harga borongan pasang keramik
harga borongan pasang keramik

Harga Borongan Pasang Keramik Per Meter dan Kualitas Keramik

Diposting pada

Harga Borongan Pasang Keramik – Keramik lantai dan dinding kini menjadi sebuah kebutuhan yang tidak terpisahkan pada setiap bangunan. Pemakaian keramik menjadi bagian dekorasi dan komponen utama pada lantai dan arsitektural rumah, yang saat ini banyak ditemui pada desain-desain rumah modern.

Harganya yang relatif lebih murah dari pada jenis granit dan marmer, menjadikan jenis material finishing ini dapat dipakai pada semua bagian bangunan, mulai dari lantai, dinding, dekorasi depan, kolam renang dan meja dapur kini banyak yang menggunakan keramik.

Pemasang keramik pada bangunan ternyata ada harga borongannya. Dalam pembahasan ini ilmubangunan.com akan membahas jenis-jenis keramik berdasarkan kualitasya dan harga borongan pemasangan keramik yang mungkin berguna bagi Anda.

Harga Borongan Pasang Keramik

Bagi Anda yang belum tahu harga borongan pemasangan keramik yang sering dipakai tukang bangunan, adalah harga standar pekerjaan pemasangan keramik yang mampu dikerjakan oleh tukang untuk menggaji dirinya sendiri dalah sehari. Perlu Anda ketahui, harga borongan pasang keramik dihitung berdasarkan ukuran permeter persegi.

Selain permeter persegi, kualitas dari keramik juga berpengaruh dalam menentukan harga borongan pasang keramik tersebut. Dengan kualitas yang bagus dari dari jenis keramik tertentu, maka tidak akan heran harga borongan pasang keramik per meter akan sangat mahal.

Jika Anda berencana memasang keramik pada rumah Anda, maka kita sangat merekomendasikan untuk membeli keramik secara terpisah dengan upah pasang keramik yang akan dikerjakan tukang bangunan. Alangkah baiknya jika Anda membeli keramik sendiri di toko bangunan atau bahkan langsung distributor pembuatan keramik yang Anda ketahui.

Anda dapat menentukan sendiri jenis keramik yang akan digunakan, brand atau merek dan coraknya dari keramik tersebut. Ada beberapa brand keramik yang bisa bisa Anda coba, seperti Roman, Kia, Centrino, Platinum, Mulia, Garuda dan masih ada banyak brand lainnya.

Dan untuk pekerjaan pemasangannya Anda bisa serahkan ke pemborong atau tukang bangunan yang Anda percayakan, untuk proses pemasangannya saja guna menghemat biaya dan mendapatkan harga borongan pasang keramik yang terjangkau dengan budget Anda.

Tahukah Anda setiap brand keramik memiliki keunggulannya masing-masing yang tentu saja memengaruhi kualitas dari keramik itu sendiri. Nah, untuk kualitas keramik berdasarkan brand pastinya menawarkan kualitasnya dan harga yang berbeda. Namun, secara umum kualitas itu dibagi dalam tiga kategori, yaitu KW1, KW2 dan KW3.

Jenis Kualitas Keramik

harga borongan pasang keramik per meter
harga borongan pasang keramik per meter

Seringkali dari kebanyakan orang membeli keramik tidak terlalu peduli dengan kualitas dan jenis keramik yang akan dibeli. Tidak jarang dalam memilih keramik orang hanya membedakan berdasarkan corak bukan kualitas, karena kebanyak di luar sana yang tidak begitu paham mengenai hal tersebut.

Selain corak, banyak orang membeli keramik karena melihat harganya. Maka tidak jarang ketika sudah dipasang sering timbul rasa kecewa, karena hasil yang kurang memuaskan. Harus Anda ketahui, kualitas keramik sangat berpengaruh pada hasil akhir pemasangan keramik.

Berikut adalah perbedaan jenis kualitas keramik yang dapat dikelompokkan dalam tiga kategori.

1. Keramik KW1

Keramik golongan ini merupakan keramik yang memiliki kualitas terbaik atau dapat dikatakan hampir menyerupai kualitas keramik yang asli. Jika Anda menginginkan keramik yang berkualitas super, tentu Anda harus membeli keramik dari kategori ini. Keramik ini memiliki ukuran yang sangat persis, serta berguna untuk memudahkan dalam pekerjaan pemasangannya.

Pemasangan harus dilakukan dengan benar dan teliti, karena kualitas material yang baikpun jika dalam pengerjaannya tidak benar, maka hasilnya juga akan tidak baik.

2. Keramik KW2

Kualitas dari keramik KW2 ini sedikit di bawah kualitas keramik KW1. Dengan sederhananya, kualitas dari keramik golongan ini cukup bagus tetapi bukan yang terbaik. Pada keramik KW2 memiliki ukuran panjang dan lebar yang cukup persis. Hanya saja, terkadang pada bagian pinggirannya kurang rata, yang dapat menyebabkan terlihat kurang rapih.

Namun, hal tersebut wajar-wajar saja karena disesuaikan dengan harga dari keramik tersebut. Jadi, tidak masalah jika Anda membeli jenis keramik ini. Asalkan ukuran sudut yang presisi dan kualitas kekerasan yang dimiliki keramik masih baik maka Anda akan mendapatkan hasil yang baik.

3. Keramik KW3

Untuk Anda yang hendak menghemat anggaran dalam membeli keramik lantai atau dinding dengan harga yang terjangkau dan ramah dikantong. Keramik KW3 adalah alternatif yang dapat Anda pilih untuk kebutuhan pemasangan keramik pada rumah Anda. Umumnya keramik KW3 memiliki ukuran yang kurang presisi pada ukuran panjang dan lebarnya.

Selisihnya loss presisi pada ukurannya tiap sudutnya sekitar 0,5 – 0,10 mm, hal ini terjadi karena bahan dasar pembuatan keramik menggunakan material yang kurang baik dan proses pembakarannya kurang maksimal untuk menghemat biaya produksi pabrik.

Cacat produksi yang sering terjadi pada keramik KW3 adalah terkadang Anda akan menemui motif yang berbeda kepingan keramik satu dan yang lainnya atau pun mungkin warna yang tidak seragam. Selain itu lapisan glass pada permukaan kerami akan lebih mudah tergores dan buram jika terkena benda keras.

Apabila Anda memutuskan untuk membeli keramik KW3, Anda harus siap berpikir kreatif guna mengakalinya, karena pada hasil akhir tidak akan sebagus keramik KW1 dan KW2. Untuk terlihat rapi dan selaras, Anda bisa mencoba dengan memakainnya pada bagian yang bukan ruangan utama.

Baca Juga : Harga Borongan Baja Ringan Per Meter

Pemasangan keramik memang terlihat mudah, tapi sesungguhnya tidaklah semudah yang Anda terlihat. Dalam pemasangan keramik dibutuhkan ketelitian dan kesabaran, karena jarak antara nat haruslah presisi agar hasilnya rapi. Tidak mudah, bukan? Apabila pemasangannya asal-asalan dan tanpa perhitungan jelas akan merusak estetika dari keindahan ruangan.

Memilih jasa pemborong tukang keramik juga tidak bisa dilakukan dengan asal. Anda harus menggunakan jasa pemborong tukang keramik yang sudah berpengalaman dan profesional agar Anda tidak kecewa pada hasil akhir pemasangan keramik saat selesai. Dengan pernyataan tersebut, maka timbul pertanyaan berapakah harga borongan pasang keramik per meternya?

Harga Borongan Pasang Keramik

Cara pembayaran upah kerja tukang keremik dengan harga borongan akan menentukan cepat pekerjaan dan kemudahan, karena Anda tidak perlu repot untuk memikirkan tenaga kerja dan bahan yang akan digunakan. Apabila Anda memilih memakai tukang borongan beserta material sudah dapat dipastikan biaya yang akan Anda tanggung cukup mahal.

Anda juga harus tahu, ternyata harga borongan pasang keramik lantai dengan pasang keramik dinding dan plint keramik berbeda. Hal tersebut disebabkan harga borongan pasang keramik tergantung pada jenis keramik yang dipasang.

UKURAN KERAMIK HARGA
Keramik Lantai
Pasang Keramik Lantai Ukuran 25 x 25 Rp 25.000
Pasang Keramik Lantai Ukuran 30 x 30 Rp 28.000
Pasang Keramik Lantai Ukuran 40 x 40 Rp 30.000
Pasang Keramik Lantai Ukuran 60 x 60 Rp 32.500
Pasang Keramik Lantai Ukuran 80 x 80 Rp 45.000
Pasang Keramik Lantai Ukuran 100 x 100 Rp 65.000
Keramik Dinding
Pasang Keramik Dinding Ukuran 20 x 25 Rp 35.000
Pasang Keramik Dinding Ukuran 25 x 30 Rp 38.200
Pasang Keramik Dinding Ukuran 25 x 40 Rp 38.500
Pasang Keramik Dinding Ukuran 25 x 50 Rp 42.000
Pasang Keramik Dinding Ukuran 25 x 75 Rp 54.000
Pasang Keramik Dinding Ukuran 120 x 20 Rp 65.000
Pasang Keramik Dinding Ukuran 120 x 30 Rp 68.000
Pasang Keramik Dinding Ukuran 120 x 60 Rp 75.000
Pasang Keramik Dinding Ukuran 30 x 60 Rp 62.000
Pasang Keramik Dinding Ukuran 40 x 80 Rp 64.500
Pasang Keramik Dinding Ukuran 60 x 120 Rp 75.000

Selain itu, ada juga harga borongan pasang keramik lainnya yang didasarkan pada jenis pekerjaan dengan hitungan meter lari pada pekerjaan keramik.

BORONGAN KERAMIK HARGA 
Pasang Keramik Lantai Mozaik Rp 75.000
Pasang Keramik Lantai Pilar Rp 65.000
Pasang Klem + Pingul Rp 35.000
Pasang Klem Lantai Rp 28.000
Pasang Trap Tangga Rp 95.000
Pasang Trap Tangga + Pingul Rp 135.000
Pasang Border Keramik Rp 25.000
Pasang Plin Keramik Rp 18.500

Dengan pembahasan ilmubangunan.com mengenai daftar harga borongan pasang keramik per meter, tentunya Anda bisa mengatur keuangan juga sebagai rekomendasi agar Anda tidak tertipu ditipu oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi bagi Anda dan menambah wawasan dalam hal ilmu bangunan.

 

2 komentar.

  1. apakah borongan itu termasuk upah pasang dan material diluar keramik itu sendiri…dan berapa ya harganya per meter persegi ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *