bakar

Cara Pemasangan Membran Bakar Waterproofing Anti Bocor Terbaik

Membran Bakar Waterproofing – Ada cukup banyak jenis waterproofing yang mungkin sudah Anda ketahui sebagai salah satu teknologi pelapisan anti bocor pada konstruksi. Waterproofing sendiri juga dikenal dengan basement waterproofing system yang sering kali digunakan pada berbagai macam kebutuhan yang dikhususkan pada konstruksi bangunan.

Dalam pembahasan ini, salah satu jenis waterproofing yang kini cukup populer dan efektif dalam penggunaannya adalah membran bakar atau membrane waterproofing atau bitumen waterproofing. Penggunaan jenis waterproofing membran ini dinilai sangat efektif dan dapat bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama dalam kondisi ekstrim sekalipun.

Cara pemasangan membran bakar yang terbilang cukup mudah untuk dilakukan dan dalam waktu yang singkat, menjadikan banyak bermunculan penyedia jasa pemasangan waterproofing membrane bakar diberbagai kota di Indonesia. Namun dalam pembahasan ini ilmubangunan.com akan membagikan apa itu waterproofing membran, jenis-jenisnya dan cara pemasangannya sebagai roof waterproofing.

Apa Itu Membran Bakar?

membran bakar adalah
membran bakar adalah

Membran bakar merupakan salah satu jenis waterproofing yang dibuat secara khusus dan biasa digunakan pada proyek pembangunan pembangunan. Penggunaan waterproofing ini diterapkan pada rumah, roof deck, balcony, retaining wall, dan beberapa proyek lain.

Bahan yang terkandung dalam jenis waterproofing ini adalah campuran zat kimia khusus dan lembaran aspal. Material waterproofing ini juga berbentuk lembaran yang berbahan modified bitumen, dan diperkuat dengan serat tulang dari non-woven polyester.

Hingga saat ini, jenis waterproofing tersebut sangat banyak digunakan, dengan berbagai alasan. Tentu saja alasan tersebut tidak terlepas dari banyak keunggulannya yang memang sangat menguntungkan proyek, dan memberi dampak positif pada struktur bangunan beton yang dilapisinya.

Sifat Membran Bakar

Waterproofing yang satu ini memiliki sifat yang jauh berbeda dengan jenis waterproofing lainnya. Hal ini bisa dilihat dari cara penggunaannya yang harus dibakar terlebih dahulu, namun pembakarannya pun tidak sembarangan. Ada cara tersendiri untuk melakukannya dan hal ini harus dikerjakan oleh ahlinya.

Jika proses pemasangannya tidak dilakukan dengan baik, maka akibatnya akan sangat fatal. Hal ini akan berdampak pada fungsinya yang tidak maksimal, dan hasilnya pun tidak akan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Fungsi Membran Bakar

Membran bakar memiliki banyak sekali fungsi yang akan sangat menguntungkan penggunanya. Beberapa fungsi dari penggunaan waterproofing tersebut adalah sebagai berikut.

1. Pencegah Kebocoran

Sebagaimana waterproofing pada umumnya, jenis yang satu ini berfungsi sebagai pencegah  kebocoran yang bisa terjadi pada atap maupun dak bangunan rumah Anda yang terbuat dari beton. Kebocoran ini sendiri bisa disebabkan oleh adanya keretakan maupun rembesan yang diakibatkan besarnya pori-pori pada beton tersebut.

Rembesan air yang paling sering terjadi adalah ketika terjadi genangan air pada area dak atap rumah dalam waktu yang cukup lama, jika tidak diberikan lapisan waterproofing yang dapat menahan air agar tidak merembes pada pori-pori beton.

2. Bisa Meredam Suara

Jika ingin membangun gedung atau ruangan yang kedap suara, maka membran bakar ini bisa membantu untuk dapat mengurangi intensitas getaran suara. Umumnya, membran yang pemasangannya dilakukan dengan metode pembakaran ini juga dapat dijadikan sebagai pelapis dinding agar kedap suara.

Penggunaan waterproofing membran dapat diaplikasikan pada dak lantai, kolam renang, kolam ikan, kamar mandi dan dinding bangunan yang terexpose secara langsung dengan air.

3. Pencegah Pumping Jalan Beton

Selanjutnya, jenis waterproofing ini juga bisa digunakan sebagai pencegah pumping yang terjadi pada sambungan jalan beton yang dibangun dengan material solid. Penggunaan membran bakar betujuan untuk memutup sambungan beton pada jalan rigid agar tidak terjadi retakan pada saat memuai karena panas.

Selain itu pemberian waterproofing pada sambungan beton juga bertujuan agar air tidak masuk dan merembes pada sela-sela sambungan beton yang dapat mengakibatkan kerusakan pada strukutur beton.

Keunggulan Membran Bakar

Jenis membran untuk waterproofing ini tentu juga memiliki banyak keunggulan. Hal inilah yang membuatnya banyak digunakan dalam berbagai  konstruksi bangunan. Berikut adalah beberapa keunggulan dari waterproofing tersebut yang perlu Anda ketahui.

1. Bahan Elastis

Keunggulan pertama dari pemakaian jenis waterproofing membran ini adalah bahannya sangat kuat dan memiliki elastisitas yang baik, meski digunakan pada cuaca ekstrim sekalipun. Hal ini akan sangat membantu bangunan untuk tetap dalam kondisi baik, meski dalam kondisi cuaca yang cukup buruk, seperti musim hujan lebat.

Waterproofing jenis ini dapat bertahan hingga puluhan tahun jika diaplikasikan dengan cara yang benar, serta penting bagi Anda untuk memilih merk produk dan aplikator waterproofing yang berpengalaman.

2. Dapat Bertahan Lama

Material membran sebagai lapisan waterproofing memang dikenal cukup efekstif mencegah lemban, rembes hingga bocor pada bangunan konstruksi. Penggunannya juga beragam, namun jenis waterproofing membran dapat diaplikasikan pada berbagai macam media seperti beton, atap, besi dan batu.

kekuatan daya rekat yang baik dan mampu bertahan dalam dari kondisi cuaca yang ekterim membuat jenis membran bakar ini banyak digunakan, khususnya sebagai pelapis dinding dan lantai kolam renang, lantai kamar mandi serta konstruksi lainnya yang memiliki resiko tidak terlindung dari air.

3. Tahan Terhadap Kelembaban

Keunggulan berikutnya dari waterproofing ini adalah sangat tahan terhadap kelembaban yang cukup tinggi. Hal ini tentu akan membantu bangunan agar tidak mudah keropos akibat jamur. Bahkan di musim yang sangat rawan akan udara lembab, bangunan akan tetap baik kondisinya saat Anda menggunakan material tersebut.

Membran bakar jenis membran dapat melapisi permukaan lantai dan dinding dari resiko rembesan air karena lembaran membran memiliki sangat kecil pori. Selain itu jika permukaan membran sudah semakin lama terpapar panas matahari maka tingkat kerekatan dan pori pada permukaannya semakin hilang.

4. Tahan Terhadap Suhu Ekstrim

Jenis material ini juga sering digunakan karena kemampuannya yang cukup ampuh dalam menghadapi suhu rendah maupun tinggi yang berubah dengan cepat. Selain itu, jenis waterproofing yang satu ini juga sangat kuat terhadap paparan sinar matahari. Dengan kemampuan adaptasi yang fleksibel inilah, material tersebut semakin banyak diminati.

Pemasangan membran pada semua jenis material juga tergolong cepat dan mudah, namun penting bagi Anda yang akan menggunakan jenis material ini untuk memilih aplikator yang berpengalaman, guna menghindari terjadinya kesalahan.

5. Teksturnya Lentur

Keunggulan berikutnya dari material ini tidak lain adalah teksturnya yang lentur dan memiliki kestabilan yang baik pada dimensinya. Material dasar waterproofing jenis ini adalah karet dan latexs, meterial jenis ini sangat banyak digunakan untuk konstruksi bangunan-bangunan high rise building.

Karet memang dikenal baik dalam mencegah kebocoran dan getaran yang memungkinkan terjadinya retakan pada struktur bangunan baik lanngsung maupun tidak langsung yang sering terjadi.

6. Tahan Terhadap Tekanan

Membran bakar juga dipercaya tahan terhadap tekanan, benturan mekanik, maupun gesekan yang cukup keras. Tidak hanya itu, material ini juga tidak mudah robek ketika diaplikasikan pada permukaan lantai bangunan yang menjadi tempat aktifitas sehari-hari pengguna bangunan tersebut.

Lapisan membran dapat diaplikasikan pada bagian permukaan maupun pada bagian bawah keramik atau

7. Mudah Diaplikasikan

Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan membran ini adalah membran terbuat dari material yang sangat mudah merekat dan dapat dengan mudah dalam pengaplikasiannya. Tentu ini akan sangat membantu aplikator waterproofing membran dalam melakukan pekerjaan yang dalam waktu singkat.

Prosedur yang dilakukan pada pekerjaan pemasangan membran adalah membentangkan gulungan roll membran pada permukaan lantai yang telah dibersihkan dan di lumuri aspal cair sebagai media dasarnya. Kemudian membran di bakar dengan bertahap hingga membran merekat dengan sempurna.

Jenis Membran Bakar dan Fungsinya

jasa pemasangan waterproofing membrane bakar
jasa pemasangan waterproofing membrane bakar

Pemilihan membran ini sebagai pelapis beton merupakan salah satu pilihan yang tepat jika Anda memang ingin mengatasi kebocoran, kerusakan, hingga keretakan pada atap maupun dinding beton. Namun, perlu dipahami juga bahwa membran ini tersedia dalam beberapa jenis dan variasi warna yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan.

Jenis tersebut diklasifikasikan berdasarkan fungsinya yang juga berbeda. Jika ingin menggunakannya, maka Anda perlu memahami fungsi masing-masing jenis tersebut. Berikut rinciannya.

1. Membran Plain

Membran plain memiliki spesifikasi ketebalan mencapai 2,0 mm dengan kandungan material polymer surfaced. Fungsi dari membran plain ini bisa digunakan pada talang, lantai kamar mandi, atap, hingga dinding basement bangunan bertingkat. Penggunaan dapat diaplikasikan pada berbagai material konstruksi seperti besi, beton, seng dan lain sebagainya.

Namun jika Anda akan menggunakan jenis membran ini harap pertimbangkan terlebih dahulu luasan dan permukaan struktur yang akan di lapisi. Membran plain hanya digunakan untuk retakan pada struktur yang memanjang, material ini tidak efektif jika digunakan untuk permukaan yang luas.

2. Membran Sand

Jenis yang selanjutnya adalah membran sand. Jenis yang satu ini memiliki spesifikasi ketebalan mencapai 3,0 mm dengan memiliki material tambahan sand surfaced yang terdapat pada sisi permukaannya . Membran sand tersebut bisa Anda gunakan pada dinding basement, toilet, atap dan dak.

Baca Juga : Pengertian Coring Beton dan 8 Cara Core Drill Beton Test

Membran sand sangat sering digunakan pada permukaan dak lantai yang memungkinkan orang berlalu-lalang diatasnya. Membran sand memiliki ciri khusus, yaitu pada permukaannya setelah terpasang akan lebih kasar seperti berpasir dari pada sisi bawahnya, hal ini ditujukan agar dapat dilalui pejalan kaki tanpa khawatir terpeleset.

3. Membran Mineral

Jenis berikutnya adalah membran mineral atau berbatu. Membran jenis ini memiliki spesifikasi ketebalan sama dengan membran sand, yakni 3,0 mm granule surfaced. Untuk penggunaannya, Anda bisa mengaplikasikan membran jenis ini pada pembuatan talang, dak lantai bangunan dan khusus bagian atap.

Tidak jauh berbeda dengan membran sand yang memiliki lapisan pasir pada permukaannya, pada jenis membran mineral ini juga terdapat lapisan butiran batu kasar yang juga memiliki fungsi yang sama.

4. Membran Swimming Pool

Jenis yang terakhir dari waterproofing ini adalah membran swimming pool yang digunakan khusus untuk dinding dan lantai kolam renang. Membran jenis ini memiliki spesifikasi ketebalan mencapai 4,0 mm sand or polymer surfaced. Fungsi dari membran swimming pool ini, sesuai namanya, yakni khusus digunakan pada lokasi yang berkarakteristik seperti kolam dan akan menampung air.

Contoh penggunaannya seperti pelapis tangki air dan dinding struktur kolam renang agar selalu dalam kondisi kedap air. Namun dalam kondisi tertentu jenis membran ini juga digunakan dalam pekerjaan konstruksi seperti lapisan dinding basement bangunan dan watertreatmen tank.

Cara Pemasangan Membran Bakar

Setelah mengetahui berbagai informasi umum mengenai jenis waterproofing ini, tentu Anda juga tidak boleh melewatkan bagaimana metode pemasangannya yang benar. Dengan penerapan metode pemasangan yang tepat, maka hasil dan efeknya pada bangunan pun akan sangat baik.

Jika Anda tidak melakukannya dengan tepat, hal tersebut bisa mempengaruhi hasil konstruksi, sehingga perlu berhati-hati. Sedangkan informasi terkait cara pemasangannya sendiri adalah sebagai berikut.

1. Bersihkan Permukaan Struktur

Cara pemasangan yang pertama adalah, bersihkan terlebih dahulu struktur beton yang nantinya akan dilapisi dengan membran ini hingga terhindar dari butiran pasir dan debu yang dapat merusak kualitas membran. Pastikan Anda melakukan proses pembersihan ini dengan benar dan teliti.

Pembersihan juga dapat menggunakan mesin vacum khusus agar mempermudah pekerjaan pembersihan. Vacum yang digunakan haruslah memiliki daya hisap yang kuat dan dapat menghisap butiran padat.

2. Lapisan Dasar

Kemudian langkah selanjutnya adalah mulai untuk melabur atau melapisi pemukaan lantai beton menggunakan primer coating atau juga bisa menggunakan aspal cair dengan spesifikasi khusus. Untuk caranya, cukup dengan meratakan primer coating pada seluruh permukaan beton secara merata dengan ketebalan yang sama.

Baca Juga : Cat Epoxy Lantai dan Harga Epoxy dengan Merk Epoxy Terbaik

Pemberian lapisan primer coating ini bertujuan agar membran bakar dapat dengan sempurna merekat pada permukaan beton atau pun jenis material lainnya pada saat tahap pembakaran.

3. Pasang Membran Bakar Roll

Selanjutnya, pasang waterproofing ini pada seluruh permukaan beton dengan cara membakarnya. Lakukan pengecekan kerapatan dengan cara pembakaran lembaran membran secara merata pada keseluruhan lembaran roll membran. Pada saat pembakaran membran sambil di bentangkan agar dapat langsung terpasang.

Perhatikan sambungan antar lembaran membran agar jangan sampai terkelupas atau pun kurang bakar, karena dari sambungan membran tersebut paling sering sekali dapat masuk kedalam lapisan bawah membran.

Demikian penjelasan ilmubangunan.com terkait pengertian, fungsi, kelebihan, jenis, hingga cara pemasangan membran bakar yang mungkin perlu untuk Anda ketahui. Khususnya bagi pekerja konstruksi, material tersebut adalah salah satu aspek penting pada bangunan dengan struktur beton yang yang memerlukan lapisan khusus penahan air.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *