harga stamper
harga stamper

Harga Stamper Type Kodok dan Kuda untuk Pemadat Tanah

Diposting pada

Harga Stamper Type Kodok dan Kuda – Salah satu alat konstruksi yang berfungsi untuk memadatkan tanah timbunan ataupun tanah asli yang kohesif adalah mesin stamper. Umumnya, mesin ini digunakan dalam proyek pengaspalan jalan raya, pemadatan halaman, bangunan gedung, rumah, dan pekerjaan pemadatan timbunan lainnya.

Bagi Anda yang ingin mengetahui informasi lengkap mengenai harga stamper dan spesifikasi jenis masin konstruksi ini, silahkan simak ulasan berikut ini hingga akhir.

Jenis-Jenis Mesin Stamper 

Pada umumnya, mesin pemadat tanah ini terdiri dari dua jenis, yaitu stamper kuda (tamping rammer), dan stamper kodok (plate compactor). Perbedaan paling mencolok dari dua jenis mesin ini ada pada bentuknya. Selain itu, jenis mesin ini juga memiliki arah gerak yang berbeda.

Stamper kuda bergerak secara vertikal atas bawah, sementara stamper kodok bergerak secara horizontal maju mundur. Tetapi pada prinsipnya sama saja, mesin akan bergetar keatas dan kebawah untuk memadatkan tanah pada pekerjaan konstruksi.

Mesin ini bekerja dengan mesin vibrator yang dioperasikan secara manual oleh seorang operator. Stamper biasanya memakai bahan bakar bensin atau solar sesuai dengan tipe mesin yang digunakan.

Spesifikasi Mesin Stamper Type Kuda

stamper kuda
stamper kuda

Ada beberapa merek mesin stamper terbaik yang biasanya kerap digunakan oleh berbagai perusahaan konstruksi di Indonesia. Tentunya antara brand yang satu dengan yang lainnya memiliki keunggulan juga kelebihannya masing-masing. Jika Anda membandingkan keunggulan masing-masing merek maka Anda akan menemukan harga stamper yang memiliki banyak pilihan.

Stamper jenis kuda sendiri sangat ideal untuk memadatkan permukaan tanah yang berpasir, tanah lempung dan tanah berkerikil. Untuk info lebih lengkap, Anda bisa menyimak ulasan tentang spesifikasi dan daftar harga stamper kuda di bawah ini.

1. Dynamic DTR-85R/DTR-85H

Tamping rammer dari brand Dynamic ini telah mengantongi sertifikasi ISO 9001 yang menjadi standar perusahaan penjamin standarisasi pabrik dan kualitas produk. Tipe ini sendiri memiliki dua jenis mesin yaitu DTR-85R yang menggunakan engine Robin dan DTR-85H yang memakai engine Honda GX160.

Kedua jenis dari tipe ini sama-sama menggunakan bensin sebagai bahan bakarnya dan memiliki daya tekan yang kuat. Kualitas dan efisiensi kerja mesin tidak udah di ragukan lagi, dengan harga stamper kuda yang relatif terjangkau menjadikan mesin ini banyak dipakai di pekerjaan-pekerjaan konstruksi.

2. Mikasa MT-76D Diesel Yanmar L40

Brand yang berasal dari Jepang ini memang sudah terkenal banyak menghasilkan berbagai alat konstruksi. Salah satunya tentu saja mesin stamper. Mikasa MT-76D dibekali mesin Diesel Yanmar L40 yang memakai bahan bakar solar. Berat alat pemadat tanah yang satu ini mencapai 80 kg dengan ukuran plate 340×285 mm.

Dengan berat yang terbilang cukup besar di kelasnya menjadikan mesin ini sangat efektif dalam pemadatan jenis tanah berbutir, selain itu juga tenaga yang hasilkan oleh mesin diesel yanmar sangat teruji dan tahan lama.

3. Mikasa MT-80F Trolly

Mesin stamper ini terbilang lebih kecil dan ringan dibandingkan dengan pendahulunya Mikasa MT-76D. Meski demikian, stamper yang memakai mesin motor penggerak Honda/Robin yang menggunakan bahan bakar bensin/solar ini, tergolong tangguh untuk pengerjaan parit maupun pengaspalan jalan.

Harga stamper type ini sendiri lebih murah dari pada pendahulunya, karena memang mesin ini khusus di produksi untuk pekerjaan-pekerjaan dengan lahan yang sempit.

4. Mikasa MT-77HRL

Type mesin stamper ini memiliki beberapa fitur tambahan dibandingkan pendahulunya yaitu MT-80F dan MT-76D. Beberapa keunggulan dari Mikasa MT-77HRL ini adalah memiliki pelindung debu dan hujan dan juga sudah didukung oleh keunggulan fitur Mikasa Meter Tacho-Hour dan twin cyclone air cleaner yang membersihkan udara dengan 2 tahap.

Juga memiliki pegangan VAS yang memudahkan operator saat proses memadatkan tanah. Stamper ini, menggunakan mesin Honda GXR sebagai motor penggeraknya. Mesin penggerak rakitan honda ini sudah sangat teruji dan terkenal ketangguhannya.

5. Oshima RM90H

Alat konstruksi pemadat tanah ini juga menjadi dari salah satu brand buatan Jepang, dengan menggunakan motor penggerak engine Honda GX1600 mampu menggerakkan alat hingga bobot 95 kg.

Kapasitas alat yang cukup berat ini mampu menghasilkan pemadatan tanah yang efektip dan lebih cepat, kemampuannya untuk meratakan tanah ini juga didukung oleh kehandalan dan kekuatan mesin yang menggerakannya dengan kemampuan konstan.

6. Robin RM80H

Stamper kuda yang satu ini digadang-gadang sebagai salah satu mesin pemadat tanah yang mudah digunakan dan juga hemat bahan bakar. Mesin ini menjadi salah satu generasi mesin stamper terbaru yang menggunakan sistem kerja mesin yang modern

Menggunakan bahan bakar bensin menjadikan alat ini mudah untuk digunakan dan banyak di pakai pada pekerjaan-pekerjaan konstruksi di indonesia, kekuatan mesin yang konstan dan konsumsi bahan bakar yang terbilang irit menjadikan alat ini cukup efisien dalam pemakaiannya.

7. Kimura KTR80R

Dengan berat 85 kg, stamper kuda yang satu ini telah dilengkapi dengan gasoline dan diesel. Kekuatan tekanannya mencapai 16 kN dengan tenaga 2,6 dan 3600 rpm. Meskipun sedikit asing dengan merek ini, tetapi kehandalaan mesin stamper ini tidak dapat dipandang sebelah mata.

Dari segi harga stamper dipatok dengan harga yang sangat terjangkau, bahkan lebih murah dibandingkan dengan jenis dan bobot alat yang sama dikelasnya.

8. Habara KSI-041

Stamper kuda Habara KSI-04 yang memiliki berat mencapai 100 kg ini menggunakan engine Honda GX-160 dan memiliki kekuatan tekanan sebesar 12 kN, dengan hentakan maksimal 650 kali per menitnya menjadikan alat ini cocok untuk dipakai di area sempit.

Harga stamper ini terbilang cukup murah di pasarannya, karena merek yang sudah cukup terkenal dan banyak di jual di toko-toko mesin konstruksi yang ada di kota Anda.

Harga Stamper Kuda

MERK STAMPER MODEL HARGA
Stamper Kuda Dynamic DTR-85R/H Rp 10.550.000
Stamper Kuda Mikasa MT-76D Diesel Rp 65.000.000
Stamper Kuda Mikasa MT-80F Trolly Rp 41.200.000
Stamper Kuda Mikasa MT-77HRL Rp 42.350.000
Stamper Kuda Oshima RM90H Rp 18.360.000
Stamper Kuda Robin RM80H Rp 13.090.000
Stamper Kuda Kimura KTR80R Rp 17.360.000
Stamper Kuda Habara KSI-041 Rp 10.000.000

Spesifikasi Mesin Stamper Type Kodok

stamper kodok
stamper kodok

Stamper kodok atau plate compactor digunakan untuk meratakan sekaligus memadatkan permukaan tanah pada proses paving dan aspal. Biasanya, alat ini menggunakan getaran (vibration) sehingga permukaan menjadi halus dan rata. Ukurannya yang ramping memudahkan penggunaan di jalan atau area yang sempit.

Stamper jenis kodok juga dirancang sesuai dengan standar dalam industri konstruksi jalan (road machine). Sehingga, akan memaksimalkan produktivitas dan kinerja dalam proyek yang sedang dikerjakan. Berikut ini beberapa spesifikasi tipe stamper kodok beserta harganya yang dapat anda pilih sesuai kebutuhan.

1. Tiger TPC-5

Stamper kodok yang satu ini memiliki dimensi yang lebih besar yaitu 1050x490x850mm dengan berat 80kg. Mesin ini menggunakan bahan bakar bensin dan sangat ideal untuk meratakan tanah saat memasang paving block.

Jenis mesin ini paling umum dipakai dan dikenal secara luas didunia konstruksi, mesin yang handal dan harga stamper yang cukup terjangkau untuk skala proyek menjadikan alat ini menjadi pilihan utama.

2. General atau Maestro CX-200

Stamper ini menggunakan motor penggerak engine CX-200 yang memiliki kekuatan tekanan mencapai 4000 vpm. Efektifitas dan daya tahan stamper jenis ini sudah sangat terkenal dikalangan pekerja konstruksi. Alat ini banyak dipakai untuk jenis pekerjaan pemadatan area parkir, basement, teras, lantai rumah dan lain sebagainya.

Penggunaan alat ini tidak hanya untuk pekerjaan konstruksi saja, tetapi juga belakangan banyak di pakai untuk pekerjaan-pekerjaan pada industri pertanian.

3. Honda 5500 Vpm

Stamper yang satu ini merupakan salah satu stamper yang diproduksi brand dari Jepang. Jenis stamper type ini sendiri memiliki berat 350 kg yang biasanya difungsikan untuk perbaikan aspal jalan. Alat ini memiliki kekuatan tekanan sebesar 4000 Rpm dengan getaran mencapai 5.500 vpm dan didukung mesin Honda kapasitas 5,5 Hp.

4. Mquip TPC-5

Mesin yang memiliki dimensi 108x49x85 cm ini menggunakan engine Fortuner GX-160 5,5 Hp. Stamper Kodok Mquip TPC-5 ini memakai bensin sebagai bahan bakar dan dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Dengan kapasitas alat yang cukup besar dapat mempermudah Anda dalam pekerjaan pemadatan tanah.

5. Robin Dynamic DPC 90R

Stamper type ini memiliki seberat hingga 90 kg, juga dilengkapi dengan tumpuan plate besi pemadat yang berukuran 512×432 mm dan frekuensi vibrasi 6.100 vpm. Mesin ini meggunakan engine Robin EY 20 sebagai penggerak dan pengatur kecepatan kerja mesin sesuai efisiensi dan produktifitas yang Anda butuhkan.

6. Loncin C90-L

Jenis mesin stamper yang cukup banyak digunakan sebagai salah satu alat pemadat tanah adalah mesin merek Loncin G160F/FA dengan berat mecapai 90 kg. Frekuensi vibrasinya sekitar 4750 vpm dengan kekuatan tekanan 16 Kn, mesin stamper ini memiliki dimensi 590x480x 329 mm.

Meskipun menggunakan mesin pabrikan cina, tetapi untuk produktifitas dan kekuatannya cukup dapat bersaing dengan mesin yang sudah terkenal lainnya, harga stamper ini terbilang sangat murah dan lebih terjangkau.

7. Honda GX 160 Dynamic C 80 H

Stamper ini merupakan pabrikan salah satu produk buatan Honda yang memiliki berat mencapai 85 kg, dengan ukuran plate 500x 520. Mesin penggerak yang digunakan pada alat ini adalah engine Honda GX160 mempunyai frekuensi getaran  hingga4930 vpm.

Harga stamper type ini cukup tinggi dibandingkan dengan type sejenis, tetapi memang tidak dapat dipungkiri, Honda selalu menawarkan fitur alat yang memberikan nilai lebih bagi penggunanya.

Harga Stamper Kodok

MERK STAMPER MODEL HARGA
Stamper Kodok Tiger TPC-5 Rp 9.100.000
Stamper Kodok Maestro CX-200 Rp 6.000.000
Stamper Kodok Honda Rp 7.750.000
Stamper Kodok Mquip TPC-5 Rp 7.900.000
Stamper Kodok Dynamic DPC 90R Rp 8.500.000
Stamper Kodok Loncin C90-L Rp 6.100.000
Stamper Kodok Engine Honda GX 160 / C 80 H Rp 11.000.000

Nah, itu tadi ulasan tentang spesifikasi dan daftar harga stamper yang dapat ilmubangunan.com bagikan, semoga Anda dapat menjadikan referensi sebelum memilih mesin stamper yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Perlu diingat bahwa harga stamper tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung lokasi dan toko Anda membelinya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *