cara pasang plafon gypsum
cara pasang plafon gypsum

Cara Pasang Plafon Gypsum, Pvc, Grc dengan Rangka Hollow

Diposting pada

Cara Pasang Plafon Gypsum – Plafon memiliki fungsi yang cukup penting dalam sebuah bangunan, selain memiliki kegunaan sebagai peredam panas, plafon juga memiliki fungsi estetika dekorasi ruangan. Banyak bangunan rumah tinggal yang kini menggunakan plafon gypsum.

Sehingga pemakaian plafon gypsum semakin banyak diminati dan menjadi salah satu alternatif utama, sebagai penutup langit-langit bangunan.

Cara pasang plafon gypsum juga memiliki teknik yang tidak sama dengan cara pasang rangka plafon pvc. Sehingga biasanya proses pemasasang plafon gypsum membutuhkan tukang pasang gypsum.

Jika Anda ingin mencoba memasang plafon gypsum sendiri untuk rumah tinggal, Anda dapat menerapkan panduan cara pasang plafon gypsum rangka hollow yang akan ilmubangunan.com jelaskan.

Peralatan Tukang Pasang Gypsum

cara pasang plafon rumah
cara pasang plafon rumah

Sebelum melakukan pekerjaan memasang plafon gypsum, Anda harus menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Letakkan peralatan di tempat yang mudah dijangkau, untuk memudahkan pekerjaan Anda.

Adapun alat-alat yang dibutuhkan dalam pemasangan hollow plafon adalah sebagai berikut:

1. Meteran

Meteran mempunyai panjang yang bervariasi akan tetapi sebaiknya Anda memilih meteran dengan panjang 10 meter. Namun untuk pengerjaan plafon didalam ruangan, Anda membutuhkan meteran yang cukup panjang dan kokoh.

Karena meteran akan digunakan untuk mengukur tinggi dan lebar ruangan yang akan di pasang plafon. Jika meteran yang digunakan terlalu pendek, maka akan merepotkan dalam melakukan pengukuran yang teliti.

2. Waterpass

Waterpass digunakan untuk mengukur kerataan rangka hollow dan papan gypsum plafon pada setiap bidang permukaannya. Hendaknya Anda menggunakan waterpass selang saat memasang plafon.

Agar dapat menentukan elevasi yang seimbang pada setiap sisi sudut plafon pada ruangan. Tetapi kini Anda dapat menggunakan alat yang lebih modern yaitu laser elevation agar penguluran elevasi semakin mudah dan akurat.

3. Bor

Bor mesin mutlak diperlukan pada setiap pekerjaan dan cara pasang plafon gypsum yang benar, terutama jika Anda menggunakan rangka hollow. Plafon gypsum dirakit dengan menggunakan mesin bor sebagai alat untuk mengunci skrup hollow.

Pemakain bor yang direkomendasikan adalah dengan menggunakan bor portable, hal ini bertujuan agar mempermudah pekerjaan. Sehingga Anda tidak perlu lagi menyediakan kabel yang panjang untuk menjangkau langit-langit ruangan.

4. Gunting Seng

Alat ini dipakai pada saat pembuatan rangka hollow, yaitu jika rangka terbuat dari bahan hollow atau sejenis baja ringan. Karena jika Anda menggunakan mesin grinda potong akan sangat merepotkan pekerjaan.

Gunting seng mudah dan efektif memotong hollow untuk pemasangan rangka plafon rumah dan juga menjadi alat wajib yang digunakan oleh para tukang borongan pasang plafon.

5. Scrap Dempul

Scrap digunakan pada proses pendempulan sambungan papan gypsum yang sudah dipasang. Proses ini sebagai finishing agar hasil akhirnya rata dan rapi.

Proses pendempulan dilakukan dengan cara bertahap, biasanya dilakukan sebanyak 2x kerja, tujuannnya agar sambungan dan baut skrup dapat tertutup dengan sempurna.

6. Kuas Cat Plafon

Kuas roll dan kuas tangan digunakan untuk mengecat bagian plafon yang telah selesai melalui proses pendempulan, agar plafon tampak indah dipandang.

Selain alat-alat tersebut di atas, Anda juga membutuhkan pensil, cutter, gergaji list, ember dan palu sebagai peralatan pelengkap pada memasang rangka plafon. Setelah keseluruhan peralatan tukang untuk pasang plafon gypum tersedia, silahkan simak cara pasang plafon gypsum seperti uraian dibawah ini.

Cara Pasang Plafon Gypsum

Berikut akan dijelaskan panduan langkah-langkah cara pasang plafon gypsum menggunakan rangka plafon baja ringan dan rangka plafon hollow. Bahan Hollow banyak digunakan sebagai rangka plafon rumah, karena mudah dalam pemasangannya dan bersifat anti rayap.

Ukuran besi hollow yang digunakan adalah 2 x 4 cm dan 4 x 4cm. Akan tetapi jika Anda memilih menggunakan baja ringan, Anda dapat menggunakan baja ringan dengan ukuran standar 0,73 sampai 0,75 mm.

1. Menyesuaikan Elevasi Plafon

Langkah awal dari cara pasang plafon gypsum adalah mengukur garis ketinggian pada langit-langit ruangan. Buatlah empat titik ditiap sudut ruangan menggunakan waterpass selang, kemudian tarik garis lurus dari satu titik ke titik lainnya menggunakan tali pensil.

Sehingga terlihat marking garis elevasi pada dinding rumah, garis elevasi tersebut berguna sebagai panduan pemasangan rangka hollow plafon pada dinding.

2. Memasang Wall Angle

Langkah selanjutnya adalah pemasangan wall angle yang berfungsi sebagai penopang plafon. Letakkan wall angle pada garis-garis lurus yang telah dibuat di awal tadi tepat di bagian bawah. Setelah memastikan tepat, pakulah menggunakan paku beton ukuran 2 atau 3 cm dengan jarak antar paku minimal 30 cm.

Sebelum melanjutkan memasang, pastikan paku-paku ini kuat. Lanjutkan pemasangan wall angle di setiap garis panjang terlebih dahulu. Pemasangan wall angle juga dapat menggunakan sekrup yang dipasang dengan cara pengeboran.

3. Pengukuran Ulang

Setelah sekeliling dinding ruangan telah dipasang wall angle atau rangka hollow, cara pasang plafon rumah selanjtnya dengan melakukan pengukuran luas ruangan. Pengukuran dilakukan pada batang wall angle dari pinggiran satu dinding dengan interval jarak 60 cm.

Pengukuran dimulai dari pinggiran dinding yang satu hingga ke sisi dinding yang lain secara berurutan, agar ketika dipasang tidak terjadi salah ukuran yang disebabkan perbedaan ketebalan dinding.

Saat melakukan pengukuran, jangan lupa berilah tanda untuk setiap jarak 60 cm. Lakukan hal yang sama dengan dinding yang berseberangan lainnya. Pengukuran ini berfungsi untuk pemasangan hollow pada bagian tengah rangka plafon atau biasa disebut sebagai bentangan hollow tengah.

4. Memasang Bentangan Hollow Tengah

Setelah melakukan pengukuran, kini langkah selanjutnya dari cara pasang plafon gypsum adalah pemasangan rangka hollow plafon. Sebelum pemasangan ukur kembali panjang tiap-tiap tanda yang sudah Anda buat diawal dan cocokkan dengan panjang hollow.

Hollow yang berukuran lebih panjang harus dipotong agar tidak lebih atau kurang pada saat dipasang. Tumpangkan hollow yang sudah berukuran tepat itu pada sisi atas wall angle, kemudian sekrup menggunakan bor hinga kencang.

Lakukan pengukuran yang sama pada tanda selanjutnya dan seterusnya, hingga semua tanda selesai terpasang. Jika semua ukuran sudah tepat, pasangkan hollow pada wall angle dan sekrup sampai kencang.

5. Memasang Bentangan Hollow Atas

Selesai memasang bentangan hollow tengah, langkah selanjutnya pada cara pasang plafon gypsum adalah memasang bentang hollow atas. Bentang ini berfungsi sebagai penguat dan mengunci hollow bagian bawah agar tidak goyang.

Fungsi lainnya sebagai tempat penyekrupan gantungan yang dihubungkan pada rangka atap untuk dapat menahan beban papan gypsum. Langkah yang harus dilakukan adalah melakukan pengukuran pada arah yang berseberangan dengan arah hollow bawah.

Jika pengukuran pada hollow atas dilakukan pada sisi dinding yang panjang, maka hollow bawah dilakukan pada sisi dinding yang lebar. Sehingga hollow atas dan bawah akan terlihat saling bersilangan satu dengan yang lainnya.

Buatlah ukuran tanda pada dinding yang lebar dengan interval jarak antar tanda 80 cm. Lakukan pemotongan pada hollow yang mempunyai panjang berlebih, sehingga sesuai dengan ukuran pada tanda yang telah dibuat.

Jika sudah pas, letakkan semua hollow tepat di atas hollow bawah, kemudian sekrup dengan kencang pada sisi kiri, kanan dan bawah hingga menembus hollow bawah.

6. Membuat Penggantung Rangka Plafon

Setelah semua hollow bagian atas terpasang, langkah selanjutnya dari cara pasang plafon gypsum adalah membuat gantungan rangka hollow bagian atas dan bagian bawah ke rangka atap rumah. Anda bisa membuatnya dengan jarak antar gantungan mulai dari 80 cm, 100 cm, hingga 120 cm.

Idealnya penggantung gunakan jarak 80 cm karena semakin rapat jarak antar gantungan, semakin kokoh rangka plafon yang dibuat. Sebagai penggantung Anda dapat menggunakan kawat atau potongan hollow yang ada.

Ukurlah jarak hollow bagian atas dengan rangka atap, kemudian sekruplah bagian komponen atas ke rangka atap jika ukurannya sudah pas. Sekrup juga komponen bawah pada bagian hollow atas dan hollow bawah.

Pastikan hollow bawah rata, setelah semua gantungan terpasang, pastikan skrup terpasang dengan kuat dan tidak goyang. Tahap selanjutnya adalah melakukan penutupan rangka plafon dengan papan gypsum.

7. Pemasang Papan Gypsum

Setelah membuat rangka plafon selesai, langkah berikutnya pada cara pasang plafon gypsum adalah memasang papan gypsum. Papan gypsum yang telah sesuai ukurannya dapat dipasang menggunakan sekrup gypsum dijalur rangka hollow atas dan bawah.

Baca Juga : Cara Menghitung Kebutuhan Baja Ringan untuk Atap Rumah

Jarak ideal antar sekrup adalah 10 cm. Pastikan sekrup kuat, jika sudah selesai memasang maka Anda bisa melakukan tahap akhir yaitu pendempulan dan pengecatan.

8. Finishing

Pekerjaan finishing pada cara pasang plafon gypsum adalah pendempulan dan pengecetan. Pendempulan berguna untuk memperhalus tampilan dan menghilangkan sambunganpada plafon gypsum.

Agar mendapat hasil yang optimal, sebaiknya proses pendempulan diulang 2 hingga 3 kali. Setelah pendempulan selesai dan hasilnya tampak rapi, Anda bisa mengecatnya sehingga plafon rumah lebih indah dipandang.

Harga Pemasangan Gypsum per Meter

Cara pasang plafon gypsum pada rumah, umumnya ongkos pasang plafon dihitung per meter, dengan harga pemasangan gypsum per meter yang cukup terjangkau. Karena borongan pasang plafon per meter yang cukup terjangkau.

Maka kini juga banyak bermunculan penyedia jasa bongkar plafon dengan biaya bongkar plafon yang sangat terjangkau, untuk jenis plafon Grc, plafon gypsum paupun plafon Pvc.

1. Harga Pasang Plafon

BORONGAN PLAFON  HARGA
Gypsum Knauf + Rangka Hollow Meni Rp. 115.000/m2
Gypsum Elephant + Rangka Hollow Meni Rp. 117.000/m2
Gypsum Jayaboard + Rangka Hollow Meni Rp. 120.000/m2
Gypsum Knauf + Rangka Hollow Galvanis Rp. 125.000/m2
Gypsum Elephant + Rangka Hollow Galvanis Rp. 118.000/m2
Gypsum Jayaboard  + Rangka Hollow Galvanis Rp. 125.000/m2

2. Harga Model Plafon Gypsum

MODEL PLAFON HARGA
Plafon Model Drop Ceiling Rp. 65.000/m’
Plafon Model Up Ceiling Rp. 122.000/m’
Plafon Model Drop oval Rp. 180.000/m’

3. Harga Pasang List Profile Plafon

MODEL LIST PLAFON HARGA
List Profile Plafon Tebal 7 cm sampai 10 cm Rp. 25.000/m’
List Profile Plafon Tebal 12 cm sampai 15 cm Rp. 35.000/m’
List Profile Plafon Tebal 17 cm sampai 20 cm Rp. 50.000/m’

Demikianlah langkah-langkah cara pasang plafon gypsum yang benar dan sesuai dengan standar pekerjaan tukang pasang gypsum. Apabila Anda tidak mempunyai pengalaman bertukang, lebih baik gunakan jasa borongan pasang plafon untuk mengerjakannya agar hasil akhirnya memuaskan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *