cara memoles granit
cara memoles granit

Cara Memoles Granit dan Marmer Lantai agar Mengkilap Terbaik

Cara Memoles Granit – Meski memiliki tampilan yang mewah dan tahan lama, granit lantai maupun marmer lantai dapat kusam jika tidak di poles dengan cara yang benar. Baik karena granit terkena prostex ataupun karena goresan furnitur yang diletakkan di atasnya.

Untuk meminimalisir kerusakan atau pun warna menjadi kusam pada ubin granit, melakukan perawatan yang benar sangat penting. Cara perawatan granit dan marmer sebenarnya cenderung sama karena keduanya sama-sama material yang dihasilkan dari batuan alami.

Untuk perawatan, Anda dianjurkan menggunakan lap mikrofiber dengan serat halus. Kain jenis ini bisa melindungi permukaan marmer maupun granit dari goresan yang membekas. Supaya kotoran tidak mudah menumpuk, gunakan sealer pada bagian permukaan lantai. Sealer akan berfungsi sebagai penahan yang mencegah kotoran merasap terlalu dalam.

Cara Membersihkan Granit

cara memoles granit sendiri
cara memoles granit sendiri

Meski perawatan sudah dilakukan dengan maksimal, kadang masalah pada lantai tetap tidak bisa dihindari. Ada lantai keramik rusak terkena porstex, ada juga granit yang tergores karena penggunaan vacuum cleaner dan cairan pembersih lantai yang bersifat korosif. Kalau sudah begini, Anda harus segera mencari tahu cara membersihkan noda membandel pada granit dan cara memoles granit lantai agar mengkilapkan kembali.

Sebelum memulai pengerjaan pomolesan lantai, siapkan terlebih dahulu alat pembersih marmer dan granit yakni mesin polisher, vacuum cleaner wet & dry, diamond disc nomor 500-3.000 dan buffing pad merah. Jangan lupa siapkan pula cairan pembersih dan air secukupnya.

Adapun langkah-langkah cara memoles granit dan membersihkan lantai marmer kusam adalah sebagai berikut:

1. Menyiapkan Mesin Poles

Agar polesan granit lantai benar dan maksimal, Anda harus menggunakan pembersih granit terbaik dengan kandungan dan merk yang direkomendasikan. Selain itu mesin poles lantai juga harus memiliki cakram dengan diamond disc pada ujungnya agar dapat diganti-ganti dengan berbagai ukuran.

Untuk permulaan, pasang diamond disc ukuran ukuran 500 terlebih dahulu, pada tahap polesan awal. Kemudian Anda dapat menggantinya dengan ukuran diamond disc yang lebih halus untuk tahap finising, agar mendapatkan permukaan granit yang halus dan mengkilap.

2. Making Lantai yang akan di Poles

Cara mengkilapkan marmer yang kusam selanjutnya adalah dengan mempersiapkan lantai yang akan di poles menggunakan air, agar proses pengerjaan lebih mudah. Cara memoles granit lantai terbaik adalah dengan menyiramkan air secukupnya pada permukaan lantai. Jangan terlalu banyak agar tidak tergenang.

Cukup sampai lantai terlihat basah saja, sehingga mesin poles dapat dengan mudah mempoles permukaan lantai tanpa merusak permukaan lantai karena gesekan yang terlalu kasar.

3. Memulai Pemolesan

Langkah selanjutnya adalah menghidupkan mesin polisher dengan penuh kehati-hatian. Setelah menyala, gunakan ujungnya untuk memoles lantai perlahan-lahan. Cara memoles lantai diawali dengan menggerakkan mesin searah berulang  kali dengan teliti. Kalau hasilnya dirasa kurang memuaskan, lakukan berkali-kali sampai motif granit lantai kembali terlihat seperti baru.

Baca Juga : Jenis Alat Penghisap Asap Dapur yang Bagus dan Murah

Perlu diingat bahwa dalam cara memoles granit dengan mesin, Anda harus melakukannya dari bidang ke bidang. Kalau satu bidang sudah selesai di poles, Anda bisa pindah ke bidang lain di sebelah nya. Selain itu, Anda juga harus menjaga permukaan lantai tetap lembab untuk memudahkan kerja mesin. Jika tidak sengaja menuang air terlalu banyak, gunakan vacuum cleaner wet & dry untuk menyedot kelebihan airnya.

4. Ukuran Diamond Disc

Setelah Anda selesai dengan prosedur di atas, selanjutnya Anda bisa mengganti ukuran diamond disc dengan yang lebih halus lagi yakni ukuran 800. Ulangi lagi pemolesan menggunakan mesin seperti langkah sebelumnya hingga hasil akhir permukaan lantai mengkilap dengan baik.

Untuk mesin polisher, harga mesin polisher di pasarannya memang cenderung mahal mencapai jutaan rupiah bahkan puluhan juta. Namun dengan membeli sendiri untuk penggunaan pribadi mungkin akan mengurangi beban perawatan lantai granit rumah Anda jika menggunakan jasa poles lantai.

Jenis Cairan Pengkilap Lantai

cara memoles marmer
cara memoles marmer

Selain dengan menggunakan mesin seperti langkah-langkah yang sudah disebutkan sebelumnya, cara memoles granit sendiri dapat dilakukan dengan membeli cairan baik kimia ataupun alami. Cairan ini dapat dipakai untuk memoles lagi lantai granit dan marmer rumah Anda agar tampak berkilau.

Ada beberapa jenis cairan pengkilap lantai granit dan marmer yang bisa Anda temukan di rumah atau di toko terdekat antara lain:

1. Cairan Pembersih Granit

Saat ini sudah banyak produsen cairan pembersih dan pemoles lantai yang mengeluarkan produk khusus untuk mengkilap kan lantai granit dan marmer. Beberapa merek yang populer antara lain adalah Greencoat pengkilap marmer dan granit, Sanpoly cairan pengkilap granit dan Bellinwax semir granit.

Baca Juga : Cara Pasang Kloset Duduk dan Jongkok Otomatis yang Benar

Semua merk produk-produk tersebut digunakan dengan cara memoles granit yang sama, namun dengan keunggulan nya masing-masing. Produk tersebut dijual dengan kisaran harga mulai puluhan sampai ratusan ribu rupiah.

2. Sabun Non Asam

Anda bisa membersihkan lantai granit dengan menggunakan sabun non asam. Tapi pastikan sabun yang Anda pakai tidak mengandung asam agar tidak merusak permukaan lantai. Campur kan dengan air bersih dan pakai untuk membersihkan kotoran dan noda di permukaan lantai granit Anda.

Cairan sabun ini di nilai cukup aman digunakan pada permukaan granit lantai, karena tidak bersifat korosif dan aman untuk kesehatan. Namun karena sifatnya yang netral, cara memoles granit akan lebih lama selesai karena harus dilakukan berulang-ulang.

3. Sabun Pencuci Piring

Jika Anda malas untuk membeli cairan pengkilap lantai granit yang ada di pasaran, Anda juga dapat menggunakan cairan sabun pencuci piring yang ada di dapur untuk membersihkan nya dengan biaya yang sangat terjangkau.

Selain bisa menghilangkan kotoran dan noda, menggunakan cairan pencuci piring sebagai cara membersihkan granit lantai marmer ternyata juga cukup ampuh. Cara penggunaannya sama dengan sabun non asam yakni dicampurkan dengan air secukupnya sebelum dipakai untuk membersihkan lantai.

4. Hidrogen Peroksida

Pembersih lantai granit lain yang juga cukup banyak digunakan orang adalah hidrogen peroksida. Cairan ini bisa menghilangkan kusam karena goresan maupun noda membandel yang melekat pada permukaan lantai. Cara memoles granit dan marmer dengan menggunakan hidrogen peroksida ampuh untuk mengembalikan lagi kilau nya.

Namun Anda harus berhati-hati dalam menggunakan cairan ini, karena kandungan kimia yang terdapat pada cairan hidrogen peroksida ini cukup kuat untuk mengangkat kotoran dan mengkilap kan granit.

5. Amonia

Zat kimia satu ini punya sifat basa yang membuatnya cocok dipakai sebagai cairan pengkilap lantai. Dibandingkan hidrogen peroksida, ammonia juga cenderung lebih aman untuk kulit dan lingkungan sehingga cairan amonia lebih direkomendasikan untuk membersihkan lantai granit dan marmer pada rumah Anda.

Selain zat-zat kimia di atas, cara memoles granit dan marmer juga bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami. Bahan-bahan yang bisa Anda temukan di rumah ini antara lain adalah minyak zaitun, cuka, baking soda, ampas teh hingga ampas kelapa. Penggunaan bahan alami ini selain lebih murah juga lebih ramah lingkungan.

Cara Memoles Granit Lantai

Jika Anda tidak punya mesin polisher lantai atau kebetulan tidak ada yang menyewakannya di kota Anda, cara untuk membersihkan dan mengkilap kan kembali lantai rumah juga tetap bisa dilakukan sendiri. Selain lebih mudah, cara memoles granit lantai rumah tanpa mesin juga lebih terjangkau biaya yang harus Anda keluarkan.

Baca Juga : Cara Menghemat Listrik PLN di Rumah dengan Rutinitas Terbaik

Untuk mulai membersihkan, pertama siapkan dulu peralatan dan bahan berupa air, ember, kain pel dan kain mikrofiber. Untuk cairan pembersih nya, Anda bisa memilih salah satu dari cairan di atas baik yang terbuat dari zat kimia maupun bahan alami. Jika menggunakan zat kimia, pastikan Anda mengenakan pengaman berupa sarung tangan. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah mudah berikut ini:

  1. Siapkan kain dan tuangkan cairan pembersih ke atasnya.
  2. Ambil air lalu basahi lantai granit.
  3. Usapkan kain basah yang sudah mengandung cairan pembersih dan air ke atas lantai. Buat gerakan searah dan hindari gerakan melingkar karena bisa membuat permukaan granit rusak.
  4. Keringkan lantai menggunakan kain mikrofiber yang kering, setelah semua noda benar-benar hilang. Langkah-langkah ini juga bisa digunakan sebagai cara membersihkan lantai granit yang baru dipasang.

Memiliki lantai yang mewah dan selalu berkilau adalah impian semua orang. Selain dengan mempelajari cara memoles granit dan marmer lantai di atas, perawatan rutin juga harus senantiasa dilakukan. Ini penting untuk mencegah kerusakan pada lantai rumah Anda. Demikian penjelasan yang dapat ilmu bangunan bagikan, semoga bermanfaat dan menjadi referensi yang baik untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *