model atap rumah minimalis
model atap rumah minimalis

Model Atap Rumah Minimalis Bentuk Rumah Tampak Depan

Model Atap Rumah Minimalis – Model atap rumah pada saat ini sudah memiliki banyak pilihan bentuk dan desain yang bervariasi. Bahkan desain atap rumah minimalis menjadi tren yang banyak dipakai dalam penggunaan atap rumah, seiring berkembang teknologi material bangunan semua itu memungkinkan untuk dilakukan.

Terlebih lagi, semakin inovatifnya para desainer arsitektur bangunan dalam mendesain model atap rumah dan bahan atap rumah minimalis yang akan digunakan. Menjadikan perkembangan tren model atap rumah minimalis juga ikut berubah seiring berkembangnya jaman dan kebutuhan.

Dimana yang awalnya atap rumah minimalis hanya berfungsi sebagai pelindung bangunan rumah dari hujan dan panas, namun kini telah berkembang menjadi pelindung bangunan sekaligus desain yang dapat memberikan nilai artistic pada bangunan.

Macam-Macam Bentuk Atap Rumah

Berikut ini beberapa referensi model atap rumah minimalis yang dapat Anda terapkan pada bnagunan rumah tinggal Anda. Pemilihan desain atap baja ringan dapat menjadi solusi terbaik dan model atap rumah paling murah yang dapat Anda gunakan dalam meminimalisir biaya pembangunan.

1. Model Atap Rumah Pelana

model atap rumah pelana
model atap rumah pelana

Model atap pelana pada rumah merupakan salah satu ciri khas yang dimiliki rumah dengan model atap rumah minimalis modern. Atap rumah yang berbentuk pelana akan menjadi penopang kuat untuk melindungi bangunan dari sinar matahari serta membuat hunian terasa lebih teduh, karena memiliki sirkulasi udara yang baik.

Bukan hanya sebagai pelindung bangunan yang baik, model atap rumah ini pun dapat dimanfaatkan sebagai area untuk memunculkan dekorasi hiasan langit-langit yang dekoratif hingga memberikan kesan tersendiri bagi setiap penghuninya.

Model atap pelana cukup serbaguna dan terlihat unik, serta dapat diterapkan pada semua jenis struktur bangunan. Salah satu contoh menarik dari desain atap rumah pelana adalah masih sedikit yang menggunakannya.

2. Model Atap Rumah Datar

model atap rumah datar
model atap rumah datar

Model atap rumah datar pada dasarnya memadukan model atap rumah dengan pengecoran dak sebagai atapnya, model atap ini dapat memberikan kesan klasik namun tetep memberikan sentuhan hunian modern.

Model rumah minimalis atap dak cor dapat direncanakan untuk pembangunan bertahap, sebagai perumpamaan Anda ingin membangunan rumah 2 atau 3 lantai, namun terkendala masalah biaya. Maka alternatif penggunaan model atap rumah minimalis dengan bentuk datar solusi yang dapat Anda gunakan.

Meski penggunaan desain atap ini sudah dikenal cukup lama, namun pada kenyataannya desain atap rumah ini masih bisa dipadukan dengan arsitektur modern yang terus berkembang. Umumnya, atap rumah minimalis ini memiliki dua bagian atap yaitu struktur atap dan lantai atap.

Keuntungan jika Anda penggunaan model atap rumah minimalis ini bukan hanya akan merasa aman berlindung didalamnya. Bahkan jika terjadi hujan Anda akan tidak merasakan bising karena model rumah minimalis atap dak cor tidak menimbulkan suara.

3. Model Atap Rumah Galvalum

model atap rumah galvalum
model atap rumah galvalum

Sebenarnya penggunaan model atap rumah galvalum pada mulanya hanya digunakan untuk bangunan gudang dan pabrik, namun sering perkembangan jaman pemakaian model atap galvalum khususnya jenis spandek dan lengkung dapat digunakan sebagai atap bangunan rumah tinggal.

Hanya saja pemakaian jenis atap ini harus diperhitungkan ketebalan atap dan kualitas dari bahan atap agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Sehingga kerusakan seperti karat, penyok, bocor dan sobek dapat diminimalisir dengan segera.

Sebagaimana model atap rumah minimalis pada umumnya, model atap galvanis juga menggunakan kuda-kuda sebagai penyanggahnya dan penggunaan model atap baja ringan miring atau lengkung yang paling sering digunakan.

4. Model Atap Rumah Genteng

model atap rumah genteng
model atap rumah genteng

Model atap genteng ini sudah banyak digunakan pada desain rumah-rumah kontemporer. Terkadang juga desain atap genteng juga digunakan untuk bangunan-bangunan tambahan seperti selasar, kanopi jendela, gajebo dan bangunan lainnya.

Bahkan kini model atap genteng banyak arsitek rumah tinggal yang mengadopsi model atap rumah minimalis ini dan memadukannya dengan atap pelana. Sehingga memunculkan kesan bangunan rumah tinggal yang sederhana dan kontenporer.

Umumnya, penggunaan model atap genteng pada sisi tepi atas rabung memiliki dekorasi hiasan atap seperti ukuran dan ciri khas adat jawa yang menempel pada ujungnya. Namun kini ciri khas tersebut dapat lebih bervariasi tergantung bentuk atap rumah yang Anda inginkan.

Penggunaan material genteng dengan bahan dasar tanah liat merupakan salah satu alternatif dari struktur atap yang ramah lingkungan, sederhana, sekaligus fungsional. Tidak heran jika sering diterapkan pada rumah-rumah yang lebih mengutamakan tampilan artistik dan klasic.

Salah satu keuntungan dari model atap rumah minimalis ini adalah memungkinkan untuk membuat langit-langit lebih tinggi dan luas. Bahkan peletakan ventilasi udara di sepanjang sisi atap juga dapat dilakukan untuk menjaga sirkulasi udara yang baik.

5. Model Atap Rumah Lengkung

model atap rumah lengkung
model atap rumah lengkung

Model atap rumah dengan bentuk melengkung ini pada awalnya mengadopsi bentuk bangunan kubah dan bangunan-bangunan dengan bentang ruangan yang luas. Namun kini penggunaan model atap rumah minimalis dengan bentuk lengkung sudah banyak digunakan untuk bangunan rumah tinggal.

Baca Juga : Motif Keramik Kamar Mandi Minimalis Modern dan Sederhana

Namun, ketika Anda memilih untuk menggunakan model atap ini pada rumah Anda, pastikan lengkungan pada atap dapat mengalirkan air hujan ke bawah dengan baik. Jika diperlukan, tambahkan talang disisi kanan dan kiri atap, serta pipa air untuk mengalirkan air hujan ke saluran pembuangan agar air dapat mengalir dengan baik.

6. Model Atap Rumah Limas

model atap rumah limas
model atap rumah limas

Model atap rumah limas ini mungkin sering Anda lihat pada kawasan hunian bergaya eropa modern. Namun model atap rumah minimalis ini tidak menutup kemungkinan juga dapat digunakan pada jenis rumah dengan ukuran yang tidak terlalu luas.

Untuk gambar model atap rumah dengan menggunakan model limas, Anda mungkin dapat memadukannya dengan jenis atap spandek maupun atap genteng pasir. Perpaduan keduanya tentu sangat unik dan artistik, sehingga memberikan kesan mewah dan unik pada model atap rumah bagian depan bangunan Anda.

Hanya saja, jangan bangun rumah Anda terlalu tinggi ketika Anda memutuskan untuk menggunakan model atap limas ini, karena bangunan yang terlalu tinggi justru akan membuat bentuk atap jadi tidak terlihat dengan baik.

7. Model Atap Rumah Mewah

model atap rumah mewah
model atap rumah mewah

Model atap rumah mewah yang juga paling sering ditandai dengan bentuk yang hampir darat dengan dua bagian pada sisinya, memang cukup jarang digunakan. Selain tahap pembuatannya yang cukup sulit, harga pembangunnya juga relatif lebih mahal, karena penggunaan model atap ini banyak digunakan pada model atap rumah 2 lantai.

Tak hanya untuk rumah 2 lantai saja, atap rumah dengan konsep mewah seperti ini pun dapat dipadukan dengan penggunaan model atap rumah baja ringan yang dapat memberikan kekuatan pada rangka kuda-kuda penopang atap.

Adapun penarapan model atap rumah minimalis ini dapat diaplikasikan pada semua jenis material. Baik penutup dengan meggunakan berbagai jenis genteng, rangka baja ringan, kayu, spandek, atap aspal dan lain sebagainya.

8. Model Atap Rumah Miring

model atap rumah miring
model atap rumah miring

Seperti namanya, model atap rumah miring ini mengadopsi bentuk rumah kecil yang berderet dengan saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Dengan menerapkan desain atap rumah minimalis ini dapat menghemat biaya pembangunan, namun tetap memberikan tampilan unik pada bangunan Anda.

Hanya saja, saat penggunaannya Anda harus memperhatikan sistem drainase saluran air hujan pada sisi yang menempel ke dinding bangunan disampingnya. Agar sampah dan air hijan tidak merembes masuk dalam bangunan yang dapat menyebabkan kerusakan pada dinding rumah.

Model rumah atap miring dapat dipadukan dengan model atap baja ringan, kedua model ini dinilai cukup ekonomis dalam hal biaya pembangunannya, karena tidak memerlukan kuda-kuda yang cukup besar untuk menopangnya.

9. Model Atap Rumah Piramida

model atap rumah piramida
model atap rumah piramida

Pyramid roof atau modelatap piramida sebenarnya merupakan model atap rumah pinggul (hip roof) yang memiliki empat sisi berbentuk segitiga. Model atap rumah minimalis ini dibangun diatas bingkai persegi maupun persegi panjang yang terbuat dari baja ringan maupun besi siku.

Konsepnya sama dengan model atap pelana, hanya saja ada penambahan panggul pada bentuk atap rumah yang berbentuk seperti piramida ini. Dapat dikatakan pyramid roof atau atap piramida banyak digunakan untuk jenis bangunan gudang, gazebo, rumah musim panas dan rumah adat.

10. Model Atap Rumah Sederhana

model atap rumah sederhana
model atap rumah sederhana

Model atap rumah sederhana ini biasa digunakan untuk jenis bangunan rumah tinggal dengan yang lebih mengutamakan fungsi ruangan yang luas dan terbuka. Model atap rumah minimalis ini dapat memberikan kesan luas dan terbuka.

Baca Juga : Cara Membuat Denah Rumah Sederhana dengan Skala

Namun tidak semua material atap dapat Anda gunakan untuk membuat model atap ini, karena dengan bentang yang luas Anda harus menggunakan material atap spandek dengan ketebalan yang cukup. Sehingga meminimalisir resiko bocor dan akan bertahan lama dalam penggunaannya.

11. Model Atap Rumah Type 36

model atap rumah type 36
model atap rumah type 36

Model atap rumah type 36 ini banyak digunakan pada bangunan-bangunan tinggal dengan desain standar, karena desain atap dan modelnya yang umum digunakan menjadikan model atap rumah minimalis ini banyak dipakai. Desainnya yang simple dan material yang digunakan banyak ditemukan.

Menjadikan model atap ini menjadi pilihan yang banyak dipakai oleh pengembang hunian rumah sederhana, bahan atap yang biasa digunakan adalah jenis atap galvalum dengan penyanggah kuda-kuda baja ringan pada bagian bawahnya.

Namun perlu diingat bahwa fungsi utama dari atap adalah sebagai pelindung bangunan dari panas dan hujan, keindahan yang dimunculkan dari model-model atap tersebut hanya nilai fungsi lain yang dapat Anda munculkan. Itulah mengapa, struktur penopang kuda-kuda atap yang kuat harus menjadi parameter utama dari atap rumah.

Demikian pembahasan ilmubangunan.com tentang model atap rumah minimalis dengan berbagai bentuk dan desain yang dapat Anda jadikan referensi untuk atap rumah Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *