forklift manual
forklift manual

Pengertian Forklift Manual dan Sewa Forklif 25 Ton

Diposting pada

Pengertian Forklift Manual – Forklift adalah salah satu jenis truk yang pengangkut yang banyak digunakan dalam berbagai jenis industri. Dikenal dengan nama lain truk forklift, ukuran forklift bermacam-macam tergantung dari beban yang mampu diangkutnya. Ada forklift 2 ton sampai forklift 25 ton yang bisa dibeli atau disewa untuk bermacam keperluan.

Seperti namanya, forklift ini memiliki komponen pengangkut berupa dua garpu yang berfungsi sebagai pengangkat palet. Barang yang akan diangkat nantinya akan ditempatkan di atas palet sebelum dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain. Tidak seperti truk pengangkut biasa, forklift 3 ton, forklift 10 ton dan jenis forklift manual lainnya hanya digunakan untuk memindahkan barang jarak dekat.

Jenis – Jenis Forklift

sewa forklift
sewa forklift

Forklift ini biasanya beroperasi dengan menggunakan beberapa jenis bahan bakar. Ada yang menggunakan solar, gas sampai baterai. Untuk forklift diesel yang dioperasikan di luar ruangan, biasanya bahan bakar yang dipakai adalah solar dan gasoline. Sedangkan untuk forklift yang dipakai memindahkan barang dalam ruangan umumnya beroperasi dengan tenaga gas dan baterai.

Pemilihan jenis forklift manual berdasarkan bahan bakarnya ini sangat penting bagi industri terkait. Pabrik makanan, minuman maupun garmen biasanya menghendaki lingkungan bebas asap. Karena itu digunakan gas dan baterai yang minim polusi. Sementara untuk pemindahan di luar ruangan biasanya lebih fleksibel sehingga bisa menggunakan forklift berbahan bakar solar dan gasoline.

Selain berdasarkan bahan bakarnya, forklift manual juga dibedakan berdasarkan jenis mesin dan cara pengoprasiannya. Pemilihan mesin ini juga berpengaruh pada kemampuan operator forklift. Untuk lebih jelasnya, mari simak uraiannya berikut ini!

1. Automatic Transmission Forklift

Menggunakan sistem transmisi otomatis, jenis forklift ini lebih mudah digunakan daripada yang berjenis manual. Perbedannya terletak pada tuas handle. Pada forklift truck yang bertransmisi otomatis tuasnya terdiri dari 3 bagian yakni naik-turun, geser ke kanan dan ke kiri serta cungkil. Pada bagian bawah ada pedal yang berguna sebagai kopling dan rem.

Forklift jenis otomatis ini sangat mudah dioperasikan karena tidak memiliki gigi. Untuk menjalankannya cukup gerakkan handel ke depan dan belakang untuk gerakan maju dan mundur. Injak pedal untuk menggunakan fungsi kopling dan lepaskan untuk pengereman.

2. Manual Transmission Forklift

Dikenal juga dengan nama lain manual forklift, forklift kenis ini punya pedal yang mirip dengan mobil. Ada pedal kopling, gas dan rem. Dibanding versi otomatis, cara pengoperasiannya lebih sulit. Ini karena tidak terdapat tuas maju mundur yang membuatnya mudah dikendalikan.

Perbedaan forklift manual dengan mobil adalah cara kerja kemudinya. Kalau dibelokkan, maka roda yang bergerak adalah roda belakang. Seperti forklift lain, ada pengendali naik turun serta cungkil untuk proses pengangkutan barang.

Model Forklif Manual

Selain dibedakan berdasarkan bahan baku dan transmisinya, forklift juga memiliki bentuk dan model yang bermacam-macam. Model ini biasanya didesain sesuai dengan kebutuhan pengangkutan masing-masing industri.

Apabila Anda berniat membeli atau menyewa forklift, ada baiknya mengetahui model-modelnya. Simak beberapa yang paling populer di pasaran sebagai pertimbangan berikut ini!

1. Warehouse Forklift

Memiliki desain mirip dengan kereta golf, kendaraan pengangkut barang ini paling banyak digunakan untuk memindahkah barang di dalam gudang. Memuat serta menurunkan palet dan material juga bisa dilakukan dengan. Forklift ini paling cocok untuk memindahkan barang dari mobil pengirim ke gudang.

Model yang paling terkenal adalah Komatsu 20 BX50, Toyota 3-Wheel Electric Forklift dan Hyster 36-38T. Kemampuan angkut nya berkisar antara 1 sampai 2 ton saja. Varian lain truk angkut gudang adalah side loader dan forklift counterbalance.

2. Telehandler

Disebut juga dengan forklift teleskopik, forklift satu ini punya lengan khusus yang bisa dipanjangkan sehingga membuatnya sekilas mirip derek. Bagian garpunya diletakkan pada ujung lengannya dan bisa memindahkan material dari tempat rendah ke tempat yang lebih tinggi.

Dengan daya angkut forklift 5 ton, telehandler bisa mengangkat beban sampai 19 kaki di udara. Untuk penggunaan di luar ruangan dengan jangkauan ruang sempit dan sudut yang sulit, telehandler cocok digunakan.

3. Industrial Forklift Manual

Memiliki kapasitas angkut yang besar, forklift ini adalah forklift gudang yang punya daya tampung lebih tinggi. Meskipun tidak bisa menjangkau sudut rumit seperti telehandler, tapi cakupannya cukup mumpuni untuk mengatasi berbagai medan.

Ada banyak merek forklift industri yang bisa Anda pilih. Rentang harganya pun bervariasi. Beberapa merek yang paling terkenal di pasaran antara lain adalah Mitsubishi dan NACCO Industries. Jika harganya terlalu mahal, Anda bisa menyewa sebagai opsi yang lebih murah.

Beli vs Sewa Forklift 

Kalau Anda membutuhkan alat pengangkut jarak dekat untuk bisnis Anda, perlu diketahui bahwa harga forklift manual cukup mahal. Untuk kapasitas 1,5 ton -2,5 ton berkisar antara Rp85-Rp100 jutaan. Sedangkan forklift yang memiliki kemampuan angkut 5 ton, kisaran harga jualnya antara Rp. 400-Rp. 450 juta.

Dilansir dari sebuah situs e-commerce, harga truk forklift bekas berkapasitas 10 ton bisa mencapai Rp. 500 juta. Sementara forklift 7 ton yang baru, harganya bisa lebih dari Rp. 600 jutaan. Tergantung merek dan tempat Anda membelinya.

Dengan harga yang cukup mahal, banyak orang yang memilih untuk menggunakan jasa rental forklift. Harga sewa forklift bervariasi tergantung jenis, ukuran dan tempat di mana Anda menyewanya. Harga sewa forklift per jam untuk kapasitas 2,5 ton mulai dari Rp. 125.000. Sementara untuk kapasitas 3 – 3,5 ton berkisar antara Rp. 150.000 – Rp. 175.000 per jamnya. Semakin besar daya angkutnya, semakin mahal juga biaya penyewaan forklift manual.

Apabila Anda memiliki bujet, membeli sendiri forklift untuk pengangkut tentu lebih baik. Namun ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika Anda menyewa. Apa saja?

1. Lebih Murah

Dibanding membeli, menyewa memerlukan dana awal yang lebih sedikit. Ini sangat menguntungkan bagi para pengusaha yang baru merintis dan tidak memiliki dana lebih untuk membeli. Apalagi service forklift manual juga memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Agar lebih hemat lagi, Anda bisa mencari tempat penyewaan yang paling murah. Cari tahu perusahaan sewa alat berat di sekitar dan bandingkan harganya. Temukan penawaran termudah yang paling sesuai dengan bujet perusahaan.

2. Tidak Perlu Tenaga Operator Khusus

Walaupun tampak sederhana, forklift manual harus dijalankan oleh orang yang memahami dengan baik cara kerjanya. Orang yang memiliki skill menjalankan alat berat ini disebut dengan operator forklift. Kalau Anda membeli, Anda juga harus memiliki operator atau belajar sendiri.

Berbeda jika Anda menyewa. Penyedia jasa sewa biasanya menawarkan harga khusus sekalian dengan operatornya. Dengan begitu Anda tidak perlu belajar mengoperasikan forklift atau memiliki operator sendiri.

3. Masa Sewa Bisa Disesuaikan dengan Kebutuhan

Jika Anda memerlukan forklift sesekali saja, menyewa memang sangat menguntungkan. Tapi perusahaan yang menggunakannya dalam waktu lama juga tidak perlu cemas. Pasalnya perusahaan penyewaan menyediakan pilihan durasi sewa yang fleksibel.

Baca Juga : Alat Berat Crane – Mengenal Fungsi Crane dan Jenisnya

Anda bisa menyewa kendaraan ini dengan sistem per jam, harian, bahkan bulanan dan tahunan. Kalau diakumulasikan, biaya sewa bulanan dan tahunan akan jauh lebih murah. Anda hanya perlu menemukan penyedia jasa terbaik agar mendapatkan penawaran harga yang bagus.

4. Bisa Memilih Jenis Forklift Sesuai Keperluan

Kelebihan lain menyewa ketimbang membeli adalah Anda bebas memilih jenis forklift manual sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja hari ini Anda perlu forklift dengan kapasitas 2 ton dan butuh ukuran berbeda esok harinya. Anda hanya tinggal menghubungi penyedia jasa sewa untuk menggantinya.

Spesifikasi Forklift Battery Electric

Itulah ulasan ilmubangunan.com mengenai forklift dan kisaran harga sewa forklift manual untuk Anda yang belum punya budget untuk membeli. Semoga informasi ini bermanfaat dan memudahkan pekerjaan konstruksi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *