harga batu alam per meter
harga batu alam per meter

Harga Batu Alam Per Meter untuk Dinding dan Lantai Minimalis

Harga Batu Alam Per Meter – Ada banyak sekali jenis batu alam yang sering sekali dijadikan sebagai material dalam pembuatan eksterior bangunan. Batu alam umumnya dipakai untuk finishing atau penutup bagian dinding luar bangunan. Dengan tampilan yang mewah, tidak heran jika harga jasa coating batu alam per m2 cukup mahal.

Memiliki tampilan alami yang cukup beragam, model batu alam dengan jenis yang berbeda juga memberikan tampilan yang elegan. Meski begitu, tidak semua bagian rumah bisa di pasang batu alam, karena sifatnya yang susah dibersihkan, terutama jika terkena minyak atau cipratan cat pada bagian tertentu.

Sebelum mencari tahu tentang harga batu alam per meter maupun jasa pemasangan batu alam per meter, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis batu alam dan proses pembentukan nya. Simak selengkapnya dalam ulasan berikut ini!

Jenis Batu Alam

jenis batu alam
jenis batu alam

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, batu alam memiliki pola dan karakteristik yang berbeda-beda antara jenis satu dengan jenis yang lainnya. Semua ini tergantung dari cara pembentukan batuan dan unsur penyusun batuan tersebut. Ada beberapa jenis batu alam yang paling sering digunakan dalam dunia konstruksi antara lain:

1. Batu Marmer

Batu marmer merupakan jenis batuan alami yang paling banyak dipakai sebagai penutup lantai atau lapisan finishing pada lantai bangunan. Karena memiliki kecenderungan tampilan yang mengkilap dan rata, marmer juga memiliki karakteristik yang kuat terhadap benturan serta tahan digunakan dalam waktu yang relatif panjang dengan perawatan yang mudah.

Harga batu alam per meter persegi terbilang cukup mahal, untuk jenis batu alam marmer crema slab misalnya di jual mencapai harga Rp. 1.000.000 per meter persegi. Harga ini belum termasuk biaya pemasangan dan bahan lainnya yang akan digunakan dalam pekerjaan pemasangan. Agar selalu tampak bersih dan berkilau, pastikan Anda mempertimbangkan penggunaan dengan harga batu alam per meter dengan kualitas terbaik.

2. Batu Alam Andesit

Batu andesit atau batu andesit hitam merupakan jenis batuan alam yang paling keras yang dipakai dalam pembuatan dekorasi lantai pada bangunan. Berasal dari gunung berapi, andesit memiliki porositas kecil dan tahan terhadap cuaca serta tidak mudah ditumbuhi lumut. Karena kelebihannya ini menjadikan batu andesit banyak digunakan sebagai material yang dapat memperindah tampilan bangunan.

Harga batu alam per meter jenis andesit cukup bervariasi, tergantung pada ketebalan, keseragaman motif serta tingkat presisi ukuran batu yang akan digunakan. Batu andesit Cirebon misalnya, di jual pada toko material batu alam mencapai harga Rp. 60.000 per meter dengan jenis yang sama.

3. Batu Candi

Seperti namanya, batu jenis ini banyak dipakai pada zaman dahulu untuk membuat candi. Batu ini permukaannya agak kasar dengan warna cenderung abu-abu hingga ke hitam. Meskipun banyak dipakai untuk pembangunan candi yang tradisional, saat ini banyak orang menggunakan batuan ini untuk mendirikan gedung bergaya semi modern.

Batu candi dijual dengan berbagai pilihan ukuran baik panjang, lebar maupun ketebalan ukuran batu. Untuk jenis batu candi merah ukuran 10 cm x 20 cm setebal 1,3 cm misalnya, di dijual dengan harga Rp. 85.000 per meter. Sedangkan untuk ukuran 15 cm x 30 cm dengan ketebalan yang sama, Anda bisa mendapatkannya dengan harga Rp 95.000 per meter.

4. Batu Palimanan

Nama batu ini berasal dari daerah asalnya yakni di kawasan Palimanan, Cirebon. Warna batu ini cenderung terang dan berpori pada keseluruhan bagiannya, karena itu sebaiknya Anda segera melakukan coating atau pemberian lapisan pada permukaan batu setelah pemasangan dilakukan. Hal ini demi mencegah tumbuhnya lumut pada permukaan batuan.

Lalu, berapa kisaran harga batu palimanan yang di jual di pasaran saat ini? Seperti jenis batu alam lainnya, harga batu palimanan juga tergantung pada jenis dan ukurannya. Dari hasil survey yang kami lakukan dari salah satu toko penjual material batu alam, harga batu alam per meter untuk jenis palimanan rata mesin adalah Rp. 95.000.

5. Batu Paras

Batu paras adalah jenis batu alam yang umum dipakai sebagai dekorasi pada bagian depan bangunan atau rumah tinggal. Terdapat dua jenis batu paras yang beredar di pasaran yakni batu paras Yogya yang berasal dari Yogyakarta dan ada juga batu paras Taro yang berasal dari Bali dengan tekstur dan motif yang cukup bervariasi.

Batu paras ada yang dijual dalam bentuk petak-petak dengan ukuran tertentu. Tapi Anda juga bisa membeli relief atau ukiran yang dibuat dengan menggunakan batu paras. Ukiran ini sangat cocok dipasang di dinding rumah bagian luar atau dalam untuk memberikan nilai tambah estetika bangunan.

Untuk harga batu paras per m2 berbeda-beda tergantung jenis dan ukurannya. Batu paras Yogya putih dengan ukuran 20 cm x 20 cm misalnya, di jual pada harga Rp. 90.000 per meter. Sedangkan untuk ukuran 20 cm x 40 cm lebih mahal lagi yakni Rp 100.000 per meter belum termasuk biaya pemasangan dan material lainnya yang dibutuhkan.

Selain jenis batu-batuan di atas, ada juga yang disebut dengan batu templek atau batu tempel hitam. Batu ini berasal dari pecahan-pecahan batu alam yang bentuknya tidak beraturan. Biasanya orang memasangnya dengan cara menempelkan pada bagian-bagian tertentu baik ke permukaan dinding maupun lantai.

Namun kisaran harga batu alam per meter untuk jenis batu templek juga per variasi antara Rp. 60.000 – Rp. 70.000. Anda bisa menemukan harga batu alam templek per meter termurah di toko material terdekat di kota Anda dengan pembelian dalam jumlah yang cukup banyak.

Harga Batu Alam Per Meter

harga dinding batu alam per meter
harga dinding batu alam per meter

Dari berbagai jenis batuan yang tersedia di pasaran, harga batu alam per meter yang harus Anda bayar juga berbeda-beda untuk setiap jenis batu. Batu marmer misalnya, memiliki beberapa variasi jenis. White pearl harganya cenderung lebih mahal dibanding dengan travertine dan crema. Untuk memperoleh gambaran mengenai harga batu alam per meter, silakan simak tabel berikut ini!

BATU ALAMSATUANHARGA
Batu Marmer Crema IksSlabRp. 653.000
Batu Marmer Crema Iks60×60Rp. 653.000
Batu Marmer Dark EmpradorSlabRp. 1.370.550
Batu Marmer Light EmpradorSlabRp. 1.370.550
Batu Marmer White PearlSlabRp. 2.210.550
Batu Marmer TravertineSlabRp. 975.000
Batu Andesit Bintik Bakar30×30Rp. 115.000
Batu Andesit Bintik Bakar50×50Rp. 175.000
Batu Andesit Polos Bakar30×30Rp. 100.000
Batu Andesit Polos Bakar50×50Rp. 160.000
Batu Andesit Susun Sirih3×30Rp. 100.000
Batu Andesit Susun Sirih3×40Rp. 110.000
Batu Palimanan Palem10×20Rp. 85.000
Batu Palimanan Palem20×40Rp. 100.000
Batu Palimanan Susun Sirih3×30Rp. 95.000
Batu Palimanan Susun Sirih5×40Rp. 105.000
Batu Candi30×30Rp. 105.000
Batu Candi Merah10×20Rp. 95.000
Batu Candi Merah30×60Rp. 145.000
Batu Paras Yogya Putih20×20Rp. 90.000
Batu Paras Yogya Putih30×30Rp. 100.000
Batu Paras Yogya Krem20×20Rp. 100.000
Batu Paras Yogya Krem30×30Rp. 110.000
Batu TemplekVariasiRp. 65.000
Batu KarangTrukRp. 1.000.000
Batu KoralKgRp. 12.000
Batu KaliMeter PersegiRp. 185.000
Batu GranitMeter PersegiRp. 420.000

Selain mengetahui harga batu alam per meter untuk setiap jenis batu alam, Anda juga harus menghitung biaya pemasangan batu alam per meter. Ini akan memudahkan Anda membuat perkiraan total biaya yang dibutuhkan untuk memasang batu alam pada dinding atau lantai pada bangunan rumah Anda.

Untuk biaya pemasangan batu alam, kisaran harga upah pekerja mulai dari Rp. 450.000 sampai Rp. 750.000 per meter. Harga ini bisa berbeda jika jenis batu yang akan dipasang jenisnya berbeda. Selain itu cara pemasangan juga menentukan ongkos tukang yang harus dibayar. Pemasangan batu alam di dinding yang tergolong sulit misalnya, biayanya akan lebih mahal.

Baca Juga : Harga Paving Block Per Meter Terpasang Harga Borongan Terbaru

Agar lebih mudah, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan penyedia jasa konstruksi atau tukang berpengalaman. Mereka akan memberikan rekomendasi jenis batu alam terbaik, jumlah batu yang dibutuhkan hingga kisaran harga batu alam per meter dan ongkos pasang yang akan Anda bayarkan.

Demikianlah ulasan seputar harga batu alam per meter dan jenis-jenis batu alam yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi Anda dalam mencari informasi yang bermanfaat.



Harga Batu Alam Per Meter untuk Dinding dan Lantai Minimalis




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *