Pengertian Chemical Anchor dan 5 Fungsi Anchor pada Konstruksi

Chemical Anchor – Chemical anchor adalah teknik pengikatan ke beton dan substrat serupa lainnya untuk memberikan lebih banyak fleksibilitas daripada penahan atau angkur mekanik. Seperti namanya, chemical anchor atau dynabolt chemical merupakan sistem pengangkuran dalam konstruksi dengan menggunakan zat kimia.

Fungsi utama dari angkur kimia ini adalah untuk memasang kan rebar atau besi beton atau studbolt pada beton existing. Angkur kimia digunakan untuk menggantikan sistem cast-in pada angkur karena ada beberapa masalah seperti perubahan dalam desain hingga mempermudah pengerjaan.

Angkur kimia juga dikenal dengan sebutan lain chemical anchor bolt karena memiliki pemakaian jenis bahan chemical pada pemasangan angkur. Dalam artikel ini akan dibahas tentang pengertian anchor kimia dan cara pemasangan yang benar pada konstruksi struktur bangunan.

Jenis Angkur Kimia

Secara umum, angkur kimia adalah istilah yang digunakan untuk menyebut berbagai komponen yang berkaitan dengan baut yang diikatkan ke substrat seperti beton dan batu batu yang memiliki kekerasan tertentu. Pengikatan antara angkur dengan substrat menggunakan sistem berbasis resin.

Istilah angkur kimia sendiri mengacu pada ikatan yang digunakan antara elemen logam dan bahan substrat. Unsur logam dalam hal ini termasuk logam sementara bahan substrat nya berupa batu bata atau mortar. Perekat resin sintetis digunakan untuk membentuk ikatan dan sangat efektif untuk digunakan dalam aplikasi beban tinggi.

Ada setidaknya 5 jenis angkur kimia yang digunakan dalam pekerjaan konstruksi struktur dengan berbagai spesifikasi. Untuk lebih lengkapnya silakan simak ulasan berikut ini!

1. Angkur Kimia Poliester

Angkur kimia polyester adalah sistem penahan injeksi yang paling umum digunakan dan diterapkan secara luas. Dua komponen diisi dalam berbagai ukuran kartrid injeksi ganda. Angkur kimia jenis ini banyak digunakan untuk memperbaiki pasak baja, tangga, fasad bangunan, braket hingga saluran pipa.

2. Angkur Kimia Poliester Tak Jenuh

Angkur kimia poliester tak jenuh adalah resin reaktif yang digunakan untuk produksi mortar injeksi 2 komponen, di mana resin poliester tak jenuh dilarutkan dalam stirena atau jenis resin asli dan resin poliester tak jenuh bebas stirena dengan monomer terkait stirena sebagai pelarut reaktif digunakan.

3. Angkur Kimia Epoksi Akrilat

Jangkar kimia epoksi akrilat adalah resin dua komponen dari epoksi akrilat bebas stirena untuk digunakan dalam beton dan pasangan bata. Angkur ini dirancang sebagai angkur pemasangan resin kekuatan tinggi yang cepat kering untuk beban yang sangat tinggi dan pemasangan kritis terutama di lingkungan korosif atau kondisi lembab.

4. Angkur Kimia Epoksi Murni

Pure Epoxy Standard adalah sistem penahan berikat epoksi murni dengan rasio 1:1 dua komponen untuk digunakan pada beton yang retak dan tidak retak dalam kondisi normal dan seismik. Dikembangkan untuk aplikasi struktural dan sambungan rebar yang paling penting, Chemical Anchor Pure Epoxy Standard menjamin kapasitas daya dukung beban yang sangat tinggi.

Baca Juga : Pengertian Coring Beton dan 8 Cara Core Drill Beton Test

Angkur ini dirancang khusus untuk Industri Konstruksi. Beberapa contoh aplikasinya termasuk penahan batang berulir, batang tulangan atau lengan batang berulir internal ke dalam beton normal, berpori dan ringan, serta pasangan bata padat pada susunan dinding konstruksi bangunan.

5. Angkur Hibrida

Sistem hibrid mencakup angkur kimia dua bagian yang dirancang untuk mengering dengan cepat sehingga Anda dapat memuat titik pengikat lebih cepat daripada yang dapat Anda lakukan dengan jangkar epoksi yang membutuhkan durasi pengeringan kimia yang cukup lama sebelum angkur dapat di bebani.

Angkur ini dapat digunakan di mana saja yang membutuhkan batang atau rebar berulir menjadi beton. Anda bisa menggunakannya sebagai ukran angkur untuk sambungan baja struktural seperti balok baja atau kolom ke beton, struktur seperti rak, penghalang suara atau pagar. Resin yang sangat reaktif dapat disuntikkan ke dalam lubang bor sebelum stud atau baut baja dimasukkan.

Ukuran Chemical Angkur

ukuran chemical anchor
ukuran chemical anchor

Secara umum, ukuran angkur chemical terdiri dari 7 macam. Ada angkur kimia M8 dengan panjang total 110 mm, angkur M10 dengan panjang keseluruhan 120 mm, M12 dengan panjang 160 mm, M16 dengan panjang 190 mm, M20 dengan panjang 260 mm, M24 dengan panjang tital 300 mm dan M30 memiliki panjang 380 mm.

Baca Juga : Rubber Bumper Loading Dock Karet Pengaman Benturan Terbaik

Selain tersedia dalam berbagai ukuran diameter dan panjang, angkur kimia juga dapat Anda temukan dengan berbagai merek dari berbagai produsen terbaik di dunia. Beberapa merek angkur kimia yang paling populer antara lain adalah:

1. Chemical Angkur Hilti

Hilti merupakan sebuah perusahaan asal Jerman yang memproduksi berbagai jenis produk untuk konstruksi, energi dan manufaktur. Salah satu barang yang mereka hasilkan adalah chemset Hilti. Hilti memproduksi beberapa macam angkur kimia dengan harga chemical anchor Hilti bersaing.

Harga Hilti chemical anchor M20 grade 5.8 di banderol berkisar Rp. 102.000 yang dijual didalam negeri. Sementara itu harga angkur Hilti Hit C M16 x 190 8.8 di banderol Rp. 70.000 per batang. Anda bisa menemukan harga chemical Hilti terbaik di toko material terdekat atau membelinya secara langsung ke distributor Hilti.

2. Chemical Angkur Sika

Produk Sika tentu bukanlah merek yang asing bagi Anda yang sudah bergelut lama di bidang konstruksi. Perusahaan kimia asal Swiss ini tidak hanya memproduksi barang-barang untuk keperluan konstruksi saja tapi juga kebutuhan industri lainnya, salah satunya adalah angkur kimia.

Baca Juga : Pengertian Theodolit dan 3 Bagian Theodolit dalam Pengukuran

Sika chemical anchor atau lem angkur dengan berat 700 gram dijual seharga Rp. 292.000 per batangnya. Sementara itu chemical anchor Sika anchorfix 2 bisa Anda dapatkan dengan harga Rp. 446.000 untuk berat 700 gram.

3. Chemical Angkur Fischer

Fischer chemical anchor juga banyak dipilih oleh perusahaan konstruksi yang membutuhkan angkur kimia sebagai perkuatan pada setiap konstruksi bangunan. Ini berkat kelebihan dan daya tahan yang dimiliki oleh merk satu ini. Chemical angkur RM II 16 Fischer dijual dengan harga Rp. 50.000 per batang. Sedangkan untuk varian lem angkur Fischer FIS VS 360, Anda bisa membelinya seharga Rp. 401.000.

Setiap merek dan jenis angkur yang dijual memiliki harga dan spesifikasi  yang berbeda-beda tergantung dari kebutuhan dan desain struktur yang akan diterapkan pada bangunan.

Cara Memasang Angkur Kimia

cara memasang chemical anchor
cara memasang chemical anchor

Untuk menambah kekuatan beban dynabolt, penggunaan angkur kimia sangat diperlukan. Selain bisa menambah daya lekat, penambahan bahan kimia bisa meningkatkan daya tahan angkur yang dipakai termasuk dalam kondisi berair. Untuk melakukan pemasangan angkur kimia terbilang sangat mudah yakni:

  1. Pada bidang yang akan di pasang angkur kimia, buat lubang dengan bor.
  2. Pastikan ukuran lubang sesuai dengan ukuran angkur yang akan dipakai.
  3. Bersihkan lubang yang sudah dibuat menggunakan blower dan sikat. Tujuannya agar tidak ada serbuk-serbuk yang tertinggal yang bisa menghalangi rekatan chemical angkur kimia dengan sempurna.
  4. Untuk menginjeksikan chemical, Anda bisa menggunakan gun dispenser atau alat inject khusus pada lubang angkur.
  5. Pada lubang yang sudah diisi chemical, pasangkan angkur dengan cara menekan dan menahannya.

Angkur umumnya digunakan pada balik, kolom, dinding beton dan lain sebagainya. Anda mungkin akan memerlukan kekuatan yang berbeda untuk masing-masing aplikasi. Pastikan Anda memilih jenis angkur yang sesuai dengan melakukan pemasangan berdasarkan karakter material serta fungsi struktur yang akan dipasang angkur.

Demikian informasi seputar chemical angkur yang dapat ilmubangunan.com bagikan untuk Anda. Semoga pembahasan ini menjadi referensi bagi Anda dan memudahkan dalam untuk melakukan perkiraan biaya pemasangan angkur, Anda harus mengetahui juga harga chemical angkur per titik.

Konsultasikan jenis, biaya dan metode pemasangan angkur kimia yang benar pada tenaga kontraktor maupun konsultan bangunan terpercaya dan berpengalaman yang Anda kenal. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *