harga kawat las
harga kawat las

Harga Kawat Las Listrik Per Kg dan Ukuran Kawat Las Terbaru

Harga Kawat Las – Kawat las atau yang dikenal juga dengan nama elektroda ini merupakan material yang dipakai dalam proses pengelasan listrik. Jenis kawat las juga bermacam-macam, tergantung material yang akan direkatkan dengan menggunakan metode pengelasan. Merk, ukuran kawat las dan harga kawat las per kg juga berbeda-beda.

Kawat las bekerja dengan menggunakan prinsip tertentu. Ketika arus listrik dialirkan, sentuhkan elektroda aluminium las listrik lalu tarik sedikit ke belakang. Arus listrik nantinya akan terus mengalir lewat celah sempit yang berada di antara ujung elektroda dan benda yang akan dilas. Aliran arus inilah yang dinamakan dengan arc atau busur yang membuat logam mencair.

Sebelum membahas lebih jauh tentang harga kawat las listrik dan harga kawat las listrik per kg, ada baiknya mengetahui lebih jauh tentang kawat las listrik beserta cara penggunaannya. Simak selengkapnya dalam ulasan berikut ini!

Jenis Kawat Las Listrik

elektroda aluminium las
elektroda aluminium las

Berdasarkan pelapis yang digunakan untuk melindungi sekelilingnya, elektroda atau kawat las listrik terdiri dari 2 jenis yakni berselaput dan polos. Kedua jenis kawat ini memiliki kegunaan, kelebihan dan kekurangan masing-masing tergantung dari jenis bahan kerja yang akan di tempelkan dan ketebalannya.

Kawat las polos memiliki penggunaan yang lebih terbatas. Harga kawat las stainless yang polos juga lebih murah dibanding yang diberi pelapis sebagai media pembakar. Kawat las berselaput juga terdiri dari berbagai jenis pelapis.

1. Kawat Las Berselaput

Kawat las berselaput ini adalah jenis kawat las yang pada bagian luarnya terdapat lapisan pelindung yang terbuat dari material tertentu. Jenis bahan pelapis ini biasanya disesuaikan dengan bahan yang akan dilas.

  • Kawat las baja lunak. Kawat ini adalah jenis kawat las berselaput yang paling banyak digunakan. Dengan kandungan selaput selulosa, hasil tembusan dari elektroda ini lebih dalam. Selain mudah digunakan untuk berbagai posisi pengelasan, terak tipis yang dihasilkan membuatnya lebih mudah dibersihkan.
  • Kawat las tembaga. Untuk mengelas tembaga, biasanya digunakan kawat las non-ferrous metals edzona-BZ bronze. Kawat ini tahan retak dan bisa dipakai dalam berbagai posisi baik vertikal maupun horizontal. Merek yang cukup populer di pasaran adalah kawat las tembaga Harris
  • Kawat las selaput serbuk besi. Adanya campuran serbuk besi dalam eletroda ini membuat proses pengelasan menjadi lebih efisien. Tapi karena selaputnya tebal, proses pengelesan memerlukan arus yang lebih tinggi
  • Kawat las hidrogen rendah. Kandungan hidrogen dalam kawat ini hanya berkisar 0,5% saja. Aplikasinya banyak ditemukan dalam proyek konstruksi maupun pengelasan pipa bertekanan tinggi seperti pada kilang minyak
  • Kawat las nikel. Dengan lapisan nikel di permukaannya, elektroda ini lebih sering dipakai untuk pengelasan dengan cara tuang. Posisinya juga bisa diatur sesuai dengan kebutuhan.

Selain jenis-jenis yang sudah disebutkan di atas, masih ada beberapa macam lagi elektroda berselaput yang bisa Anda temukan di toko kawat las terdekat.

2. Kawat Las Polos

Seperti namanya, kawat las ini tidak punya lapisan tambahan. Dikenal juga dengan sebutan elektroda polos, kawat satu ini sangat terbatas penggunaannya. Kebanyakan orang memanfaatkannya untuk material seperti besi tempa atau baja lunak serta pengelasan komersil maupun pengelasan amatir untuk keperluan pribadi.

Anda bisa membeli kawat las polos per batang, per box atau per kilogram. Harga kawat las polos lebih murah dibanding yang berselaput. Tapi perlu diketahui bahwa dari segi daya tahan, kawat las yang berselaput biasanya jauh lebih tahan lama dan memiliki tingkat pembakaran yang efisien sehingga menghasilkan rekatan yang baik.

Fungsi Kawat Las

Kawat las secara umum memiliki fungsi untuk menyatukan dua material dalam proses pengelesan. Pada kawat las berselaput, bagian inti dan pelapis elektroda punya kegunaan yang berbeda. Bagian inti dari elektroda berfungsi sebagai penghantar arus listrik.

Saat elektroda bersentuhan dengan material tertentu, elektroda akan menjadi material penghantar arus listrik antara arc (busur) dengan tang kawat las. Bagian inti juga sering dimanfaatkan sebagai bahan tambahan.

Baca Juga : Harga Mesin Las Listrik, Argon, Laser 450/900 Watt Terbaik

Sementara itu bagian salutan berguna untuk mencegah agar proses pendinginan tidak terjadi terlalu cepat. Selain itu, adanya salutan memastikan busur tetap stabil sekaligus melindungi permukaan logam yang akan dilas dari kontaminasi udara selama pencairan berlangsung.

Jika dilihat dari fungsi aplikasinya, kawat las digunakan oleh berbagai sektor industri. Misalnya saja untuk proses pengelasan tangki minuman, produk makanan sampai kosmetik. Kawat las juga kerap dimafaatkan untuk perbaikan roda gigi, tungku pembakaran dan galvanizing.

Cara Penggunaan Kawat Las

kawat las listrik
kawat las listrik

Untuk menggunakan kawat las, yang pertama harus Anda lakukan adalah mempersiapkan perlengkapan pengelasan yang akan digunakan. Perlengkapan itu termasuk mesin las, kawat las kawat las stainless steel (atau kawat lain sesuai kebutuhan) dan tang elektroda untuk menjepit kawat las dengan kuat.

Jangan lupa pakai alat keselamatan seperti sepatu pelindung, sarung tangan welding dan topeng las untuk menjaga wajah dan mata Anda dari resiko percikan api pada saat pengelasan. Bersihkan material yang akan dilas lalu letakkan di meja kerja agar proses pengelasan menjadi lebih baik.

Baca Juga : Harga Mesin Genset Electric Generator dan Portable Terbaik

Kemudian pasangkan kawat las pada tang elekroda dengan benar, lalu mulai lah untuk mengelas dengan tegangan yang sesuai dengan ketebalan material yang akan di rekatkan. Perlahan-lahan, sentuhkan ujung elektroda dengan material yang akan dilas. Kalau sudah kelihatan mencair, gerakkan elektroda kea rah yang diinginan. Selanjutnya bersihkan kerak agar hasil las terlihat rapi.

Daftar Harga Kawat Las

Setelah mengetahui jenis-jenis elektroda dan penggunaannya, informasi lain yang Anda perlukan dalam memilih kawat las adalah harga kawat las rb dan berbagai jenis elektroda lainnya. Dalam tabel berikut, Anda bisa melihat perbandingan kawat las Kobe steel, harga kawat las stenlis dan beberapa jenis dan merek kawat lainnya.

Informasi mengenai harga kawat las mig stainless, kawat las Argon carbon steel dan kawat las flux core stainless akan membantu Anda menentukan berapa bujet yang dibutuhkan dalam proses pengelasan.

KAWAT LASDIA.HARGA
Kobe Steel RB-26 – 2 kg2.0 mmRp. 68.000
Kobe Steel RB-26 – 5 kg2.6 mmRp. 128.000
Kobe Steel RB-26 – 5 kg3.2 mmRp. 125.000
Kobe Steel RB-26 – 5 kg4.0 mmRp. 119.000
Kobe Steel LB-52 – 5 kg2.6 mmRp. 170.500
Kobe Steel LB-52 – 5 kg3.2 mmRp. 165.000
Kobe Steel LB-52 – 5 kg4.0 mmRp. 165.550
Kobe Steel LB-52U – 5 kg2.6 mmRp. 195.000
Kobe Steel LB-52U – 5 kg3.2 mmRp. 195.000
Kobe Steel LB-52U – 5 kg4.0 mmRp. 191.000
Nikko Steel RD-260 – 2 kg2.0 mmRp. 62.000
Nikko Steel RD-260 – 5 kg2.6 mmRp. 121.650
Nikko Steel RD-260 – 5 kg3.2  mmRp. 118.000
Nikko Steel RD-260 – 5 kg4.0 mmRp. 122.500
Nikko Steel RD-360 – 5 kg2.6 mmRp. 130.075
Nikko Steel RD-360 – 5 kg3.2 mmRp. 126.915
Nikko Steel RD-460 – 5 kg4.0 mmRp. 122.500
Argon ER 316L  – 5.2 kg1.6 mmRp. 710.000
Argon ER 308L – 1 kg2.0 mmRp. 130.000
Argon TGS 50 – 1 kg2.4 mmRp. 425.000
Caldwell Flux Core – 1 kg1.0 mmRp. 87.000
Daiden Flux Core – 1 kg0.8 mmRp. 125.000
Harris Aluminium 4047 – 2.8 kg2.4 mmRp. 130.000
Kobelco RB26 – 5 kg3.2 mmRp. 124.900
Kobelco LB52U – 5 kg4.0 mmRp. 205.000

Demikian informasi yang dapat ilmubangunan.com berikan, untuk mengetahui kisaran harga kawat las galvanis dan jenis elektroda lainnya, Anda bisa langsung menghubungi toko yang menjual kawat las terdekat. Perlu diketahui bahwa daftar harga kawat las Nikko Steel dan kawat merek lainnya mungkin berbeda di setiap kota.



Harga Kawat Las Listrik Per Kg dan Ukuran Kawat Las Terbaru




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *