harga baut baja ringan
harga baut baja ringan

Harga Baut Baja Ringan Per Dus dan Skrup Baja Ringan

Harga Baut Baja Ringan – Dengan harga material baja ringan yang terjangkau, material ini semakin populer digunakan sebagai alternatif bahan bangunan yang sangat efisien untuk menggantikan kayu. Selain itu, proses pembentukan dan pemasangan yang relatif lebih mudah. Untuk bisa mengakaitkan setiap bagian material ini diperlukan sekrup baja ringan atau baut baja ringan.

Harga baut baja ringan dan sekrup baja ringan umumnya cukup bervariasi, tergantung pada jenisnya dan ukuran yang akan digunakan., sebagai alat untuk menghubungkan batangan baja ringan. Cara kerja baut dan sekrup juga berbeda, baut biasanya dilengkapi dengan mur sebagai pengunci dengan ujung yang tumpul, sementara sekrup baja ringan memiliki ujung runcing dan pemasangan nya menggunakan mesin bor.

Baut baja ringan juga dapat digunakan sebagai baut roofing atau baut atap, perbedaannya terletak pada panjang ujung baut yang digunakan. Namun secara bentuk dan ukuran umum memiliki kesamaan yang sulit untuk dapat dibedakan. Dalam pembahasan ini ilmubangunan.com akan menjelaskan tentang harga baut baja ringan dan jenis-jenis baut baja ringan yang ada di pasaran.

Kelebihan Baja Ringan

baut roofing
baut roofing

Baja ringan tidak hanya efisien digunakan sebagai material untuk membuat rangka atap, tapi juga dapat digunakan sebagai rangka partisi dan dekorasi interior rumah lainnya. Semakin tingginya kebutuhan akan penggunaan jenis material tersebut, kini banyak produsen material baja ringan yang telah memiliki standar SNI untuk bahan baja ringan yang mereka produksi.

Berikut adalah beberapa kelebihan dalam penggunaan baja ringan sebagai material konstruksi selain dari sisi harga baut baja ringan dan material baja ringan yang cukup terjangkau.

1. Ringan dan Tahan Lama

Dengan bobot yang sangat ringan, proses pemasangan komponen bangunan yang terbuat dari baja ringan lebih mudah sehingga tidak memerlukan waktu yang lama dalam pekerjaannya. Walaupun ringan, soal kualitas dan daya tahan baja ringan sangat awet dan sudah teruji kualitasnya.

Penggunaannya juga tidak terbatas pada kondisi cuaca tertentu, sekalipun digunakan pada daerah dengan cuaca ekstrem, komponen seperti atap ruping baja ringan maupun rangka baja ringan dapat bertahan maksimal dalam waktu yang cukup lama. Selain itu baut baja ringan dan batangan baja ringan sudah dilapisi dengan galvanis sehingga menghindarkan dari korosi yang mungkin terjadi.

2. Bentuk Seragam

Kelebihan lain material konstruksi baja ringan adalah bentuk keseluruhan yang seragam antara satu dengan yang lainnya. Jika digunakan untuk membangun rangka struktur atap bangunan, tingkat konsistensi serta presisi bentuknya sangat sempurna. Hasilnya, bangunan yang dibuat akan terlihat rapi dan proporsional.

Hal ini dapat terjadi karena dalam proses pembuatan nya menggunakan mesin canggih yang mencetak batangan baja ringan dan baut baja ringan dengan sangat cepat dan presisi. Sehingga berdampak pada harga baut baja ringan yang juga relatif lebih tinggi dari pada jenis baut lainnya.

3. Anti Karat

Walaupun baut baja ringan dibuat dari bahan dasar metal, baja ringan termasuk juga baut baja ringan cukup baik menahan korosi yang dapat terjadi pada jenis material metal. Ini tentu akan memberikan jaminan kualitas yang baik bagi daya tahan struktur rangka atap bangunan dalam jangka waktu yang lama ketika sudah digunakan.

Jenis material ini juga dapat di daur ulang menjadi jenis material bangunan lainnya jika sudah tidak digunakan lagi, sehingga dapat mengurangi dampak limbah bangunan efek dari penggunaan material bangunan yang tidak tepat guna.

Kekurangan Baja Ringan

Begitu juga dengan kekurangan material baja ringan, disamping memiliki begitu banyak kelebihan dan keutamaan pada penggunaannya dalam konstruksi bangunan, jenis material ini juga memiliki kekurangan yang penting untuk Anda ketahui. Berikut adalah beberapa kekurangan baja ringan.

1. Harga Relatif Tinggi

Material yang terbuat dari baja ringan seperti rangka baja ringan, baut baja ringan, reng baja ringan dan atap terbilang cukup memiliki harga yang lebih tinggi daripada jenis material lainnya. Namun ini sebenarnya cukup sebanding dengan daya tahan yang ditawarkan dan masa pemakaiannya relatif lebih lama.

Selain itu, harga baut baja ringan yang tinggi akan sebanding dengan kualitasnya sehingga dapat mempermudah pemasangan komponen seperti rangka dan atap baja ringan.

2. Ketelitian Pemasangan

Untuk menghasilkan struktur rangka atap bangunan yang baik dan berkualitas, proses perakitan baja ringan harus dilakukan dengan penuh perhitungan dan ketelitian. Termasuk ketika memasang baut baja ringan dan tahap pembentukan antar rangka baja ringan. Jika kurang kencang rangka bisa longgar sehingga akan cukup membahayakan.

Selain itu, ukuran baut baja ringan atau ukuran baut ruping juga harus sesuai dengan kebutuhannya dan harga baut baja ringan yang akan digunakan. Hal ini bertujuan agar ketika pemasangan rangka tidak terjadi longgar atau sampai putus karena diameter baut yang terlalu kecil.

Jenis Sekrup Baja Ringan

ukuran sekrup baja ringan
ukuran sekrup baja ringan

Baut baja ringan juga memiliki beberapa jenis baut yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan dan pekerjaan konstruksi. Keseluruhan jenis baut baja ringan memiliki bentuk dan ukuran baut baja ringan yang berbeda-beda, tergantung pemakaian dan media material yang akan digunakan.

Baca Juga : Harga Besi Beton per Kg Terbaru Jenis Polos dan Ulir Lengkap

Berikut adalah beberapa jenis-jenis baut baja ringan yang terdapat secara umum dijual di toko bangunan terdekat dengan harga baut baja ringan yang beragam.

Self Drilling Screw (SDS)

Self Drilling Screw atau yang lebih sering disebut SDS adalah baut roofing baja ringan dan jenis genteng metal. Ujungnya tajam mirip dengan mata bor. Jika Anda mencari SDS berkualitas terbaik, gunakan SDS Roof Plus, pada bagian ujung yang tajam tidak akan mudah tumpul walaupun sudah dipakai berulang-ulang.

Disebut dengan sekrup SDS karena kemampuannya untuk melubangi dan mengikat struktur baja ringan dengan kuat. Pemilihan sekrup baja ringan harus dilakukan dengan teliti dan mengikuti standar ukuran yang direkomendasikan. Screw SDS memiliki harga baut baja ringan yang cukup tinggi namun sebanding dengan kualitas yang mereka berikan.

Self drilling screw juga tersedia dalam berbagai ukuran baut yang dapat Anda gunakan, mulai dari ukuran SDS 12-24×45, SDS 8-18×13 dan  SDS 12-24×20 bisa digunakan untuk kebutuhan yang berbeda.

Sekrup Gypsum

Sekrup gypsum berfungsi untuk mengikat papan gypsum pada rangka baja ringan yang biasa digunakan untuk pekerjaan partisi dan plafon sehingga cukup kuat melekat. Sekrup gypsum juga memiliki kelebihan yang mampu melubangi baja ringan dengan mudah karena terbuat dari material baja solid. Harga baut baja ringan dengan bahan baja solid cukup tinggi ketimbang harga baut baja ringan standar.

Ujung kepala sekrup gypsum umumnya memiliki bentuk bulat dengan cekungan yang berguna untuk memasukkan mata obeng saat proses pemasangan. Dalam industri rumah tangga, sekrup ini dimanfaatkan untuk menempelkan dekorasi rumah tangga ke dinding, langit-langit plafon dan keperluan prabot rumah lainnya.

Dynabolt

Dynabolt sering juga disebut sebagai baut tanam tembok, karena baut dynabolt memang memiliki ciri pemasangan dengan ditanamkan pada bagian dinding atau pun beton pada bangunan. Komponen ini biasanya dipakai untuk menggabungkan beton dengan bagian struktur bangunan.

Baut dynabolt memiliki perbedaan dengan baut biasa, yakni adanya bagian silinder pada badan baut yang berfungsi sebagai pengunci ketika sudah dikencangkan pada struktur bangunan karena pada bagian silinder baut bentuknya akan mengembang. Harga baut baja ringan jenis dinabolt ini cukup mahal, per buahnya dijual dengan harga Rp. 2500 hingga Rp. 5000 tergantung dari ukuran baut.

Baut Roofing

Baut roofing atau sekrup ruping merupakan jenis baut yang biasa digunakan dalam proses pemasangan atap. Sekrup dan baut ini bisa digunakan untuk menyambungkan berbagai jenis komponan atap bangunan baik polycarbonate, atap plastik gelombang sampai rangka baja ringan.

Baca Juga : Harga Plat Besi Berlubang per Lembar semua Ukuran Terbaru

Ada berbagai jenis baut untuk ruping baja ringan yang dapat ditemukan di pasaran. Ada paku spandek, skrup galvalum sampai skrup spandek. Ukuran baut baja ringan dan materialnya juga bervariasi sehingga bisa dipilih sesuai kebutuhan Anda.

Harga Baut Baja Ringan

Setelah mengetahui kelebihan baja ringan dan jenis-jenis baut serta sekrup, Anda juga perlu mengetahui harga baut baja ringan per dus dan harga sekrup baja ringan per dus. Ini akan memudahkan Anda untuk memilih dan membuat perencanaan biaya pembangunan. Untuk daftar harganya, simak tabel berikut ini!

BAUT ROOFINGUKURANHARGA
Baut Screw Roofing Putih (100 pcs)8 X 1-2Rp. 11.600
Screw Baja Ringan Standar (100 pcs)10 X 19Rp. 72.500
Baut Screw Roofing Kuning (100 pcs)12 X 45Rp. 35.500
Screw Baja Ringan Standar (100 pcs)10 X 16Rp. 14.000
Drilling Screw SDS Roffing (100 pcs)12 X 25Rp. 23.000
Baut Screw Roofing (100 pcs)8 X 13Rp. 15.000
Baut Screw Roofing  20 cm8 X 13Rp. 32.000
Drilling Screw SDS Roffing (100 pcs)12 X 20Rp. 20.000
Baut Screw Roofing  Zolo (100 pcs)8 X 25Rp. 107.500
Baut Screw Reng (100 pcs)10 X 16Rp. 160.000
Drilling Screw SDS Roffing (100 pcs)10 X 16Rp. 16.500
Baut Screw Roofing (100 pcs)12  X 65Rp. 45.900
Baut Screw Roofing (100 pcs)12 X 35Rp. 31.000
Baut Screw Roofing (100 pcs)12 X 20Rp. 25.000
Baut Screw Roofing (100 pcs)10 X 19Rp. 185.000
Baut Screw Roofing  Zolo (100 pcs)8 X 38Rp. 150.000
Baut Screw Roofing Kuning (100 pcs)12 X 100Rp. 90.000
Baut Screw Roofing Kuning (100 pcs)12 X 70Rp. 48.900
Baut Baja Ringan FAB (100 pcs)6 X 25Rp. 12.200
Sekrup Baja Ringan (100 pcs)10 X 16Rp. 140.000
Sekrup Wafer Head (50 pcs)8 X 19Rp. 6.900
Sekrup Wafer Head (100 pcs)10 X 22Rp. 55.750
Baut Galvalum (100 pcs)12 X 50Rp. 55.000
Dynabolt (100 pcs)12 X 99Rp. 206.100
Dynabolt (100 pcs)12 X 75Rp. 169.700
Dynabolt (100 pcs)8 X 65Rp. 70.200
Baut Sekrup Spandek (500 pcs)12 X 20Rp. 145.195

Dari tabel daftar harga baut baja ringan di atas, Anda dapat memperoleh gambaran berapa harga sekrup baja ringan yang ada pada toko bangunan terdekat di kota Anda. Anda dapat memiliki baut baja ringan yang sesuai dengan kebutuhan bangunan Anda.

Memilih Ukuran Sekrup Baja Ringan

Setelah mengetahui harga baut roofing dan harga baut baja ringan, hal yang tidak kalah penting yang sebaiknya diketahui adalah cara memilih ukuran baut baja ringan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Berdasarkan tujuan pemasangan baut baja ringan dalam pekerjaan konstruksi, Anda dapat menerapkan beberapa tips berikut ini.

  1. Untuk pemasangan kuda-kuda atap baja ringan, ukuran sekrup yang dapat Anda gunakan adalah 10-12 x 19-20 mm.
  2. Untuk pemasangan atap spandek, gunakan 2 ukuran sekrup yakni sekrup ruping ukuran 12 x 50 dan ukuran 12 x 70 tergantung dari ukuran gelombang atap yang Anda gunakan.
  3. Untuk pemasangan reng baja ringan atap, ukuran sekrup paling ideal adalah 10 x 16 mm.
  4. Untuk pemasangan genteng metal, gunakan sekrup wafer head, ukurannya beragam dan Anda bisa memilih sesuai tingkat ketebalan genteng yang akan dipakai.

Itulah informasi lengkap mengenai harga baut baja ringan. Anda bisa menemukan baut baja ringan dengan harga terbaik melalui distributor baja ringan terdekat maupun toko bangunan yang ada di kota Anda.



Harga Baut Baja Ringan Per Dus dan Skrup Baja Ringan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *