cat epoxy lantai
cat epoxy lantai

Cat Epoxy Lantai dan Harga Epoxy dengan Merk Epoxy Terbaik

Diposting pada

Cat Epoxy Lantai – Epoxy lantai sudah banyak dikenal secara luas khususnya pada bidang industri dan pengolahan yang menuntut standar produksi dan kualitas yang tinggi. Coating lantai menjadi cukup penting bagi suatu pabrik pengolahan maupun gudang distribusi untuk mendapatkan lisensi standar mutu dari pemerintah.

Pengaplikasian coating epoxy lantai dan epoxy dinding banyak digunakan pada gudang dan pabrik produksi yang menuntut kualitas kebersihan yang baik. Oleh karena itu lapisan epoxy digunakan sebagai pelapis pada lantai beton pabrik maupun gudang yang dapat melindungi dari benturan benda keras dan kotoran.

Pengertian Cat Epoxy Lantai

Pengertian cat epoxy adalah sebagai material pelapis permukaan lantai struktur pada bangunan, dengan menggunakan material yang dapat merekat dengan kuat seperti resin lantai. Penggunaan istilah epoxy coating dan epoxy paint memang masih sangat terdengar asing bagi masyarakat awam.

Namun sesungguhnya penggunaan istilah coating lantai dengan istilah cat epoxy merupakan dua hal yang memiliki perbedaan yang mendasar dalam penggunaan material dan fungsinya. Pada lapisan coating epoxy lantai menggunakan komponen yang terdiri dari resin epoxy dan peguat poliamina.

Sedangkan cat epoxy hanya menggunakan lapisan cat khusus yang diri dari komponen resin epoxy, yang digunakann untuk melapisi permukaan lantai beton dan memberikan warna. Cat epoxy lantai terbaik sering digunakan sebagai penanda area batas parkiran, pembatas jalur, petunjung arah pada lantai beton dan lain sebagainya.

Cat Lantai Pengganti Keramik

merk cat epoxy lantai
merk cat epoxy lantai

Penggunaan cat lantai epoxy pada umumnya lebih mudah diaplikasikan pada lantai dari pada menggunakan pasangan keramik, dengan menggunakan epoxy lantai aplikator hanya cukup mencuci dan membersihkan permukaan lantai yang akan di cat. Kemudian cat epoksi pelapis dapat diaplikasikan pada permukaan lantai dengan ketebalan epoxy lantai yang sesuai oleh aplikator epoxy lantai.

Selain itu penggunaan lapisan epoxy lantai juga dapat lebih baik dari pada penggunaan keramik yang akan rentan pecah. Epoxy lantai akan lebih tahan lama dalam hal usia pemakaian, tahan terhadap abrasi dan gesekan, tahan tergadap gedekan dan tekanan dan tahan tergadap penggunaan bahan kimia lainnnya.

Cat lapisan epoxy tidak berpori, tidak dapat mengelupas dan tidak licin, sehingga sangat efektif bila digunakan pada lantai pabrik, gudang dan ruangan produksi yang diharuskan selalu dalam keadaan bersihan.

Persiapan yang harus dilakukan secara umum sebelum melakukan pekerjaan cat coating lantai yang akan dikerjakan aplikator epoxy lantai adalah yang paling utama mempersiapkan permukaan lantai beton yang akan dilapisi epoxy. Persiapan tersebut dapat dikerjakan dengan menggunakan shot blasting, grinding atau scarifying.

Sedangkan untuk tahap pelapisan epoxy lantai gudang terdiri dari beberap lapisan yaitu, lapisan primer, lapisan pertama, lapisan tengah dan lapisan finsihing atas. Sehingga akan didapatkan ketebalan epoxy lantai yang sesuai dengan standar pekerjaan.

Dari tahapan pengecatan epoxy lantai awal hingga selesai dibutuhkan ketelitian dan kesabaran dalam meratakan lapisan cat lantai beton. Agar hasil yang Anda dapatkan sempurna dan berfungsi secara maksimal.

Keunggulan Cat Coating Lantai

Pemakaian cat epoxy lantai dapat diaplikasikan pada jenis bangunan komersial seperti gudang, pabrik, trotoar jalan, kamar mandi, lantai rumah. Bahkan kini pamakaian cat epoxy juga dapat digunakan pada dinding, langit-langit gedung bertingkat dan lantai garasi. Berikut adalah keunggulan dari cat coating lantai.

  1. Daya tahan terhadap benturan dan gesekan sangat baik.
  2. Kuat dan tahan lama terhadap pengaruh bahan kimia dan tekanan yang besar.
  3. Hemat waktu dalam pengerjaannya.
  4. Memiliki nilai estetika tinggi karena cat lantai mengkilap dan memiliki banyak pilihan warna.
  5. Tahan korosi dan paparan bahan kimia.
  6. Tidak berpori sehingga dapat melindungi beton dibawahnya dari kelembapan.
  7. Tidak licin.

Cara Menggunakan Cat Epoxy Lantai

Merk cat epoxy dan jenis cat pelapis lantai memiliki banyak sekali pilihan dipasaran, mulai dari merk multipox propan hingga nippon paint banyak  ditemukan pada toko material bangunan dikota Anda. Penjual cat epoxy dengan berbagai merk dan jenis biasanya akan menawarkan dengan daftar harga cat epoxy yang dapat Anda pilih.

Namun yang terpenting adalah tahapan pengaplikasian cat coating lantai haruslan menggunakan tahapan dan teknik yang benar, untuk menghasilkan permukaan lantai yang halus dan rata. Berikut ini beberapa tahapan aplikator epoxy lantai yang dapat Anda terapkan pada bangunan Anda.

1. Persiapan Lantai

Tahapan awal yang harus dilakukan sebelum memulai pekerjaan epoxy adalah mempersiapkan permukaan lantai yang akan dilapisi resin epoxy. Persiapan dibutuhkan untuk mengetahui dan memastikan kadungan adhesi yang terkandung pada lapisan substrat dengan produk cat epoxy lantai yang akan digunakan.

Metode dan jenis epoxy lantai yang akan digunakan harus disesuaikan dengan kondisi permukaan lantai beton existing. Pemukaan lantai yang sudah terkontaminasi dengan zat tertentu atau minyak, membutuhkan penanganan khusus sebelum pelapisan cat epoxy lantai beton dilakukan.

2. Pembersihan Permukaan Lantai

Pembersihan permukaan lantai beton dapat mengenakan metode pengamplasan pada bagian-bagian yang  dianggap tidak rata dan berpotensi merusak lapisan epoxy. Setelah pengamplasan selesai, debu hasil pengamplasan akan dihisap dengan menggunakan vakum industri, agar debu tidak berteburan pada area kerja.

Saat pekerjaan ini berlangsung, pastikan lantai telah diamplas secara keseluruhan dan bersih dari sisa debu residu yang masih menempel pada permukaan lanntai beton. Jika dibiarkan maka lapisan residu tersebut akan terjebak pada lapisan epoxy dan lantai beton yang menyebebkan berkurangnya daya rekat cat epoxy.

3. Priming And Filling

Pemilihan merk dan jenis epoxy lantai yang tepat sangat penting pada tahapan ini, resin buat lantai beton yang sesuai dengan kondisi lantai dan kebutuhan penggunaan lantai harus dipertimbangkan dengan bijak. Karena akan pemelihan jenis epoxy lantai akan mempengaruhi harga cat epoxy lantai per meter dan tahapan selanjutnya.

Proses pekerjaan priming akan memberikan ketahan yang lebih baik dan menjadikan adhesi yang terkandung pada lantai beton akan dapat merekat lebih baik pada lapisan epoxy. Setelah itu maka Anda dapat melakukan penutupan substrat untuk mencegah resiko gelembung pada permukaan lapisan epoxy karena udara yang keluar dari dalam beton.

Tahapan kerja priming dapat menghemat penggunaan lapisan pada produk yang akan digunakan sebagai lapisan lantai. Jika Anda telah melakukan tahapan priming maka hanya diperlukan lapisan primer dan lapisan epoxy atas.

Namun jika oermukaan beton kurang baik atau terdapat retakan sehingga mengakibatkan kondisi yang tidak rata, maka Anda perlu mengisi celah retakan tersebut terlebih dahulu menggunakan epoxy grout. Dengan tahapan kerja membuka celah retakan dengan melukai lantai sehingga celah retakan semakin membesar dan meungkinkan epoxy grout untuk dapat mengisi celah retakan.

Setelah ratakan dan permukaan lantai yang tidak rata selesai diperbaiki barulah tahap selanjutnya dapat dikerjakan dengan pengaplikasian cat epoxy lantai seperti yang telah Ilmubangunan.com bahas diatas.

4. Lapisan Epoxy Floor

Pastikan semua area yang akan dilapisi dengan cat epoxy telah bersih dan siap untuk dilapisi, pada tahapan ini perlu Anda perhatikan hal yang penting untuk di lakukan. Yaitu takaran campuran resin epoxy yang akan dengunakan, biasanya takaran pemakaian campuran resin epoxy akan disesuaikan dengan kebutuhan dan luasan lantai.

Sebagai permisalan untuk penggunaan cat lantai kasar, membutuhkan campuran cat epoxy lantai lebih banyak dibandingkan dengan penggunaan untuk cat epoxy dinding. Campurkan material epoxy dengan menggunakan mixer dan diaduk selama 2 menit, hingga bahan tercampur secara merata.

5. Cara Aplikasi Cat Epoxy

Setelah tahap pencampuran cat epoxy lantai selesai, Anda dapat langsung menuangkannya pada permukaan lantai yang telah dipersiapkan dengan cara bertahahap pada setiap bagiannya. Kemudian ratakan cat epoxy dengan menggunakan roll secara merata dengan ketebalan tertentu.

Pengaplikasian cat epoxy pada lantai gudang atau cat lantai rumah, kamar mandi dapat dilakukan dalam beberapa kali lapisan, tergantuk ketebalan dan fungsi yang ingin dihasilkan. Sebelum menimpah lapisan dasar dengan lapisan berikutnya, Anda harus pastikan lapisan awal telah kering dengan maksimal.

Setelah itu Anda bisa melapisinya lagi dengan menggunakan tahapan pekerjaan yang sama seperti tahapan kerja di awal pekerjaan pelapisan cat lantai beton.

6. Lapisan Akhir Finishing

Pada lapisan cat lantai rumah terahir sebisa mungkin harus lebih teliti dan sabar dalam meratakan permukaan epoxy, karena pada lapisan terahir ini hasil dari lapisan epoxy akan dinilai baik atau tidak. Hasil akhir lapisan epoxy pada lantai gudang atau cat epoxy lantai rumah yang baik harus rata dan mengilap.

Baca Juga : Jenis Pondasi Bored Pile dan Metode Pelaksanaan Bored Pile

Serta terlihat bersih dan bebas dari serpihan kotoran-kotoran yang mungkin terperangkap dalam campuran resin epoxy pada saat masih dalam kondisi cair. Dari 6 langkah cara pengaplikasian cat epoxy diatas harus dilakukan secara berurutan dan benar untuk mengantisipasi kesalahan dalam pengaplikasiannya.

Kesalahan Aplikasi Cat Epoxy

harga epoxy lantai
harga epoxy lantai

Dalam tahapan pengaplikasian cat epoxy lantai memang terlihat mudah, namun jika pekerjaan ini tidak dilakukan oleh aplikator epoxy lantai yang berpengalaman. Maka resiko untuk terjadi kesalahan dan menurunya kualitas dari lapisan epoxy itu semakin besar terjadi yang paling sering dapat dilihat dari hasilnya.

Berikut ini adalah 3 kesalahan yang paling sering terjadi dan dapat Anda lihat secara langsung pada hasil kerja pelapisan cat epoxy lantai pada bangunan tertentu.

1. Masalah Fish Eye

Kondisi fish eye atau jika diartkan sebagai mata ikan adalah kondisi cat epoxy mengalami tekanan dengan ketebalan tiap lapisan terlalu tipis pada saat proses pengecatan. Kondisi ini juga biasa di tandai dengan bentuk permukaan lantai yang berbentuk seperti kawah atau cekungan dengan titik ditengah yang meyerupai mata ikan pada lapisan atas epoxy.

Untuk mengantisipasi kondisi fish eye ini pastikan Anda menggunakan takaran epoxy yang sesuai dengan kebutuhan luasan lantai, serta selalu cadangkan bahan lebih untuk mengantisipasi jika fish eye masih terlihat. Selain itu antisipasi lain yang dapat Anda lakukan dengan menggunakan cat epoxy jenis salf leveling.

2. Masalah Soft Spot dan Sticky

Permasalahan ini sering terjadi ketika prosedur pencampuran cat epoxy lantai tidak dengan takaran yang sesuai, ditandai dengan campuran epoxy yang terlalu lengket sehingga sulit menyebar dan berbintik pada saat pengecetan. Selain itu campuran yangterlalu lengket akan menyebabkan proses pengeringan yang lebih lama.

Untuk menghidari dari kemungkinan terjadinya permasalahan soft spot dan sticky sangat dianjurkan untuk mencampurkan epoxy resin dengan hardener. Lama waktu pengadukan campuran tidak lebih dari 5 menit, aduk secara merata serta jangan biarkan sisa cat menempel pada dinding wadah.

3. Masalah Lengket

Kondisi ini terjadi jika campuran cat tidak segera dituangkan pada lantai beton dan diratakan dengan segera, karena proses pengeringan dapat terjadi dengan cepat, saat campuran masih dalam wadah adukan. Kedua komponen material cat lantai beton jika dicampurkan akan menimbulkan reaksi kimia.

Baca Juga : Harga Pagar Panel Beton Precast Tiang dan Dinding Pagar

Jika terlalu lama Anda membiarkannya pada wadah akan menyebabkan hasil campuran akan memanas dan kering lebih cepat. Sehingga pada saat campuran epoxy diratakan pada lantai beton akan lebih sulit untuk dapat rata dengan baik.

Harga Cat Epoxy Lantai

Harga cat epoxy lantai beton memang sangat beragam, Anda akan menemukan banyak pilihan merk epoxy dan jenis yang dapat diaplikasikan pada lantai beton sesuai dengan kondisi kerusakan lantai. Harga coating lantai per meter dapat Anda dapat menggunakan jasa aplikator epoxy yang berpengelaman.

Berikut Adalah  daftar harga cat epoxy terbaik yang dapat Anda pilih dipasaran dengan berbagai ukuran.

MERK EPOXY BERAT HARGA
Primer Chemical Resistant 1 kg Rp. 235.000
Primer Chemical Resistant 5 kg Rp. 888.000
Primer Chemical Resistant 20 kg Rp. 2.758.000
Puffin Multi Layer 1 kg Rp. 78.000
Puffin Multi Layer 5 kg Rp. 378.000
Puffin Multi Layer 20 kg Rp. 1.508.000
Puffin Top Coat Self Leveling 1 kg Rp. 108.000
Puffin Top Coat Self Leveling 5 kg Rp. 486.000
Puffin Top Coat Self Leveling 20 kg Rp. 1.758.000
Epotone Pro – Cat Epoxy 1 Kg Rp. 78.000
Danapaint U-Pox 105 Blue Tile 0.9 Kg Rp. 98.000
Nippon EA4 Finish 1 Kg Rp. 199.000
Multilayer Puffin 193 5 Kg Rp. 378.00
Nippon Sportskote Tinting 5 Kg Rp. 395.000

Terima kasih telah mengunjungi situs ini, semoga apa yang kami sajikan tentang cara pengaplikasian epoxy dan harga cat epoxy lantai dapat memberikan manfaat dan referensi bagi Anda dalam pemilihan material dan harga material bangunan yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *