rockwool peredam suara
rockwool peredam suara

Harga Rockwool Peredam Suara dan Pengertian Rockwool

Harga Rockwool Peredam Suara – Rockwool atau busa rockwool merupakan salah satu material yang terbuat dari beberapa kombinasi batuan alam yakni batu bara, batu kapur dan batu basalt dengan kadar perbandingan tertentu. Setelah mengalami proses peleburan pada suhu tinggi, rockwool akan berubah bentuk menjadi serat yang bisa dipotong dan digunakan untuk berbagai keperluan.

Banyak orang yang mengenal rockwool sebagai media tanam hidroponik. Namun dalam industri bangunan, ada yang disebut dengan rockwool insulation. Rockwool insulation adalah rockwool yang memang dirancang untuk insulasi panas dan insulasi suara / peredam suara pada bangunan yang diaplikasikan pada dinding dan plafon ruangan.

Bagi Anda yang tinggal di perkotaan dengan polusi suara tinggi, memasang dinding dengan instalasi partisi adalah cara untuk meredam bising agar tidak mengganggu. Selain itu, berbagai tempat komersial seperti bisnis karaoke juga bisa menggunakan material rockwool peredam suara untuk mencegah suara di dalam agar tidak keluar.

Selain dengan harga rockwool yang cukup terjangkau, ada banyak lagi pilihan bahan peredam suara ruangan yang juga dimanfaatkan oleh masyarakat. Bisa dengan menggunakan busa telur sampai karet busa. Namun tentu saja peredam suara jenis rockwool memiliki berbagai kelebihan salah satunya adalah mampu menahan panas sehingga cukup multifungsi.

Fungsi Rockwool Insulation

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, penggunaan rockwool untuk peredam suara pada bangunan adalah untik mengisolasi atau membatasi bangunan tersebut dari suara bising. Namun ternyata kegunaan rockwool bukan hanya mengisolasi suara tapi juga lembap dalam ruangan dan panas.

Sebelum mencari penjual rockwool terdekat, ada baiknya Anda mengetahui kegunaan material satu ini. Untuk lebih memahami manfaat dan contoh aplikasi rockwool, Anda bisa menyimak ulasan lengkap fungsi dan kegunaan rockwool pada bangunan sebagai berikut!

1. Peredam Suara

Rockwool memiliki kemampuan mengurangi intensitas suara yang sampai ke telinga dari resonansi panel. Caranya adalah dengan mengubah getaran dari energi kinetik menjadi panas. Hal ini terjadi karena adanya tumbukan antar molekul di dalam bidang rockwool sebagai medianya.

Material peredam suara biasanya memiliki tekstur lembut dengan pori seperti busa. Namun keunggulan dari rockwool adalah sifatnya yang elastis dan tahan air. Selain mudah dipasang, bahan ini juga tahan lama karena tidak mudah basah. Ukuran rockwool peredam suara juga bermacam-macam dan bisa dipilih sesuai kebutuhan.

2. Melindungi Bangunan

Jika Anda mendirikan bangunan di daerah yang memiliki cuaca cenderung panas, menggunakan rockwool bisa menjadi solusi untuk melindungi bangunan dari panas ekstrem. Karena terbuat dari serat yang tidak mudah terbakar dan punya titik leleh tinggi, isolasi rockwool bisa melindungi rumah dari api. Efeknya jika terjadi kebakaran, Anda punya waktu lebih banyak untuk menyelamatkan diri.

Selain melindungi bangunan dari api, sifat rockwool yang anti air juga mencegah pembusukan karena jamur dan mampu mencegah pertumbuhan bakteri yang merusak bangunan. Karena tahan air, rockwool juga tidak mudah menyusut atau memuai.

3. Insulation Pipa

Saluran pipa di pabrik biasanya memiliki suhu tinggi yang bisa mempengaruhi lingkungan di sekelilingnya. Untuk meminimalisir hantaran panas ini, rockwool juga bisa digunakan. Dengan membungkus pipa menggunakan material ini, panas tidak akan keluar dan mengganggu area di sekitarnya.

Selain pada saluran pipa pabrik, pembungkus ini juga dipakai untuk melapisi tabung pendingin AC agat tidak terjadi kondensasi. Tujuannya adalah agar mesin pendingin dapat berfungsi dengan baik dan melindungi pipa dari risiko kerusakan.

Rockwool vs Glasswool, Apa Bedanya?

harga rockwool
harga rockwool

Selain rockwool, ada bahan peredam suara lainnya yang juga dikenal dalam industri konstruksi yakni glasswool. Meski banyak yang bingung membedakan, namun keduanya berbeda dari segi material. Seperti namanya, glasswool dibuat dengan menggunakan bahan baku fiberglass.

Dengan harga yang jauh lebih murah ketimbang material peredam suara lain, kemampuan glasswool juga cukup mumpuni dalam menyerap panas. Terutama jika ditempatkan di atap. Suhu udara di dalam bangunan juga akan terjaga konstan sehingga tidak akan terlalu panas atau terlalu dingin.

Harga rockwool memang cenderung lebih mahal daripada glasswool. Namun dari segi kesehatan, rockwool jauh lebih aman. Selain itu, glasswool cenderung lebih mudah terbakar, gampang menyerap air dan bisa berjamur. Glasswool juga sering disebut bisa mengakibatkan masalah sistem pernapasan.

Harga Rockwool

Sebelum memutuskan jenis peredam suara apa yang ingin digunakan pada bangunan Anda, penting untuk mencari informasi seputar harga rockwool peredam suara. Biasanya, untuk peredam suara, harga rockwool per meter lebih mudah ditemukan. Tapi jika ingin membeli dalam potongan kecil, beberapa toko menyediakannya.

Baca Juga : Harga Bambu Per Batang untuk Perancah Bangunan Terbaru

Anda bisa membeli rockwool murah maupun mahal pada distributor rockwool yang ada dikota Anda. Kalau harganya murah, biasanya produk tersebut tidak punya merek dan kualitasnya dipertanyakan. Kalau Anda punya budget yang cukup, tidak ada salahnya membeli merk rockwool harga lebih mahal namun kualitas lebih terjamin.

Selain merek, tebal rockwool juga berpengaruh pada harganya. Ketebalan yang dipilih juga sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan. Sebagai gambaran, harga rockwool per m2 sampai harga rockwool density 80, harga rockwool density 100 sampai 120 kg bisa Anda simak pada tabel berikut ini!

ROCKWOOLTEBALHARGA
Rockwool Slab Density 40 kg/m3500 mmRp. 45.000
Rockwool Slab Density 60 kg/m3250 mmRp. 35.000
Rockwool Slab Density 60 kg/m3500 mmRp. 55.000
Rockwool Slab Density 80 kg/m3250 mmRp. 45.000
Rockwool Slab Density 80 kg/m3500 mmRp. 65.000
Rockwool Slab Density 100 kg/m3250 mmRp. 45.000
Rockwool Slab Density 120 kg/m3500 mmRp. 125.000
Rockwool Slab Density 120 kg/m3250 mmRp. 145.000

Cara Pemasangan Rockwool

rockwool instalation
rockwool instalation

Sebagai material peredam suara, rockwool biasanya digunakan di studio, kantor rekaman, surat kabar dan teater pertunjukan. Karena ukuran umum yang tersedia di pasaran adalah 120 cm x 60 cm, Anda mungkin harus melakukan penyesuaian dan memotongnya agar pas. Kalau Anda akan menggunakannya sebagai pelapis plafon, kerangka yang digunakan untuk plafon bisa sekaligus dipakai untuk memasang rockwool.

Untuk pemasangan rockwool di langit-langit, terlebih dahulu Anda harus memasang plafonnya. Setelah terpasang, baru masukkan rockwool pada setiap celah kotak. Agar menempel dan tidak lepas, Anda bisa menggunakan paku atau kawat untuk menahannya. Setelah itu, tutup dengan menggunakan gypsum agar terlihat rapi dan enak dilihat.

Baca Juga : Harga Triplek Terbaru Berbagai Ukuran Tebal Triplek per Lembar

Setelah pemasangan pada langit-langit selesai, lakukan instalasi di dinding. Langkahnya kurang lebih sama dengan pemasangan di langit-langit yakni dengan membuat rangka kotakkan untuk meletakkan rockwool. Pastikan ukuran rangka nya tidak lebih besar dari ukuran lembaran rockwool agar bisa memadat dan menutup sempurna.

Supaya melekat kuat, Anda juga harus menggunakan penahan seperti paku atau kawat atau pengait lainnya. Setelahnya beri pelapis tambahan dengan peredam tambahan atau langsung beri penutup seperti gypsum atau karpet supaya tampak rapi.

Sebenarnya meredam suara dari luar bisa dilakukan dengan cara membuat rockwool sendiri. Tapi ini akan sangat sulit, terlebih jika Anda tidak paham bagaimana kualitas material yang digunakan. Karena itu, membeli langsung ke toko bangunan akan lebih praktis.

Sebelum menanyakan harga rockwool pada toko terdekat, pastikan Anda menjelaskan dengan rinci kebutuhan Anda. Ada berbagai jenis rockwool dengan berbagai tingkat ketebalan dan masing-masing punya kegunaan yang berbeda.

Itulah ulasan dari ilmu bangunan tentang peredam suara dan harga rockwool. Temukan peredam suara terbaik untuk bangunan Anda melalui toko terdekat atau e-commerce yang Anda percaya. Semoga informasi ini bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *